7 Mitos Imlek yang Perlu Kamu Tahu, Biar Hoki dan Cuan Banyak!

Default

Hayo, siapa dari kalian yang sudah tidak sabar ingin cepat-cepat Imlek biar dapat angpao yang banyak, nih? Kalau Jaka sih, nggak sabar karena pengen bisa dapat banyak uang dan makan-makan!

Tidak terasa perayaan Imlek sudah di depan mata, nih. Tahun ini Tahun Baru Imlek menyambut tahun Kerbau Logam yang dipercaya membawa keberuntungan.

Nah, sebelum merayakan Imlek, tidak ada salahnya kamu mengetahui kumpulan mitos imlek yang masih dipercaya sampai sekarang. Katanya sih, biar kamu tidak kena sial! Emang apa aja sih mitosnya?

Yuk, langsung aja simak kumpulan mitos imlek di artikel ini!

1. Potong Rambut untuk Membuang Sial

Mitos Imlek Potong Rambut Membuang Sial E741e

Mitos Imlek yang pertama adalah memotong rambut untuk membuang sial. Apakah kamu merasa sering sial akhir-akhir ini? Kalau gitu, kamu bisa mencoba memotong rambut kamu.

Katanya, memotong rambut seolah-olah membuang sial kita. Perlu kamu ketahui, bahwa hal ini hanya berlaku sebelum Imlek, loh.

Pasalnya, kalau potong rambut sesudah imlek ataupun keramas justru malah buang hoki! Jangan sampai!

2. Tidak Boleh Memberi Angpao Apabila Belum Menikah

Mitos Imlek Angpao 0c1a1

Kamu masih jomblo? Wah, untung banget deh, soalnya nggak perlu bagi-bagi angpao. Mitos ini hanya berlaku bagi yang sudah menikah saja.

Bagi kamu yang masih single ataupun belum menikah, nggak usah sedih, soalnya kamu cukup duduk manis dan dapet angpao, deh.

Pantang banget pokoknya bagi yang belum menikah untuk memberi angpao. Katanya sih, bisa-bisa masa jomblonya makin lama terus nggak nikah-nikah. Waduh!

3. Tidak Boleh Menyapu

Mitos Imlek Menyapu Lantai Bb045

Mitos lainnya yang nggak kalah penting untuk kamu ketahui adalah pantang untuk menyapu dalam rumah. Ini termasuk bersih-bersih perabotan rumah, ya.

Menurut kepercayaan, menyapu rumah saat Imlek seakan-akan menyapu seluruh rezeki dan keberuntungan kita.

Kalau mau, bisa bersih-bersih sebelum Imlek saja. Kan enak, pas imlek bisa santai-santai di rumah, deh!

4. Wajib Damai dengan Keluarga

Mitos Imlek Damai Dengan Keluarga Bb889

Saat Imlek, kamu harus damai dengan keluarga. Tidak boleh berantem, memukul, mengeluarkan kata-kata kasar, dan lainnya.

Katanya, kalau kita tidak damai dengan keluarga, maka kita akan dijauhkan dari hoki. Aduh, pastinya kamu tidak mau hal seperti itu terjadi, kan?

Oleh karena itulah, kita harus saling bersikap baik dan menghormati satu sama lain. Tapi, ini bukan berarti kamu baik sama keluarganya pas imlek aja, ya!

5. Menggunakan Baju dengan Warna Tertentu

Mitos Imlek Mengenakan Baju Warna Tertentu 0528d

Saat perayaan Imlek, seringkali kita melihat nuansa kemerahan, entah itu dekorasi ataupun baju yang dikenakan. Sebenarnya, ada alasan dibalik hal tersebut.

Menurut kepercayaan, baju merah menggambarkan kebahagiaan. Jadi, mengenakan baju merah saat imlek dipercaya hoki akan membawakan hal-hal yang bisa membuat kita bahagia.

Perlu kamu ketahui juga, bahwa baju putih pantang dipakai saat Imlek karena baju putih justru menggambarkan duka.

6. Hujan Membawa Rezeki

Mitos Imlek Hujan Membawa Rezeki 8131a

Seringkali kita mendengar bahwa hujan saat Imlek merupakan hal yang baik. Menurut kepercayaan orang Tionghoa, hujan membawa rezeki yang banyak.

Pasalnya, dengan turunnya hujan, tanah jadi subur dan tidak mengalami kekeringan. Kepercayaan yang lainnya mengarah pada Dewa Hujan yang turun ke bumi untuk memberi keberuntungan.

Perayaan imlek memang biasanya tidak luput dari hujan dan angin kencang. Soalnya kan, imlek biasanya jatuh di saat musim hujan, yaitu di antara bulan Januari dan Februari.

7. Tidak Boleh Pakai Baju Sobek

Mitos Imlek Tidak Boleh Mengenakan Baju Sobek 84086

Yang terakhir adalah pantangan memakai pakaian sobek saat Imlek. Ini artinya bukan hanya baju sobek yang tidak disengaja ya, namun juga termasuk baju yang modelnya sengaja disobek.

Menurut kepercayaan, mengenakan baju sobek saat Imlek berarti memotong keberuntungan.

Pantangan lainnya adalah memotong kain ataupun baju dengan benda tajam karena bisa-bisa hokinya jadi terpotong.

Akhir Kata

Sekian dari kumpulan mitos Imlek yang dipercaya bisa mendatangkan keberuntungan. Benar atau tidaknya tidak diketahui, mengingat bahwa hal-hal tersebut adalah mitos. Kalau kamu percaya yang mana, nih? Share pendapatmu di kolom komentar, ya!

Baca artikel mengenai Mitos atau artikel menarik lainnya dari Michelle Cornelia.

ARTIKEL TERKAIT
Time Travel Banner F0ebf
7 Hal yang Dianggap Sebagai Bukti Time Travel itu Ada, Kamu Percaya?
Bajak Laut Paling Sadis Dalam Sejarah Banner 2f50a
5 Bajak Laut Paling Sadis dalam Sejarah, Dikenal Kejam dan Tidak Bermoral!
Kim Jong Un Banner New 93afb
Serem! Nonton Drakor di Korea Utara Bakal Dipenjara 15 Tahun
Penyebab Kematian Terburuk Menurut Sains Banner 1c498
7 Penyebab Kematian Terburuk Menurut Sains, Bikin Merinding!
Penemu Yang Membenci Temuannya Sendiri Banner 1574e
5 Penemu yang Membenci Temuannya Sendiri, Apa Penyebabnya?
Untitled Design 2021 01 19t224159 359 D2937
5 Tokoh Sejarah yang Paling Banyak Membunuh | Tak Punya Nurani!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal