J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Film Terkenal yang Terang-Terangan Ngejiplak Film Lain

Minggu, 17 Jan 2021, 16:30 WIB
Film terkenal yang terang-terangan ngejiplak film lain ini ternyata meniru plot cerita, setiap adegan, bahkan juga ide besarnya! Simak selengkapnya!

Sebuah pepatah mengatakan, "semakin tinggi pohon menjulang, semakin kencang juga angin yang bertiup". Pepatah ini relate banget sama kasus plagiat dalam film.

Semakin tinggi profit dan kesuksesan sebuah karya, maka bakal banyak orang yang berusaha untuk mengambil keuntungan dari karya tersebut.

Salah satunya adalah menjiplak karya terkenal tersebut dan membuat sebuah film baru yang hampir mirip. Bahkan terkesan terang-terangan.

Jika kamu penasaran film mana saja yang terang-terangan menjiplak film lain, berikut Jaka sudah merangkum daftarnya untukmu.

5 Film Terkenal yang Terang-Terangan Menjiplak Film Lain

Menurut KBBI, plagiat adalah penjiplakan atau pengambilan karya, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karya sendiri.

Dalam industri seni seperti film atau musik, hal ini cukup sering terjadi! Kasus plagiat harus diselesaikan di pengadilan dan pemenangnya berhak mendapatkan ganti rugi.

Nah, beberapa film terkenal di bawah ini ternyata terang-terangan melakukan plagiat. Penasaran film apa saja? Yuk, simak artikel berikut ini!

Shark Tale (2004)/Finding Nemo (2003)

Film Adegan Sesungguhnya Cf377

Manusia pasti pernah bertanya-tanya bagaimana rasanya menjadi salah satu dari makhluk laut dan seperti apa kehidupan mereka.

Minat khusus pada makhluk laut memuncak pada pertengahan 2000-an ketika Pixar merilis "Finding Nemo" yang membuat heboh besar di box office pada tahun 2003.

Orang-orang tidak pernah merasa cukup untuk menjadikannya salah satu film animasi tersukses yang pernah dibuat.

Pada tahun 2004, DreamWorks juga merilis "Shark Tale", film keluarga animasi lainnya tentang makhluk laut.

Kedua film memiliki subplot yang sama tentang hiu yang tidak memakan ikan, meskipun "Shark Tale" lebih banyak memanfaatkan subplot ini daripada "Finding Nemo".

Namun, "Finding Nemo" masih jauh lebih populer daripada "Shark Tale", bahkan cukup populer untuk memiliki sekuel. Seperti "Finding Dory" yang dibuat 13 tahun setelah film pertama.

Sedangkan "Shark Tale" secara kritis kerap disorot karena dianggap melakukan penjiplakan dan tidak mendapatkan sekuel.

The Hunger Games (2012)/Battle Royale (2000)

Film Yang Bangkrut B480d

Novel dan film The Hunger Games memang sebuah waralaba film besar, menghasilkan keuntungan jutaan dolar AS.

Film ini mengisahkan masa depan distopia. Para remaja dari berbagai distrik di negara Panem dipaksa untuk membunuh satu sama lain sampai hanya ada satu yang selamat yang disebut sebagai "The Victor".

Mengerikannya lagi pertandingan yang sarat dengan kematian ini disiarkan langsung di televisi untuk ditonton oleh masyarakat.

Tujuan pertunjukan ini adalah untuk menghukum orang-orang di Panem atas pemberontakan di masa lalu melawan Capitol dan untuk menakut-nakuti orang-orang agar tidak memulai pemberontakan lagi.

Namun, kisah ini sebenarnya telah diceritakan di film Jepang "Battle Royale" yang juga berlatarkan masa depan distopia.

Pada film ini pemerintah memaksa sekelompok remaja dari sekolah menengah untuk bertempur satu sama lain sampai ada pemenang, untuk mengendalikan mereka dan mencegah revolusi. Seperti film kembar, beda tempat rilis saja.

Battle Royale dirilis pada 2000, sedangkan film Hunger Games pertama dirilis pada 2012, lebih dari satu dekade kemudian.

Avatar (2009)/Dances with Wolves (1990)

Film Sadis Kejam D30cd

James Cameron adalah salah satu pembuat film paling sukses dalam sejarah Hollywood, dengan hit besar seperti dua film Terminator pertama, "Aliens", "The Abyss", "True Lies", dan "Titanic".

Itu adalah beberapa film paling terkenal dan menguntungkan yang pernah dibuat dan jelas punya biaya besar untuk membuat film-film ini.

Namun, ketika Cameron membuat "Avatar" pada tahun 2009, 12 tahun setelah film blockbuster sebelumnya "Titanic", kemampuan mendongengnya jelas-jelas berkurang.

Karena banyak kritikus dan penonton bioskop menuding betapa miripnya film itu dengan "Dances with Wolves" film tahun 1990 milik Kevin Costner.

Film "Dances with Wolves" mengambil setting di alam liar perbatasan Amerika pada tahun 1863.

"Avatar" mengambil setting di planet berhutan lebat, Pandora pada tahun 2154. Bahkan poin plot utama dari kedua film tersebut sangatlah mirip.

The Fast and the Furious (2001)/Point Break (1991)

Film Yang Diapresiasi Aeb49

Waralaba Fast and The Furious secara keseluruhan memang cukup menghibur. Berisikan kejar-kejaran dan ledakan mobil daripada mengutamakan plot cerita.

Namun, tahukah kamu kalau film pertamanya terang-terangan mencuri plot cerita dari "Point Break", yakni film aksi tentang peselancar yang dibuat 10 tahun sebelum Fast & Furious.

Bukan cuma beberapa kesamaan di sana-sini, bahkan Fast & Furious menjiplak plot kisah yang sama adegan demi adegan, benar-benar plagiat!

Friday the 13th (1980)/Halloween (1978)

Film Indonesia Yang Mirip Dengan Film Luar Negeri A1fda

Subgenre slasher dalam film horor mungkin terlihat murahan saat ini. Namun, pada akhir tahun 1970-an, mereka masih baru dan revolusioner.

Film "Halloween" tahun 1978 dari maestro horor John Carpenter yang memulai genre slasher. Hal ini mengubah wajah film horor modern selama bertahun-tahun yang akan datang, terutama dengan fokusnya pada karakter remaja.

Hanya butuh dua tahun untuk salah satu rip-off paling awal dari "Halloween" dirilis yakni film "Friday the 13th".

Dalam kedua film tersebut, remaja yang gila seks menjadi korban dari seorang pembunuh berantai gila yang memilki masa lalu bermasalah.

Kedua film tidak memiliki banyak plot, tetapi lebih banyak jumpscare, cipratan darah, dan adegan seks yang serampangan.

Bahkan sutradara "Friday the 13th" Sean S. Cunningham dan penulis Victor Miller terang-terangan mengakui bahwa film tersebut dibuat dari hasil kesuksesan "Halloween".

Akhir Kata

Demikian artikel Jaka mengenai lima film terkenal yang terang-terangan melakukan plagiat. Bahkan mereka melakukannya secara terang-terangan.

Sampai jumpa lagi di artikel menarik Jaka lainnya. Jangan lupa tinggalkan jejak berupa komentar di kolom yang telah tersedia.

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Ilham Fariq Maulana

ARTIKEL TERKAIT
Film Binatang Terbaik Bd2d7
10 Film Terbaik dengan Tokoh Utama Binatang | No. 3 Bikin Nangis Tersedu-sedu!
Film Robert Downey Jr Banner A9173
10 Film Terbaik Robert Downey Jr. Selain Iron Man dan Avengers, Ada Film Komedi!
10 Film Terbaik Yang Dibintangi Oleh The Rock A67b1
10 Film Terbaik yang Dibintangi Dwayne "The Rock" Johnson | Ternyata The Rock Jago Melucu
Film Terbaik Keanu Reeves 0812f
10 Film Terbaik yang Pernah Dibintangi Keanu Reeves | Pernah Main Film Horror?
Film Terbaik Johnny Depp 1d757
10 Rekomendasi Film Terbaik Johnny Depp | No. 3 Bikin Terharu!
Film Song Joong Ki Banner B1cdf
10 Film Terbaik Song Joong-ki, Pernah Jadi Werewolf!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal