5 Film Populer yang Nggak Perlu Dibuat Sekuelnya, Bakal Jadi Percuma!

Default

Pada dasarnya, sebuah sekuel diproduksi karena kisah aslinya dirasa sangat butuh lanjutan ceritanya. Dengan kata lain, 1 film saja masih belum cukup untuk menampilkan keseluruhan jalan cerita.

Sayangnya di saat yang sama, kamu bakal disuguhi beragam sekuel yang sebenarnya nggak perlu-perlu banget atau memang benar-benar nggak penting untuk diproduksi.

Namun, hal ini terpaksa dilakukan rumah produksi dengan berbagai macam faktor, mulai dari mendulang pemasukan lebih banyak atau karena jalan ceritanya bisa dikembangkan lebih jauh, walau jatuhnya malah maksa.

Ada beberapa film yang nggak perlu dibuat sekuelnya karena cerita orisinalnya sudah menggambarkan keseluruhan jalan cerita.

Namun ada juga film-film yang tetap dipaksakan lanjutan ceritanya dan berujung pada kegagalan di pasar perfilman. Penasaran apa saja? Simak penelusuran Jaka berikut ini.

1. Pitch Perfect 3

1 Custom 4be5c

Sebenarnya, Pitch Perfect 2 yang dirilis pada tahun 2015 sendiri tidak memiliki urgensi untuk dibuat.

Meskipun demikian, ada beberapa pihak yang masih kepo sama kabar grup acapella The Barden Bellas pasca kemenangan mereka di juara acapella tingkat regional.

Selain itu, beberapa penggemarnya juga ada yang ingin tahu kehidupan mereka setelah lulus SMA bagaimana, termasuk kelanjutan kisah cinta mereka.

Sayangnya, sekuel ketiganya ini bisa dikatakan tak sepopuler pendahulunya. Malahan, plot filmnya dirasa aneh dan maksa. Nampaknya, tak perlu lah mereka melanjutkan sekuel keempatnya yang rencana rilis di tahun 2022.

2. 5 CM

2 Custom E3eb0

Pasti kamu familiar dengan film yang satu ini, kan? Dirilis tahun 2012, film ini bercerita tentang lima sahabat yang merencanakan reuni dengan hiking bareng ke Gunung Semeru.

Film hasil karya Rizal Mantovani ini sukses besar. Selain banjir penghargaan nasional, film ini berhasil membuat tren naik gunung meningkat.

Nah, sempat ada wacana bahwa sekuel lanjutannya akan digarap mulai tahun 2020 lalu di Lombok dan daerah Indonesia Timur. Namun, banyak yang mempertanyakan, untuk apa sekuelnya dibikin lagi?

Toh juga, para penonton sudah mendapat jawaban para karakter berjodoh dengan siapa. Agak dipaksakan rasanya kalau sampai membuat konflik lainnya ataupun alasan lain yang membuat mereka berkelana di alam lagi.

Tidak ada kabar lagi soal sekuel film 5 cm, tetapi sekuel novelnya sendiri memang sudah terbit pada tahun 2020, geng.

3. Cek Toko Sebelah

4 Custom 657c1

Film garapan komika Ernest Prakasa ini dimasukkan menjadi salah satu film terbaik dan terlaris Indonesia sepanjang masa.

Betapa tidak? Alur ceritanya yang matang, di mana unsur komedi dan dramanya berhasil berpadu dengan sempurna jadi salah satu film keluarga yang paling direkomendasikan hingga kini.

Nah, karena sudah sempurna banget, rasanya nggak perlu Ernest membuat sekuel terbarunya. Alasannya sederhana. Seluruh jalan cerita tokohnya yang ditampilkan dalam Cek Tokoh Sebelah sudah dianggap usai oleh para penonton.

Andaikan dibuat pun, nampaknya bakal terkesan maksa dan bakal hilang esesi kekeluargaannya. Meskipun sudah terlanjur dibuat mini series-nya di HOOQ, lebih baik cukup di sana aja, nggak perlu dibikin sekuel lanjutannya di layar lebar.

4. Pirates of Caribbean: Dead Men Tell No Tales (2017)

6 Custom 22997

Film pertamanya yang berjudul Pirates of Caribbean: The Curse of the Black Pearl (2003) mendulang sukses besar di pasar. Hal ini tak bisa lepas dari akting keren Johnny Depp dalam memerankan Kapten Jack Sparrow.

Karena tokoh Jack Sparrow yang begitu ikonik dan mendominasi di sepanjang film, produser pun tertarik untuk membuat sekuel lanjutannya yang tak kalah seru.

Sayangnya, 3 sekuel lanjutannya bisa dibilang tidak sebagus dan serapi film pertama. Selain terlihat dipaksakan, banyak sisi dari alur ceritanya yang terlihat semakin ribet dan memusingkan para penontonnya.

Jika hendak dilanjutkan ke sekuel berikutnya, nampaknya Johnny Depp nggak perlu bersusah payah menjadi kapten pemabuk yang aktingnya serasa payah jika jalan ceritanya terlalu dipaksakan.

5. Mengejar Matahari

7 Custom 85af5

Pernah dengar film yang satu ini kah, geng? Film garapan Rudy Soedjarwo ini dirilis tahun 2004. Mengisahkan persahabatan sejati, film ini berani memberikan sudut pandang yang berbeda tentang apa arti sahabat sesungguhnya.

Penokohan dalam film ini pun terasa sangat kuat dan kental. Ada Nino yang paling kaya namun pendiam, Damar yang hobi berkelahi, Ardi yang sensitif karena tekanan ayahnya, dan Apin yang paling kocak.

Konflik yang terjadi tidak hanya bermuara pada antar tokoh, namun juga pada diri tokoh dan keluarganya sendiri. Hal itu yang membuat film ini kaya dengan nilai-nilai kehidupan.

Sempat hendak dibuat sekuel lanjutannya, banyak pengamat film yang tidak sependapat dengan wacana tersebut. Kesan akan konflik dan akhir ceritanya yang membekas serasa cukup tertampung dalam 1 film saja.

Akhir Kata

Itulah tadi 5 film yang nggak seharusnya dibikin sekuel lanjutannya. Bagaimana pendapatmu, geng? Atau kamu malah punya pandangan yang berbeda?

Jangan ragu, silakan beri pendapatmu lewat kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa di artikel Jaka selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Parasite Movie Banner 41e24
Parasite: Film Terbaik 2019, Wajib Tonton!
Aktor Marvel Dc Banner 41a27
10 Aktor yang Bermain untuk Film Marvel dan DC, Pindah Karena Gagal?
Film Barat Terbaru Terbaik Ec14d 0a94c
20+ Film Barat Terbaru dan Terbaik Tahun 2021, Semuanya Wajib Nonton!
Film Detektif Terbaik A19d3
15 Film Detektif Terbaik & Terbaru 2021, Menguras Otak!
Film Terburuk Yang Dibintangi Aktor Terkenal 44df8
7 Film Gagal Total yang Dibintangi Aktor Terkenal, Bikin Bangkrut dan Malu!
Banner C22bb
13 Film Gagal yang Membuat Studionya Bangkrut, Terlalu Ambisius! (Update 2022)
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal