8 Jembatan Ikonik yang Ada di Indonesia, Salah Satunya Berada di Papua!

Default

Kini, sebuah jembatan tidak hanya dianggap sebagai jalan penghubung antar wilayah saja, geng. Lebih dari itu, jembatan juga bisa menonjolkan sisi estetikanya hingga menjadi ikon bagi suatu daerah, lho.

Di Indonesia sendiri, ada sangat banyak jembatan-jembatan besar nan megah yang begitu tersohor hingga ke seluruh penjuru negeri.

Tidak hanya itu, pemandangan yang bisa dilihat dari sederet jembatan ini juga sangat indah dan memanjakan mata, geng.

Penasaran apa saja jembatan yang Jaka maksud? Daripada berlama-lama lagi, langsung aja simak daftarnya di bawah ini, ya!

1. Jembatan Ampera

1 Jembatan Ampera 720c9

Keberadaan Jembatan Ampera memang sudah begitu populer di Kota Palembang, geng. Bahkan, tak lengkap rasanya jika datang ke Kota Pempek tanpa melintasi jembatan yang satu ini.

Jembatan Ampera sendiri di bangun di atas Sungai Musi dengan panjang mencapai 1.177 meter, yang berfungsi menghubungkan daerah Seberang Ulu ke Seberang Ilir di Kota Palembang.

Nah, jika kamu melintasi jembatan ini, kamu bakal melihat banyak sekali perahu yang berlalu-lalang di bagian bawah jembatan.

2. Jembatan Pasupati

2 Jembatan Pasupati 78042

Menghubungkan Jalan Terusan Pasteur dan Jalan Surapati, jembatan yang satu ini sukses menjadi landmark kebanggakan warga Bandung, geng.

Diresmikan pada tahun 2005 silam, jembatan ini memiliki panjang mencapai 2,8 kilometer yang terbentang di atas Lembah Cikapundung.

Jembatan ini juga dibangun dengan kontruksi yang begitu kokoh, terutama karena perangkat yang digunakan adalah perangkat anti gempa dari Prancis.

3. Jembatan Suramadu

3 Jembatan Suramadu D373d

Siapa sih, yang tidak tahu Jembatan Suramadu? Pasti semuanya tahu, dong. Sejak diresmikan pada 2009, jembatan ini menjadi jembatan terpanjang di Indonesia dan terpanjang nomor 3 di Asia Tenggara, lho.

Bagaimana tidak, panjang Jembatan Suramadu sendiri mencapai 5.438 meter yang menghubungkan antara Kota Surabaya dengan Pulau Madura.

Jembatan ini awalnya untuk mendongkrak perekonomian di Pulau Madura, geng. Lebih dari itu, kini keberadaannya juga sukses menjadi destinasi wisata yang sangat populer.

4. Jembatan Merah Putih

4 Jembatan Merah Putih 35394

Beralih ke bagian timur Indonesia, terdapat Jembatan Merah Putih yang membentang gagah di atas perairan Teluk Ambon.

Jembatan dengan panjang yang mencapai 1.140 meter ini difungsikan untuk menghubungkan Kecamatan Sirimau dengan Kecamatan Teluk Ambon, geng.

5. Jembatan Barelang

5 Jembatan Barelang Batam 41497

Pembangunan Jembatan Barelang dipelopori oleh Presiden Ke-3 RI, B.J. Habibie dan dibantu oleh para insinyur yang membangun jembatan ini semuanya juga berasal dari dalam negeri, lho.

Jembatan indah ini berfungsi menghubungkan beberapa pulau sekaligus, seperti Pulau Batam, Galang, Galang Baru, Nipah, Tonton, Rempang, dan Setoko.

Jembatan ini juga menjadi ikon kebanggaan Kota Batam karena menawarkan pemandangan yang begitu indah, geng.

6. Jembatan Tayan

6 Jembatan Tayan 3f54a

Di Pulau Kalimantan, lebih tepatnya di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, juga terdapat jembatan yang begitu indah, geng.

Jembatan yang dimaksud adalah Jembatan Tayan yang membentang sepanjang 1.420 meter, sekaligus menjadi jembatan terpanjang ketiga di Indonesia setelah Jembatan Suramadu dan Jembatan Pasupati.

Desainnya sendiri sangat mirip dengan Sydney Harbour Bridge di Australia, lho. Jembatan ini diresmikan oleh Presiden Jokowi pada 22 Maret 2016 lalu.

7. Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah

7 09cb4

Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah atau yang lebibh dikenal dengan nama Jembatan Siak ini berada di atas Sungai Mempura di Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

Membentang sepanjang 1.196 meter, jembatan ini memiliki 2 buah menara setinggi 80 meter yang dilengkapi dengan lift untuk mencapai bagian puncaknya, geng.

8. Jembatan Youtefa

8 Jembatan Youtefa 31752

Keberadaan jembatan ini mungkin masih banyak yang belum diketahui orang, geng. Ya, Jembatan Youtefa sendiri berada di Papua dan dibangun di atas Teluk Youtefa.

Membentang sepanjang 732 meter, jembatan ini memiliki dominasi warna merah yang khas dan menjadi jalur penghubung antara wilayah Holtekamp dengan Hamadi.

Tidak hanya sebagai jalur penghubung, jembatan ini juga menawarkan pemandangan yang begitu memanjakan mata. Saking indahnya, potret jembatan ini pernah dijadikan ikon untuk pecahan uang Rp75 ribu, lho.

Akhir Kata

Jadi itulah tadi sejumlah jembatan-jembatan ikonik yang ada di Indonesia, geng. Tapi tentu saja, tanpa mengesampingkan sisi estetikanya, keberadaan jembatan pada dasarnya memang sangat penting untuk pembangunan perekonomian, geng.

Kalau kamu, sudah pernah berkunjung ke salah satu jembatan di atas, belum? Kalau belum, Jaka doakan supaya bisa segera berkunjung ke sana, ya!

Baca juga artikel seputar Unik atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

Ibu dan Anak Jadi Korban Erupsi Semeru, Ditemukan Tewas Berpelukan di Dapur Rumah

6 Kontroversi Doddy Sudrajat, Rebutan Harta hingga Tuntut Perwalian Gala Sky

Dokter Ini Salah Amputasi Kaki Kanan Pasien, Harusnya Potong Kaki Kiri!

15 Potret Rumah yang Hasil Renovasinya Gagal Total, Bentuknya Jadi Makin Ngawur!

Viral Aksi Salam dari Binjai Versi Pria Majalengka, Tinju Sarang Tawon Biar Lebih Greget!

ARTIKEL TERKAIT
Cats7 D1885
5 Aplikasi Nonton Iklan Dapat Uang 2022, Bisa Cari Cuan Sambil Rebahan!
Kaum Rebahan Dc261
Kaum Muda di China Jadi Kaum Rebahan | Capek Kerja Mati-matian Tapi Dibayar Pas-pasan
Reza Abdul Jabbar 02a7b
Kesuksesan Petani Susu Indonesia di Selandia Baru | Sangat Disegani!
Cadangan Berlian Dunia E98b4
Mendadak Tajir, Petani Ini Temukan Berlian Seharga Rp976 Juta di Ladang
Images 2 Picsay 20ba1
10 Film Populer yang Ternyata Menyimpan Berbagai Kesalahan yang Mengejutkan
Gambar Jorok Karena Typo Spasi
14 Gambar Jorok Ini Ada Karena Kesalahan Spasi
Tags Terkait: indonesiaViralwisata
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal