5 Rekomendasi Film Teen Bride Terbaik, Penuh Pesan Moral!

Default

Film bertemakan teen bride atau pengantin remaja biasanya memang punya daya tarik tersendiri. Selain dari sisi cerita yang pastinya tak biasa, film-film jenis ini juga biasanya sangat edukatif.

Para pembuat film yang menunjukkan kisah cinta pernikahan dini pada remaja biasanya berusaha menyampaikan pesan bahwa mengambil keputusan untuk menikah tidaklah semudah yang kita bayangkan.

Setelah menikah, kehidupan nyata akan datang dan pastinya bukan hal yang mudah bagi remaja untuk melakukannya. Apalagi jika masing-masing belum lulus sekolah atau bahkan sudah memiliki bayi.

Nah, kesulitan menjadi teen bride itulah yang coba disampaikan oleh film-film berikut ini, geng. Film-film ini kaya akan pesan moral bahwa menikah adalah keputusan yang harus diambil dengan berbagai pertimbangan. Apalagi kalau kamu masih di bawah umur ya.

Penasaran ada film apa saja? Simak rekomendasi Jaka berikut ini ya! Lengkap mulai dari film barat, film Jepang, hingga film Indonesia.

1. Dua Garis Biru (2019)

Pertama ada film Dua Garis Biru, salah satu film Indonesia terbaik sepanjang masa yang disutradarai sama Gina S. Noer.

Film ini sempat menuai kontroversi karena menceritakan kondisi hamil di luar nikah pada remaja.

Dua Garis Biru menceritakan Bima (Angga Yunanda) dan Dara (Adhisty Zara), remaja yang duduk di tahun terakhir SMA tapi terpaksa menunda semua mimpi mereka kala Dara hamil di luar nikah.

Singkat cerita, keduanya disarankan untuk menikah oleh orang tua Bima. Mereka tinggal di rumah Dara, dan Bima bekerja sebagai pelayan di restoran milik ayah Dara.

Namun tentu saja kehidupan rumah tangga tak semudah yang mereka bayangkan. Bima masih belum bisa fokus berperan sebagai suami. Sementara Dara masih terobsesi pergi ke Korea untuk kuliah.

Judul Dua Garis Biru
Rilis 11 Juli 2019
Durasi 1 jam 53 menit
Sutradara Gina S. Noer
Produksi Kharisma StarVision Plus, Wahana Kreator Nusantara
Cast Angga Yunanda, Adhisty Zara, Cut Mini, Lulu Tobing, dkk
Genre Drama
Rating 7.9/10 (IMDb)

68% (RottenTomatoes)

2. For Keeps (1988)

Hampir sama seperti Dua Garis Biru, film For Keeps juga menceritakan tentang Darcy (Molly Ringwald) dan Stan (Randall Batinkoff), pasangan yang duduk di tahun terakhir masa SMA mereka. Suatu hari mereka melewati batas yang berakhir dengan kehamilan Darcy.

Awalnya mereka bingung apakah akan mempertahankan bayi mereka atau malah mengaborsinya. Sampai akhirnya, keduanya memutuskan untuk menikah, walaupun sama sekali tidak direstui oleh keluarga masing-masing.

Setelah menikah, apalagi setelah bayi mereka lahir, Stan dan Dary mulai mengalami banyak kesulitan menjadi orang tua muda dalam kondisi belum lulus sekolah. Apalagi keduanya masing-masing mendapat beasiswa ke universitas terkenal. Bisakah keduanya bertahan?

Judul For Keeps
Rilis 15 Januari 1988
Durasi 1 jam 30 menit
Sutradara John G. Avildsen
Produksi Jerry Belson, Walter Coblenz
Cast Molly Ringwald, Randall Batinkoff, Kenneth Mars, Miriam Flynn, dkk
Genre Drama, Romantis, Komedi
Rating 6.0/10 (IMDb)

17% (RottenTomatoes)

3. Riding in Cars with Boys (2001)

Nah kalau film Riding in Cars with Boys ceritanya diadaptasi dari sebuah buku autobiografi berjudul sama karangan Beverly Donofrio.

Film autobiografi yang berlatar di tahun 1965 ini mengisahkan tentang seorang remaja berumur 15 tahun yang sedang berada di masa pubertas.

Suatu ketika Beverly 'Bev' (Drew Barrymore) tak sengaja berhubungan intim dengan lelaki yang ia temui di pesta, bernama Ray Hasek (Steve Zahn). Hal itu membuat Bev akhirnya hamil. Ray dan Bev pun dipaksa menikah oleh kedua orangtuanya.

Bev yang awalnya bercita-cita untuk kuliah di New York dan menjadi penulis pun harus melupakan mimpinya untuk membangun keluarga dan membesarkan putranya yang baru lahir, bernama Jason.

Ia menemukan bahwa jadi ibu dan menikah di usia remaja sama sekali tidak mudah. Film ini akan mengikuti kisah hidup Bev dalam beberapa tahun ke depan. Bisakah Bev tetap menggapai mimpinya menjadi penulis?

Judul Riding in Cars with Boys
Rilis 19 Oktober 2001
Durasi 2 jam 12 menit
Sutradara Penny Marshal
Produksi Columbia Pictures, Gracie Films
Cast Drew Barrymore, Steve Zahn, Adam Garcia, Brittany Murphy, dkk
Genre Drama, Komedi
Rating 6.5/10 (IMDb)

49% (RottenTomatoes)

4. I'm Underage but I'm Not a Child (2017)

Selanjutnya ada film Jepang terbaik berjudul Miseinen dakedo kodomo janai atau judul internasionalnya adalah I'm Underage but I'm Not a Child.

Di ulang tahunnya yang ke 16 tahun, Karin Oriyama (Yuna Taira) diberi kado tak terduga dari sang ayah. Ia akan menikah dengan Nao Tsurugi (Kento Nakajima), kakak kelasnya yang diam-diam sudah ia sukai.

Karin awalnya senang, karena Nao tampan dan populer. Namun ternyata kenyataan tak seindah impian. Pasalnya Nao hanya setuju menikah dengan Karin karena masalah finansial. Keluarga Karin memang sangat kaya.

Karin pun berjuang untuk mandiri agar mendapatkan rasa hormat dari Nao. Keadaan semakin rumit ketika pernikahan mereka diketahui oleh Isuzu Ebina (Yuri Chinen), cowok yang punya perasaan pada Karin.

Judul I'm Underage but I'm Not a Child
Rilis 23 Desember 2017 (Jepang)
Durasi 1 jam 45 menit
Sutradara Tsutomu Hanabusa
Produksi Toho Pictures
Cast Kento Nakajima, Yuna Taira, Yuri Chinen, dkk
Genre Drama, Romantis, Komedi
Rating 6.2/10 (IMDb)

5. Too Young to Marry (2007)

Too Young To Marry 2007 7cf3e
Sumber foto: IMDb.com

Terakhir ada Too Young to Marry, film drama romantis yang dibintangi aktris yang terkenal dari serial TV populer The Vampire Diaries, Nina Dobrev.

Film Too Young to Marry ini berkisah tentang Max Doyle (Dillon Casey) dan Jessica Carpenter (Nina Dobrev), pasangan yang memutuskan untuk menikah setelah lulus SMA.

Setelah kelulusan, Jessica berhasil diterima di Universitas Harvard. Ia bercita-cita menjadi dokter bedah tulang. Sementara Max gagal masuk Harvard setelah lamarannya ditolak.

Mereka berdua pun memutuskan tetap pindah ke Boston agar Jessica bisa kuliah di Harvard dan Max bisa bekerja sambil terus berusaha diterima di Harvard.

Namun hubungan keduanya mulai diuji kala Jessica seringkali merasa terganggu dengan keberadaan dan juga diri Max yang kurang ambisius. Hal yang sama juga terjadi pada Max. Bisakah keduanya mempertahankan hubungan?

Judul Too Young to Marry
Rilis 2007
Durasi 1 jam 30 menit
Sutradara Michelle Poulette
Produksi Columbia Pictures, Gracie Films
Cast Nina Dobrev, Dillon Casey, Polly Draper, Frank Schorpion, dkk
Genre Drama, Romantis, Komedi
Rating 5.5/10 (IMDb)

68% (RottenTomatoes)

Rekomendasi Film Teen Bride Terbaik

  1. For Keeps (1988)
  2. Riding in Cars with Boys (2001)
  3. I'm Underage but I'm Not A Child (2017)
  4. Too Young to Marry (2007)

Akhir Kata

Itu dia deretan rekomendasi film teen bride atau film pernikahan remaja yang bisa Jaka berikan untuk kamu. Semoga aja pesan-pesan yang coba disampaikan sama film ini bisa kamu dapatkan ya, geng. Selamat menonton!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Syifa Nuri Khairunnisa.

ARTIKEL TERKAIT
Film Jepang Terbaik 984ef
12 Film Jepang Terbaik & Terbaru 2021, Menyentuh & Penuh Makna!
Film Jepang Romantis Terbaik Fc1d4
15 Film Romantis Jepang Terbaik 2021 | Gak Kalah Baper Sama Film Korea!
Poster Resmi Imperfect Horz B81d2 2 5047b
5 Film Komedi Romantis Indonesia Terbaik 2021, Bikin Baper Sekaligus Menghibur!
Rekomendasi Film Romantis Indonesia Terbaru E7c2d
30+ Film Romantis Indonesia Terbaik & Terbaru 2021, Bikin Baper!
7 Film Terbaik Tentang Memaafkan Menyejukan Hati Dan Menginspirasi E72a8
7 FIlm Terbaik Tentang Memaafkan, Menyejukan Hati dan Menginspirasi!
Film Dari Novel Banner C22dc
10 Film yang Diadaptasi dari Novel Best Seller, Lebih Bagus dari Versi Aslinya?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal