10+ Film Tentang Tokoh Kepribadian Ganda, Endingnya Bikin Bingung!

Default

Kamu lebih suka nonton film horor atau thriller, geng?

Manapun pilihan kamu, kedua genre film ini memiliki kisah yang mengerikan dan dapat memacu jantung saat ditonton. Film horor cenderung lebih ke hal-hal spiritual seperti hantu.

Sedangkan thriller lebih sering menggunakan tokoh manusia psikopat atau gangguan jiwa yang punya hasrat untuk membunuh. Nah, kali ini Jaka punya rekomendasi film tentang kepribadian ganda yang seru untuk disaksikan.

Apa saja filmnya? Yuk, simak selengkapnya berikut ini!

Film Tentang Tokoh Kepribadian Ganda

Kepribadian ganda atau gangguan identitas disosiatif ini memang sangat langka ditemukan dalam dunia nyata. Serta terdengar sangat mengerikan.

Orang yang memiliki gangguan ini ditandai dengan adanya dua atau lebih kepribadian dalam satu tubuh. Penyakit ini termasuk dalam gangguan mental yang dialami karena beragam penyebab, salah satunya adalah trauma masa kecil.

Gangguan ini akan sangat mengerikan jika orang tersebut mendapat kepribadian yang agresif, seperti pemarah. Penyakit ini pun dimanfaatkan menjadi tokoh dalam berbagai film.

Bukan hanya thriller, tapi juga film aksi hingga komedi sekalipun. Untuk kamu yang penasaran, Jaka akan berikan rekomendasi film dengan tokoh berkepribadian ganda, di bawah ini:

1. Split

Pertama adalah Split, film ini dirilis pada 2017 yang disutradarai oleh M. Night Shyamalan. Film dengan genre psychological horor thriller ini adalah salah satu bagian dari trilogi film Unbreakable dan Glass.

Film ini berkisah tentang seorang pria dengan kepribadian ganda bernama Kevin Wendell Crumb (James McAvoy). Ia diketahui memiliki 24 kepribadian dalam dirinya.

Kevin suatu ketika menculik 3 orang gadis remaja dan menyekap mereka di sebuah basement. Penculikan tersebut didorong oleh 3 kepribadian lain dari Kevin yang bersekongkol yakni Dennis, Patricia, dan Hedwig.

Mereka melakukan penculikan dengan rencana untuk membangkitkan kepribadian ke-24 dari Kevin, yakni The Beast yang mengerikan.

Split dibuat dengan sangat baik dan berhasil mendapat banyak pengharagaan seperti Best Actor in a Movie, Best Thriller Film, Best Actor, dan banyak lagi dari berbagai ajang penghargaan.

Keterangan Split
Rating 7.3/10 (IMDb)

77% (RottenTomatoes)
Durasi 1 jam 57 min
Tanggal Rilis 15 Februari 2017
Sutradara M. Night Shyamalan
Pemain James McAvoy, Anya Taylor-Joy, Haley Lu Richardson

2. Black Swan

Kemudian ada Black Swan, salah satu film dengan plot twist ganda yang super gila. Film ini mengisahkan Nina Sayer (Natalie Portman), seorang penari balet profesional.

Ia memiliki kepribadian ganda yang ditunjukan lewat gangguan mental berupa paranoia yang ia derita. Halusinasi dan delusi yang dialami Nina membuat gangguan kepribadian ganda yang ia alami semakin parah.

Film ini berhasil meraih banyak kesuksesan. Termasuk penghargaan Piala Oscars untuk Best Actress bagi Natalie Portman.

Keterangan Black Swan
Rating 8/10 (IMDb)

79% (RottenTomatoes)
Durasi 1 jam 48 min
Tanggal Rilis 25 Februari 2011
Sutradara Darren Aronofsky
Pemain Natalie Portman, Mila Kunis, Vincent Cassel, Winona Ryder

3. Me, Myself & Irene

Selanjutnya adalah film komedi ala Jim Carrey, Me, Myself & Irene. Film ini pertama kali dirilis pada 2000 yang disutradarai oleh duo Peter Farrelly dan Bobby Farrelly.

Film ini menceritakan tentang seorang polisi di Rhode Island bernama Charlie yang mengalami depresi sehingga menciptakan pribadi kedua dalam hidupnya.

Me, Myself & Irene ini merupakan film komedi terbaik yang mengambil tema tokoh kepribadian ganda. Tak hanya itu, film ini menjadi kerja sama pertama Jim Carrey dengan 20th Century Fox. Nice!

Keterangan Me, Myself and Irene
Rating 6.6/10 (IMDb)

47% (Rotten Tomatoes)
Durasi 1 jam 56 min
Tanggal Rilis 15 June 2000
Sutradara Bobby Farrelly, Peter Farrelly
Pemain Jim Carrey, Renee Zellweger, Anthony Anderson

4. Fight Club

Kamu suka dengan aktor Brad Pitt? Sudah tahu dong dengan film yang sering disebut sebagai karya terbaik Brad Pitt ini?

Nah, dalam film Fight Club ini, ia berperan sebagai tokoh bernama Tyler Durden yang bekerja sebagai penjual sabun. Ia memiliki beberapa gangguan dalam dirinya yaitu ASPD (Antisocial personality disorder) dan kepribadian ganda karena depresi.

Selain memiliki banyak adegan kekerasan dan perkelahian yang seru banget, ide kriminal yang dilakukan para anggota Fight Club dalam film ini juga asik untuk diikuti, geng. Gak itu saja, Fight Club juga sering disebut memiliki plot twist paling mengejutkan loh.

Film ini dirilis pertama kali pada 1999 yang disutradarai oleh David Fincher, film ini mendapat banyak kritik serta pujian dari berbagai orang.

Keterangan Fight Club
Rating 8.8/10 (IMDb)

79% (Rotten Tomatoes)
Durasi 2 jam 19 min
Tanggal Rilis 11 November 1999
Sutradara David Fincher
Pemain Brad Pitt, Edward Norton, Helena Bonham Carter, Jared Leto

5. Psycho

Psycho adalah salah satu film thiller psikologi ternama di tahun 1960 yang disutradarai oleh Alfred Hitchcock. Sejak pertama kali dirilis, film ini selalu disebut sebagai film Alfred Hitchcock terbaik sepanjang masa.

Berkisah tentang seorang sekertaris, Marion Crane (Janet Leigh) yang melakukan pencurian dan bersembunyi dalam sebuah motel. Tak disangka, motel tersebut dimiliki oleh seorang yang memiliki kepribadian ganda bernama Norman Bates.

Film ini mendapat banyak penghargaan dari Academy Awards dan Golden Globe Awards seperti Best Director, Best Supporting Actress, Best Cinematography, dan sebagainya.

Keterangan Psycho
Rating 8.5/10 (IMDb)

97% (Rotten Tomatoes)
Durasi 1 jam 49 min
Tanggal Rilis 8 September 1960
Sutradara Alfred Hitchcock
Pemain Anthony Perkins, Janet Leigh, Vera Miles

6. Frankie & Alice

Cantik dan tangguh, siapa lagi kalau bukan Halle Berry. Wanita ini membintangi film Frankie & Alice pada 2010 yang diangkat dari kejadian nyata seorang penari striptis tahun 1970-an.

Halle Berry dikisahkan sebagai Frankie yang memiliki kepribadian ganda. Kepribadian itu adalah seorang anak jenius berumur 7 tahun dan seorang wanita rasis.

Film ini diekseskusi dengan sangat baik dan mendapat berbagai penghargaan seperti Best Actress dan nominasi Best Picture. Melalui film ini, Halle Berry dikenal dunia sebagai aktris yang bertalenta.

Keterangan Frankie & Alice
Rating 6.5/10 (IMDb)

21% (Rotten Tomatoes)
Durasi 1 jam 41 min
Tanggal Rilis 12 August 2010
Sutradara Geoffrey Sax
Pemain Halle Berry, Stellan Skarsg rd, Phylicia Rashad

7. Secret Window

Nah, kalau film Secret Window ini pertama kali dirilis pada 2004 yang disutradarai oleh David Koepp. Film ini dibintangi oleh Johnny Depp dengan sangat apik.

Film ini diadaptasi dari novel Stephen King dengan judul yang sama. Berkisah tentang seorang penulis bernama Mort Rainey (Johnny Depp) yang mengalami gangguan kepribadian ganda.

Secret Window memberikan kisah yang sama serunya dengan versi novel Stephen King. Apalagi dengan akting Johnny Depp yang sangat menakjubkan.

Keterangan Secret Window
Rating 6.5/10 (IMDb)

46% (Rotten Tomatoes)
Durasi 1 jam 36 min
Tanggal Rilis 12 March 2004
Sutradara David Koepp
Pemain Johnny Depp, Maria Bello, John Turturro

8. Peacock

Selanjutnya adalah Peacock yang dirilis pada 2010 dengan sutradara Michael Lander. Film ini dibintangi oleh berbagai aktor ternama seperti Cillian Murphy, Elliot Page, Susan Sarandon, dan banyak lagi.

Film ini berkisah tentang seorang pria bernama John Skillpa yang tinggal di sebuah bangunan kecil daerah Nebraska. Ia menjauhi banyak orang karena memiliki kepribadian ganda yang mengerikan.

Uniknya, kepribadian ganda ini digambarkan sebagai sepasang suami istri yang tinggal dalam satu tubuh. Langsung nonton filmnya daripada penasaran, geng!

Keterangan Peacock
Rating 6.2/10 (IMDb)

48% (Rotten Tomatoes)
Durasi 1 jam 30 min
Tanggal Rilis 20 April 2010
Sutradara Michael Lander
Pemain Cillian Murphy, Elliot Page, Susan Sarandon

9. Hide and Seek

Bagaimana jadinya jika film thriller digabungkan dengan horor?

Jawabannya adalah Hide and Seek, film yang disutradarai oleh John Polson ini mampu memberikan suasana mencekam sekaligus mengerikan. Film yang dirilis pada 2005 ini berkisah tentang kepribadian ganda yang dialami oleh seorang anak bernama Emily.

Awalnya Emily dan ayahnya David pindah rumah ke bagian utara New York. Di sana, David dan Emily dihantui oleh seorang anak yang juga jadi teman imajinasi Emily bernama Charlie.

Namun ada dugaan bahwa Charlie ini muncul akibat kepribadian ganda yang diderita Emily.

Film ini pun mendapat penghargaan seperti Best Horror dan Best Frightened Performance dari berbagai ajang penghargaan film. Mantap!

Keterangan Hide and Seek
Rating 6/10 (IMDb)

13% (Rotten Tomatoes)
Durasi 1 jam 41 min
Tanggal Rilis 28 January 2005
Sutradara John Polson
Pemain Robert De Niro, Dakota Fanning, Famke Janssen

10. Silent House

Tak hanya Hide and Seek, film Silent House ini juga memberikan kisah yang mengerikan yang disutradarai oleh duo Chris Kentis dan Laura Lau pada 2012.

Film ini merupakan sebuah remake dari La casa muda yang sebelumnya dirilis pada 2010. Kisahnya pun diceritakan berdasarkan kejadian nyata pada 1940 tentang seorang wanita yang terperangkap di sebuah rumah.

Ia terkunci dan tidak bisa berkomunikasi dengan dunia luar, dari sana muncul seorang pembunuh yang mengerikan. Tebak siapa pembunuh itu, geng!

Keterangan Silent House
Rating 5.3/10 (IMDb)

43% (Rotten Tomatoes)
Durasi 1 jam 26 min
Tanggal Rilis 9 March 2012
Sutradara Chris Kentis, Laura Lau
Pemain Elizabeth Olsen, Adam Trese, Eric Sheffer Stevens

11. Identity

Terakhir adalah Identity yang disutradarai oleh James Mangold dan dirilis pada 2003. Film ini dibintangi oleh John Cusack, Ray Liotta, Amanda Peet, dan banyak lagi.

Film ini berkisah tentang 10 orang yang berkunjung ke sebuah hotel terpencil. Di sana, mereka diincar oleh seorang pembunuh sadis. Sama seperti film lainnya, salah satu di antara mereka mengalami gangguan kepribadian ganda.

Film ini sangat terkenal pada saat peluncurannya di bioskop, menjadikannya film paling laku pada minggu pertama sejak ditayangkan.

Keterangan Identity
Rating 7.3/10 (IMDb)

62% (Rotten Tomatoes)
Durasi 1 jam 30 min
Tanggal Rilis 25 April 2003
Sutradara James Mangold
Pemain John Cusack, Ray Liotta, Amanda Peet

Rekomendasi Film tentang Kepribadian Ganda

  1. Split (2017)
  2. Black Swan (2010)
  3. Me, Myself & Irene (2000)
  4. Fight Club (1999)
  5. Psycho (1960)
  6. Frankie & Alice (2014)
  7. Secret Window (2004)
  8. Peacock (2010)
  9. Hide and Seek (2005)
  10. Silent House (2012)
  11. Identity (2003)

Akhir Kata

Itu dia film terbaik dengan tokoh yang memiliki kepribadian ganda. Manakah film yang paling kamu sukai di dalam daftar?

Untuk menonton film-film di atas, kamu bisa cek aplikasi nonton film seperti Netflix, Disney+ Hotstar, Amazon Prime, dan lainnya. Daftar lengkapnya bisa dilihat berikut ini ya, geng.

Aplikasi Nonton Film 46211
15+ Aplikasi Nonton Film Bioskop Gratis & Legal Di HP | Lengkap!
Daftar aplikasi nonton film gratis ini bisa jadi pilihan buat kamu yang sedang bingung mencari layanan nonton film. Download aplikasinya di sini!
LIHAT ARTIKEL

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Daniel Cahyadi.

ARTIKEL TERKAIT
Film Psikopat Terbaik 2021 8c0c2
30+ Film Psikopat Terbaik dan Tersadis 2021 Wajib Tonton, Bikin Insomnia!
Film Klasik Remake Banner 35439
7 Film Horor Klasik Remake Terbaik, Awas Gak Bisa Tidur Seminggu!
Film Barat Terbaru Terbaik Ec14d 0a94c
20+ Film Barat Terbaru dan Terbaik Tahun 2021, Semuanya Wajib Nonton!
Film Horor Terseram 2021 5a8be
35+ Film Horor Terseram dan Terbaru 2021, dari Berbagai Negara!
Film Superhero Terbaik A10b4
12 Film Superhero Terbaik Sepanjang Masa | No. 1 Bukan Avenger!
Film Iran Terbaik Banner2 5f66b
15 Film Iran Terbaik Sepanjang Masa, Ada Film Pemenang Oscar!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal