Misteri Mumi Anjing yang Terjebak di Dalam Pohon Selama 20 Tahun, Bagaimana Bisa?

Default

Ada banyak hal tak terduga yang kerap terjadi di dunia ini, geng. Seperti yang dialami oleh seorang penebang pohon berikut ini, misalnya.

Bagaimana tidak, seorang penebang pohon tentu tidak pernah berharap bahwa dirinya akan menemukan mumi anjing yang terjerat dalam pohon. Namun, faktanya memang demikian.

"Tapi itulah yang tim penebang dari Georgia Kraft Corp temukan saat menebang pohon pada tahun 1980-an," tulis Ketie Serena pada publikasinya tahun 2008, seperti dilansir dari All Thats Interesting, Rabu (10/11/2021).

Dalam publikasinya yang berjudul Meet "Stuckie" - The Mummified Dog Who Has Been Stuck In A Tree For Over 50 Years itu, Ketie berusaha menerangkan tentang penemuan tak lazim nan menakjubkan ini.

Ketika itu, para penebang diketahui sedang menjalankan tugasnya di hutan ek kastanye di Georgia selatan, Amerika Serikat. Di situlah awal mula mereka menemukan pemandangan tidak biasa ini.

Penemuan berawal saat penebang mencoba memotong bagian atas pohon ek kastanye agar lebih mudah untuk dianggkut ke dalam truk.

Namun setelah bagian atas pohon dipotong, mereka justru melihat seekor anjing pemburu berwarna cokelat dan putih yang terjebak di dalam batang pohon.

Menurut peneliti Kristin Huga pada 2018, anjing itu diperkirakan telah terjebak selama 20 tahun di dalam pohon sebelum akhirnya ia ditemukan telah menjadi mumi.

Itu artinya, para penebang tersebut terlambat sekitar dua dekade untuk menyelamatkan sang anjing dari kematiannya.

Alhasil, apa yang ditemukan saat itu hanyalah mumi anjing yang sudah mengering dan membatu. Ia diperkirakan terus berjuang keluar dari pohon sampai akhirnya mati.

Lantas, bagaimana bisa seekor anjing terjebak di dalam pohon seperti itu?

Para peneliti meyakini kejadian tersebut berlangsung pada tahun 1960. Kala itu, sang anjing mungkin berlari ke dalam lubang di dasar pohon yang menjulang setinggi 28 kaki.

Jika melihat jenisnya yang merupakan anjing pemburu, para peneliti berasumsi bahwa dia awalnya hendak mengejar sesuatu di dalam pohon, tapi malangnya justru terjebak dan tak bisa keluar lagi.

Hal itu semakin diperkuat dengan kondisi di dalam batang pohon yang menyempit di bagian atas. Anjing tersebut tidak hanya gagal mendapatkan mangsanya, namun juga gagal menarik dirinya keluar.

Mumi Anjing Terjebak Dalam Pohon 9907b

Mendapati seekor anjing yang telah menjadi mumi, para penebang pohon akhirnya memutuskan untuk menyerahkan seluruh bagian pohon kepada Southern Forest World.

Kemudian, nama Stuckie dipilih melalui pemungutan suara dalam kontes yang diadakan oleh museum pada tahun 2002. Nama tersebut dirasa cocok untuk menggambarkan kondisi anjing yang malang itu.

Lalu muncul pertanyaan lain, bagaimana bisa anjing tersebut tidak membusuk di dalam pohon meski telah terjebak selama 20 tahun lamanya?

Para peneliti pun ternyata memiliki jawaban ilmiah akan hal itu. Secara umum, hal itu disebabkan oleh kandungan yang terdapat pada pohon ek kastanye itu sendiri.

"Pohon ek kastanye mengandung bahan yang menyerap kelembapan dan mengeringkan sekitarnya. Pengering alami ini mencegah pembusukan anjing tersebut selama bertahun-tahun," tulis Pinaz Kazi kepada International Business Times.

Itu artinya, kondisi kelembapan yang rendah di dalam pohon tersebut dapat menghentikan aktivitas mikroba sehingga mencegah anjing mengalami pembusukan.

Selain itu, posisi dan bentuk pohon itu juga mempengaruhi hal ini. Sirkulasi udara yang bertiup ke atas dari dalam pohon tersebut juga membantu Stuckie tetap dalam kondisi yang utuh.

ARTIKEL TERKAIT
Page1 3fd21
7 Mumi Paling Terkenal di Dunia, dari Biksu hingga Berlidah Emas!
Mumi Wanita Hamil Tua 3770a
Ditemukan Mumi yang Hamil Tua | Pertama Kali di dalam Sejarah!
610e3f84ddf2e 1c96c
Dua Mumi Anak Singa Gua Zaman Es Ditemukan Dalam Kondisi Terbaik | Berusia Puluhan Ribu Tahun!
O Img 90734 Penemuan Kerangka Gadis Dengan Burung Di Mulut Faculty Of Archaeology Warsaw University D54e0
Misteri Penemuan Kerangka Gadis yang Terkubur dengan Burung di Mulut| Belum Terpecahkan Puluhan Tahun
Penemuan Fosil Dinosaurus 173e8
Fosil Badak Raksasa Seberat 4 Gajah Afrika dan Lebih Tinggi dari Jerapah Ditemukan
Header 8 39cee
10 Penemuan Asli Indonesia yang Mendunia! Nomor 4 Sedang Kamu Gunakan!
Tags Terkait: Viralhewan
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal