13 Foto Terkenal yang Ternyata Palsu | Editannya Pro Sampai Menipu

Default

Masih sering dapat berita palsu alias hoaks? Makanya, agar kamu makin waspada harus kritis dalam menerima informasi. Jangan cuma baca dari judul saja, tapi juga membaca isi informasinya hingga selesai dan tuntas.

Seperti foto-foto ini yang sempat ramai di dunia maya atau internet dan jadi sorotan. Namun, ternyata kebanyakan foto ini adalah editan dan palsu.

Nah, Jaka bakal menjelaskan apa saja alasan foto-foto terkenal berikut yang rupanya palsu agar kamu makin kritis dalam melihat dan menerima informasi.

Dari jutaan foto yang ada di dunia maya, berikut merupakan 13 foto populer yang ternyata hoaks hingga menipu dunia, dilansir melalui BrightSide.me.

1. Hutan Ungu di Skotlandia di Isle of Skye, Skotlandia ini terlihat sangat menakjubkan. Namun, sebenarnya foto aslinya ada di dekat Sungai Shotover di Selandia Baru dan selanjutnya diedit dengan Photoshop.

Cek Foto Asli Atau Palsu 65658

2. Pulau bulan sabit dan bintang ini sebenarnya adalah Pulau Molokini yang terletak di antara Maui dan Kahoolawe, Hawaii. Aslinya, Pulau Molokini hanya berbentuk bulan sabit. Sedangkan pulau berbentuk bintang cuma editan yang ditambahkan.

Cek Foto Asli Atau Palsu Online 143c3

3. Foto setetes air laut yang diperbesar 25 kali berisi ratusan plankton ini jadi viral untuk beberapa tahun terakhir. Padahal kenyataannya, kamu perlu mengisi kolam renang sampai penuh, kemudian menyaringnya dengan jaring khusus demi mengumpulkan plankton dalam jumlah besar.

Cara Membedakan Foto Asli Dan Foto Dari Google A29b3

4. Kalau melihat foto yang di sebelah kiri mungkin akan tercengang lantaran wanita itu duduk layaknya katak saat di depan counter. Sebenarnya foto itu cuma sebuah editan, foto sebelah kanan yang sebenarnya.

Foto Palsu Yang Sering Dipakai Di Facebook 15dfe

5. Siapapun pasti tahu foto ini, sebenarnya adalah kombinasi dari 4 gambar terpisah. Si pengedit gambar, Ralph Clevenger, foto awan itu diambil di Santa Barbara, California. Bagian atas gunung es diambil di Antartika. Sedangkan bagian bawah di Alaska.

Aplikasi Pendeteksi Foto Palsu D5cd8

6. Foto ini sempat bikin gempar masyarakat Houston, Texas saat terjadi Badai Irma, September 2017 lalu. Namun, foto ini cuma editan dengan menggabungkan dua foto.

Cara Mengetahui Pemilik Foto Asli Ace7d

7. Sekilas foto ini terlihat mengharukan seorang bocah laki-laki yang memeluk gadis kecil. Banyak yang mengira ini merupakan foto korban gempa di Nepal tahun 2015 lalu. Padahal, sang fotografer, Na-Son Nguyen, menyebut foto ini diambil delapan tahun sebelumnya di Can Ty, sebuah desa terpencil di Provinsi Ha Giang, Vietnam Utara.

Google Image 26547

8. Banyak yang mengira ini merupakan fulgurite yaitu tabung alam atau kerak kaca yang terbentuk lantaran adanya fusi pasir silika (kuarsa) atau batu yang tersambar petir. Namun, ini sebenarnya hanyalah kayu mati yang dilapisi pasir basah yang dibuat oleh Sandcastle Matt.

Cek Keaslian Foto B4dc0

9. Pada 18 Oktober 2013, Surrey Roads Policing Unit membagikan foto ini di Twitter dan jadi viral. Padahal foto itu hasil editan, kalau sapi benar-benar naik kap mobil pasti langsung penyok karena beratnya bisa capai setengah ton.

Foto Yang Ternyata Palsu Ee96d

10. Foto ini menyebar di Internet pada tahun 2003. Tulisannya menyebut Snowball memiliki berat 39,5 kilogram dan berasal dari sebuah pembangkit listrik tenaga nuklir. Sebenarnya, namanya Jumper dan dia cuma kucing biasa milik Cordell Hauglie, tersangka dari lelucon itu.

Foto Hoaks Terkenal 3bd11

11. Pada kunjungannya di sebuah sekolah seni bela diri di Rusia, aktor Steven Seagal berfoto dengan Vladimir Putin dan sejumlah tokoh-tokoh penting lainnya. Segera setelah foto itu diunggah di Internet, banyak orang percaya bahwa photobom itu asli, tetapi Seagal membantahnya. Siapa juga yang mau macam-macam dengan Vladimir Putin?

Photobomb Terkenal 95fee

12. Pada bulan September 2016, foto Perdana Menteri Kerajaan Inggris, Theresa May dengan 27 anggota menteri Kabinet muncul di Internet. Foto itu viral lantaran lukisan The Scream karya Edvard Munch ada di dinding belakang. Namun, foto itu ternyata palsu.

Foto Palsu 5f8fa

13. Foto sebelah kanan merupakan gambar nyata dari sisi lain Jupiter. Foto itu diambil oleh pesawat angkasa luar Cassini saat kembali ke Saturnus pada akhir 2000. Foto palsu itu dibuat dengan menempelkan foto asli yang sudah diedit pada irisan sebuah bola.

Foto Palsu Terkenal Ab61a

Akhir Kata

Itu dia tadi kumpulan foto-foto terkenal yang ternyata palsu. Cukup bikin kamu percaya atau malah pernah tertipu nih?

Namun, kemampuan mereka dalam mengedit foto termasuk pro karena sudah bikin editan foto yang bikin banyak masyarakat dunia percaya!

Baca juga artikel seputar Fakta Unik atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana.

BACA JUGA

Waduh, Gunung Es Raksasa Berukuran 7 Kali Kota Jakarta Terlepas dari Antartika!

Kumpulan Kode Cheat GTA 5 PS3, PS4, PC Bahasa Indonesia Terbaru & Terlengkap

7 Artis Indonesia yang Ciuman Dalam Film, Totalitas Banget!

Download Alight Motion Pro MOD APK v3.7.2 Terbaru 2021 | Free & No Watermark!

Tajir Mendadak! Warga Jombang Temukan Koin Kuno dan Keris Saat Gali Pondasi Rumah

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 2021 02 12t163838 330 3010d
7 Artis Indonesia yang Menikah dengan Teman Sekolahnya, Teman Tapi Menikah!
Artis Indonesia Di Luar Negeri 140d6
10 Orang Indonesia Ini Jadi Artis di Luar Negeri, Tak Dihargai di Tanah Air?
Untitled Design 2021 02 10t155304 121 56944
7 Artis Indonesia yang Pernah Terjerat Utang Besar, Sampai Dipenjara!
Untitled Design 2021 02 10t125159 104 675aa
5 Artis Indonesia yang Ngamuk di Acara TV, Emosi Hingga Lepas Kendali?
Tags Terkait: fotohoax
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal