Google Akuisisi Perusahaan Kacamata Pintar North, Tanda Gabung Metaverse?

Default

Tahun 2022 sepertinya bakal menjadi tahun penting untuk perkembangan Metaverse. Pasalnya, beberapa perusahaan teknologi besar dunia sedang bersiap untuk mendalami tren masa depan yang satu ini.

Sejak Facebook mengganti namanya menjadi Meta, sang pendiri Mark Zuckerberg memang sangat gencar untuk menjual visinya tentang dunia virtual bernama Metaverse ini, geng.

Tidak hanya itu, perusahaan teknologi besar lainnya seperti Google, pada akhirnya juga menunjukkan tanda-t keterlibatannya dengan mengembangkan aneka produk yang berkaitan dengan dunia virtual tersebut.

Seperti yang dilansir dari Android Police, Selasa (04/01/2021), Google dikabarkan telah mengakuisisi sebuah perusahaan kacamata pintar bernama North pada musim panas tahun 2020 lalu.

Memang masih belum diketahui dengan pasti apa tujuan Google mengakuisisi perusahaan teknologi asal Kanada tersebut.

Namun, melihat tren yang sedang berkembang saat ini, besar kemungkinan kalau proyek yang akan dikerjakan Google ke depannya akan berkaitan dengan Metaverse, geng.

Tentu saja, bukan hal yang mustahil jika Google akan menciptakan produk kacamata pintar yang sudah dilengkapi dengan mikrofon internal dan kontrol dering yang terhubung ke jaring penggunanya.

Produk kacamata seperti itu memang sudah lebih dulu dikembangkan oleh North. Bahkan, North juga sengaja membuat kacamata pintar tersebut untuk bisa digunakan saat penggunanya sedang berjalan.

Di satu sisi, menghadirkan sebuah kacamata pintar untuk masa depan adalah salah satu visi utama Google hampir selama satu dekade ke belakang.

Sebelumnya, mereka pernah merilis produk bernama Google Glass di tahun 2013, namun sayangnya kurang begitu diminati oleh masyarakat.

Jadi, kabar Google yang mengambil alih North ini sepertinya memang sengaja dimaksudkan untuk melanjutkan visi besar tersebut, geng.

Apalagi, Google juga disebut-sebut telah merekrut sebagian besar karyawan Oculus yang sebelumnya terlibat dalam proyek pengembangan sistem operasi AR (augmented reality).

Kacamata Pintar Ae79c

Sumber foto: HerStory

Ya, Google hanya salah satu dari sekian banyak perusahaan yang mulai berinvestasi pada Metaverse, lho.

Sejumlah perusahaan dunia lainnya seperti Apple dan Microsoft juga telah bersiap untuk merilis produk perangkat keras dan layanan perangkat lunak untuk menopang perkembangan dunia masa depan ini.

Itu artinya, kehadiran Metaverse sepertinya bakal menggeser pola kehidupan masyarakat sekaligus juga akan menciptakan sebuah industri kreatif baru yang menjanjikan.

Hal ini seolah sangat relevan dengan kondisi dunia yang baru saja terpapar pandemi Covid-19, yang mana telah membuat masyarakat terbiasa untuk berinteraksi secara jarak jauh atau virtual.

Alhasil, kebiasaan ini secara tidak langsung telah cenderung membentuk pengalaman virtual yang lebih kreatif bagi para perusahaan, baik itu terkait cara mereka terhubung dengan karyawan atau dengan pelanggannya.

Maka adalah hal yang wajar jika banyak perusahaan berani mengeluarkan dana penelitian dan pengembangan dalam jumlah besar demi memasuki pasar dunia virtual yang digagas oleh Facebook ini, geng.

Melansir dari Harvard Business Review, sebagian besar perusahaan lainnya yang belum terlibat ke Metaverse, pada dasarnya hanya menunggu momen yang tepat untuk ikut terjun ke dalam tren ini.

Hal itu dapat dipahami karena Metaverse sendiri masih berbentuk sebuah gagasan dan belum sepenuhnya terjadi, sehingga perlu pemahaman lebih dalam untuk menimbang dari sisi risiko dan keuntungannya.

Namun, jika manusia ke depannya dapat berpindah dari dunia nyata ke dunia maya dengan mulus, maka batasan antara kehidupan fisik dan virtual akan menjadi semakin samar di masa depan. Jadi, apakah kamu sudah siap dengan tren ini, geng?

Baca juga artikel seputar Fakta Menarik atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

##BACA JUGA

Dari LV Hingga Gucci, Brand Fashion Mewah Mulai Ekspansi ke Metaverse

5 Tren NFT Terbesar Sepanjang Tahun 2021, Didominasi Artis dan Gaming!

9 Selebriti Ternama yang Terjun ke Dunia NFT, dari Justin Bieber Sampai Syahrini!

Proyek NFT Monkey Kingdom Berhasil Diretas, Kerugian Mencapai Rp18,5 Miliar!

Justin Bieber Rilis NFT untuk Pertama Kali, Jual Karya Seni Unik Bergambar Beruang

5 Aset Kripto ini Diprediksi Bakal Berjaya Saat Web 3.0 Tiba, Bisa Dijadikan Pilihan Berinvestasi!

ARTIKEL TERKAIT
Thetan Arena Artwork De303
Saingi Axie Infinity, Thetan Arena Bisa Jadi Game Play-to-Earn Nomor 1: Bisa Cuan Banyak!
Koleksi Nft Seni Digital Paling Laris E358e
5 Koleksi NFT Seni Digital Terlaris dalam Seminggu Terakhir, Terjual Ratusan Miliar!
Foto Randy Bagus Dijual Di Pasar Nft 9ff2a
Wow! Foto Randy Bagus Dibanderol Rp620 Juta di Marketplace NFT Rarible, Mau Beli?
Syahrini Jual Nft 9e27c
Syahrini Mulai Terjun ke Dunia NFT, Jual Avatar Berhijab Mirip Dirinya
Kirim Uang Kripto Lewat Whatsapp 3bb55 44682
WhatsApp Rilis Fitur Baru untuk Transaksi Aset Kripto, Semudah Berkirim Pesan!
City Seoul Metaverse 748a6
Canggih! Seoul di Korea Selatan Bakal Jadi Kota Metaverse Pertama di Dunia
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal