Nonton Film Keramat (2009), Mengulik Sisi Mistis Yogyakarta!

Default

Dari banyaknya daerah yang ada di Indonesia, harus diakui kalau kota Yogyakarta memang salah satu yang paling menarik.

Selain penuh dengan objek wisata menarik, Yogyakarta juga sarat dengan kisah mistis, geng, seperti Ratu Pantai Selatan dan Museum Ullen Sentalu yang diyakini masih dihuni oleh makhluk halus.

Nah, unsur mistis ini yang diangkat di film Keramat. Sebuah film yang menceritakan kisah syuting film di daerah Bantul yang diganggu oleh keberadaan makhluk halus.

Salah satu film Indonesia dengan genre horor terbaik ini seram banget, bahkan seringkali disebut sebagai salah satu film horor Indonesia paling seram sepanjang masa.

Penasaran seperti apa film Keramat ini? Simak informasi lengkapnya berikut ini ya. Jaka sudah siapkan mulai dari sinopsis, fakta menarik, hingga link nonton film Keramat.

Sinopsis Film Sunyi

Sinopsis Film Keramat 60323
Sumber foto: KapanLagi

Keramat adalah film horor yang menceritakan kisah Migi (Migi Parahita), Miea (Miea Kusuma), Sadha (Sadha Triyudha), Dimas (Dimas Projosujadi), dan Diaz (Diaz Ardiawan).

Mereka adalah aktris dan tim produksi film berjudul Menari di Atas Angin. Mereka juga ditemani oleh dua orang yang bertugas mendokumentasi proses behind the scene yakni Poppy (Poppy Sovia) dan Cungkring (Monty Tiwa).

Sesampainya di Bantul, Yogyakarta, Diaz, Migi, Poppy, Cungkring, Miea, Sadha, dan Dimas ditemani oleh talent lokal bernama Brama (Brama Sutasara) untuk membantu proses pra-produksi film.

Sayangnya, proses pra-produksi film diawali dengan beberapa momen aneh di mana kamera yang digunakan di tim di balik layar menangkap kejadian-kejadian aneh.

Namun mereka mengabaikannya dan memutuskan tinggal di sebuah desa terpencil untuk pra-produksi di Bantul berdasarkan informasi dari Brama.

Di sana banyak kejadian aneh mulai terjadi. Mereka mendengar bunyi gamelan, suara orang menangis, dan penampakan wanita berbaju Jawa.

Tak itu saja, Migi juga diduga kerasukan roh halus dan kondisinya semakin memburuk, hingga tim menemukan Migi menyinden dengan bahasa Jawa.

Miea selaku sutradara film marah akibat proses pra-produksi yang jadi terganggu karena masalah-masalah di atas.

Akhirnya, segenap kru film dan tim behind the scene memutuskan untuk memanggil paranormal untuk mencoba menyembuhkan Migi.

Menurut paranormal setempat, Migi kerasukan roh halus bernama Nyi Pramodawerdani yang menempati daerah tersebut.

Ada apa dibalik kejadian mistis yang menimpa Migi dan segenap kru film? Mengapa Migi dipilih menjadi korban utama?

Fakta Menarik Film Keramat

Fakta Menarik Film Keramat 19265
Sumber foto: Kincir

Sebagai film horor Indonesia yang mengusung gaya found footage, Keramat memiliki beberapa elemen menarik di depan dan di belakang layar yang akan Jaka kupas tuntas di sini.

  • Film Keramat merupakan film horor found footage pertama yang dibuat di Indonesia, mengikuti jejak film horor ikonik The Blair Witch Project.

  • Sutradara dan penulis veteran Monty Tiwa juga merangkap sebagai aktor di sini, geng, di mana dia berperan sebagai Cungkring.

  • Sudut pandang film Keramat diambil dari kamera yang digunakan Cungkring awalnya ditujukan sebagai dokumentasi proses pembuatan film 'Menari di atas Angin'.

  • Untuk mengedepankan elemen found footage di Keramat, hampir semua karakter di film memiliki nama yang sama dengan aktor yang memerankan karakter tersebut.

  • Aktor yang dipilih di sini juga kebanyakan baru berkecimpung di dunia film, geng. Sebut saja Dimas Projosujadi, Diaz Ardiawan, Migi Parahita, Sadha Triyudha, Miea Kusuma, dan lainnya. Hal itu dilakukan untuk menambah kesan nyata yang ditunjukkan di film ini.

  • Film ini sangat kental dengan budaya Jawa dan sukses menggunakan hal seperti sindhen, gamelan, dan wayang sebagai elemen horor.

  • Banyak yang berspekulasi kalau film Keramat ini diadaptasi dari kisah nyata, tapi ternyata hal itu gak benar, geng. Film ini gak diadaptasi dari kisah nyata.

  • Uniknya lagi, film ini tidak menggunakan skenario loh. Jadi, semua aktor dan aktris benar-benar syuting layaknya reality show.

  • Tak hanya mengandalkan jump scare super seram saja, film ini juga mampu membuat nuansa merinding dan tak nyaman untuk para penontonnya.

  • Beberapa waktu lalu publik dihebohkan karena sutradara Monty Tiwa sudah mengonfirmasi perilisan sekuel film ini yakni Keramat 2. Belum diketahui kapan sekuel tersebut bakal dirilis dan cerita seperti apa yang akan dihadirkan.

Nonton Film Keramat

Judul Keramat
Tayang 3 September 2009
Durasi 1 jam 20 menit
Produksi PT Kharisma Starvision Plus
Sutradara Monty Tiwa
Cast Migi Parahita, Poppy Sovia, Sadha Triyudha, dkk
Genre Horror
Rating 6.9/10 (IMDb)

Makin penasaran kan buat nonton Keramat, film yang sering disebut sebagai salah satu film horor Indonesia paling seram sepanjang masa? Tenang aja, kamu bisa klik link nonton film Keramat yang tersedia di situs nonton film terbaik Disney+ Hotstar berikut ini.

>>>Nonton Film Keramat Di Disney+ Hotstar<<<

Download Film Keramat

Download Film Keramat 06eb4
Sumber foto: Kincir

Salah satu masalah streaming film adalah kecepatan internet yang gak stabil pasti bikin buffering. Tenang aja, Jaka punya solusinya. Kamu bisa download film Keramat di aplikasi nonton film Indonesia Disney+ Hotstar.

Caranya gampang banget, kamu hanya perlu buka aplikasinya. Cari film Keramat, lalu klik ikon download yang tersedia. Kamu pun bisa nonton film Keramat di mana saja dan kapan saja tanpa perlu buffering!

Kamu juga bisa cek situs download film terbaik berikut ini ya, siapa tahu film ini bakalan tersedia juga di sana.

Situs Download Film Legal 0fcb3
15 Situs Download Film Terbaik & Legal 2021, Lengkap Banget!
Situs download film terbaik kini semakin banyak jumlahnya. Biar tidak bingung, simak daftar web download film terbaik di sini. Dijamin legal dan tidak akan terblokir!
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Yogyakarta memang daerah yang sangat menarik yang sampai sekarang masih Jaka anggap sebagai kota favorit di Indonesia.

Tapi, dibalik semua hal menarik nan indah tentang Yogya, daerah tersebut memiliki sisi mistis yang sangat kental, geng.

Makanya, berikutnya kalian ke Yogyakarta, jangan lupa untuk memerhatikan lingkungan sekitar kalian kalau nggak mau berakhir seperti karakter di film ini.

Apa kalian memiliki rekomendasi film horor Indonesia menarik lainnya yang ingin dibahas Jaka, geng? Share di kolom komentar, ya!

Baca juga artikel seputar Film Horor atau artikel menarik lainnya dari Fikri Harish

ARTIKEL TERKAIT
10 Film Horor Berdasarkan Kisah Nyata Jangan Nonton Sendirian 2dec1
10 Film Horor Berdasarkan Kisah Nyata, Jangan Nonton Sendirian!
Affliction 0850b
35+ Rekomendasi Film Indonesia Terbaik Sepanjang Masa (Update 2021)
Film Indonesia Yang Dilarang Tayang Main Img1 15307
7 Film Indonesia yang Dilarang Tayang di Tanah Air, Ada yang Tembus Oscars?
Aplikasi Nonton Film
10 Aplikasi Nonton Film Terbaik untuk Android Gratis
Editan Photshop Poster Film Hollywood A5962
10 Editan Photoshop Seseorang yang Masuk ke Dalam Poster Film Hollywood
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal