J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Bikin Malu, 7 Sinetron Indonesia Ini Dituduh Menjiplak Drama Korea!

Minggu, 20 Des 2020, 16:30 WIB
Gimana bisa konsep cerita 7 sinetron Indonesia dan drama Korea ini saling mirip satu sama lain? Jangan-jangan...

Apakah kamu pernah menonton sinetron? Atau bahkan kamu merupakan penggemar setia sinetron? Yap! Program drama bersambung khas Indonesia ini seperti nggak pernah habis buat dibahas.

Akan tetapi, keberadaannya sarat akan kontroversi. Mulai dari plot ceritanya yang absurd dan terlalu vulgar, bahkan yang terbaru adalah tuduhan bahwa beberapa sinetron menjiplak konsep drama Korea.

Nah, kira-kira apakah tuduhan tersebut benar? Daripada berspekulasi, kita ikuti bersama daftar sinetron Indonesia yang dituduh menjiplak drama Korea.

Sinetron Indonesia yang Dituduh Menjiplak Drama Korea

Bagi kamu penggemar setia drama Korea terbaik dan terbaru, beberapa judul sinetron di bawah ini pasti familiar. Apakah betul-betul menjiplak, ya? Mari kita cari tahu bersama!

1. Kau yang Berasal dari Bintang - My Love from Another Star

1 Custom 03f97

Semenjak tayang perdana di RCTI pada tahun 2014, sinetron Kau yang Berasal dari Bintang mendapat banyak kecaman dari penggemar drakor dan penikmat film.

Hal ini terjadi karena konsep dan ide ceritanya jelas-jelas menjiplak drakor berjudul My Love from Another Star. Bahkan, penayangan sinetron itu hanya berlangsung 2 bulan setelah drakor tersebut usai tayang di stasiun SBS.

Yang terjadi adalah SBS menuntut SinemArt sebagai rumah produksi untuk memberhentikan sinetron tersebut. Setelah perdebatan panjang, akhirnya sinetron itu di take down.

2. Cinta Remaja - Sassy Girl Chun Hyang

2 Custom 2fbc8

Ketika Sassy Girl Chun Hyang dirilis tahun 2005, banyak yang menyukai ide dan konsep ceritanya. Inipun menginspirasi MD Entertainment untuk mengadaptasinya dalam versi Indonesia.

Hasilnya, sebuah sinetron rilis dengan judul Cinta Remaja. Walau dari segi judul nampaknya berbeda, namun ide dan jalan ceritanya ternyata mirip-mirip, geng.

Secara garis besar, keduanya berkisah tentang kedua orang yang pada awalnya saling membenci satu sama lain, namun mereka terjebak dalam hubungan pernikahan karena suatu hal salah paham.

3. Benci Bilang Cinta - Princess Hours

3 Custom C57e7

Kalau kamu masih ingat betapa boomingnya drakor Princess Hours di tahun 2006, kamu pasti juga ingat ketika Sinemart bikin "tandingannya" yang berjudul Benci Bilang Cinta di tahun yang sama.

Keduanya pun memiliki jalan cerita yang mirip, yakni kisah seorang gadis yang miskin dijodohkan dengan pria yang kaya raya.

Bedanya, jika di Princess Hours, ide dan konsep ceritanya bertemakan keluarga kerajaan, sementara di Benci Bilang Cinta, keluarganya adalah konglomerat kaya.

4. Cinta Cenat Cenut - Boys Over Flowers

4 Custom B728f

Meskipun sering disebut sebagai drama Korea yang overrated abis, namun Boys Over Flowers yang dirilis tahun 2009 tetap digemari oleh para fansnya.

Karena drakor ini begitu booming di Indonesia, nggak heran jika SinemArt (lagi) "mengadaptasi" plotnya jadi lebih "Indonesia" dengan judul Cinta Cenat Cenut.

Apalagi, sinetron ini diperankan oleh boyband SM*SH yang pada saat itu lagi hits-hitsnya. Jadi ya wajar judulnya disesuaikan dengan lagu hits mereka.

5. High School Love Story - Hi! School: Love On

5 Custom Fa65a

Hi! School: Love On adalah drakor hits yang populer di tahun 2014. Drama Korea tentang sekolah ini mengisahkan kehidupan para pelajar yang diterpa masalah percintaan.

Di tahun yang sama, High School Love Story versi Indonesia dirilis dan dibintangi oleh sederet pemeran baru, seperti Febby Rastanty, Rizky Nazar dan Fero Walaundau.

Uniknya, selain High School Love On, sinetron ini juga kedapatan "mengadaptasi" cerita dari beberapa drakor lain, seperti Heartstrings dan Who Are You: School 2015.

6. Malaikat Pelindung - Goblin

6 Custom 31e1a

Siapa sih yang nggak familiar dengan drama Korea Goblin? Drakor terbaik yang dibintangi Gong Yoo ini berhasil menyedot perhatian massa karena menampilkan plot cerita dan akting yang apik.

Nah, nampaknya kesempatan ini dimanfaatkan oleh MD Entertainment untuk "mengadaptasi" kisah Goblin ke dalam versi Indonesia. Sayangnya, banyak sekali penolakan yang dilontarkan penggemar drakor, apalagi menuduh MD Entertainment nggak kreatif.

Awalnya pihak produksi cuek-cuek aja. Namun karena makin besar gelombang protes yang muncul, MD Entertainment memutuskan untuk meng-hold sementara sinetron ini.

7. Kejora dan Bintang - Brilliant Legacy

7 Custom 8c0c6

Kejora dan Bintang adalah sinetron garapan SinemArt yang ditayangkan RCTI di tahun tahun 2009 sampai 2010. Nah, banyak yang menduga bahwa ide dan konsep ceritanya sangat mirip dengan Brilliant Legacy.

Apalagi, Brilliant Legacy ditayangkan pada awal tahun 2009. Episode pertamanya berkisah tentang para pemerannya yang tertukar koper.

Selain itu, di episode-episode selanjutnya, banyak sekali kemiripan yang muncul, terutama dari segi susunan keluarganya. Waduh!

Akhir Kata

Itulah tadi sederet sinetron Indonesia yang dituduh menjiplak drama Korea. Gimana pendapatmu, geng?

Jangan lupa tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah. Sampai jumpa di artikel Jaka yang selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Untitled 4 3ea4f
Ssssstt....Ini 7 Rahasia Terbesar di Balik Adegan Film Terkenal
Untitled 3 Ccb77
7 Alur Cerita Paling Buruk & Ngaco di Film MCU, Bikin Fans Murka!
Untitled 1 7fa91
7 Aktor Hollywood yang Udah Tajir Melintir dari Lahir, Rafathar Kalah!
Page B7b12
7 Film Indonesia dengan Biaya Produksi Termahal, Gak Balik Modal?
Page B05d7
7 Film Tanpa Adegan Romantis Sama Sekali, Tetap Seru & Menghibur!
Page 9bad8
7 Aktor Hollywood yang Mendadak Berhenti Main Film, Udah Gak Laku?
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
7 Sinetron Indonesia yang Terkenal di Luar Negeri, Bikin Bangga!
7 Sinetron Indonesia yang Terkenal di Luar Negeri, Bikin Bangga!
7 Drama Korea Paling Overrated, Ceritanya Klise Banget!
7 Drama Korea Paling Overrated, Ceritanya Klise Banget!
12 Aplikasi Nonton Drama Korea (Drakor) Gratis Sub Indo Terbaik 2020
12 Aplikasi Nonton Drama Korea (Drakor) Gratis Sub Indo Terbaik 2020
7 Drama Korea tentang Sekolah, Bikin Kangen Masa SMA Lagi!
7 Drama Korea tentang Sekolah, Bikin Kangen Masa SMA Lagi!

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal