7 Adegan Film & Serial TV yang Sindir Indonesia, Rusak Citra Bangsa!

Default

Hingga saat ini sudah banyak film dan serial TV Hollywood yang sukses di pasaran. Bahkan, tontonan ini sampai jadi tayangan favorit di negara lain, termasuk Indonesia.

Jaka juga yakin kamu pernah menonton banyak film barat terbaik yang kemudia jadi salah satu film favoritmu, kan? Ya, film karya sineas Hollywood memang banyak yang memuaskan.

Sayangnya, meski dimaksud untuk memberi hiburan kepada penonton, beberapa film dan serial TV Hollywood justru malah menyelipkan hal yang menyindir Indonesia, loh!

Penasaran apa saja adegan film dan serial TV mancanegara yang menyindir Indonesia? Biar gak berlama-lama, langsung aja simak selengkapnya di bawah ini!

Adegan Film & Serial TV Hollywood yang Sindir Indonesia

Selain film yang menistakan Islam, ternyata ada juga film yang menyindir Indonesia. Hal ini tentu membuat masyarakat Tanah Air gak terima, geng!

Nah, kali ini Jaka bakal membahas deretan adegan film & serial TV Hollywood yang menyindir Indonesia. Yuk, simak pembahasannya di bawah ini!

1. The West Wing (1999)

Sin1 Custom C1df7

The West Wing memang dianggap sering menyindir Indonesia. Misalnya di salah satu episode yang berlatar di Gedung Putih Amerika Serikat.

Dalam episode ini, Presiden AS menyambut kunjungan Presiden Indonesia (karakter fiktif) yang punya karakteristik dan tata bahasa seperti salah satu Presiden Indonesia, loh!

Lalu, ada seorang staf yang berkata untuk nggak membuat orang Indonesia tersinggung kalau gak mau kepalamu dipenggal dan diarak keliling kota.

Gak cuma itu, serial TV populer ini juga menggambarkan Indonesia sebagai bangsa yang bodoh dan nggak bisa berbahasa Inggris. Kelewatan, nih!

2. Sleeper Cell (2005)

Sin2 Custom 5e23a

Sleeper Cell menceritakan Darwyn Al-Sayeed, muslim Afrika-Amerika yang menjadi agen FBI untuk mengusut terorisme yang dilakukan organisasi teroris pimpinan Faris Al-Farik.

Dalam episode Target dan Scholar, Darwyn berurusan dengan tokoh mahasiswa Indonesia bernama Eddy Pangetsu yang diperankan oleh Jeff Mallare.

Eddy digambarkan sebagai ahli biologi kimia yang direkrut Faris Al-Farik untuk membuat virus anthrax yang disebar di Amerika, geng.

Secara keseluruhan, serial TV tentang terorisme ini seolah mendeskripsikan bahwa negara Indonesia adalah sarang teroris.

3. House (2004)

Sin3 Custom Bc406

House juga merupakan serial TV produksi Amerika Serika yang cukup populer. Serial TV ini ditayangkan oleh FOX Network pada tahun 2004.

Serial TV kontroversial ini dibintangi oleh Hugh Laurie sebagai Gregory House yang merupakan seorang dokter di klinik yang memecahkan berbagai kasus aneh, geng.

Pada satu adegan, Dr. House sedang mengobati anak kecil yang sakit parah. Tiba-tiba, ia berkata, "Anak yang sakit sampai parah begini, tinggalnya pasti di Indonesia,".

4. Girlboss (2017)

Sin4 Custom Aebe7

Girlboss sempat heboh dibicarakan oleh publik karena dianggap sudah menjelek-jelekkan negara Indonesia dalam sebuah dialog yang diucapkan oleh pemainnya.

Dalam TV Series yang tayang di Netflix tahun 2017 ini, pemeran utamanya mengaku muak selalu dicurigai karena memiliki wajah yang mirip dengan orang Indonesia.

Kalimat itu ia ucapkan saat ia dikejar-kejar oleh seorang petugas kemanan di sebuah toko buku karena disangka sudah mencuri, geng.

5. In God's Hand (1998)

Sin5 Custom 65dd3

Film In God's Hand menceritakan tiga peselancar muda yang pergi bertualang mencari ombak yang sempurna ke sejumlah pantai. Salah satunya adalah Bali, Indonesia.

Saat mengunjungi Bali, mereka ditangkap polisi karena suatu hal. Agar dibebaskan, mereka menyuap polisi dengan cara memberikan uang saat bersalaman, geng.

Hal ini pun memicu kemarahan sebagian masyarakat Indonesia. Meski begitu, aksi suap menyuap seperti di film In God's Hand memang sangat lazim terjadi di Tanah Air.

6. The Silence of The Lambs (1991)

Sin6 Custom Baf6f

The Silence of The Lambs bercerita tentang Dr. Hannibal Lecter yang merupakan seorang psikiater, pembunuh genius, sekaligus seorang kanibal.

Tapi siapa sangka, film horor yang menang banyak penghargaan ini ternyata pernah menuai kontroversi karena dianggap menyindir Indonesia, lho!

Dalam sebuah adegan, kamu bakal membaca tulisan "MADE IN INDONESIA" di sweater yang dipakai oleh korban yang diculik oleh Dr. Hannibal, geng.

Tulisan ini pun dianggap seperti menggambarkan bahwa banyak kasus penculikan yang terjadi di Indonesia. Menurutmu, gimana?

7. Lethal Weapon 4 (1998)

Sin7 Custom 529a4

Lethal Weapon 4 mengisahkan tentang sepasang detektif bernama Martin Riggs dan Roger Murtaugh. Keduanya dihadapkan pada kasus penyelundupan imigran gelap.

Imigran gelap tersebut diorganisir oleh geng mafia Hong Kong di bawah pimpinan Wah Sing Ku. Mereka diselundupkan dengan kapal yang disebut buatan Indonesia, geng.

Film bergenre action ini dianggap menistakan Indonesia karena adegan Murtaugh yang kesal dan mengatakan bahwa kapal bodoh tersebut dibuat oleh orang Indonesia.

Akhir Kata

Nah, itu tadi 7 adegan film dan serial TV yang menyindir Indonesia hingga membuat sebagian masyarakat di Tanah Air meresa dijelek-jelekkan, geng.

Entah menyindir dengan sengaja atau nggak, tapi adegan-adegan tadi memang secara eksplisit menyebutkan nama negara Indonesia di dalamnya.

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Reishatia.

ARTIKEL TERKAIT
Film Yang Rugi Karena Bayar Aktor Kemahalan 64e13
5 Film yang Rugi Karena Bayar Aktor Kemahalan, Gak Balik Modal!
Film Aktor Punya Hobi Gak Masuk Akal 50866
7 Aktor yang Punya Hobi Gila & Gak Masuk Akal, Absurd Banget!
Film Aktor Bau Badan 09a3a
7 Aktor Rupawan yang Ternyata Bau Badan, Jorok & Jarang Mandi!
Film Aktor Pernah Alami Kejadian Mistis 3eecc
Merinding! 7 Aktor Ini Pernah Alami Kejadian Mistis Menyeramkan!
Musisi Indonesia Isi Soundtrack Film Mancanegara 2f9ea
Bangga! 7 Musisi Indonesia Ini Isi Soundtrack Film Mancanegara!
Film Aktor Membunuh Orang Lain 7d68d
Biadab! 7 Aktor Ini Membunuh Orang Lain, Aktor Marvel Termasuk!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal