7 Rekomendasi Film Olahraga Terbaik dan Penuh Inspirasi, Bikin Semangat Lagi!

Film olahraga menjadi salah satu genre tontonan yang disukai banyak orang. Selain kisahnya yang inspiratif, film bertema olahraga juga tidak lekang oleh waktu.

Itulah sebabnya sampai hari masih banyak rumah produksi yang mengangkat kisah seorang atlet menjadi sebuah film dan sukses dipasaran.

Seringkali, film bertema olahraga mampu mengaduk emosi penonton lewat alur cerita yang kadang bikin terenyuh dan bisa mengubah hidup siapapun yang menyaksikannya.

Itulah sebabnya, bagi kamu yang ingin mengisi waktu akhir pekan di rumah, berikut adalah rekomendasi 7 film dengan tema olahraga yang bisa ditonton.

1. Born a Champion (2021)

Film olahraga terbaru Born a Champion bisa jadi referensi tontonan kamu di rumah bersama keluarga. Film ini disutradarai oleh Alex Ranarivelo asal Perancis dan dirilis Lionsgate pada 22 Januari 2021 lalu.

Berkisah tentang Mickey Kelly (Sean Patrick Flanery) yang memutuskan untuk berlaga di olahraga MMA (Mixed Martial Arts) atau seni bela diri campuran.

Ia bergabung di MMA tanpa sepengetahuan orang tuanya dengan harapan bisa menafkahi keluarganya. Namun sayangnya keputusannya tersebut justru membawanya ke dalam suatu permasalahan yang cukup rumit.

Judul "Born a Champion"
Genre Aksi, Olahraga
Rilis 22 Januari 2021 (USA)
Durasi 1 Jam 52 Menit
Sutradara Alex Ranarivelo
Produksi Grindstone Entertainment Group: ESX Entertainment: Forrest Films
Pemain Sean Patrick Flanery (Mickey Kelly), Katrina Bowden (Layla), dkk
Rating 7/10 (IMBd)

2. Spinning Out (2020)

Meskipun bukan dalam format film, Spinning Out yang dibuat oleh Samantha Stratton merupakan serial bertema olahraga yang seru banget dan gak biasa.

Serial ini berkisah tentang seorang atlet seluncur indah (Figure Skater) bernama Serena Baker (Willow Shields) yang bertekad untuk bisa kembali berkompetisi setelah ia mengalami kecelakaan.

Kecelakaan yang ia alami mengakibatkan cedera yang serius sehingga ia terpaksa harus berhenti berseluncur. Kisah inspiratif tentang perjuangan atlet ini disajikan dalam 10 episode yang bisa kamu tonton melalui aplikasi Netflix.

Judul "Spinning Out"
Genre Drama, Olahraga
Rilis 1 Januari 2020 (USA)
Durasi 1 Jam 52 Menit
Sutradara Samantha Stratton
Produksi Just a Second: Baby Know It All, Safehouse Pictures
Pemain Willow Shields (Serena Baker), Johnny Weir(Gabriel Richardson),dkk
Rating 7.6/10 (IMBd)

3. Panga (2020)

Film ber-genre olahraga selanjutnya yang bisa kamu tonton bersama keluarga di rumah adalah Panga. Film olahraga terbaru ini berasal dari India dan diambil dari sebuah kisah nyata.

Bercerita tentang kisah seorang atlet Kabaddi wanita bernama Jaya Nigam (Kangana Ranaut). Karena kemampuannya, ia diangkat menjadi kapten dalam tim Kabaddi India.

Suatu ketika, ia memutuskan untuk menikah dengan Prashant (Jassi Gill) dan hamil. Namun kehamilan tersebut tepat saat sebelum dia pergi ke sebuah turnamen besar.

Akhirnya, Jaya yang tidak ingin mimpinya terhenti mengatakan kepada pelatihnya dia akan segera kembali. Namun kejadian yang tidak terduga pun terjadi dalam hidupnya, ia melahirkan bayinya secara prematur dan harus merawat anaknya secara intens.

Film yang penuh kisah inspirasi dan mengaduk emosi ini bisa kamu tonton melalui aplikasi streaming film Disney+ Hotstar dan Amazon Prime.

Judul "Panga"
Genre Drama, Olahraga
Rilis 25 Januari 2020 (Indonesia)
Durasi 2 Jam 11 Menit
Sutradara Ashwiny Iyer Tiwari
Produksi Fox Star Studios
Pemain Kangana Ranaut (Jaya Nigam), Jassi Gill (Prashant), dkk
Rating 6.8/10 (IMBd)

4. Overcomer (2019)

Film olahraga selanjutnya yang juga tidak kalah seru adalah Overcomer. Film bertema basket ini digarap oleh Alex Kendrick yang sekaligus menjadi pemeran utama.

Berkisah tentang John Harrison (Alex Kendrick), seorang pelatih tim basket handal di sebuah SMA. Dulunya dalam sebuah pertandingan basket ia hanya bisa membawa anak didiknya meraih runner up. Namun tahun ini ia bertekad untuk membawa timnya menjadi juara.

Namun harapan tersebut harus pupus seketika sebab salah satu pabrik di kotanya yang menjadi sumber penghasilan orang tua murid ditutup.

Akibatnya banyak orang tua didik yang harus berpindah keluar kota. Tentunya hal ini juga membuat John harus berhenti menjadi seorang pelatih.

Bagaimana kisah selanjutnya? Kamu yang penasaran bisa menyaksikannya melalui aplikasi streaming film Netflix.

Judul "Overcomer"
Genre Drama, Olahraga
Rilis 13 November 2019 (Indonesia)
Durasi 1 Jam 59 Menit
Sutradara Alex Kendrick
Produksi Kendrick Brothers, Provident Films
Pemain Alex Kendrick (John Harrison), Priscilla Shirer (Olivia Brooks), dkk
Rating 6.6/10 (IMBd)

5. Susi Susanti : Love All (2019)

Siapa yang tidak kenal atlet pebulu tangkis Indonesia Susi Susanti. Sepak terjangnya di dunia bulutangkis Indonesia dan dunia kini menjadikannya legenda.

Kisah bermula dari upaya Susi Susanti (Laura Basuki) dalam meraih impian masa kecilnya di Tasikmalaya, Jawa Barat.

Kemudian dilanjutkan pada proses pelatihan keras yang ia jalani selama Pelatnas PBSI yang juga mempertemukannya dengan pujaan hati, Alan Budikusuma (Dion Wiyoko).

Titik klimaks pada film ini adalah pada perjuangannya meraih piala Uber tahun 1998 yang menjadi persembahan terakhir untuk Indonesia sebelum ia gantung sepatu.

Judul "Susi Susanti : Love All"
Genre Drama, Olahraga
Rilis 24 Oktober 2019 (Indonesia)
Durasi 1 Jam 36 Menit
Sutradara Sim F.
Produksi Time International Films
Pemain Laura Basuki (Susi Susanti), Dion Wiyoko (Alan Budikusuma), dkk
Rating 7.6/10 (IMBd)

6. I, Tonya (2018)

Film bergenre olahraga satu ini juga akan mengaduk emosi kamu karena diangkat kisah nyata. I, Tonya menuturkan tentang sisi pahit kehidupan seorang atlet seluncur indah.

Berkisah tentang kehidupan Tonya Harding (Margot Robbie) dalam mewujudkan ambisinya sebagai atlet. Selain berfokus akan mimpi besarnya, ia juga harus menerima banyak cibiran di sepanjang hidupnya.

Mulai dari ibunya (Oscar Allison Janney) yang hobi mengritik, suami (Sebastian Stan) yang posesif dan abusif, hingga publik yang menolak menganggapnya kompeten karena tidak bisa menyesuaikan diri dengan norma dan stigma ideal masyarakat.

Tentu hal ini membuat sisi emosionalnya sangat tertekan dan bagi siapapun yang menonton juga akan ikut merasakan.

Judul "I, Tonya"
Genre Drama, Olahraga
Rilis 1 Februari 2018 (Rusia)
Durasi 12 Jam 1 Menit
Sutradara Craig Gillespie
Produksi IA Films, LuckyChap Entertainment
Pemain Margot Robbie (Tonya Harding), Sebastian Stan (Jeff Gillooly), dkk
Rating 7.5/10 (IMBd)

7. Eddie The Eagle (2016)

Film inspiratif yang diambil dari kisah nyata ini dijamin akan membuat kamu ikut larut secara emosi ketika menontonnya. Eddie The Eagle mengisahkan tentang sebuah perjuangan mencapai mimpi dibalik keterbatasan.

Berkisah tentang Michael Eddie Edwards (Taron Egerton) yang memiliki kaki tidak sempurna. Di balik kekurangannya tersebut ia bermimpi untuk menjadi atlet Olimpiade.

Usai mencoba segala bidang olahraga, akhirnya ia menemukan suatu keindahan lewat kegiatan ski lompat indah.

Akhirnya, dengan bantuan seorang pelatih eksentrik dan karismatik (Hugh Jackman), Eddie berhasil mewujudkan mimpi dan mencatatkan sejarah di Olimpiade Musim Dingin Calgary 1988.

Judul "Eddie The Eagle"
Genre Komedi, Olahraga
Rilis 30 Maret 2016 (Indonesia)
Durasi 1 Jam 46 Menit
Sutradara Dexter Fletcher
Produksi Marv Studios, Studio Babelsberg, Saville Productions,TSG Entertainment
Pemain Taron Egerton (Michael Eddie Edwards), Hugh Jackman (Bronson Peary), dkk
Rating 7.4/10 (IMBd)

Akhir Kata

Itulah daftar film olahraga terbaik sepanjang masa yang bisa jadi referensi untuk kamu tonton bersama keluarga di rumah.

Banyak dari film ini yang terinspirasi dari kisah nyata. Pastinya, film tersebut sangat mengaduk emosi setiap penonton dan juga menginspirasi.

Jadi, ketika kamu merasa lelah ditengah keadaan seperti ini bisa mencoba re-charge semangat lagi dengan nonton film rekomendasi jaka di atas.

Baca juga artikel seputar Hiburan atau artikel menarik lainnya dari Ruli.

ARTIKEL TERKAIT
Film Action Terbaru 4ab8c
11 Film Action Terbaru dan Terbaik 2021, Penuh Aksi Memukau!
10 Film Horor Berdasarkan Kisah Nyata Jangan Nonton Sendirian 2dec1
10 Film Horor Berdasarkan Kisah Nyata, Jangan Nonton Sendirian!
Film Romantis Terbaik Sepanjang Masa 8b31e
7 Rekomendasi Film Barat Romantis Terbaik 2021 | Lebih Menarik!
Untitled Design 2021 05 20t080213 027 135b6
10 Drama Korea Cinta Segitiga Terbaru 2021, Bikin Ikutan Cemas dan Deg-degan!
Tags Terkait: film bioskop
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal