J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Judul Asli Film Hollywood yang Tidak Terduga, Untung Gak Jadi Dipakai!

Minggu, 3 Jan 2021, 16:30 WIB
Judul asli film-film Hollywood ini sangat berbeda dibanding yang dipakai sekarang, lho! Karena dirasa tidak cocok, akhirnya diganti dengan judul yang baru.

Sebagai identitas sebuah film, tentu pemilihan judul tidak bisa sembarangan. Selain harus terdengar menarik, judul film juga perlu memberikan gambaran mengenai jalan cerita yang diangkat.

Tidak salah juga jika film menggunakan judul yang ringkas dan padat, contohnya seperti film dengan judul terpendek yang pada akhirnya mudah diingat dan diucapkan oleh para penonton.

Oleh karena itu, pertimbangan pemilihan judul bisa memakan waktu yang lama. Tidak heran jika pada akhirnya judul yang sudah ditetapkan diganti dengan yang baru.

Hal ini terjadi pada beberapa film Hollywood yang diberi judul berbeda dibanding yang telah direncanakan sebelumnya. Berikut perbedaan antara judul awal dengan judul resmi.

7 Film Hollywood yang Awalnya Akan Diberi Judul Lain

Mulai dari penulisan naskah, membuat draft akhir, hingga proses editing, sebuah film bisa saja mengalami berbagai perubahan drastis dibanding rencana awal, salah satunya dari segi judul.

Sebagai salah satu aspek penting, judul harus mampu memikat calon penonton dan membuat mereka penasaran dengan filmnya. Meskipun tidak boleh memberikan spoiler, namun jangan sampai sebuah judul melenceng terlalu jauh dari jalan cerita.

Tapi, judul asli film-film Hollywood di bawah ini bisa dibilang cukup menipu dan tidak sesuai dengan premis filmnya. Penasaran? Yuk, langsung simak daftar berikut.

1. Back to the Future (1985)

Back To The Future E65b4

Apakah kamu ingat ketika Marty McFly (Michael J. Fox) tiba di tahun 1995 dengan mesin waktu bernama DeLorean? Saat itu, baju yang ia kenakan sangat menyerupai seorang astronot.

Ternyata, hal itu berkaitan dengan judul asli Back to the Future, yaitu Spaceman From Pluto. Untung saja film yang dilarang tayang karena alasan sepele ini tidak jadi menggunakan judul tersebut.

Bukan hanya karena kurang menarik, tapi judul tersebut juga tidak sesuai dengan jalan cerita filmnya. Bagaimana kalau menurutmu?

2. Pulp Fiction (1994)

Pulp Fiction E6b18

Judul film terbaik Quentin Tarantino ini didasarkan pada berbagai novel dan majalah fiksi yang memengaruhi gaya penyutradaraan Tarantino.

Tapi, sebenarnya ia akan menamai Pulp Fiction sebagai Black Mask yang merujuk pada sebuah majalah berisi cerita-cerita detektif.

Padahal, Black Mask juga tidak merepresentasikan jalan cerita film ini. Tapi, terlepas dari judulnya, Pulp Fiction berhasil mendapatkan pujian dari para kritikus maupun penonton.

3. Goodfellas (1990)

Goodfellas 754f3

Salah satu film gangster terbaik ini diadaptasi dari novel yang dirilis pada 1985. Tapi, judul novel tersebut adalah Wiseguy dan Martin Scorsese sebagai sutradara sempat mempertimbangkan untuk menggunakan nama yang sama.

Sayangnya, pada saat itu ada acara TV bernama Wiseguy. Alasan lainnya adalah sutradara Brian De Palma juga telah merilis film bernama Wise Guys pada 1986.

Pada akhirnya, untuk menghindari kebingungan di antara para calon penonton, Scorsese yang juga menulis naskah bersama Nicholas Pileggi memutuskan untuk menggunakan judul Goodfellas.

4. Alien (1979)

Alien 3d374

Ketika naskah film Alien masih pada tahap penulisan, judul yang digunakan adalah Star Beast. Nama tersebut diambil dari judul sebuah novel sci-fi yang jalan ceritanya sama sekali tidak berkaitan dengan film ini.

Tapi, karena Star Beast dirasa kurang memberikan efek menakutkan sebagaimana jalan cerita yang sedang ditulis, akhirnya Alien dipilih sebagai judul.

Film arahan Ridley Scott ini juga terinspirasi dari film Jaws (1975), bahkan dianggap sebagai Jaws versi luar angkasa, sehingga pemilihan judul yang pendek juga mengikuti film yang menjadi inspirasinya.

5. Titanic (1997)

Titanic E1f9c

Ada banyak alasan Titanic menjadi film yang paling diingat bahkan hingga kini, beberapa di antaranya adalah rekor pendapatan tertinggi sepanjang masa pada saat itu, adegan ciuman terbaik, serta judul yang singkat.

Tapi, sutradara James Cameron pernah mempertimbangkan judul The Ship of Dreams sebelum memutuskan nama Titanic yang merujuk pada kapal asli RMS Titanic.

Selain itu, nama The Ship of Dreams terasa kontras dengan jalan cerita film ini yang berakhir tragis, sehingga pemilihan judul yang lebih simpel dirasa sebagai pilihan yang tepat.

6. Toy Story

Toy Story A731d

Mengangkat kisah tentang petualangan mainan-mainan yang bisa hidup, wajar jika salah satu film animasi Pixar terbaik ini diberi judul Toy Story.

Judul tersebut juga dirasa lebih baik dan lebih sesuai dengan jalan cerita dibanding judul awalnya, yaitu Wind-Up Heroes.

Menurut editor Toy Story, Lee Unkrich, masih ada judul-judul lain yang sempat menjadi bahan pertimbangan, yaitu Toyz in the Hood, Wings and Pull Strings, serta To Infinity and Beyond.

7. 2001: A Space Odyssey (1968)

2001 A Space Odyssey B3442

Judul awal film 2001: A Space Odyssey adalah How the Solar System Was Won yang merujuk pada film How the West Was Won (1962).

Judul tersebut juga bukan satu-satunya yang dipikirkan oleh Stanley Kubrick selaku sutradara. Ia sempat memikirkan nama Tunnel to the Stars dan Journey Beyond the Stars.

Bahkan, yang terakhir diperkenalkan sebagai judul resmi film ini pada 1965. Namun, ketika dirilis, justru 2001: A Space Odyssey yang digunakan sebagai judul.

Akhir Kata

Itu dia judul asli film-film Hollywood yang awalnya akan digunakan, namun akhirnya diganti karena dirasa kurang sesuai. Bisa jadi film-film di atas juga tidak akan sesukses saat ini jika tetap menggunakan judul yang pertama.

Nah, apakah menurutmu judul yang pada akhirnya digunakan sesuai dengan jalan cerita? Atau justru judul yang lama lebih menarik?

Baca juga artikel seputar Out Of Tech atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
Film Judul Berbeda Di Berbagai Negara 6547a
10 Film Ini Punya Judul Berbeda di Berbagai Negara, Kenapa Ya?
Film Indonesia Dengan Judul Paling Mesum Dan Konyol 68619
5 Film Indonesia dengan Judul Paling Mesum dan Konyol, Kok Laku Ya?
Untitled Design 47 05b6e
7 Film Indonesia yang Ganti Judul Sebelum Rilis | Terlalu Vulgar?
Film Indonesia Judul Terpanjang F22e0
7 Film Indonesia dengan Judul Terpanjang, Bikin Lidah Kepleset!
Film Yang Berganti Jdul 4ded0
7 Film yang Ganti Judul Demi Dapat Banyak Penonton, Ada Film James Bond!
Banner 779ce
7 Judul Anime Paling Aneh yang Pernah Dibuat, Bikin Kepala Pusing!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal