10 Negara yang Melarang Mata Uang Kripto Sebelum Indonesia, Apa Alasannya?

Default

Belum lama ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) resmi memberi fatwa haram pada mata uang kripto atau cryptocurrency sebagai mata uang.

Melalui fatwa tersebut, secara lebih jelas disebutkan bahwa yang diharamkan MUI dari mata uang kripto adalah pada fungsinya sebagai alat tukar dalam transaksi jual-beli.

Nah, Indonesia sebenarnya bukan menjadi yang pertama untuk hal semacam ini, geng. Pasalnya, beberapa negara lain ternyata juga memberlakukan aturan serupa, lho.

Bahkan, sebagian negara telah mengeluarkan kebijakan larangan sepenuhnya untuk kegiatan yang berkaitan dengan cryptocurrency.

Lantas, negara apa saja yang melarang penggunaan kripto selain Indonesia? Berikut Jaka jabarkan daftar-daftarnya. Simak di bawah ini, ya!

1. China

China Larang Kripto 3add1

Pemerintah China telah membatasi penggunaan mata uang kripto sejak tahun 2013 silam, lho. Sejak saat itu, China mulai melakukan beberapa tahap batasan dan belum menyeluruh.

Barulah pada September 2021 kemarin, China resmi melarang penggunaan kripto secara keseluruhan.

Hal itu merupakan langkah mengejutkan karena China merupakan salah satu negara dengan pasar mata uang kripto terbesar di dunia.

Dengan begitu, kegiatan penambangan dan transaksi mata uang kripto resmi ditetapkan sebagai aktivitas ilegal dan tidak diizinkan oleh pemerintah.

Upaya tersebut disebut-sebut juga bertujuan untuk menyukseskan visi China untuk mengurangi emisi karbon pada tahun 2030 dan menjadi negara netral karbon pada tahun 2060.

2. Algeria

Algeria Bitcoin 93e3a

Algeria telah lebih dulu melarang sepenuhnya mata uang kripto sejak tahun 2018 lalu, geng. Pemerintah Algeria pun menyatakan larangan terkait segala aktivitas yang berkaitan dengan mata uang virtual tersebut.

Menurut pemerintah Algeria, mata uang yang berbentuk virtual tidak bisa diganti dengan mata uang fisik atau dokumen, seperti cek, koin, atau kartu pembayaran.

Siapa saja yang tidak mematahui aturan ini akan diberikan sanksi sesuai dengan undang-undang hukum keuangan yang berlaku di sana.

3. Nepal

Nepal Larang Crypto 70b2e

Negara Nepal mulai menyatakan larangan pada aktivitas penambangan dan perdagangan cryptocurrency pada tahun 2019 di bawah Foreign Exchange Act.

Adapun aturan tersebut dilandasi atas tingginya risiko terhadap mata uang kripto, serta tidak ada pihak yang akan bertanggung jawab jika harganya jatuh.

4. Vietnam

Vietnam Larang Crypto F54f7

Lain halnya dengan Vietnam, di mana mereka hanya melarang sebagian dari aktivitas mata uang kripto di negaranya.

Pelarangan tersebut berlaku untuk aktivitas perdagangan atau jual-beli menggunakan mata uang kripto, geng.

Namun, untuk aktivitas penambangan cryptocurrency dan penggunaan teknologi blockchain masih legal, lho.

5. Rusia

Negara Yang Larang Crypto 7caea

Pada dasarnya, pemerintah Rusia tidak melarang penggunaan mata uang kripto secara keseluruhan, geng. Namun, mereka tetap memberikan beberapa regulasi terkait aturan main mata uang kripto.

Sebagai contoh, Rusia pernah meloloskan aturan pemajakan mata uang kripto pada Juli 2020 lalu. Tetapi, penggunaan cryptocurrency sebagai metode pembayarn tetap diharamkan.

Salah satu alasannya adalah karena penggunaan mata uang kripto sebagai alat transaksi dianggap dapat menganggu putaran uang di Rusia.

Aturan lainnya juga membolehkan warga Rusia untuk memiliki dompet digital cryptocurrency di luar negaranya. Selain itu, juga masih ada peluang bahwa penggunaan mata uang kripto sebagai nilai tugar akan dilegalkan di Rusia.

6. Bangladesh

Negara Yang Larang Mata Uang Kripto D9c58

Pemerintah Bangladesh tidak memberikan izin sepenuhnya terhadap mata uang kripto karena tidak sesuai dengan aturan dan hukum keuangan yang berlaku di sana.

Hal ini semakin dipertegas dengan pernyataan pemerintah Bangladesh yang menilai bahwa mata uang kripto memiliki risiko tinggi karena ketiadaan regulasi dan bersifat desentralisasi.

7. Ekuador

Ecuador Larang Bitcoin 22021

Ekuador telah menetapkan larangan penggunaan mata uang kripto sejak Juli 2014 silam, geng. Tapi di saat bersamaan, pemerintah Ekuador juga membuat dan menggunakan mata uang elektronik mereka sendiri, lho.

Meski demikian, kepopuleran penggunaan bitcoin belakangan ini di Ekuador tetap meningkatkan kendati sudah dinyatakan ilegal. Bahkan, sudah terdapat komunitas bitcoin di sana.

8. Mesir

Mesir Larang Crypto 3c1a8

Kasus di Mesir sepertinya tidak berbeda jauh dengan apa yang terjadi di Indonesia. Sebab meski mata uang kripto tidak sepenuhnya dilarang di Mesir, namun hal itu bertentangan dengan hukum agama.

Pihak terkait di sana juga menyatakan bahwa keberadaan mata uang kripto dapat mengancam keamanan nasional. Di satu sisi, sepertinya masih ada pihak pemerintah mesir yang masih mendukung cryptocurrency.

Meski ada aturan pembatasan mata uang kripto, namun hal itu tidak cukup kuat untuk menghentikan warga Mesir dalam membeli dan menggunakan cryptocurrency.

9. Turki

Turki Larang Crpto 71a8e

Pemerintah Turki sudah mengambil langkah terkait mata uang kripto sejak April 2021 lalu, geng. Mereka resmi melarang penggunaan mata uang kripto lantaran dianggap berisiko tinggi.

Meski begitu, presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan masih ingin mengontrol aktivitas cryptocurrency dengan menetapkan sejumlah regulasi khusus.

Aturan ini masih dalam tahap rancangan dan belum diketahui kapan akan mulai diresmikan. Dampaknya terhadap warga Turki yang memiliki aset cryptocurrency juga akan dipertimbangkan.

10. Makedonia Utara

Negara Yang Larang Cryptocurrency Fdd05

Terakhir ada negara Makedonia Utara. Negara ini telah resmi melarang penggunaan mata uang kripto secara keseluruhan, geng.

Baik itu utnuk dibelanjakan, diperdagangkan, atau untuk berinvestasi, cryptocurrency akan dilarang sepenuhnya oleh pemerintah Makedonia Utara.

Pemerintah di sana juga menyatakan bahwa mata uang kripto berkaitan dengan aktivitas kriminal. Selain itu, sifatnya yang tidak teregulasi membuatnya tinggi akan risiko.

Akhir Kata

Jadi itulah tadi 10 negara yang sudah lebih dulu melarang mata uang kripto sebelum Indonesia, geng. Tentunya setiap negara punya alasan masing-masing yang memiliki landasan kuat.

Sementara di Indonesia sendiri, cryptocurrency dilarang oleh MUI karena mengandung gharar dan dharar, serta bertentangan dengan sejumlah undang-undang negara.

Namun, untuk dimanfaatkan sebagai aset masih diperbolehkan, lho.

Hal itu karena cryptocurrency dianggap sebagai sesuatu yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia dan memiliki manfaat, sehingga sah untuk dimiliki dan diperjualbelikan.

Jadi, sudah jelas kan, geng?

ARTIKEL TERKAIT
Gaya Istri Orang Terkaya Di Dunia 27caf
10 Gaya Busana Istri Para Orang Terkaya di Dunia yang Sederhana | Gak Ada yang Suka Pamer!
Mark Zuckerberg Sergey Brin 322e6
10 Kebiasaan Sederhana Orang Terkaya di Dunia Teknologi | Cuma Punya 1 Jenis Baju dan Mobil Penyok
Nurul Atik Mantan Ob Jadi Miliarder 461a5
Kisah Sukses Nurul Atik, Mantan OB yang Jadi Miliarder | Punya Omzet Rp1,2 T
Cats1 9bc6e
Kisah Sukses TKW yang Tak Lulus SD, Bisa Raup Rp 3 M Lewat Katering Haji
1534010 Kisah Sukses Penjual Gorengan Horz 6a094
Kisah Sukses Penjual Gorengan Raup Ratusan Juta Rupiah Dalam Sebulan | Awalnya Cuma Punya Rp5 Ribu
Untitled Design 2021 04 12t184626 357 1b9fb
10 Orang Terkaya di Indonesia 2021 | Crazy Rich Indonesia Baru Bermunculan!
Tags Terkait: cryptocrypto currency
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal