10 Film Tentang Demo Terbaik 2022, Mirip yang Terjadi di Gedung DPR!

Default

Aksi demo kembali terjadi pada Senin, 11 April 2022 kemarin. Aksi massa 11 April ini dipicu berbagai hal. Mulai dari memrotes wacana 3 periode Presiden Jokowi, hingga kenaikan harga BBM dan minyak goreng.

Buat kamu yang tidak sempat melihat langsung aksi demo yang berakhir ricuh kemarin, bisa juga melihatnya lewat film demo terbaik, nih.

Dengan nonton film-film berikut ini, kamu bakal tahu bagaimana sih demo itu berjalan, apa sih tujuannya, dan juga kisah-kisah menyentuh di balik layar yang tak mungkin bisa kamu ketahui hanya dari berita saja.

Dari sekian banyak film tentang demo terbaik di dunia, Jaka sudah merangkum yang terbaik dan terbaru untuk kamu. Ada yang berasal dari Indonesia, dari Hollywood, hingga dari Korea Selatan, loh.

Latarnya pun beragam, ada yang berlatar kisah nyata dan juga dunia apokalips mengerikan.

Penasaran ada apa saja? Langsung aja simak daftar film tentang demo terbaik dan terbaru paling update tahun 2022 berikut ini ya.

Deretan Film Tentang Demo Terbaik

Aksi demo dilakukan karena berbagai alasan. Namun yang pasti tujuannya cukup jelas, yakni untuk menuntut keadilan yang pantas didapatkan masyarakat.

Aksi demonstrasi di dunia nyata juga bisa kamu temukan di film, loh. Film-film tersebut bisa memotret betapa luar biasanya kekuatan aksi massa yang besar secara begitu realistis. Contohnya seperti yang ada di film tentang demo berikut ini.

1. When the Day Comes (2017)

Film Tentang Demo Terbaik When The Day Comes 2017 C5a32

When the Day Comes adalah film thriller berunsur politik Korea Selatan tahun 2017 yang berdasarkan kisah nyata di tahun 1987. Film ini dibintangi oleh Kim Yoon-seok, Ha Jung-woo, dan Kim Tae-ri.

Pada tahun 1987, Korea berada di bawah rezim militer yang menindas. Sebuah interogasi yang melanggar hukum mengakibatkan kematian seorang mahasiswa.

Tentu saja, tragedi tersebut menyulut warga negara biasa yang tidak terima atas apa yang terjadi. Mereka pun berusaha untuk memperjuangkan kebenaran dan mewujudkan keadilan.

2. Matewan (1985)

Film Tentang Demo Terbaik Matewan E2f08

Matewan adalah film indie yang menceritakan demonstrasi penambang batu bara di Virginia pada tahun 1920an. Film ini terkenal karena dibintangi salah satu aktor terbaik, yaitu Chris Cooper.

Matewan menceritakan mengenai nasib para pekerja penambang batu bara yang tidak dapat mengandalkan kekuatan pepatah untuk perlindungan.

Ketegangan akhirnya memuncak, yang mengarah ke Pertempuran Matewan dan baku tembak yang menewaskan beberapa orang. Film ini sukses mendapatkan nominasi Oscar untuk Sinematografi Terbaik karena visualnya yang memukau.

3. La Haine (1995)

Film Tentang Demo Terbaik La Haine F4473

La Haine adalah film drama tahun 1995 yang dirilis setelah kerusuhan besar di lingkungan miskin Paris. Hal ini disebabkan oleh serangan terhadap seorang imigran oleh petugas polisi.

Drama hitam-putih ini mengikuti ketiga teman korban yang menemukan pistol polisi setelah kerusuhan. Mereka memperdebatkan apakah mereka harus menanggapi kekerasan dengan kekerasan lebih lanjut.

Dalam waktu bersamaan, mereka juga sambil menghindari penegakan hukum yang semakin brutal yang menyerang lingkungan mereka. Fakta menarik dari film ini adalah judul film La Haine secara kasar dapat diterjemahkan menjadi Hate atau benci.

4. Even the Rain (2010)

Film Tentang Demo Terbaik Even The Rain A1cbc

Even the Rain ini adalah film tentang demo yang cukup unik, geng. Film ini menceritakan tentang sekelompok pembuat film fiksi yang terlibat dalam Perang Air Cochabamba di Bolivia yang benar-benar terjadi di dunia nyata.

Mereka ingin membuat film biografi tentang Christopher Colombus. Proses syuting pun diadakan di Bolivia karena para pekerja dan aktor bisa dibayar dengan harga murah.

Namun tiba-tiba keadaan berubah sulit ketika aktor utama mereka memulai protes terhadap keputusan pemerintah untuk memprivatisasi pasokan air negara.

Saking bagusnya pesan yang disampaikan di film Even the Rain ini, film ini sampai berhasil meraih nominasi Oscars sebagai Film Asing Terbaik, loh.

5. Joker (2019)

Film Tentang Demo Terbaik Joker F8b56

Film Joker yang termasuk film kontroversial ini mencerminkan kehidupan Arthur Fleck yang berprofesi sebagai badut yang sering dicerca masyarakat. Dalam waktu yang bersamaan, kondisi mentalnya memburuk.

Ketika semua orang mencapnya sebagai aneh dan menghindarinya, ia memutuskan untuk terjun bebas ke kehidupan kriminal dan membuat kekacauan. Hal ini diperparah oleh kebenaran yang ia ketahui tentang ibunya.

Di akhir film, Fleck menerima perannya sebagai Joker dan para pemberontak Gotham memandangnya sebagai seorang martir. Film ini sukses memenangkan dua Oscar untuk Aktor Terbaik dan Skor Asli Terbaik.

6. The Battle of Algiers (1966)

Film Tentang Demo Terbaik Battle Of Algiers 3d18d

The Battle of Algiers adalah film keluaran tahun 1996 yang didasarkan pada peristiwa pemberontak selama Perang Aljazair (1954 1962) melawan pemerintah Prancis di Afrika Utara.

Film Battle of Algiers ini dengan mahir mendemonstrasikan bagaimana kedua belah pihak menggunakan metode ekstrim yang mereka pilih. ALN (Algerian Liberation Front) menggunakan perang gerilya, terorisme dan warga sipil melawan tentara Prancis, sedangkan Prancis menggunakan penyiksaan dan kekerasan terhadap pengunjuk rasa.

Film ini mendapat pujian kritis. Baik kelompok pemberontak dan otoritas negara menganggapnya sebagai film penting yang menggambarkan perang gerilya perkotaan. Film ini menempati posisi ke-48 pada 250 Film Teratas Kritikus berdasarkan poll Sight & Sound 2012.

7. Battleship Potemkin (1925)

Film Tentang Demo Terbaik Battleship Potemkin 87da0

Battleship Potemkin adalah film tahun 1925 yang disutradarai oleh Sergei Esenstein dan diproduksi oleh Mosfilm. Film ini menyajikan pemberontakan yang terjadi pada tahun 1905 ketika awak kapal perang Rusia Potemkin memberontak.

Terinspirasi oleh revolusi komunis di Rusia pada saat itu, para pelaut memberontak melawan komandan mereka memprotes kondisi mengerikan di kapal. Mereka didukung oleh orang-orang di Odessa, yang membuat anak buah Tsar secara brutal menindak warga sipil.

Hal ini mengarah ke urutan Langkah Odessa yang terkenal, sekumpulan tentara berbaris menuju orang-orang yang berkumpul di tangga, meninju mereka dan mulai menembak kerumunan.

8. Di Balik 98 (2015)

Di Balik 98 De8e3
Sumber foto: Liputan 6

Ada juga film demo asal Indonesia yang mengambil latar pemberontakan mahasiswa pada Mei 1998. Kamu pasti tahu kan peristiwa bersejarah yang berhasil menggulingkan kekuasaan Presiden Soeharto tersebut?

Film ini dibintangi oleh Chelsea Islan dan Boy William, serta disutradarai aktor kawakan Lukman Sardi.

Namun film ini gak mengambil sudut pandang politis ya, tapi lebih ke sudut pandang kemanusiaan. Wajib nonton, geng!

9. A Taxi Driver (2017)

A Taxi Driver 43528
Sumber foto: Okezone

Dibintangi oleh Song Kang-ho, salah satu film Korea terbaik ini ternyata diadaptasi dari kisah nyata, loh. Tepatnya kejadian pemberontakan Gwangju pada tahun 1980.

Berfokus pada seorang supir taksi dari Seoul yang tak sengaja terjebak di tengah-tengah pemberontakan mahasiswa tersebut karena mengantar seorang jurnalis asal Jerman, Jurgen Hinzpeter.

Mereka yang terjebak di Gwangju pun harus mencari cara bertahan hidup dan bisa keluar dengan selamat dari sana.

10. V for Vendetta (2006)

V For Vendetta 8d9d7
Sumber foto: MOVFREAK

V fro Vendetta adalah film aksi-politik yang berlatar di dunia dystopia masa depan. Berlatar di masa depan ketika rezim fasis-totalitarian menguasai Inggris.

Berfokus pada karakter V, seorang anarkis dan pejuang kemerdekaan bertopeng yang berusaha untuk memicu revolusi dengan cara melakukan berbagai aksi teroris.

Akhir Kata

Nah, itu tadi deretan film tentang demo terbaik paling update 2022 yang bisa Jaka sampaikan.

Buat kamu yang ingin belajar sejarah dan tentang bagaimana aksi demo bisa mengubah suatu keadaan yang tidak adil jadi lebih baik, cocok banget nonton rekomendasi Jaka di atas.

Film-film diatas mencerminkan tentang masyarakat yang menuai aspirasinya lewat demo. Nah, dari deretan film tentang demo terbaik diatas, menurutmu mana yang paling kontroversial?

Baca artikel mengenai Film atau artikel menarik lainnya dari Michelle Cornelia.

ARTIKEL TERKAIT
Situs Nonton Film Indonesia Online Streaming Terbaik 2020 Koleksinya Lengkap 6de6f
11+ Situs Nonton Streaming Film Indonesia Terbaik 2022, Koleksi Lengkap!
Film Indonesia Sedih 35b23
12 Film Indonesia Paling Sedih Ini Bikin Nangis & Banjir Air Mata
Film Indonesia Terbaik 2022 7b2c1
51 Rekomendasi Film Indonesia Terbaik Sepanjang Masa (Update 2022)
5 Film Yang Dilarang Tayang Di Indonesia 8c395
5 Film Indonesia Kontroversial yang Dapat Penghargaan | Bikin Heboh!
Film Adaptasi Korea Terpopuler Fc598
5 Film Indonesia yang Diadaptasi dari Film Korea | Terpopuler!
Drakor Dewasa Dan Film Korea Dewasa 79b8a
14 Drama & Film Korea yang Banyak Adegan Dewasa, Anak Kecil Jangan Nonton!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal