Nasib Pilu Gajah Kurus Berumur 70 Tahun, Kerap Dipaksa Jalan Jauh dengan Kaki Dirantai

Default

Kamu pernah menonton karnaval yang menampilkan konvoi hewan-hewan tertentu, geng? Meski mengasyikkan, namun dibalik itu kerap terdengar kisah pilu terkait kondisi hewan-hewan tersebut, lho.

Pasalnya, apa yang terjadi di Sri Lanka pada tahun Agustus 2019 lalu ini telah membuka mata dunia.

Kala itu, beredar sebuah foto seekor gajah betina yang memiliki kondisi tubuh memprihatinkan.

Akibat foto yang beredar itu, gajah betina yang diketahui bernama Tikiri tersebut sempat mencuri perhatian publik lantaran kondisi tubuhnya yang begitu kurus.

Saking kurusnya gajah tersebut, tulang-tulang di tubuhnya bahkan dapat terlihat dengan amat. Penampilan gajah Tikiri ini pun terasa amat memilukan untuk dilihat, geng.

Usut punya usut, Tikiri sendiri dikenal sebagai gajah penghibur untuk acara-acara karnaval di Sri Lanka.

Kondisi tubuhnya yang kurus selama ini tidak pernah diketahui khalayak umum karena selalu tertutup oleh kain panjang ketika tampil di karnaval.

Gajah Karnaval Kurus C7ace

Hampir setiap malam gajah betina ini harus berjalan di setiap acara karnaval. Tikiri pun dikenal sebagai salah satu gajah yang paling sering ditampilkan dalam karnaval keagaamaan di Sri Lanka.

Tak lama setelah foto tubuh kurus Tikiri beredar, gajah yang kerap dipaksa tampil dalam karnaval ini pun telah dinyatakan meninggal dunia di usia 70 tahun.

Seperti yang dilansir dari Worldofbuzz, Rabu (24/11/2021), sebelum menghembuskan napas terakhirnya, kondisi kesehatan Tikiri memang semakin memprihatinkan dari waktu ke waktu.

Setiap diikutsertakan dalam karnaval keagamaan, Tikiri diharuskan untuk berjalan sejauh berkilo-kilo meter dengan kaki yang dirantai.

Perjalanan dalam karnaval itu akan disaksikan oleh banyak orang dan harus dilalui Tikiri selama 10 hari bersama dengan 60 gajah lainnya.

Sederet potret saat Tikiri ikut dalam karnaval pun sempat beredar dan menjadi viral di media sosial bahkan hingga ke mancanegara. Tentu saja, penyebabnya adalah kondisi tubuhnya yang begitu kurus.

Foto-foto tubuh kurus Tikiri seolah membuka mata para aktivis pecinta hewan, geng. Tak sedikit aktivis pecinta hewan yang marah dan mengecam pihak-pihak yang terlibat untuk mengurus Tikiri.

Gajah Kurus Di Sri Lanka 5f4d0

Setelah foto-foto Tikiri viral di media sosial, para lembaga penyelamat hewan langsung bertindak cepat dengan mengambil alih hak untuk mengurus sang gajah betina tersebut.

Para netizen pun ikut memberikan komentarnya terkait kondisi kesehatan Tikiri. Tak sedikit netizen yang mengaku miris melihat betapa kurusnya tubuh gajah tersebut.

Meski telah berhasil diselamatkan oleh lembaga bernama Save Elephant Foundation (SEF), namun hal itu seolah telah terlambat lantaran kondisi kesehatan Tikiri yang justru semakin memburuk.

"Penderitaan Tikiri telah berakhir, jiwanya sekarang bebas. Tidak ada lagi perbuatan buruk yang menimpanya," tulis Lek Chailert, pendiri SEF, dalam unggahannya di Instagram pribadinya.

Gajah Kurus 22b43

Menurut keterangan dari pemiliknya selama ini, ia mengakui selama ini Tikiri memang memiliki masalah pencernaan, termasuk ketika mengikuti karnaval keagamaan.

Hanya saja, sang pemilik tidak mau memberikan penanganan medis kepada gajah tersebut lantaran meyakini kalau karnaval keagamaan yang diikuti tersebut dapat menyembuhkan hewan yang tengah sakit.

Tidak hanya itu, pawang tersebut juga berdalih bahwa penyakit pencernaan yang diderita Tikiri selama ini sama sekali tidak berpengaruh pada tenaga dan kemampuannya untuk mengikuti festival.

Tentu saja, kabar meninggalnya Tikiri memberikan kesedihan bagi banyak pihak, geng. Terlebih, banyak sekali yang berharap agar gajah betina tersebut kembali sehat setelah diselamatkan oleh lembaga pecinta hewan.

Akibat kejadian miris ini, sejumlah kelompok pembela hak-hak hewan di Sri Lanka kompak menyuarakan untuk dibuatnya undang-undang perlindungan hewan yang lebih ketat.

Para turis yang datang ke Sri Lanka juga diimbau untuk tidak datang ke tempat-tempat yang menawarkan layanan menunggang gajah atau pertunjukkan gajah.

Baca juga artikel seputar Viral atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

ARTIKEL TERKAIT
Cats7 D1885
5 Aplikasi Nonton Iklan Dapat Uang 2021 | Bisa Cari Cuan Sambil Rebahan!
Kaum Rebahan Dc261
Kaum Muda di China Jadi Kaum Rebahan | Capek Kerja Mati-matian Tapi Dibayar Pas-pasan
Reza Abdul Jabbar 02a7b
Kesuksesan Petani Susu Indonesia di Selandia Baru | Sangat Disegani!
Cadangan Berlian Dunia E98b4
Mendadak Tajir, Petani Ini Temukan Berlian Seharga Rp976 Juta di Ladang
Images 2 Picsay 20ba1
10 Film Populer yang Ternyata Menyimpan Berbagai Kesalahan yang Mengejutkan
Gambar Jorok Karena Typo Spasi
14 Gambar Jorok Ini Ada Karena Kesalahan Spasi
Tags Terkait: fakta unikhewan
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal