5 Orang Penting di Indonesia yang Punya Pulau Pribadi, Tajir Melintir!

Default

Di Indonesia, ada banyak orang penting yang memiliki kekayaan melimpah, mulai dari pengusaha hingga pejabat negara.

Saking tajirnya, beberapa di antara mereka bahkan sampai memiliki pulau pribadi di Indonesia. Wajar saja, Indonesia memiliki lebih dari 17 ribu pulau besar dan kecil.

Pulau pribadi milik mereka pun dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan, seperti membangun resort, dijadikan tempat konservasi atau lahan tanaman, dan lainnya.

Lalu, siapa saja orang penting di Indonesia yang memiliki pulau pribadi? Daripada tambah penasaran, langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

1. Soeharto

Soeharto 2ad78

Siapa yang tidak kenal dengan sosok yang satu ini? Presiden Indonesia kedua, Soeharto, adalah sosok yang paling terkenal di masa orde baru.

Soeharto memang terkenal mengoleksi barang-barang antik dan mistis. Ia juga terkenal memiliki hubungan dekat dengan para dukun yang ada di Indonesia.

Tapi siapa sangka kalau ternyata Soeharto memiliki pulau sendiri di Indonesia. Soeharto adalah pemilik sah dari Pulau Bulat di Kepulauan Seribu.

Sampai saat ini, pulau pribadi kecil milik Soeharto masih dikelola sebagai obyek wisata. Tapi, kondisinya kini terlihat kurang terawat.

2. Surya Paloh

Surya Paloh Acb8e

Ketua Partai Nasional Demokrat (Nasdem) sekaligus pengusaha media, Surya Paloh, juga dikabarkan memiliki pulau pribadi di wilayah Kepulauan Seribu.

Pulau Kali Age ini ternyata sudah menjadi hak milik Surya Paloh sejak dulu. Semua bangunan di pulau ini bertujuan untuk kepentingan liburan dan bersantai.

Pada Oktober 2015, pulau tersebut sempat disegel karena masalah perizinan dan melanggar aturan hukum. Tapi tak lama, segel tersebut pun dicopot.

Hingga kini, Surya Paloh masih sering menghabiskan waktu di villa pribadi di Pulau Kali Age miliknya, terlebih selama masa pandemi Covid-19.

3. Tomy Winata

Tomy Winata 49ff8

Tomy Winata adalah pengusaha yang mengembangkan bisnis di berbagai bidang mulai dari properti, perbankan, transportasi, hingga perikanan lewat Grup Artha Graha.

Salah satu pengusaha tersukses di Indonesia ini ternyata memiliki pulau sendiri di daerah Lampung bernama Pulau Bule. Ia pun membangun resort di pulau tersebut.

Tidak hanya itu, Tomy juga diketahui sebagai pemilik sah Pulau Sebaru Kecil yang merupakan salah satu gugus pulau di Kepulauan Seribu.

Bukan untuk wisata seperti Pulau Bule, Pulau Sebaru Kecil yang tak berpenghuni ini justru dijadikan tempat karantina WNI dari luar negeri di masa pandemi.

Di pulau ini, 257 WNI yang berasal dari Kapal Pesiar Diamond Princess dan World Dream menjalani masa observasi selama 28 hari akibat wabah virus Corona.

4. Basuki Tjahaja Purnama

Basuki Tjahaja Purnama 4d841

Basuki Tjahaja Purnama atau yang akrab disapa Ahok adalah mantan Gubernur DI Jakarta. Ia memiliki pulau pribadi di daerah asalnya, Belitung.

Bukan hanya satu, Ahok bahkan memiliki tiga pulau pribadi yang merupakan warisan dari sang ayah di Provinsi Bangka Belitung.

Tiga pulau bernama Pulau Nepi, Pulau Lindung, dan Pulau Kenek tersebut dimanfaatkan untuk menanam pohon kelapa yang diproses menjadi santan.

Menurut Ahok, kepemilikan pulau di Belitung tidak memerlukan perizinan khusus. Propinsi Belitung terdiri dari sekitar 168 pulau dan beberapa di antaranya adalah milik perorangan.

5. Susi Pudjiastuti

Susi 1690b

Latar belakang pendidikan Susi Pudjiastuti tidak jarang dipandang sebelah mata karena ia hanya tamatan SMP dan tidak lulus SMA.

Meski begitu, mantan Menteri Kelautan dan Perikanan ini merupakan salah satu pengusaha tersukses di Indonesia. Ia bahkan memiliki beberapa perusahaan.

Kekayaannya bahkan bisa dinilai dari kepemilikan maskapai Susi Air. Bukan itu saja, perempuan Indonesia paling berpengaruh di dunia ini juga memiliki pulau bernama Pulau Sevelak.

Pulau yang juga disebut Pulau Susi itu sempat menuai kontroversi. Tapi Susi menyampaikan bahwa pulau tersebut merupakan hasil pertukaran karena ia sudah membangun masjid.

Susi sebenarnya tidak merasa memiliki Pulau Sevelak. Tapi, ia memanfaatkan pulau tersebut sebagai tempat menetaskan lobster dari Pangandaran.

Akhir Kata

Nah, itu tadi 5 orang penting di Indonesia yang memiliki pulau pribadi. Kekayaan kelima orang di atas memang sangat melimpah.

Pulau tersebut hingga kini masih dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan, baik untuk komersil, kepentingan pribadi, maupun untuk kepentingan orang banyak.

Baca juga artikel seputar Hiburan atau artikel menarik lainnya dari Reishatia.

ARTIKEL TERKAIT
Netizen Indonesia Banner 1 96722
Riset: Netizen Indonesia Paling Gak Sopan dan Barbar, Suka Nyinyir?
Kota Dengan Internet Tercepat Di Indonesia Banner
5 Kota Dengan Internet Tercepat di Indonesia, Jakarta Bukan Pertama?
Hantu Yang Jarang Diketahui 876ea
7 Hantu Seram di Indonesia yang Jarang Diketahui, Bikin Merinding!
Benarkah Gojek Dan Tokopedia Akan Merger Banner 19cde
Benarkah Gojek dan Tokopedia Akan Merger? Ini Faktanya
Tags Terkait: ahokpulau
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal