Fix! Jokowi Setujui Desain Final Istana Negara Baru di Kalimantan Timur, Seperti Apa?

Default

Rencana untuk memindahkan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur memang sudah disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sejak jauh-jauh hari.

Kini, kabar terbaru dari proses pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) Baru tersebut telah mencapai tahap desain final kompleks bangunan Istana Negara, geng.

Desain Istana Negara tersebut pun dikabarkan sudah mendapat persetujuan dari Presiden Jokowi, lho.

Hal itu seperti yang disampaikan oleh desainer Istana Negara IKN Baru, Nyoman Nuarta, lewat akun Instagram-nya @nyoman_nuarta.

"Desain Istana IKN, yang telah final disambut dengan sukacita dan telah disetujui presiden," tulis Nyoman dalam unggahannya pada hari Selasa, 4 Januari 2022.

Istana Negara Ikn Baru D9cdc

Sumber foto: IG/nyoman_nuarta

Nyoman pun juga mengatakan bahwa ia telah diundang ke Istana Merdeka Jakarta Pusat pada 3 Januari 2022 kemarin.

Pada kesempatan tersebut, ia diminta untuk mempresentasikan desain Istana Negara IKN Baru dihadapan Presiden Jokowi secara langsung.

Tidak hanya disaksikan Presiden RI, pada kesempatan itu, juga hadir sejumlah pejabat negara, seperti Menteri Sekretariat Negara Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti.

"Terima kasih atas segala dukungannya untuk dapat menciptakan karya orisinil yang tidak dipengaruhi kaidah-kaidah arsitek kolonial," tambahnya.

Gambar desain kompleks Istana Negara IKN Baru yang diposting Nyoman di akun Instagram tersebut mendadak jadi sorotan publik.

Tak sedikit warganet yang memuji kemegahan desain tersebut. Bahkan, pujian juga datang dari pembawa acara senior yang kini menjabat Dubes Indonesia untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya.

"Sangat megah. Desain yang modern dan fungsional yang berangkat dari nilai-nilai lokal. Kita, rakyat Indonesia pasti akan bangga ketika IKN ini terwujud. Bangga punya seniman seperti Pak Nyoman Nuarta," komentar Tantowi Yahya lewat akun @tantowiyahyaofficial.

Meski begitu, ada sebagian warganet lainnya yang ternyata menyampaikan kritikannya terhadap pernyataan Nyoman yang mengklaim karyanya tidak dipengarui kaidah arsitek kolonial.

"Belum, mungkin hanya permukaan langgam. Tanpa kaidah rancang bangun warisan kolonial, arsitektur kita akan tetap pakai umpak batu dinding anyaman dan beratapkan daun," tulis akun @grenaldy.

Instana Negara Baru 9e9b8

Sumber foto: IG/nyoman_nuarta

Sementara saat dihubungi oleh Kompas pada Kamis (06/01/2022), Nyoman sendiri mengatakan kalau proses pembuatan desain tersebut telah memakan waktu hingga dua tahun.

"Iya betul, disetujui pada Senin (03/01/2021). Kami kerjakan desainnya selama dua tahun, selama pandemi Covid-19 ini," kata Nyoman, seperti yang dikutip dari Kompas.com.

Di satu sisi, ia mengaku telah ditugaskan untuk mengerjakan basic design Istana Negara IKN Baru sejak sebelum pandemi terjadi. Setelah itu, barulah dibentuk sebuah tim yang beranggotakan sekitar 70 orang.

"Tim kita terdiri dari doktor, profesor, dan sebagainya. Para ahli di luar bidang saya. Desainnya kita kerjakan selama dua tahun pandemi itu kita tidak keluar-keluar," tegas Nyoman.

Selama proses berlangsung, desain Istana Negara IKN Baru itu pun telah mengalami beberapa kali perombakan karena adanya pertimbangan terkait kebutuhan dan fungsi ruangan.

"Desain ruangan tadinya besar, lalu presiden minta dikecilkan katanya. Ada desain kantor yang sebelumnya menyatu dengan kantor presiden, lalu dikeluarkan," jelas Nyoman.

Potret Istana Negara Baru 56bd1

Sumber foto: IG/nyoman_nuarta

Meskipun desain final Istana Negara IKN Baru telah disetujui oleh Presiden, namun Nyoman mengaku akan tetap mengawal proses pembangunannya nanti.

Hal tersebut, menurutnya, adalah permintaan dari Presiden Jokowi langsung yang ingin ia tetap terlibat agar hasil pembangunannya tetap berpatok pada desain.

"Presiden bilang, jangan lagi berubah. Nanti Mas Nyoman harus tetap mengawal. Koordinasi dengan Menteri PUPR. Saya minta terus kawal supaya desain ini tidak berubah," kata Nyoman, mengulang ucapan Presiden Jokowi.

Baca juga artikel seputar Fakta Menarik atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

BACA JUGA

6 Momen yang Cuma Pernah Dirasakan Anak Warnet Era 2000-an, Siap-Siap Nostalgia!

10 Potret Boneka yang Terlihat Nyeleneh Karena Salah Konsep, Boneka Arwah Minggir Dulu!

Kapur Barus, Pengawet Mumi Firaun Ternyata Berasal dari Indonesia, Lho! Kok Bisa?

Resmi! BlackBerry OS Stop Beroperasi, Ini Daftar Ponsel yang Terkena Dampaknya!

10 Potret Perayaan Malam Tahun Baru ini Mungkin Kamu Alami Juga, Gak Sesuai Ekspektasi!

6 Fakta Menarik Pratama Arhan: dari Anak Petani Hingga Dilirik Klub Korea!

ARTIKEL TERKAIT
Selebgram Cantik Jaulan Kentut 41eb3
Viral! Selebgram ini Raup Rp700 Juta Per Minggu dari Jualan Kentut, Mau Beli?
Mahasiswi Jadi Kuli Angkut Semen E500f
Aksi Mahasiswi Cantik Jadi Kuli Angkut Viral di Medsos, Ternyata ini Kisah Dibaliknya!
Rekor Melihat Matahari Terlama 07880
Wow! Kakek 70 Tahun Berhasil Pecahkan Rekor Tatap Matahari Terlama Tanpa Berkedip
Diceraikan Karena Nafkah Rp30 Ribu E55a4
Viral Kisah Suami Diceraikan Karena Nafkahi Istri Rp30 ribu, Warganet: Segitu Bisa Beli Apa?
Kasus Polisi Dan Tni Gadungan 7fed3
5 Kasus Polisi dan Tentara Gadungan yang Pernah Viral, Sampai Bohongi Istri 7 Tahun!
Kakek Beragama Islam Hibah Tanah Untuk Gereja D6a8e
Viral Kakek Muslim di Minahasa Hibahkan Tanah Untuk Gereja, Warganet: Semoga Diberkati!
Tags Terkait: Viral
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal