7 Negara ini Tidak Terdapat di Peta Meski Telah Merdeka, Sudah Pada Tahu Belum?

Default

Menurut data yang dikeluarkan oleh Persatuan Bangsa Bangsa (PBB), total negara yang ada di dunia saat ini setidaknya berjumlah 195 negara.

Meski begitu, ternyata masih ada sejumlah negara yang tidak terdapat di peta dunia, lho. Di satu sisi, peta dunia pada dasarnya terus berubah seiring berjalannya waktu.

Adapun penyebab negara-negara tersebut tidak terdaftar di peta dunia adalah karena masih belum diakui oleh negara lain dan sejumlah lembaga internasional lainnya.

Lantas, negara apa saja yang tidak ada dalam peta dunia meskipun masih terbilang eksis sampai saat ini? Supaya kamu tidak penasaran, langsung aja simak artikel Jaka ini sampai habis, ya!

1. Republik Turki Siprus Utara

1 Republik Turki Siprus Utara 6d038

Sumber foto: Anadolu Agency

Seperti namanya, negara yang satu ini ternyata hanya diakui oleh Turki saja, geng. Seperti namanya pula, letak negara yang satu ini berada di bagian utara Republik Siprus.

Meski begitu, sejumlah negara lain di dunia ternyata hanya menganggap Republik Turki Siprus Utara sebagai bagian dari Republik Siprus di bawah pendudukan Turki, lho.

Hal itu lantaran Turki sendiri memang pernah menginvasi Siprus bagian utara pada tahun 1974 silam. Hingga pada 1975, negara ini akhirnya memproklamirkan kemerdekannya.

2. Transnistria

2 Transnistria 4641b

Sumber foto: New York Post

Transnistria atau yang secara resmi bernama Republik Pridnestrovia Moldavia ini merupakan negara yang terletak di antara Moldova dan Ukraina di Eropa Timur.

Nama Transnistria diambil dari letak negara ini yang berada di sebelah timur sungai Dniestre (Nistru).

Mereka memutuskan untuk berpisah dari Moldova pada 1990 dengan Tiraspol sebagai ibu kotanya. Meski begitu, dunia internasional masih memandang wilayah Transnistria sebagai bagian dari Moldova.

3. Republik Artsakh

3 Republik Artsakh 51336

Sumber foto: Google Maps

Republik Artsakh pertama kali menyatakan keinginannya untuk merdeka pada tahun 1991 silam. Keinginan tersebut setidaknya didukung oleh delapan negara bagian AS dan satu negara bagian Australia.

Namun, PBB ternyata masih menganggapnya sebagai bagian dari Azerbaijan, walaupun secara de facto kawasan ini telah dikendalikan oleh kelompok separatis Armenia.

Republik ini diketahui berbatasan dengan Armenia di sisi sebelah barat, Iran di selatan, dan Azerbaijan di utara dan timur. Sampai saat ini, sebagian besar penduduk Republik Artsakh masih diisi oleh Bangsa Armenia.

4. Republik Demokratic Sahrawi Arab

4 8d180

Sumber foto: Wikimedia

Republik Demokratic Sahrawi Arab (RDAS) adalah sebuah negara yang mengklaim kekuasan atas seluruh wilayah Sahara Barat yang pada dasarnya merupakan bekas koloni Spanyol.

Negara ini diproklamasikan oleh Front Polisario pada tanggal 27 Februari 1976 silam. Kini, pemerintah RDAS telah menguasai sekitar 20% kawasan tersebut, sementara sisa wilayah lainnya dikuasai oleh Maroko.

5. Kosovo

5 Kosovo 1679a

Sumber foto: AFP/Armend Nimani

Buat yang belum tahu, Kosovo merupakan salah satu negara termuda yang ada di benua Eropa, geng.

Bagaimana tidak, negara yang berada di sebelah tenggara Eropa tersebut baru memerdekakan diri dari Serbia pada tanggal 17 Februari 2008 lalu.

Meski sudah diakui oleh AS dan sejumlah negara Eropa lainnya, namun Serbia dan Rusia ternyata masih menolak untuk mengakui Kosovo sebagai sebuah negara.

6. Somaliland

6 Somaliland 10b93

Sumber foto: Reuters

Seperti namanya, negara Somaliland atau Republik Somaliland sebelumnya merupakan bagian dari Somalia, geng. Mereka baru mendeklarasikan kemerdakaannya pada tahun 1991.

Walaupun tidak diakui secara resmi oleh kebanyakan negara di dunia, potensi wisata yang ada di negara ini terbilang sangat besar.

Salah satu bukti potensi wisata yang ada di sana terlihat dari keberadaan Gua Laas Geel yang diperkirakan sudah ada sejak 5.000 tahun lalu.

Selain itu, pembangunan di negara ini juga terbilang cukup baik karena mampu memanfaatkan bekas peninggalan kerja sama militer dengan Britania Raya, Rusia, dan AS secara maksimal.

7. Abkhazia

7 Abkhazia 5c1f4

Sumber foto: Eurasianet

Sejak memutuskan berpisah dari Georgia pada 1993, negara bernama Abkhazia ini sampai sekarang masih belum diakui secara internasional, geng.

Menariknya, negara yang terletak di pesisir timur Laut Hitam ini hanya diakui oleh lima negara saja, di antaranya adalah Rusia, Nikaragua, Venezuela, Nauru, dan Tuvalu.

Sementara itu, Georgia masih menganggap wilayah itu sebagai bagian dari mereka - sebelum akhirnya Rusia mengakui kedaulatan negara Abkhazia pada 26 Agustus 2008.

Akhir Kata

Jadi itulah tadi sejumlah negara yang sudah mengaku merdeka dan berdaulat tapi tidak ada di peta dunia, geng.

Di satu sisi, artikel ini setidaknya mencoba membuka mata kamu bahwa ada sejumlah negara di dunia yang masih eksis namun keberadaannya tidak dapat ditemukan di peta.

Semoga artikel Jaka ini bisa bermanfaat untuk menambah wawasan kamu, ya, geng!

Baca juga artikel seputar Fakta Menarik atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

BACA JUGA

12 Potret Penemuan Google Earth ini Aneh Banget, Jadi Misteri Sampai Sekarang!

Peringati Wafat Ayahnya, Kim Jong Un Larang Warga Korut Tertawa Selama 11 Hari

Viral! Selebgram ini Raup Rp700 Juta Per Minggu dari Jualan Kentut, Mau Beli?

8 Film & Serial Marvel yang Wajib Kamu Saksikan Sebelum Nonton Spider-Man: No Way Home

7 Karakter Anime yang Paling Menipu, Dikira Cewek Padahal Cowok Tulen

10 Potret Orang Foto Bareng yang Hasilnya Gagal Total, Banyak Hal Tak Terduga!

ARTIKEL TERKAIT
Penemuan Nasa Yang Dipakai Dalam Kehidupan
5 Penemuan NASA yang Dipakai Dalam Kehidupan Sehari-hari
Toilet Luar Angkasa 8f59c
Begini Bentuk Toilet Canggih NASA Seharga Rp333 Miliar | Praktis Tinggal Sedot
Cara Robot Nasa Kirim Data Dari Mars Ke Bumi Banner 6514e
Cara Robot NASA Kirim Pesan dan Data dari Mars ke Bumi, Canggih!
Bill Gates Tidak Mau Ke Mars 41950
Alasan Bill Gates Tidak Mau ke Mars Ikut Elon Musk | Cuma Khayalan Saja?
Mars
5 Foto Rahasia di Planet Mars Ini Disembunyikan NASA! Kok Bisa?
Untitled Design 2021 07 15t185427 982 8806d
5 Fakta Menakjubkan Bumi yang Mungkin Belum Kamu Sadari, Paling Beda dengan Planet Lain!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal