10 Pemimpin Negara Terkaya di Dunia, Banyak dari Negara Berkembang!

Default

Waktu kecil dulu, pasti kamu pernah membayangkan betapa asiknya jadi presiden, bukan? Disegani banyak orang, dan pastinya punya banyak uang!

Padahal, kamu tahu nggak kalau gaji plus tunjangan Presiden Jokowi per bulannya cuma 62,7 juta rupiah? Masih jauh sama pendapatan artis Indonesia terkaya, geng.

Beda banget sama 10 pemimpin negara paling tajir berikut yang punya kekayaan bersih bernilai bombastis menurut situs Celebrity Net Worth.

Wow, seberapa kaya mereka? Awas pusing lihat angkanya!

10. Islam Karimov - Presiden Uzbekistan

Islam Karimov E13c4

Berada di peringkat ke 10 dalam daftar ini, Islam Karimov adalah presiden Uzbekistan pertama dan satu-satunya yang memiliki kekayaan bersih mencapai 1 miliar dollar US atau senilai 14 triliun dalam rupiah.

Selama masa pemerintahannya sebagai pemimpin Uzbekistan dari tahun 1991 hingga wafat pada 2016, pria kelahiran Samarkand tersebut dikenal sebagai seorang diktator yang melakukan penindasan terhadap kubu oposisi.

Ia dianggap bertanggung jawab atas berbagai kasus pelanggaran hak asasi manusia di Uzbekistan, salah satunya Pembantaian Andes pada tahun 2005.

9. Nawaz Sharif - Perdana Menteri Pakistan

Nawaz Sharif 3c5d1

Nawaz Sharif adalah politisi Pakistan yang paling lama menjabat sebagai Perdana Menteri, yakni untuk tiga periode meskipun tak berturut-turut.

Selain jabatan tersebut, Sharif pernah menjadi Ketua Menteri Punjab, Pemimpin Oposisi, Menteri Keuangan, dan Menteri Pertahanan.

Dengan hartanya yang mencapai 1,6 miliar dollar AS yang senilai dengan 22,5 triliun rupiah, Nawaz Sharif merupakan salah satu orang terkaya di Pakistan dan dijuluki Singa Punjab.

8. Saddam Hussein - Presiden Irak

Saddam Hussein 2923a

Presiden kelima Irak Saddam Hussein yang dikenal akan kebrutalan rezim diktatornya juga memiliki kekayaan yang tak main-main, yaitu sebanyak 2 miliar dollar AS yang jika dirupiahkan mencapai 28 triliun rupiah.

Harta yang dimilikinya itu disimpannya dalam berbagai bentuk, seperti tabungan bank atau disembunyikan dibalik tembok palsu.

Simpanan harta tokoh sejarah yang membunuh banyak orang ini diketahui saat terjadi invasi Amerika ke Irak pada tahun 2003 yang dimaksudkan untuk menggulingkan rezim Hussein beserta melumpuhkan senjata pemusnah massal milik Irak.

7. Donald Trump - Presiden Amerika Serikat

Donald Trump Fd84c

Bukanlah hal yang mengagetkan jika konglomerat Donald Trump menjadi salah satu presiden terkaya di dunia, karena status ini bahkan bukan dicapai karena posisinya sebagai pemimpin negara adidaya Amerika Serikat.

Sebagai pemilik perusahaan real estate The Trump Organization yang menggurita ke seluruh dunia, tak heran jika ia memiliki kekayaan dengan total 2 miliar dollar AS, sama seperti Saddam Hussein.

Dibandingkan dengan gaji sebagai presiden sebesar 400 ribu dollar AS atau 5,6 miliar rupiah per tahunnya, tentu gaji tersebut hanyalah recehan bagi presiden paling kontroversial di dunia itu.

6. Sebastian Pinera - Presiden Chili

Sebastian Pinera F8281

Sebastian Pinera adalah Presiden Chili era 2010-2014 yang kembali terpilih pada tahun 2018 dan masih memimpin negara Amerika Selatan tersebut hingga saat ini.

Disamping tugasnya sebagai pemimpin Chili, Pinera adalah seorang investor dan pengusaha. Diketahui, hartanya mencapai 2,8 miliar dollar AS atau sekitar 39 triliun rupiah.

Pinera adalah miliarder pertama yang menjadi Presiden Chili - meski demikian, ia selalu dikaitkan dengan nasib buruk Chili yang mengalami berbagai bencana di bawah kepemimpinannya.

5. Meles Zenawi - Presiden dan Perdana Menteri Ethiopia

Meles Zenawi 96275

Memimpin negara berkembang di kawasan Afrika ternyata membawanya jadi salah satu presiden paling kaya di dunia, tepatnya di peringkat kelima dengan angka 3 miliar dollar AS yang senilai dengan 42 triliun rupiah.

Meles Zenawi pernah merasakan posisi kepala pemerintahan dan kepala negara melalui jabatan Presiden dan Perdana Menteri - ia wafat pada tahun 2012 ketika masih berstatus menjadi Perdana Menteri.

Sepanjang hidupnya, Zenawi dipuji sebagai salah satu orang terkuat di Afrika dengan hasil kerjanya yang mampu memperkenalkan sistem politik multi-partai, pers swasta, dan keberhasilan mengurangi angka kematian anak.

4. Kim Jong-il - Pemimpin Tertinggi Korea Utara

Kim Jong Il F8bb9

Supreme Leader Korea Utara Kim Jong-il yang wafat pada 17 Desember 2011 memiliki kekayaan bersih senilai 4 miliar dollar AS yang mencapai angka 56 triliun dalam rupiah.

Kim Jong-il menjadi presiden menggantikan ayahnya, Kim Il-sung yang meninggal dunia pada 1994.

Sosok yang dipercaya orang Korea Utara mampu mengontrol cuaca sesuai suasana hatinya ini adalah ayah dari Kim Jong-un.

3. Kim Jong-un - Pemimpin Tertinggi Korea Utara

Kim Jong Un 051dd

Setelah ayahnya meninggal dunia pada 2011, Kim Jong-un mengambil alih tampuk kekuasaan di usia yang begitu muda, bahkan sebelum ia menginjak kepala tiga.

Bukan hanya mewarisi kekuasaan sang ayah, ia juga melanjutkan rekor ayahnya sebagai salah satu pemimpin negara paling kaya di dunia - bahkan melampauinya.

Hal ini dibuktikan dengan hasil investigasi gabungan Korea Selatan dan Amerika yang menemukan aset dan rekening bank senilai 5 miliar dollar AS atau sekitar 70 triliun rupiah yang dimiliki Kim Jong-un dan keluarganya.

2. Silvio Berlusconi - Perdana Menteri Italia

Silvio Berlusconi 87796

Silvio Berlusconi adalah mantan Perdana Menteri Italia yang juga seorang pengusaha dan taipan media serta pemilik klub A.C. Milan.

Dengan seluruh posisi itu, Berlusconi dilaporkan memiliki kekayaan bersih mencapai 8,5 miliar dollar AS atau hampir 120 triliun rupiah.

Sebelum tajir melintir, Berlusconi menjalani hidup sebagai warga kelas menengah ke bawah yang pernah bekerja menjadi penyanyi di kapal pesiar dan sejumlah klub malam.

1. Vladimir Putin - Presiden Rusia

Vladimir Putin Fb8ec

Presiden Rusia Vladimir Putin yang sempat naik turun dari jabatan presiden ini ternyata adalah presiden paling kaya di dunia, dengan selisih sangat jauh dari seluruh presiden terkaya sebelumnya.

Ia diberitakan memiliki kekayaan bersih senilai 70 miliar dollar AS atau setara dengan kurang lebih 986 triliun rupiah.

Padahal, gaji presiden tahunan Putin hanya sebesar 187 ribu dollar AS atau sekitar 1,6 miliar rupiah. Lantas, aset apa yang dimiliki presiden yang kental dengan citra macho ini?

Menelisik kekayaannya yang begitu fantastis, Putin diperkirakan memiliki kepemilikan rahasia besar di beberapa perusahaan komoditas senilai miliaran dolar, belum lagi kepemilikan sahamnya di berbagai perusahaan besar.

Akhir Kata

Ternyata ada ya orang yang bisa se-tajir itu, geng! Kalau dilihat-lihat sih, kebanyakan dari harta kekayaan mereka didapat dari usaha, investasi, dan lainnya, ya.

Meski punya uang banyak, kepala negara di atas bukannya nggak pernah sakit kepala. Tahu sendiri kan, betapa susahnya memimpin sebuah negara!

Kalau kamu, kira-kira berminat jadi presiden atau mau jadi artis aja, nih?

Baca juga artikel seputar Out of Tech atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

ARTIKEL TERKAIT
Presiden Paling Miskin Di Dunia Banner 5cfe9 56f1e
5 Presiden Paling Miskin di Dunia, Ada yang Tidak Dibayar Sama Sekali!
Peran Presiden Fiksi Terbaik Banner D01f0
7 Aktor yang Sukses Berperan Jadi Presiden di Film, Cocok Jadi Presiden Sungguhan?
Film Aktor Hollywood Harusnya Jadi Presiden Dda83
7 Aktor yang Harusnya Jadi Presiden, Lebih Layak dari Donald Trump?
Banner 621bf
7 Film Hollywood yang Dilarang Tayang di China, Ada yang Menghina Presiden China?
Halaman Wikipedia Yang Pernah Dihack Banner Fef65
8 Halaman Wikipedia yang Pernah Dihack, Presiden AS dan Artis Indonesia Kena!
Hashtag Presiden Jokowi Menjadi Trending Topic WorldWide
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal