5 Film Terbaik yang Terinspirasi dari Piala Dunia, Meriahkan World Cup Qatar 2022!

Default

Menyambut Piala Dunia 2022 Qatar, Jaka sajikan rekomendasi film sepak bola terbaik yang terinspirasi dari perhelatan Piala Dunia. Tak hanya seru, film-film ini juga sangat menginspirasi, loh.

Hal ini tak lepas dari perhelatan Piala Dunia itu sendiri. Sudah banyak kisah menarik yang terjadi di dalamnya, entah itu perjuangan sang pemain yang mengharukan, kontroversi yang terjadi selama pertandingan, hingga aksi suporter yang memantik semangat.

Semuanya berhasil tertuang dalam rekomendasi film Piala Dunia terbaik di bawah ini. Penasaran apa saja? Simak daftar film pilihan Jaka berikut!

1. The Game of Their Lives (2005)

The Game of Their Lives merupakan film Amerika yang dirilis tahun 2005. Film ini mengangkat perjuangan timnas Amerika Serikat dalam Piala Dunia 1950.

Mirip seperti film bertema olahraga lainnya, film berfokus pada momen-momen saat timnas dari Negeri Paman Sam berhasil mengalahkan Inggris 1-0 dalam laga penyisihan Grup 2 di Belo Horizonte.

Nantinya, kamu akan menyaksikan bagaimana tiap pemain menyusun strategi yang cerdik dan matang untuk menakhlukkan tim yang akrab dijuluki The Three Lions.

Judul The Game of Their Lives
Rilis 22 April 2005
Durasi 1 jam 41 menit
Sutradara David Anspaugh
Produksi Independent Film Channel (IFC), Bristol Bay Productions, Peter Newman Productions
Cast Wes Bentley, Gerard Butler, Gavin Rossdale, dkk
Genre Drama, Sport
Rating 6.1/10 (IMDb)

26% (Rotten Tomatoes)

>>> Nonton Film The Game of Their Lives di Amazon <<<

2. Offside (2006)

Film bertemakan Piala Dunia selanjutnya yang wajib ditonton adalah Offside. Dirilis tahun 2006, film asal Iran ini disutradarai oleh Jafar Panahi dan berhasil meraih penghargaan Silver Bear di ajang Berlin International Film Festival 2006.

Secara garis besar, film Offside terinspirasi dari kondisi sosio-politik Iran pasca revolusi yang dipimpin oleh Ayatullah Khoemeini pada 1979. Saat itu, perempuan mendapat diskriminasi gender, salah satunya adalah mereka dilarang menonton pertandingan sepak bola.

Tentu saja, banyak yang berusaha melawan diskriminasi tersebut. Salah satunya adalah sekelompok grup perempuan yang rela menyamar menjadi laki-laki. Mereka hendak menonton langsung match antara Iran dengan Bahrain di Stadion Azadi, Teheran.

Laga tersebut akan menentukan lolos tidaknya Iran ke Piala Dunia 2006 di Jerman. Bagaimana kisah selanjutnya? Apakah mereka bisa menonton pertandingan tanpa hambatan?

Judul Offside
Rilis 17 Februari 2006
Durasi 1 jam 32 menit
Sutradara Jafar Panahi
Produksi Jafar Panahi Film Productions
Cast Shima Mobarak-Shahi, Safar Samandar, Shayesteh Irani, dkk
Genre Comedy
Rating 7.3/10 (IMDb)

94% (Rotten Tomatoes)

>>> Nonton Film Offside di Apple TV <<<

>>> Nonton Film Offside di Amazon <<<

3. One Night in Turin (2010)

One Night in Turin disutradarai oleh James Erskine dan dirilis pada tahun 2010. Film dokumenter ini berhasil merekam momen-momen perjuangan timnas Inggris dalam Piala Dunia 1990 di Italia.

Menariknya, saat itu timnas Inggris sedang dirundung masalah. Mulai dari sang pelatih, Sir Bobby Robson yang sedang berseteru dengan media lokal, hingga Menteri Olahraga Inggris, Colin Moynihan yang ikut campur dalam kebijakan pengawasan keamanan di Italia.

Meskipun sarat gejolak, The Three Lions berhasil mengalahkan negara-negara lainnya, sebelum akhirnya kalah adu penalti dari Jerman saat semifinal.

Judul One Night in Turin
Rilis 11 Mei 2010
Durasi 1 jam 30 menit
Sutradara James Erskine
Produksi New Black Films, Northstar Ventures
Cast Gary Oldman, James Erskine, dkk
Genre Documentary
Rating 6.9/10 (IMDb)

68% (Rotten Tomatoes)

>>> Nonton Film One Night in Turin di Prime Video <<<

4. The Two Escobars (2010)

Dirilis tahun 2010, The Two Escobars mengangkat kehidupan 2 tokoh yang kebetulan memiliki nama belakang sama, yakni Andres Escobar, bek timnas Kolombia, dan Pablo Escobar, kartel narkoba ternama di Amerika Selatan.

Menariknya, keduanya sama-sama meninggal secara tragis. Andres Escobar wafat pasca ditembak sekelompok geng narkoba. Usut punya usut, aksi tersebut merupakan bentuk balas dendam gara-gara Andres tanpa sengaja membuat gol bunuh diri saat Piala Dunia 1994.

Sementara itu, Pablo Escobar wafat akibat diberondong peluru saat dirinya disergap satuan khusus polisi dan tentara Kolombia di rumahnya, mirip seperti adegan film-film gangster.

Di sinilah plot film bereksplorasi. Penonton bisa menyaksikan bagaimana masyarakat Kolombia menangisi sekaligus memberikan penghormatan besar kepada Andres, sementara publik berpesta pora dan bersukacita atas kematian Pablo.

Judul The Two Escobars
Rilis 14 Mei 2010
Durasi 1 jam 15 menit
Sutradara Jeff Zimbalist, Michael Zimbalist
Produksi All Rise Films, ESPN Films
Cast Jeff Zimbalist, Michael Zimbalist, dkk
Genre Documentary, History, Biography
Rating 8.4/10 (IMDb)

85% (Rotten Tomatoes)

>>> Nonton Film The Two Escobars di ESPN+ <<<

5. Pele: Birth of a Legend (2016)

Bagi kamu yang menggemari film sepak bola, kamu wajib menonton Pele: Birth of a Legend. Film yang dirilis tahun 2016 ini menceritakan kehidupan Pele, sang legenda sepak bola Brazil yang mendunia.

Secara spesifik, film ini berfokus pada perjuangan Pele dan timnas Brazil saat mengikuti Piala Dunia 1958 (pada waktu itu bernama Piala Jules Rimet).

Nantinya, kamu akan menyaksikan bagaimana Pele berusaha membuktikan dirinya layak ambil bagian dalam pertandingan. Dijamin, kamu bakal makin terinspirasi untuk berjuang seperti Pele.

Judul Pele: Birth of a Legend
Rilis 6 Mei 2016
Durasi 1 jam 47 menit
Sutradara Jeff Zimbalist, Michael Zimbalist
Produksi Imagine Entertainment, Seine Pictures, Zohar International
Cast Vincent D'Onofrio, Rodrigo Santoro, Diego Boneta, dkk
Genre Biography, History, Drama
Rating 7.1/10 (IMDb)

69% (Rotten Tomatoes)

>>> Nonton Film Pele: Birth of a Legend di Amazon <<<

Akhir Kata

Itulah tadi daftar film Piala Dunia yang wajib kamu tonton. Sudah menentukan pilihan film yang hendak ditonton? Jika belum, Jaka coba urutkan dari yang terbaik menurut rating.

Daftar Film Piala Dunia Terbaik 2022:

  1. Offside (2006)
  2. Pele: Birth of a Legend (2016)
  3. The Two Escobars (2010)
  4. One Night in Turin (2010)
  5. The Game of Their Lives (2005)

Semoga tayangan-tayangan tersebut makin menambah euforia World Cup dan menginspirasimu, ya!

Baca juga artikel seputar Film, Netflix, Drakor atau artikel menarik lainnya dari DIPTYA.

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal