J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Lagu Indonesia yang Dituding Plagiat, Cuma Bisa Ngejiplak?

Minggu, 17 Jan 2021, 18:30 WIB
Meski diklaim hanya terinspirasi dari musisi lain, beberapa lagu Indonesia banyak yang dituding plagiat! Lagu apa saja? Cari tahu di sini!

Bukan hanya industri film saja yang semakin berkembang di Tanah Air, tapi juga industri musik. Banyak lagu Indonesia dengan beragam genre yang diciptakan dari masa ke masa.

Dari dulu hingga sekarang pun ada banyak penyanyi atau grup musik yang selalu merilis single atau album terbaru dengan berbagai judul lagu di dalamnya.

Tentunya, menciptakan lagu bukanlah hal yang mudah. Agar bisa diterima masyarakat, sebuah lagu harus diciptakan dengan musik orisinil khas penciptanya.

Sayangnya, ada sejumlah lagu Indonesia yang dituding plagiat atau menjiplak lagu lain yang sudah lebih dahulu rilis. Biar makin jelas, kamu bisa simak pembahasan di bawah ini!

Lagu Indonesia yang Dianggap Menjiplak Lagu Lain

Bukan hal yang aneh jika musisi terinspirasi dari musik karya musisi lain saat membuat lagu. Tapi, beberapa lagu malah dituding menjiplak lagu lain karena musiknya yang sangat mirip.

Nah, kali ini Jaka bakal membahas deretan lagu Indonesia yang disebut menjiplak lagu lain. Penasaran, kan? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini, ya!

1. Cinta Mati II & Cinta Mati III - Ahmad Dhani

Lagu1 Custom 9a372

Musisi kondang Tanah Air, yakni Ahmad Dhani pernah dituduh melakukan plagiat atas lagunya yang berjudul Cinta Mati II dan Cinta Mati III.

Artis Indonesia dengan haters terbanyak, yaitu Mulan Jameela merupakan penyanyi untuk lagu yang dituding menjiplak Real Life (Sergio Mendez) dan Do You Believe in Love.

Dhani kemudian memberika klarifikasi. Ia mengatakan yang dilakukannya bukanlah menjiplak, melainkan menyadur dua lagu tersebut dengan izin resmi dari publisher terkait.

2. Cinta Ini Membunuhku - D'Masiv

Lagu2 Custom 980d5

D'Masiv juga pernah tertimpa isu plagiarisme atas lagu Cinta Ini Membunuhku. Lagu tersebut dirilis tahun 2008 dan langsung tersandung kontroversi.

Lagu dari band yang digawangi oleh Ryan dan kawan-kawan ini dianggap menyontek bagian intro pada lagu I Don't Love You milik band papan atas, My Chemical Romance.

Ketika ditemui, Rian justru menganggapnya sebagai kritik membangun. Hanya saja, menurutnya, wajar jika suatu band memiliki inspirasi musik dari band lainnya.

3. Mari Bercinta - Aura Kasih

Lagu3 Custom 69a8a

Jika sebelumnya Aura Kasih pernah tersandung kontroversi karena menolak foto dengan fans, kali ini namanya juga terseret kasus plagiarisme.

Lagu Mari Bercinta garapannya yang dirilis tahun 2015 ini dianggap menjiplak lagu Sean Paul, Give It To You karena ada beberapa bagian yang terdengar mirip.

Aura memang mengakui kemiripan nada lagu Mari Bercinta dan Give It To You. Hanya saja, menurutnya kemiripan hanya ada di beberapa bar dan tidak ada unsur plagiat.

4. Kita - Sheila On 7

Lagu4 Custom 0987b

Sheila On 7 terkenal dengan berbagai lagunya yang enak didengar dan memiliki musik yang konsisten. Hal ini juga bisa kamu rasakan saat mendengarkan lagu Kita.

Tapi, jika kamu adalah penggemar grup musik Blur, kamu pasti tahu bahwa lagu Kita milik Sheila On 7 ini sedikit mirip dengan lagu Coffee and TV.

Memang tidak sama persis, tapi ada beberapa bagian yang mirip. Kabarnya, Duta ataupun Eros membuat lagu Kita setelah menikmati lagu milik Blur tersebut.

5. Jika Surga dan Neraka Tak Pernah Ada - Ahmad Dhani ft. Chrisye

Lagu5 Custom 7da4e

Chrisye adalah legenda musik pop Indonesia. Ia sempat berkolaborasi dengan Ahmad Dhani dan menciptakan lagu Jika Surga dan Neraka Tak Pernah Ada.

Tapi sayangnya, lagu yang mereka nyanyikan berdua tersebut terdengar sedikit mirip dengan lagu berjudul Glory Box milik Portishead.

Alunan mendayu dan beat yang rapat terdengar persis di kedua lagu. Hingga model suara vokal Dhani yang menyeret di awal juga dilakukan oleh Portishead.

6. Cinta Satu Malam - Melinda

Lagu6 Custom Ab2e1

Lagu dangdut juga rupanya tak luput dari pengamatan plagiat atau tidak. Salah satunya adalah lagu Cinta Satu Malam yang dinyanyikan oleh Melinda.

Lagu ini begitu mirip dengan lagu Everytime We Touch dari Cascada. Dari segi aransemen tidak terlihat perbedaan yang menonjol. Nada menyanyinya pun terdengar sama.

Yang membedakan hanya genre lagunya saja. Lagu yang dipopulerkan Melinda ini adalah lagu dangdut, sedangkan lagu milik Cascada mengusung genre eurodance dan techno.

7. Keke Bukan Boneka - Kekeyi

Lagu7 Custom Abbd9

Rahmawati Kekeyi Putri Cantikka atau yang akrab disapa Kekeyi sempat menjadi perbincangan publik beberapa waktu lalu setelah ia merilis lagu berjudul Keke Bukan Boneka.

Lagunya dituding plagiat karena terdapat bagian yang terdengar persis dengan lagu pop Indonesia ciptaan Novi Umar yang berjudul Aku Bukan Boneka.

Bahkan, sang penyanyi lagu tersebut, Rinni Wulandari sampai menyindir lewat postingan media sosial. Dalam postingannya, Rinni menyanyikan penggalan lagu yang dijiplak.

Akhir Kata

Nah, itu tadi beberapa lagu Indonesia yang dituding plagiat alias menjiplak lagu karya musisi lain. Beberapa bagian dari lagunya memang terdengar mirip dengan lagu yang dijiplak.

Meski sempat heboh karena disebut plagiat, beberapa musisi tadi mengklaim bahwa mereka tidak menjiplak, melainkan hanya terinspirasi dari lagu lain yang sudah lebih dulu rilis.

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Reishatia.

ARTIKEL TERKAIT
Aktor Yang Menghancurkan Karir Sendiri 86d67
7 Aktor yang Menghancurkan Karier Sendiri, Bejat & Ditangkap Aparat!
A Inter 1 5cd6d
7 Film dengan Teori Sains Paling Akurat, Plotnya Kelewat Jenius!
Film Serial Tv Sindir Indonesia 4e587
7 Adegan Film & Serial TV yang Sindir Indonesia, Rusak Citra Bangsa!
Aktor Dengan Bagian Tubuh Termahal 112d1
7 Seleb dengan Asuransi Tubuh Termahal, Biar Gak Diculik Alien!
Film Aktor Membunuh Orang Lain 7d68d
Biadab! 7 Aktor Ini Membunuh Orang Lain, Aktor Marvel Termasuk!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal