10 Film tentang Pablo Escobar, Mafia Narkoba yang Kisahnya Melegenda

Default

Pablo Escobar memang seorang gembong narkoba yang namanya justru mendunia berkat bisnis kriminal tersebut. Lalu, mengapa kisahnya justru banyak diadaptasi dalam berbagai film dan serial?

Salah satu faktornya adalah bisnis gelapnya mencapai puncak kejayaan. Kartel yang ia pimpin menyuplai kurang lebih 80 persen kokain yang diselundupkan ke Amerika Serikat.

Meski dikenal sebagai gembong narkoba, dia juga dikenal memiliki sifat kepedulian terhadap masyarakat sekitar hingga mendapat julukan "Robin Hood". Escobar bahkan membangun rumah sakit, stadion olahraga, dan banyak tempat tinggal untuk orang-orang miskin di Kolombia.

Sejarah Pablo Escobar masih terus dibahas hingga saat ini berkat sejumlah sisi positif yang ditunjukkannya pada masyarakat sekitar. Untuk mengenal siapa itu Pablo Escobar, kamu bisa menyaksikan beberapa film yang mengangkat kisah hidupnya di bawah ini.

1. Blow (2001)

Film tentang Pablo Escobar pertama adalah Blow. Film garapan sutradara Ted Demme ini memang tak menceritakan kisah hidup sang Raja Kokain, melainkan sebagai biografi dari pengedar narkoba bernama George Jung.

Nah, hubungannya dengan Pablo Escobar adalah ketika George ditangkap dan dipenjara, dia bertemu dengan Diego yang memberitahu kontak mafia narkoba di Kolombia. Setelah keluar dari penjara, George pun kemudian menuju Medellin, Kolombia, dan bertemu dengan Pablo Escobar.

Sang raja narkoba lalu setuju berbisnis bersama George dan menjadi importir narkotika di Amerika Serikat untuk Escobar. Salah satu yang menarik, George dibintangi oleh Johnny Depp.

Judul Blow
Tayang 6 April 2001
Durasi 2 jam 4 menit
Sutradara Ted Demme
Pemain Johnny Depp, Penelope Cruz, Franka Potente
Produksi Apostle, New Line Cinema
Genre Biography, Crime, Drama
Rating 55% (RottenTomatoes.com)

7.6/10 (IMDb.com)

2. The Private Archives of Pablo Escovar (2004)

Ini adalah film dokumenter tentang Pablo Escobar yang dibuat 10 tahun sejak kematiannya. Maka dari itu, film ini berisikan kesaksian dari narasumber yang kredibel dan terpercaya.

Film The Private Archives of Pablo Escobar ini jadi dokumenter perdana. Kisah Escobar diceritakan lewat sudut pandang anggota keluarganya dan rekan-rekan terdekatnya.

Selain kepiawaiannya dalam berbisnis ilegal, dia juga punya rasa dermawan menyumbangkan jutaan uang dari hasil bisnis tersebut kepada orang-orang miskin di lingkungannya.

Meski begitu, dia adalah seorang mafia yang brutal dan kejam. Dia bahkan dituduh banyak melakukan pembunuhan, serta membawa negaranya itu berada dalam konflik perang yang kelam.

Judul The Private Archives of Pablo Escovar
Tayang 9 September 2004
Durasi 1 jam 10 menit
Sutradara Marc De Beaufort
Pemain Pablo Escobar
Produksi Cinema Tropical
Genre Documentary
Rating 80% (RottenTomatoes.com)

7.1/10 (IMDb.com)

3. Sins of My Father (2009)

Sins of My Father adalah dokumenter kedua dari Pablo Escobar. Film inilah yang membuat namanya ditakuti banyak orang karena sadis dan jahat.

Sesuai dengan judulnya, film ini menceritakan tentang Juan Pablo Escobar, sang anak dari Raja Kokain Kolombia. Sang ayah terbunuh ketika usianya 16 tahun. Dan saat itu, dia ingin mencari pembunuh ayahnya.

Sadisnya, dia membunuh siapa saja yang berhubungan dengan pembunuhan tersebut. Namun, rasa itu ternyata membuatnya tak pernah puas.

Akhirnya, dia memutuskan untuk berdamai dengan masa lalunya dan meminta maaf kepada keluarga yang menjadi korban atas kekejaman sang ayah. Melalui film ini, dia ingin menebus dosa sang ayah dan mengganti namanya menjadi Sebastian Marroquin.

Judul Sins of My Father
Tayang 10 Desember 2009
Durasi 1 jam 34 menit
Sutradara Nicolas Entel
Pemain Pablo Escobar, Jorge Enrique Abello, Sebastian Marroquin
Produksi Red Cheeks Production
Genre Documentary
Rating 7.2/10 (IMDb.com)

4. The Two Escobars (2010)

The Two Escobar bercerita tentang dua orang bermarga Escobar: Pablo Escobar dan Andres Escobar. Secara silsilah, keduanya enggak ada hubungan. Namun, secara nasib, keduanya terkait erat.

Andres adalah bintang sepak bola populer di Kolombia. Uang narkoba dari Pablo telah mengubah tim nasional Andres menjadi juara Amerika Selatan, bahkan diunggulkan untuk memenangkan Piala Dunia 1994 di Los Angeles.

Di sanalah, dalam pertandingan melawan AS, Andres melakukan salah satu kesalahan paling mengejutkan dalam sejarah sepak bola, yakni mencetak "gol bunuh diri" yang menyingkirkan timnya dari kompetisi dan akhirnya merenggut nyawanya.

The Two Escobars menyajikan kisah-kisah olahraga, kejahatan, dan politik. Bagi orang Kolombia, sepak bola jauh lebih dari sekadar permainan: seluruh identitas nasional mereka bergantung pada keberhasilan atau kegagalan tim mereka.

Judul The Two Escobars
Tayang 27 Agustus 2010
Durasi 1 jam 44 menit
Sutradara Jeff Zimbalist, Michael Zimbalist
Pemain Maria Ester Escobar, Alexis Garcia,

Jaime Gaviria Gomez, Francisco Maturana
Produksi All Rise Films
Genre Documentary, Biography
Rating 85% (RottenTomatoes.com)

8.1/10 (IMDb.com)

5. Escobar: Paradise Lost (2014)

Film ini juga enggak menceritakan kisah hidup Pablo Escobar secara gamblang. Bahkan, dibanding film lainnya dalam daftar di sini, Escobar: Paradise Lost jadi salah satu film yang lebih manis, karena ada unsur percintaan.

Menceritakan Nick Brady bertemu dengan seorang gadis bernama Maria. Selama bersama gadis tersebut di Kolombia, Nick jatuh cinta. Keduanya pun menjalin hubungan asmara yang lebih serius.

Makin serius, Maria membawa kekasihnya itu untuk bertemu keluarga besarnya, termasuk Pablo Escobar, pamannya. Awalnya Nick merasa kaget serta khawatir setelah mengetahui jika paman kekasihnya itu adalah seorang penyelundup narkoba berbahaya.

Walaupun begitu, Escobar malah menerima hangat dengan adanya Nick di tengah-tengah keluarganya. Namun perjalanan cinta mereka harus berliku, bisnis narkoba milik Pablo Escobar mengalami tekanan dari berbagai pihak yang justru dapat membahayakan nyawa keduanya.

Judul Escobar: Paradise Lost
Tayang 26 Juni 2015
Durasi 2 jam
Sutradara Andrea Di Stefano
Pemain Benicio Del Toro, Josh Hutcherson, Claudia Traisac
Produksi Chapter 2, Jaguar Films, Nexus Factory
Genre Crime, Drama, History
Rating 55% (RottenTomatoes.com)

6.5/10 (IMDb.com)

6. Narcos (2012)

Serial Narcos jadi salah satu favorit tontonan di Netflix. Sudah tayang tiga musim, serial ini menceritakan bagaimana Pablo Escobar menjalankan bisnis gelapnya.

Berlatar pada tahun 1970-an, serial ini juga menyajikan kesuksesan Escobar dalam menyuplai kokain ke Amerika Serikat. Sementara itu, dia juga terus mencoba bersembunyi dari kejaran pemerintah Amerika Serikat dan Kolombia.

Pablo tetap menjalankan bisnis narkoba dan bahkan membentuk aliansi loyalis yang dikendalikan dengan uangnya. Dengan kekuatan tersebut, dia melawan polisi dengan mengadakan pertempuran besar-besaran hingga mengacaukan seisi kota Kolombia.

Serial di Netflix ini bahkan memiliki spin-off yang baru saja tayang musim ketiganya berjudul Narcos: Mexico.

Judul Narcos
Tayang 28 Agustus 2012 - 1 September 2017
Episode 30
Sutradara Carlo Bernard, Doug Miro
Pemain Wagner Moura, Pedro Pascal, Alberto Ammann
Produksi Netflix, Dynamo
Genre Drama, Crime
Rating 89% (RottenTomatoes.com)

8.8/10 (IMDb.com)

7. The Infiltrator (2016)

Film ini juga lagi-lagi bukan tentang kisah hidup Pablo Escobar, melainkan kisah nyata seorang agen Bea Cukai Amerika Serikat bernama Robert Mazur. Pada periode 1980-an, Robert menyusup ke dalam kartel narkoba paling berbahaya di dunia yang dipimpin oleh Pablo Escobar.

Untuk masuk ke dalam kelompok, dia memalsukan identitasnya dengan menggunakan nama Bob Musella. Dirinya pun diterima menjadi anggota kartel Escobar, bagian pencucian uang selama lima tahun.

Robert bersama agen rahasia lainnya mencoba membongkar praktik pencucian uang yang dilakukan Escobar. Dia kemudian berhasil membongkar praktik ilegal yang dilakukan oleh Bank of Credit and Commerce International serta sukses menangkap 85 gembong narkoba yang dicari oleh Amerika Serikat.

Judul The Infiltrator
Tayang 26 Juni 2015
Durasi 2 jam 7 menit
Sutradara Brad Furman
Pemain Bryan Cranston, John Leguizamo, Diane Kruger
Produksi George Films, Good Films Collective, Lipsync Productions
Genre Biography, Crime, Drama, Thriller
Rating 72% (RottenTomatoes.com)

7.0/10 (IMDb.com)

8. American Made (2017)

Film yang dibintangi Tom Cruise ini bercerita tentang Barry Seal, seorang pilot biasa yang bekerja untuk TWA sebelum ia direkrut oleh CIA pada tahun 1978. Selepas menjalankan misinya sebagai mata-mata, Barry Seal diutus menjadi seorang informan oleh CIA.

Saat melaksanakan tugasnya, ia tak sengaja bertemu dengan gembong narkoba Kolombia, yakni Jorge Ochoa dam Pablo Escobar. Keduanya meminta Barry untuk menyelundupkan narkoba ke Amerika Serikat.

Barry kini menjadi seorang yang kaya raya. FBI pun mulai mencurigai Barry dan melakukan penyelidikan kepadanya. Dia dinyatakan bersalah oleh Pemerintah Amerika Serikat. Namun, Barry tidak dipenjara asalkan dia harus menangkap Jorge Ochoa dan Pablo Escobar.

Judul American Made
Tayang 29 September 2017
Durasi 1 jam 55 menit
Sutradara Doug Liman
Pemain Tom Cruise, Domhnall Gleeson, Sarah Wright
Produksi Universal Pictures
Genre Adventure, Drama
Rating 86% (RottenTomatoes.com)

7.2/10 (IMDb.com)

9. Cocaine Godmother (2017)

Film Cocaine Godmother bercerita tentang Griselda Blanco yang tumbuh dalam kemiskinan di Kolombia. Dia pertama kali membunuh setelah dipaksa menjadi pelacur ketika usia remaja.

Saat beranjak dewasa, ia memutuskan untuk tinggal di Amerika Serikat bersama suaminya, dan tiga anaknya yang bernama Dixon, Uber dan Osvaldo. Griselda menghasilkan uang dengan cepat karena ia bekerja sebagai penyelundup kokain.

Karena kokain memberikan kekayaan, dia memutuskan untuk terjun secara serius dalam perdagangan narkoba. Untuk meningkatkan lagi prospek usahanya, ia kembali ke Kolombia dan bekerja sama dengan Pablo Escobar.

Kini dirinya menjadi ratu kartel kokain yang paling disegani di dunia, dan membuat Miami menjadi sarang pengedaran narkoba di Amerika.

Judul Cocaine Godmother
Tayang 20 Januari 2017
Durasi 1 jam 40 menit
Sutradara Guillermo Navarro
Pemain Catherine Zeta-Jones, Carlos Albert, Matteo Stefan
Produksi Lighthouse Pictures
Genre Biography, Crime, Drama
Rating 5.6/10 (IMDb.com)

10. Loving Pablo (2017)

Film ini memberikan sudut pandang yang berbeda tentang Pablo Escobar dibanding semua film dan serial di daftar di atas. Dalam film ini diceritakan kisah Escobar (Javier Bardem) jatuh cinta dengan jurnalis Virginia Vallejo (Penelope Cruz).

Pada awalnya, Vallejo menggunakan kesempatan emas mengenal Escobar lebih jauh guna mencari narasumber proyek properti di kawasan kumuh Medellin. Namun, keduanya saling jatuh cinta dan Vallejo menjadi kekasih gelap Escobar yang saat itu telah memiliki istri.

Judul Loving Pablo
Tayang 5 Oktober 2017
Durasi 2 jam 3 menit
Sutradara Fernando Leon de Aranoa
Pemain Javier Bardem, Pen lope Cruz, Peter Sarsgaard
Produksi Universal Pictures
Genre Adventure, Drama
Rating 31% (RottenTomatoes.com)

6.3/10 (IMDb.com)

Rekomendasi Serial dan Film Pablo Escobar

  • Blow (2001)
  • The Private Archives of Pablo Escovar (2004)
  • Sins of My Father (2009
  • The Two Escobar (2010)
  • Escobar: Paradise Lost (2014)
  • Narcos (2015)
  • The Infiltrator (2016)
  • American Made (2017)
  • Cocaine Godmother (2017)
  • Loving Pablo (2017)

Akhir Kata

Itulah beberapa rekomendasi serial dan film tentang Pablo Escobar yang bisa kamu tonton untuk mengenal lebih dalam mengenai Raja Kokain legendaris di dunia.

Ada film lain yang belum Jaka sebutkan tapi kamu rekomendasikan? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Nural.

ARTIKEL TERKAIT
Nonton Narcos Season 3 Sub Indo Thumbnail 25483
Nonton Narcos Season 3, Pencarian Kroni Pablo Escobar
Film Yang Menginspirasi Kejadian Kriminal Mengerikan Banner 8145b
7 Film yang Menginspirasi Kejadian Kriminal Mengerikan, Twilight Termasuk?
Film Yang Menginspirasi Penontonnya Berbuat Kejahatan 2830d
7 Film yang Menginspirasi Penonton Jadi Kriminal | Sadis Banget!
Kebohongan Dalam Biografi 05e59
7 Hal di Film Biografi Ini Ternyata Bohongan, Hanya Ditambahkan Demi Drama!
Rekomendasi Film Biografi Fbaf7
Rekomendasi 7 Film Biografi Terbaik Wajib Tonton | Ada Kisah Pendiri Facebook!
Untitled Design 2021 04 01t191958 729 83a6c
Rumit Banget, 5 Kasus Kriminal Paling Terkenal di Dunia Ini Tak Pernah Terpecahkan!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal