7 Film yang Sebenarnya Tidak Selesai Saat Rilis, Malah Jadi Lebih Bagus?

Default

Bukan sudah rahasia umum lagi kalau ada berbagai macam film di luar sana yang sengaja tidak dirilis secara lengkap agar bisa didistribusi ulang dengan embel-embel Director's Cut.

Itulah salah satu teknik pemasaran film agar film tersebut dapat meraup untung. Nyatanya, film tersebut hanya ditambah beberapa adegan atau CGI yang diganti tergantung dengan cerita.

Namun, tidak sedikit juga film yang sebenarnya benar-benar tidak selesai saat rilis. Daripada penasaran, yuk, simak kumpulan film apa saja yang dirilis dengan apa adanya saat penayangannya!

Kumpulan Film yang Sebenarnya Tidak Selesai Saat Rilis

Banyak film yang dirilis ulang dengan rating yang berbeda. Contohnya seperti film Batman V Superman karena mengandung adegan kekerasan yang tidak disensor di versi dewasanya.

Berbeda dengan kasus tersebut, film-film berikut justru selesai dengan apa adanya, tanpa ada tambahan adegan apapun setelah tayang di seluruh dunia.

1. "The Shining"

Film Yang Sebenarnya Tidak Selesai Saat Rilis The Shining 81a96

Akhir dari film horor "The Shining" menampilkan Jack Torrence yang membeku setelah terjebak di labirin hotel. Lalu, adegan berganti menunjukkan foto Jack di sebuah pesta pada tahun 1921.

Apa yang sebenarnya terjadi? Apakah jiwa Jack diambil oleh hotel? Tentunya, ending ini terlihat menggantung. Nyatanya, itu bukanlah akhir yang sebenarnya. Aslinya justru lebih membingungkan.

Di versi yang direncanakan Stanley Kubrick, ada sebuah adegan yang menunjukkan Danny menerima bola tenis misterius dari manager hotel. Ironisnya, bola tersebut mirip dengan bola yang membawanya ke kamar terkutuk 237.

2. "Margaret"

Film Yang Sebenarnya Tidak Selesai Saat Rilis Margaret F8a2b

Margaret mengisahkan tentang kehidupan wanita muda yang hidupnya berantakan semenjak kecelakaan bis. Syuting film ini berjalan lancar, tapi proses pascaproduksinya tidak.

Sutradara film ini, Kenneth Lonergan, sempat bermasalah dengan studio karena durasi film. Studio bersikeras bahwa durasi harus kurang dari dua setengah jam, padahal filmnya hampir tiga jam.

Setelah bertahun-tahun ditinggalkan, akhirnya film ini diselesaikan di tahun 2011 dan mendapat banyak ulasan positif, meskipun tidak dirilis sesuai dengan keinginan sutradaranya.

3. "Last Action Hero"

Film Yang Sebenarnya Tidak Selesai Saat Rilis Last Action Hero 86b2d

Film komedi Last Action Hero menceritakan tentang petualangan Danny Manigan bersama idola favoritnya di dunia lain. Awalnya, film ini sudah sempurna, tapi Sony merubah skripnya dan menghadirkan aktor Arnold Schwarzenegger.

Studio film ini langsung kelabakan, mereka bahkan mempekerjakan penulis baru untuk menulis uang skripnya. Hal ini berujung pada budget film yang meroket dan dengan deadline yang semakin dekat, film ini terpaksa dirilis seadanya.

Sutradara film ini ingin sekali memperbaiki banyak hal, tapi Sony bersikukuh pada tanggal perilisannya. Sayangnya, semua itu sia-sia karena film ini kurang ramai akibat rilis seminggu setelah "Jurassic Park" di bioskop.

4. "Ghostbusters"

Film Yang Sebenarnya Tidak Selesai Saat Rilis Ghostbusters Ec83b

Film jadul "Ghostbusters" memang populer pada masanya karena menggabungkan tema fiksi ilmiah, horor, juga komedi.

Rupanya, banyak masalah yang dihadapi film ini karena terburu-buru merilisnya, salah satunya adalah kesalahan properti dalam beberapa adegan.

Dalam satu adegan, kabel yang mengontrol Stay-Puft Marshmallow Man dapat dilihat. Di adegan lain, penonton dapat melihat kabel yang terpasang pada Ghostbusters saat melakukan stunt.

5. "Superman II"

Film Yang Sebenarnya Tidak Selesai Saat Rilis Superman 2 0e2b2

Siapa sangka bahwa film "Superman II" yang dirilis pada tahun 1980 silam sebenarnya tidak selesai? Rupanya, proses produksi yang rumit mengakibatkan hal tersebut.

Akibat pertengkaran hebat antara sutradara dan penulis film ini, "Superman II" hanya selesai sekitar 75% saja dari yang sebenarnya direncanakan.

Sayangnya, rencana untuk membuat ulang film ini sesuai dengan rencana awal tidak pernah terwujudkan karena kematian pemeran utama Superman.

6. "Blade Runner"

Film Yang Sebenarnya Tidak Selesai Saat Rilis Blade Runner 69428

"Blade Runner" adalah film fiksi ilmiah tentang seorang mantan polisi yang memburu para robot ganas. Di tengah jalan, ia jatuh cinta dengan seorang wanita misterius, yang ternyata juga robot.

Proses pembuatan film ini kacau karena penulisnya menulis ulang skrip yang sudah jadi di tengah-tengah syuting film. Seorang karakter bernama Mary dihapus walaupun sudah difilmkan, sehingga mengakibatkan banyak plot hole.

Meskipun efek di film ini termasuk maju pada masanya, tapi Blade Runner tidak laku karena penontonnya bingung dengan alur ceritannya yang tidak konsisten.

7. "The Thief and the Cobbler"

Film Yang Sebenarnya Tidak Selesai Saat Rilis The Thief And The Cobbler 80085

Animator legendaris Richard Williams menghabiskan nyaris 30 tahun untuk membuat film animasi The Thief and the Cobbler. Ia bahkan tidak tanggung untuk menggunakan uang pribadinya demi film ini.

Menampilkan suara Anthony Quayle, Sean Connery dan Vincent Price, film ini berdasarkan skenario cerita rakyat Arab tentang Nasruddin. Sayangnya, karena Williams yang terlalu perfeksionis, proses film ini tidak mulus.

Williams, terkenal karena dinamika kerjanya yang sulit, memecat animator setiap hari dan bersikeras untuk membuat film baru. Menjelang tanggal rilis, film ini masih belum selesai sehingga Warner Bros memecat Williams dan menggantikannya dengan animator Fred Calvert untuk menyelamatkan nasib film tersebut.

Akhir Kata

Itulah kumpulan film yang sebenarnya tidak selesai saat rilis. Terlepas dari hal itu, nyatanya tidak sedikit dari film tersebut yang masih diminati penonton, di luar dugaan. Namun, ada juga yang terpaksa nge-flop parah karena berbagai kekurangan.

Baca artikel mengenai Film atau artikel menarik lainnya dari Michelle Cornelia.

ARTIKEL TERKAIT
Pjimage 1 8f549
No Sensor! 7 Film Hot Indonesia yang Laku & Bebas Tayang di Bioskop
Game Paling Mengecewakan 2020 Marvels Avengers Banner 55457
5 Game Paling Mengecewakan di 2020, Avengers dan Cyberpunk 2077 Termasuk?
Aktor Yang Mendapat Kutukan Oscar Banner Fa9ed
7 Aktor yang Mendapat Kutukan Oscar, Bukan Cuma Mitos!
Peran Paling Memalukan Yang Dibintangi Aktor Ternama Banner 95073
7 Peran Paling Memalukan yang Dibintangi Aktor Ternama, Nyesel Abis!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal