Keren Banget! 7 Film Terbaik Ini Berhasil Mewakili Indonesia di Oscar

Default

Academy Awards alias Oscar merupakan ajang penghargaan paling bergengsi di industri film. Didominasi oleh insan perfilman Hollywood, namun ternyata Indonesia juga pernah bersaing di sana.

Meskipun masih pada tahap seleksi untuk mendapatkan nominasi Oscar, namun prestasi tersebut patut diapresiasi karena film-film yang dikirimkan tentu bukan sembarangan.

Sebelumnya, mereka telah bersaing di festival film bergengsi, mendapatkan banyak nominasi, hingga memenangkannya. Dengan demikian, kualitasnya sudah terbukti layak membawa nama Indonesia hingga ke tingkat Oscar.

Mau tahu apa saja film-film yang pernah mewakili Indonesia di Oscar? Cek daftar selengkapnya di bawah ini.

7 Film Indonesia yang Masuk Seleksi Nominasi Oscar

Tentu tidak mudah untuk memilih satu film yang akan mewakili Indonesia pada perhelatan Oscar di antara banyaknya film yang diproduksi setiap tahun.

Setelah melalui penilaian yang menyeluruh, dipilih satu film Indonesia terbaik yang akan bersaing di kategori Film Internasional Terbaik (sebelumnya disebut Film Bahasa Asing Terbaik).

Berikut adalah film-film Indonesia yang lolos seleksi nominasi Oscar untuk selanjutnya bersaing dengan film-film terbaik dari seluruh dunia.

1. Daun di Atas Bantal (1998)

Daun Di Atas Bantal F7973

Film arahan Garin Nugroho ini bercerita tentang tiga anak jalanan, yaitu Heru, Kancil, dan Sugeng, yang berusaha bertahan hidup di Yogyakarta. Mereka terpaksa mengemis dan melarikan diri dari kesengsaraan melalui narkoba.

Untungnya, mereka dirawat oleh Asih (Christine Hakim), seorang pedagang yang membiarkan mereka tidur di dalam tokonya. Namun, ia juga memiliki masalah sendiri untuk dihadapi.

Istimewanya, pemeran ketiga anak jalanan tersebut bukan aktor cilik, melainkan anak jalanan sungguhan asal Yogyakarta. Film ini mewakili Indonesia di Oscar 1998 dan masuk Festival Film Cannes.

2. Biola Tak Berdawai (2003)

Biola Tak Berdawai Da311

Film yang diadaptasi dari novel berjudul sama karangan Seno Gumira ini dikirim untuk mewakili Indonesia di ajang Oscar 2003.

Disutradarai oleh Sekar Ayu Asmara, film ini bercerita tentang Renjani (Ria Irawan) yang memiliki masa lalu kelam dan memutuskan pindah ke Yogyakarta. Di sana, ia mendirikan rumah asuh bagi anak-anak tunadaksa bersama Mbak Wid (Jajang C. Noer).

Ketika mengajak salah seorang anak asuh ke konser musik klasik, mereka berkenalan dengan seorang pemain biola bernama Bhisma (Nicholas Saputra). Sejak saat itu, Renjani dan Bhisma justru dekat.

3. Gie (2005)

Gie 0a60e

Masih dibintangi oleh Nicholas Saputra, kali ini ia berperan sebagai aktivis mahasiswa legendaris, Soe Hok Gie. Ia bekerja sama dengan Riri Riza sebagai sutradara dan Mira Lesmana sebagai produser.

Film ini menceritakan perjuangan Gie melawan penguasa tirani pada 1966. Sifatnya yang lurus, jujur, dan tidak kenal kompromi justru sering menyebabkan dirinya bermasalah dengan orang lain.

Meskipun belum berhasil mendapatkan nominasi pada Oscar 2005, namun film Gie meraih tiga Piala Citra untuk kategori Film Terbaik, Aktor Terbaik, dan Sinematografi Terbaik.

4. Jamila dan Sang Presiden (2009)

Jamila Dan Sang Presiden 6241f

Ide awal cerita ini muncul ketika UNICEF meminta Ratna Sarumpaet menulis naskah drama dengan tema perdagangan seks di bawah umur. Setelah sukses di teater, drama ini diangkat ke layar lebar hingga dikirim untuk mewakili Indonesia di Oscar 2009.

Jamila dan Sang Presiden menceritakan kisah Jamila (Atiqah Hasiholan), seorang PSK yang dijebloskan ke penjara setelah mengaku bahwa ia membunuh salah satu menteri. Selama di penjara, ia menceritakan masa lalunya yang kelam kepada seorang sipir (Christine Hakim).

Film ini banyak membahas soal moral, agama, politik, kemiskinan, dan keserakahan yang menjadi tema menarik dan membuatnya lebih dari sekadar tontonan di waktu luang.

5. Sang Penari (2011)

Sang Penari 95daa

Film yang mewakili Indonesia untuk Oscar 2012 ini bercerita tentang kisah cinta sepasang kekasih, Srintil (Prisia Nasution) dan Rasus (Oka Antara), yang terhalang hukum adat kampung.

Ketika dewasa, Srintil sangat ingin menjadi penari ronggeng untuk mengabdikan diri kepada dukuhnya dan membersihkan nama baik keluarganya akibat peristiwa memalukan di masa lalu. Namun, Rasus yang mengetahui keinginan Srintil justru tidak setuju.

Film yang berlatar belakang era 1960-an ini juga mengangkat soal PKI, meskipun hanya divisualisasikan secara halus dan implisit menggunakan simbol-simbol merah, sehingga tidak kontroversial seperti film Indonesia yang dilarang tayang.

6. Surat dari Praha (2016)

Surat Dari Praha 45181

Film arahan Angga Dwimas Sasongko ini terpilih untuk mewakili Indonesia pada seleksi nominasi Oscar 2017. Ceritanya diangkat dari kisah nyata seorang pelajar yang tidak bisa kembali ke Indonesia pada era 1960-an.

Larasati (Julie Estelle) diminta untuk memenuhi wasiat mendiang ibunya dengan mengantarkan surat ke Praha untuk Jaya (Tio Pakusadewo). Ternyata, Jaya adalah seorang pelajar yang kehilangan kewarganegaraan karena menolak Orde Baru, sehingga tidak bisa pulang ke Tanah Air.

Surat dari Praha menjadi salah satu film yang menggunakan lagu Glenn Fredly sebagai soundtrack. Bahkan, keempat lagu yang digunakan menjadi inspirasi Angga untuk membuat film ini.

7. Perempuan Tanah Jahanam (2019)

Perempuan Tanah Jahanam 14993

Film terbaru yang akan melaju ke seleksi nominasi Oscar 2021 adalah Perempuan Tanah Jahanam. Film garapan Joko Anwar ini menjadi film horor Indonesia pertama yang mewakili Tanah Air ke ajang bergengsi tersebut.

Bercerita tentang Maya (Tara Basro) yang pergi ke kampung halamannya untuk mendapatkan warisan. Namun, masalah muncul ketika ia menyadari ada masa lalu kelam yang menghantuinya di sana. Para penduduk desa juga berusaha membunuhnya karena alasan misterius.

Perempuan Tanah Jahanam terpilih untuk mewakili Indonesia dari 59 film lain. Sebelumnya, film yang berjudul Impetigore dalam bahasa Inggris ini juga mendapatkan 17 nominasi Piala Citra di Festival Film Indonesia 2020.

Akhir Kata

Itu dia film-film terbaik yang dipilih untuk mewakili Indonesia di ajang penghargaan bergengsi Academy Awards. Meskipun selama ini baru masuk tahap seleksi, namun semoga setelah ini ada film perwakilan Indonesia yang resmi mendapatkan nominasi Oscar.

Baca juga artikel seputar Out Of Tech atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
Film Jadul Indonesia Banner B7c43
10 Film Jadul Indonesia Terbaik Sepanjang Masa, Gak Mengecewakan!
Film Indonesia Sedih 35b23
10 Film Indonesia Paling Sedih Ini Bikin Nangis & Banjir Air Mata
Film Indonesia Dengan Plot Twist Terbaik Banner B14d0
5 Film Indonesia dengan Plot Twist Terbaik, Endingnya Bikin Shock!
Diremehkan 0bb66
7 Aktor Indonesia Ini Dulunya Sering Gagal Casting, Tapi Sekarang...
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal