Mengenal Johny Indo, Perampok Berjuluk Robin Hood Indonesia yang Disayangi Rakyat Miskin

Default

Bagaimana bisa seorang perampok yang dikenal jahat justru disayangi rakyat miskin? Tapi, itulah yang terjadi pada Johny Indo, sosok perampok yang dijuluki sebagai Robin Hood-nya Indonesia.

Karena aksinya pada era 1970 sampai 1980-an, Johny Indo bisa disebut sebagai perampok paling legendaris yang pernah ada di negeri ini.

Pasalnya, meski kerap melakukan sejumlah perampokan, Johny Indo justru sangat dicintai oleh masyarakat, terutama di kalangan rakyat miskin, geng.

Hebatnya lagi, saat ia berhasil ditangkap dan dijebloskan ke Lapas Nusakambangan yang terkenal sebagai penjara sangat ketat, ia pun berhasil kabur.

Lantas, siapa sebenarnya Johny Indo? Benarkah kisahnya demikian?

Pria bernama asli Johanes Hubertus Eijkenboom tersebut diketahui lahir di Garut, Jawa Barat, pada 6 November 1948. Namanya mulai dikenal pada akhir 70-an hingga awal 80-an, karena aksi perampokannya yang fenomenal.

Berbeda dari perampok pada umumnya, Johny Indo justru kerap membagikan sebagian besar hasil rampokannya kepada orang-orang miskin, geng. Ya, layaknya sosok perampok dalam film Robin Hood.

Dirinya seakan menjadi momok yang menakutkan bagi orang-orang kaya kala itu, tak terkecuali bagi pihak keamanan. Sebaliknya, ia malah dipuja bak pahlawan bagi para rakyat miskin.

Dalam menjalani aksinya, Johny Indo selalu bergerak bersama komplotan gangster-nya yang bernama Pachinko (Pasukan China Kota).

Namun, kelompok kriminal ini tidak sembarangan dalam memilih korban. Mereka hanya menargetkan orang-orang kaya asing yang ada di Indonesia, geng.

Menurut Johny, orang-orang seperti itu lebih layak dirampok karena telah banyak mengambil keuntungan dari bumi Ibu Pertiwi.

"Saat itu yang menjadi target rampok saya adalah orang-orang kaya asing di Indonesia," kata Johny di hadapan 30 mantan warga binaan Lapas di Bengkulu, dikutip dari Kumparan, Kamis (23/12/2021).

"Mereka juga banyak mengambil harta dari Indonesia, makanya saya rampokin dan uangnya saya bagikan ke rakyat miskin," lanjutnya.

Johny Indo 34576

Sumber foto: Instagram

Salah satu target barang yang dirampok Johny dan komplotannya adalah emas. Selama kurang lebih 10 tahun, ia bahkan berhasil mengumpulkan sebanyak 129 kilogram emas.

Tentu saja itu bukan jumlah yang sedikit pada masa itu, geng. Namun, seluruh hasil rampokan itu justru sengaja dibagikannya kepada masyarakat miskin.

Salah satu aksinya yang sempat bikin geger satu Tanah Air adalah saat ia dan komplotannya merampok toko emas Cikini pada 1979.

Karena aksinya itu, Johny Indo dan gangster Pachinko yang ia pimpin pun sontak menjadi target utama kepolisian yang kala itu masih bersatu dengan ABRI.

Ia pun telah merasakan keluar-masuk penjara beberapa kali. Terakhir kali, ia telah ditahan di Nusakambangan tapir berhasil lolos dari penjara super ketat tersebut berkat bantuan dari anak buahnya.

Setelah 12 hari bertahan hidup di tengah hutan perawan yang penuh jurang dan binatang buas, ia pun akhirnya memilih menyerahkan diri kembali ke pihak kepolisian.

Syukurnya, ia tidak menghabiskan seluruh hidupnya untuk merampok, geng. Ia mengaku telah bertobat dan mengubah namanya menjadi Ki Umar Billah Al-Jhon Indo.

Perjalanan hidupnya yang fenomenal karena kerap keluar-masuk penjara itulah yang kemudian membuat dirinya jadi lebih dekat kepada Tuhan.

Masa tuanya pun lebih banyak dihabiskan untuk berdakwah dari kampung ke kampung, serta menjadi pengusaha batu akik di kawasan Pasar Poncol, Jakarta.

Pernah suatu kali, ia diundang oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk berceramah di Istana Negara.

Namun, karena pada waktu yang sama ia lebih dulu memiliki janji mengisi ceramah untuk masyarakat miskin di kawasan Blok M, Jakarta, ia pada akhirnya menolak undangan presiden tersebut.

Kini, sang Robin Hood Indonesia itu telah wafat, geng. Ia meninggal dunia pada 26 Januari 2020 lalu di usia 72 tahun setelah juga sempat berkarier sebagai bintang film.

Baca juga artikel seputar Fakta Unik atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

BACA JUGA

Gak Perlu Parfum! Wanita ini Klaim Tubuhnya Dapat Keluarkan Aroma Bunga Saat Digosok

Pencapaian Besar Umat Manusia, NASA Akhirnya Berhasil Sentuh Matahari untuk Pertama Kali

6 Artis yang Pernah Jual Barang Aneh, Mulai dari Air Mata Sampai Celana Dalam Bekas

10 Potret Model Jualan Online yang Super Kocak, Malah Bikin Pembeli Geli Sendiri!

7 Akun Instagram yang Absurd bin Ajaib, Layak Di-Follow Kalau Lagi Gabut!

Heboh! Pria di Pinrang Mengaku Disuntik Vaksin Sebanyak 17 Kali, Demi Cuan?

ARTIKEL TERKAIT
Selebgram Cantik Jaulan Kentut 41eb3
Viral! Selebgram ini Raup Rp700 Juta Per Minggu dari Jualan Kentut, Mau Beli?
Mahasiswi Jadi Kuli Angkut Semen E500f
Aksi Mahasiswi Cantik Jadi Kuli Angkut Viral di Medsos, Ternyata ini Kisah Dibaliknya!
Rekor Melihat Matahari Terlama 07880
Wow! Kakek 70 Tahun Berhasil Pecahkan Rekor Tatap Matahari Terlama Tanpa Berkedip
Diceraikan Karena Nafkah Rp30 Ribu E55a4
Viral Kisah Suami Diceraikan Karena Nafkahi Istri Rp30 ribu, Warganet: Segitu Bisa Beli Apa?
Kasus Polisi Dan Tni Gadungan 7fed3
5 Kasus Polisi dan Tentara Gadungan yang Pernah Viral, Sampai Bohongi Istri 7 Tahun!
Kakek Beragama Islam Hibah Tanah Untuk Gereja D6a8e
Viral Kakek Muslim di Minahasa Hibahkan Tanah Untuk Gereja, Warganet: Semoga Diberkati!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal