Kena Petaka, 7 Penemu Ini Terbunuh oleh Ciptaannya Sendiri

Default

Ilmu pengetahuan yang semakin berkembang membuat banyak orang terus membuat inovasi yang menakjubkan. Misalnya adalah berbagai teknologi yang ada saat ini.

Penemuan tersebut dibuat dengan cara yang sulit dan berisiko. Makanya, para inovator bisa menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk merampungkan penemuannya.

Tapi, meski para penemu sudah melakukan uji coba berkali-kali sebelum penemuannya dipublikasi, ternyata ada saja tragedi mengerikan yang bisa terjadi.

Nah, kali ini Jaka bakal mengulas kisah penemu yang terbunuh oleh penemuannya. Penasaran? Langsung saja simak ulasan selengkapnya di bawah ini, ya!

1. Sylvester H. Roper

1 Custom D2975

Kalau kamu pergi ke mana-mana menggunakan sepeda motor, artinya kamu harus berterimakasih kepada penemu satu ini. Sylvester H. Roper bisa dibilang adalah bapak sepeda motor.

Sylvester H. Roper berhasil menambahkan mesin uap ke sepeda pada tahun 1867. Ia pun terus berinovasi dalam menyempurnakan ciptaannya tersebut.

Ketika sedang menguji ciptaan terbarunya, Roper Steam Velocipide pada tahun 1896, ia nampak goyah, lalu kemudian jatuh dan tidak sadarkan diri akibat benturan keras di kepala.

Banyak yang bilang kalau ia mengalami serangan jantung sehingga terjatuh dan meninggal. Namun, banyak juga yang yakin kalau serangan jantung tersebut terjadi karena ia jatuh.

2. Alexander Bogdanov

2 42d55

Alexander Bogdanov adalah seorang pionir transfusi atau yang lebih dikenal dengan istilah donor darah. Ia juga adalah seorang penulis buku fiksi ilmiah.

Penemuannya satu ini berhasil menyelamatkan jutaan nyawa di dunia hingga saat ini. Naas, penemuannya ini jugalah yang merenggut nyawanya sendiri.

Ketika menciptakan metode transfusi darah, Bogdanov yakin bahwa temuannya ini adalah obat hidup abadi. Bahkan ia mengklaim bahwa penglihatannya menjadi lebih baik setelah menerima transfusi darah.

Ia terus melakukan transfusi darah kepada dirinya sendiri hingga akhirnya tertular penyakit TBC dan malaria. Kedua penyakit mematikan tersebut akhirnya mengakhiri hidup Bognadov pada tahun 1928.

3. Marie Curie

3 22571

Marie Curie adalah orang pertama sekaligus wanita pertama yang memenangkan Nobel dan sejumlah penghargaan ilmiah lainnya.

Pencapaiannya antara lain pengembangan teori radioaktitivas, penemuan unsur polonium dan radium, serta upaya pertama pemberantasan tumor dengan isotop radioaktif.

Sayangnya, pada tahun 1934, Curie meninggal karena terkena paparan radiasi dari tabung-tabung uji radium yang dibawa dalam kantongnya.

Penyebab lain dari kematiannya adalah paparan pada sinar-X di unit radiografi bergerak yang ia ciptakan selama Perang Dunia I.

4. Horace Lawson Hunley

4 494a1

Pada masa awal Perang Saudara di Amerika Serikat, Horace Lawson Hunley adalah seorang anggota Kongres dan pengacara di New Orleans.

Ketika perang pecah pada 1861, ia bergabung dengan pihak Selatan dan menjadi insinyur kelautan bagi pasukan Konfederasi. Ia mengembangkan kapal selam tenaga tangan.

Tragis, kapal selam tersebut malah menjadi jebakan maut. Dalam uji coba awal, ada 5 awak yang meninggal ketika kapal selam terguncang oleh kapal yang lewat.

Sementara uji coba berikutnya pada Oktober 1863 juga menjadi bencana. Kapal selam tersebut tenggelam dan menewaskan 8 orang, termasuk Hunley.

5. William Bullock

5 Cb6e4

Pada abad ke-19, William Bullock membantu menciptakan revolusi industri percetakan melalui perbaikan mesin percetakan.

Mesin yang ia buat secara otomatis memasok kertas, mencetak di dua sisi, melipat, dan memotong lembaran kertas dengan ketelitian tinggi.

Suatu ketika, kakinya tergencet mesin percetakan hingga lukanya menjadi gangren. Ia pun meninggal saat menjalani amputasi kakinya yang terinfeksi.

6. Thomas Andrews

6 88c47

Siapa, sih, yang tidak tahu film Titanic (1997)? Film legendaris ini diangkat dari kisah nyata tenggelamnya kapal Titanic rancangan Thomas Andrews.

Andrews turut serta dalam pelayaran perdana untuk memastikan segalanya berfungsi dengan baik. Naas, kapal tersebut menabrak gunung es dan tenggelam.

Malam itu, ia berusaha menyelamatkan banyak orang, membantu mereka memperoleh sekoci penyelamat agar terhindar dari bahaya kapal yang hendak tenggelam.

Banyak yang mengatakan Andrews berada dalam ruangan merokok, ada juga yang mengatakan ia berada di dek kapal. Tapi, sampai sekarang tubuhnya tidak ditemukan.

7. Regent James Douglas

7 60fdd

Regent James Douglas adalah salah satu dari 4 Bupati Skotlandia pada abad ke-16, sekaligus pencipta alat eksekusi mati yang terkenal di Inggris, Scottish Maiden.

Maiden yang menjadi cikal bakal Guillotine yang merupakan alat untuk memenggal kepala. Alat ini dipakai dalam hukuman mati di Edinburgh hingga Abad ke-18.

Ironisnya, alat eksekusi tersebut dipakai untuk membunuh Douglas. Ia dihukum mati pada tahun 1581 karena melakukan tindak pidana pembunuhan.

Akhir Kata

Nah, itu tadi 7 penemu yang terbunuh oleh penemuannya. Saking tragisnya, ada kisah yang diangkat ke dalam film dan menjadi terkenal hingga saat ini.

Baca juga artikel seputar Out of Tech atau artikel menarik lainnya dari Reishatia.

ARTIKEL TERKAIT
Aktor Yang Menghancurkan Karir Sendiri 86d67
7 Aktor yang Menghancurkan Karier Sendiri, Bejat & Ditangkap Aparat!
A Inter 1 5cd6d
7 Film dengan Teori Sains Paling Akurat, Plotnya Kelewat Jenius!
Film Serial Tv Sindir Indonesia 4e587
7 Adegan Film & Serial TV yang Sindir Indonesia, Rusak Citra Bangsa!
Aktor Dengan Bagian Tubuh Termahal 112d1
7 Seleb dengan Asuransi Tubuh Termahal, Biar Gak Diculik Alien!
Film Aktor Membunuh Orang Lain 7d68d
Biadab! 7 Aktor Ini Membunuh Orang Lain, Aktor Marvel Termasuk!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal