Leo Koguan, Pria Kelahiran Indonesia yang Jadi Crazy Rich Dunia Berkat Elon Musk

Default

Nasib seseorang memang tidak ada yang tahu. Seperti kisah pria kelahiran Indonsia yang bernama Leo Koguan ini, yang kini berhasil masuk dalam jajaran orang terkaya dunia versi Forbes.

Sosoknya belakangan menjadi sorotoan dunia setelah ia sukses mendapatkan kepemilikian saham Tesla milik Elon Musk.

Berkat hal itu pula, kekayaan warga negara Amerika Serikat (AS) bertambah berkali-kali lipat hingga menjadikannya salah satu orang terkaya di dunia.

Padalah jika dilihat dari rekam jejaknya, titik kesuksesan yang ia peroleh saat ini bukan didapat dari hasil instan, geng.

Sebelumnya, ia bahkan dinyatakan hampir bangkrut dan melego seluruh sahamnya akibat terdampak pandemi Covid-19 yang menjalar di seluruh dunia.

Saat pasa ekuitas anjlok pada Maret 2020 lalu, Koguan pun terpaksa menjual sebagian besar portfolio sahamnya, termasuk 12 juta saham Tesla yang ia miliki.

Saat ekonomi semakin tak terkendali akibat pandemi, Koguan juga harus rela menjual sisa-sisa kepemilikan sahamnya dari beberapa perusahaan ternama, seperti Baidu, Nvidia, China Mobile, dan Nio.

Leo Koguan 35324

Namun, ia pun bertaruh pada keputusan yang besar. Hasil penjualan itu ia gunakan untuk membeli opsi panggilan jangka panjang di Tesla serta mulai berinvestasi di sektor properti.

Walaupun keputusannya punya risiko yang tinggi, tapi kenyataannya hal itu membuahkan hasil yang manis.

Ketika saham Tesla meroket lebih dari 1.440% sejak 1 Maret, Koguan per 24 September akhirnya memiliki 6,3 juta saham Tesla dan lebih dari 1,8 juta opsi panggilan Tesla dalam bentuk uang.

Seperti yang dilansir dari Forbes, Selasa (09/11/2021), Koguan kini memiliki total kekayaan mencapai 9,4 miliar dolar AS atau setara dengan Rp133,4 triliun.

Dengan kekayaan sebanyak itu, kini ia berada di posisi ke 1.444 dalam daftar orang terkaya di dunia versi Forbes, geng.

Leo Koguan sebelumnya lebih dikenal sebagai pemilik perusahaan penyedia IT SHI International yang sukses melakukan 11,1 miliar penjualan dan memiliki lebih dari 20.000 pelanggan, di antaranya adalah Boeing dan AT&T.

Koguan sendiri sebelumnya berhasil menyelesaikan studi master dari Columbia dan mendapatkan gelar hukum dari New York Law School.

Ia kemudian menikah dengan Tahi Lee pada tahun 1989 yang merupakan lulusan Harvard MBA. Pasangan suami istri ini lalu sama-sama membangun SHI International dengan Lee bertindak sebagai CEO.

Koguan Dan Musk Ee801

Berdasarkan profil Linkedin-nya, Koguan secara terang-terangan mengakui bahwa ia adalah pemegang saham individu Tesla terbesar ke-3 saat ini.

Dirinya juga mengaku berani berinvestasi besar pada Tesla dikarenakan kepercayaannya kepada Elon Musk. Ya, Koguan pun secara terbuka bahwa ia adalah penggemar berat Musk.

Ia akhirnya juga berkontribusi pada dunia pendidikan, setelah menyuntikkan dana sebesar 30 juta dolar AS pada tahun 2008 untuk mendirikan Sekolah Hukum Koguan di Tiongkok.

Kini, Koguan merupakan satu-satunya orang Tionghoa yang masih hidup di Tiongkok yang memiliki sekolah bernama dirinya.

Tidak sampai di situ, Koguan juga tercatat sebagai Wali Kehormatan Universitas Shanghai Jiao Tong, Wali Kehormatan Universitas Tsinghua, Wali Kehormatan Universitas Peking, Wali Amanat Universitas Fudan, dan Wali Amanat Global Emeriti dari Asia Society.

Meski diketahui lahir di Indonesia, Leo Koguan sendiri memiliki status kewarganegaraan Amerika Serikat dan telah pindah kembali ke Asia.

Jika bukan karena kepercayaannya pada Elon Musk, ia mungkin tak akan mempertaruhkan segalanya pada Tesla dan tidak bisa berada di titiknya yang sekarang.

ARTIKEL TERKAIT
Gaya Istri Orang Terkaya Di Dunia 27caf
10 Gaya Busana Istri Para Orang Terkaya di Dunia yang Sederhana | Gak Ada yang Suka Pamer!
Mark Zuckerberg Sergey Brin 322e6
10 Kebiasaan Sederhana Orang Terkaya di Dunia Teknologi | Cuma Punya 1 Jenis Baju dan Mobil Penyok
Nurul Atik Mantan Ob Jadi Miliarder 461a5
Kisah Sukses Nurul Atik, Mantan OB yang Jadi Miliarder | Punya Omzet Rp1,2 T
Cats1 9bc6e
Kisah Sukses TKW yang Tak Lulus SD, Bisa Raup Rp 3 M Lewat Katering Haji
1534010 Kisah Sukses Penjual Gorengan Horz 6a094
Kisah Sukses Penjual Gorengan Raup Ratusan Juta Rupiah Dalam Sebulan | Awalnya Cuma Punya Rp5 Ribu
Untitled Design 2021 04 12t184626 357 1b9fb
10 Orang Terkaya di Indonesia 2021 | Crazy Rich Indonesia Baru Bermunculan!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal