8 Negara dengan Peradaban Tertua Di Dunia, Apakah Indonesia Termasuk?

Default

Ada banyak sekali negara di dunia saat ini, geng. Kurang lebih, ada sebanyak 195 negara berdaulat yang kini terdaftar di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), itupun belum termasuk negara dependen dan wilayah teritorial negara lain.

Meski demikian, kebanyakan orang pasti tak tahu negara apa saja yang usianya paling tua sejauh ini. Padahal, keberadaan negara tertua pada dasarnya menunjukkan fase peradaban manusia sejak ribuan tahun lalu, lho.

Melansir dari Oldest.org, Senin (10/01/2021), konsep negara dimulai dari peradaban pertama pada sekitar tahun 6500 SM, ketika orang-orang mulai berhenti hidup nomaden dan akhirnya memilih menetap serta mengembangkan suatu daerah.

Berdasarkan sejarah tersebut, kira-kira negara mana saja, nih, yang termasuk sebagai negara tertua di dunia? Supaya kamu tidak penasaran, simak daftar selengkapnya di bawah ini, yuk!

1. Jepang

1 Jepang 4df15

Sumber foto: Pixabay

Tak banyak yang mengira bahwa Jepang termasuk sebagai salah satu negara tertua di dunia, geng. Faktanya, kekaisaran pertama yang berkembang di bawah kepemimpinan Emperor Jimmu diketahui sudah ada pada tahun 600 SM.

Sedangkan ada pula yang disebut sebagai periode Kofun, yakni periode peradaban pertama dalam sejarah Jepang yang diyakini berlangsung sekitar tahun 250-538.

2. Yunani

2 Yunani E17a4

Sumber foto: Pixabay

Peradaban manusia di Yunani diyakini mulai berkembang sekitar tahun 800 SM. Meski sudah tua, namun peradaban di Yunani memiliki kontribusi besar pada bidang kesenian, syair, teknologi, hingga pengembangan kota.

Negara ini terus mengalami pergantian kekuasaan mulai dari Roma, Byzantine, hingga Ottoman. Peradaban Yunani modern pun akhirnya mulai berkembang setelah terjadinya Revolusi Yunani pada tahun 1821.

3. Etiopia

3 Eae16

Sumber foto: Pixabay

Peradaban modern diyakini mulai berkembang di Etiopia sejak tahun 980 SM sampai 400 SM. Hal itu ditandai dengan hadirnya kerajaan pertama di sana yang bernama D'mt.

Masyarakat kerajaan ini pula yang pertama kali mengembangkan skema irigasi, menggunakan bajak, serta mulai membuat peralatan dan senjata dari besi.

Kini, Etiopia dikenal sebagai satu-satunya negara di Afrika yang tidak pernah dijajah oleh bangsa Eropa, tapi pernah diduduki oleh Italia pada tahun 1936-1941, geng.

4. Georgia

4 Georgia F1ee2

Sumber foto: Pixabay

Peradaban Georgia mulai berkembang pada masa Kerajaan Colchis dan Kerajaan Karlti atau Iberia di sekitar tahun 1500 SM. Adapun Roma dan Persia selalu memperbutkan wilayah ini selama 700 tahun lamanya, lho.

Perjalanan Georgia pun cukup panjang. Setelah pernah menjadi negara pemeluk Kristen pada abad ke-4 Masehi, negara ini juga pernah ditaklukkan oleh bangsa Muslim pada abad ke-7 Masehi.

Lalu setelah sempat menjadi bagian dari Uni Soviet, Georgia pada akhirnya resmi menyatakan kemerdekaannya pada tahun 1991 lalu.

5. Cina

5 China B6faa

Sumber foto: Pixabay

Anjuran untuk belajar hingga ke negeri Cina memang bukan isapan jempol belaka, lho. Pasalnya, Cina pada dasarnya termasuk sebagai salah satu peradaban manusia tertua yang pernah ada sejauh ini.

Peradaban Cina diyakini berawal dari Dinasti Xia pada tahun 2070 SM hingga 1600 SM sebagai dinasti pertama. Namun, sulit untuk membuktikan hal ini lantaran minimnya sejarah tertulis yang tertinggal pada masa tersebut.

Sementara bukti sejarah yang paling kuat justru menunjukkan keberadaan Dinasti Shang yang berlangsung pada tahun 1600 SM sampai 1046 SM, geng.

Hingga akhirnya, periode dinasti di Tiongkok mulai berakhir pada tahun 1912 hingga didirikannya Republik Rakyat Tiongkok pada tahun 1949.

6. Afghanistan

6 Afganistan 4339c

Sumber foto: Pixabay

Peradaban di Afghanistan diyakini telah terbentuk pada tahun 3000 SM dengan mendirikan kota pertama di dunia, yaitu Mundigak. Kota ini berada di dekat wilayah yang saat ini dikenal sebagai Kandahar.

Wilayah ini kemudian terus berganti kekuasaan, mulai dari Darius I, Persia, Alexander the Great, dan lainnya. Afghanisthan lalu resmi menganut kesatuan republik Islam pada tahun 1973, geng.

7. India

7 India 41c24

Sumber foto: Pixabay

Peradaban di India diyakini telah terjadi sejak sekitar tahun 3300 SM, geng. Peradaban ini dimulai dengan nama Peradaban Lembah Indus.

Meski begitu, awal mula India menjadi sebuah negara baru dimulai pada Periode Vedic yang berlangsung mulai tahun 1500 SM sampai 600 SM.

Peradaban ini yang kemudian menjadi dasar Hinduisme dan berbagai aspek kebudayaan India yang masih bertahan hingga saat ini, lho.

Hingga kemudian, peradaban India modern mulai terbentuk pada 1947 setelah negara ini merdeka dari jajahan kerajaan Inggris.

8. Mesir

8 Mesir 66428

Sumber foto: sachamber

Disebut sebagai negara tertua di dunia, peradaban di Mesir kuno disinyalir telah terbentuk sejak tahun 6000 SM, geng.

Meski begitu, dinasti pertama yang ada di Mesir diyakini baru terbentuk pada tahun 3100 SM, ketika Mesir bagian Hulu dan Hilir Sungai Nil mulai disatukan menjadi kerajaan yang dipimpin oleh Raja Menes.

Dengan literatur dan bukti-bukti sejarah yang ada, para sejarawan dengan sangat yakin menyatakan bahwa Mesir adalah negara tertua yang ada di dunia saat ini.

Akhir Kata

Jadi itulah tadi daftar sekaligus ulasan sejumlah negara dengan peradaban tertua yang ada di dunia, geng. Wah, kenapa Indonesia gak ada, ya? Ada yang tahu alasannya?

Tapi mau bagaimana pun, semoga artikel Jaka kali ini semakin menambah wawasan kamu semua, ya, geng!

Baca juga artikel seputar Fakta Menarik atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

BACA JUGA

Inilah 10 Meme Kocak Versi Halal yang Bisa Bikin Kamu Auto Tobat, Berfaedah!

7 Artis ini Mengaku Tak Ingin Punya Anak Alias Childfree, Ini Alasan Mereka!

Dulu Dibuang di Tempat Sampah, Dishani Chakraborty Kini Jadi Seleb di Amerika

Film Pengabdi Setan 2 Dipastikan Tayang Tahun ini, Joko Anwar: Dia Datang Lagi!

6 Selebriti yang Pernah Melakukan Transplantasi Rambut, Rela Ditusuk Ribuan Kali!

Fix! Jokowi Setujui Desain Final Istana Negara Baru di Kalimantan Timur, Seperti Apa?

ARTIKEL TERKAIT
Penemuan Nasa Yang Dipakai Dalam Kehidupan
5 Penemuan NASA yang Dipakai Dalam Kehidupan Sehari-hari
Toilet Luar Angkasa 8f59c
Begini Bentuk Toilet Canggih NASA Seharga Rp333 Miliar | Praktis Tinggal Sedot
Cara Robot Nasa Kirim Data Dari Mars Ke Bumi Banner 6514e
Cara Robot NASA Kirim Pesan dan Data dari Mars ke Bumi, Canggih!
Bill Gates Tidak Mau Ke Mars 41950
Alasan Bill Gates Tidak Mau ke Mars Ikut Elon Musk | Cuma Khayalan Saja?
Mars
5 Foto Rahasia di Planet Mars Ini Disembunyikan NASA! Kok Bisa?
Untitled Design 2021 07 15t185427 982 8806d
5 Fakta Menakjubkan Bumi yang Mungkin Belum Kamu Sadari, Paling Beda dengan Planet Lain!
Tags Terkait: negaraSains
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal