Israel Latih Ikan Mas Mengemudikan Mobil di Daratan, Hasilnya Luar Biasa!

Default

Ikan mas mampu bernavigasi di darat? Setidaknya, hal itulah yang coba dibuktikan oleh para peneliti dari Ben-Gurion University di Israel, geng.

Ya, mereka sengaja membuat sebuah kendaraan khusus bernama Fish Operating Vehicle (FOV) untuk dioperasikan oleh ikan mas yang mereka latih sendiri.

Hasilnya pun cukup mengejutkan, di mana ikan-ikan itu ternyata berhasil 'mengemudikan' kendaraan tersebut sebagaimana yang dilaporkan dalam jurnal Behavioral Brain Research.

"Studi ini mengisyaratkan bahwa ikan mas punya kemampuan kognitif untuk menjalani tugas yang kompleks di lingkungan yang berbeda," kata Shachar Givon, mahasiswa S3 yang tergabung dalam penelitian itu, dilansir dari NPR, Jumat (14/01/2022).

Israel Latih Ikan Mas Untu Mengemudi Cf917

Sumber foto: REUTERS

Mobil robot FOV yang mereka kembangkan itu terdiri dari satu set roda yang diatasnya diletakkan sebuah tangki air berisi seekor ikan mas, geng.

Dalam mengembangkan penelitian ini, para peneliti memanfaatkan teknologi lidar dan teknologi penginderaan jauh dengan sinar laser untuk mendeteksi kendaraan serta keberadaan ikan di dalamnya.

Kendaraan unik tersebut juga menggunakan sistem kamera yang cukup rumit untuk merekam dan menerjemahkan gerakan ikan sebagai arah navigasinya.

Alhasil, posisi mobil FOV akan bergeser sesuai dengan karakteristik pergerakan ikan, begitu juga saat mobil berpindah lokasi sesuai orientasi ikan tersebut.

"Anehnya, tidak butuh waktu lama bagi ikan untuk belajar mengemudikan kendaraan. Awalnya mereka bingung, tapi mereka cepat menyadari bahwa ada korelasi antara gerakan mereka dan gerakan mesin yang mereka gunakan," lanjut Givon.

Sebanyak enam ekor ikan mas masing-masing akan menerima sekitar 10 kali pelatihan mengemudi. Mereka akan melakukan beberapa sesi latihan yang masing-masing berdurasi sekitar 30 menit.

Setelah itu, akan dilihat berapa kali ikan mencapai target, berapa durasi setiap perjalanan, dan seberapa jauh jarak yang mereka tempuh.

Lalu setiap kali salah satu dari ikan tersebut berhasil mencapai target penelitian, mereka akan diberikan hadiah berupa pelet makanan.

Menariknya, tidak semua ikan mas mampu memenuhi harapan para peneliti, geng. Hanya beberapa ekor saja yang bisa disebut sebagai 'pengemudi' yang baik.

"Ada ikan yang bekerja sangat baik, dan ada ikan yang biasa-biasa saja. Sebagian ada yang berhasil mengendalikannya namun kurang mahir dalam mengemudi," ujar ahli biologi dan saraf Ronen Segev, dikutip dari Reuters.

Ikan Mas Mengemudi 3e360

Sumber foto: REUTERS

Terkait dengan penelitian unik ini, para peneliti berharap agar ilmuwan lebih banyak mencari tahu hal serupa untuk memperluas temuan ini menjadi pandangan yang lebih kompleks.

Sejumlah peneliti dari Israel ini pun menambahkan, studi-studi ke depan sebaiknya harus menguji metodologi ini pada hewan darat di lingkungan perairan.

Namun, pembuktian bahwa seekor ikan juga memiliki kemampuan kognitif untuk bernavigasi di luar lingkungan alaminya telah memperluas pengetahuan manusia tentang keterampilan navigasi hewan.

"Manusia menganggap dirinya sangat istimewa dan banyak yang menganggap ikan sebagai makhluk primitif, tetapi ini tidak benar. Ada makhluk lain yang sangat istimewa dan juga pintar," pungkas Segev.

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

BACA JUGA

Wilayah Sekitar Lautan Arktik Terancam Mulai Tenggelam, Tanda Kiamat Semakin Dekat?

Pria Ini Menerima Transplantasi Jantung Babi Pertama di Dunia, Babak Baru Transplantasi Organ?

Sebut Nabi Nuh Telepon Anaknya Sebelum Banjir Terjadi, Klaim Ilmuwan Ini Jadi Kontroversi!

8 Negara dengan Peradaban Tertua Di Dunia, Apakah Indonesia Termasuk?

Ghozali Belum Usai, Kini Muncul NFT Lord Erwin: Bakal Cuan Besar Juga?

ARTIKEL TERKAIT
Penemuan Nasa Yang Dipakai Dalam Kehidupan
5 Penemuan NASA yang Dipakai Dalam Kehidupan Sehari-hari
Toilet Luar Angkasa 8f59c
Begini Bentuk Toilet Canggih NASA Seharga Rp333 Miliar | Praktis Tinggal Sedot
Cara Robot Nasa Kirim Data Dari Mars Ke Bumi Banner 6514e
Cara Robot NASA Kirim Pesan dan Data dari Mars ke Bumi, Canggih!
Bill Gates Tidak Mau Ke Mars 41950
Alasan Bill Gates Tidak Mau ke Mars Ikut Elon Musk | Cuma Khayalan Saja?
Mars
5 Foto Rahasia di Planet Mars Ini Disembunyikan NASA! Kok Bisa?
Untitled Design 2021 07 15t185427 982 8806d
5 Fakta Menakjubkan Bumi yang Mungkin Belum Kamu Sadari, Paling Beda dengan Planet Lain!
Tags Terkait: NewsViral
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal