J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Film Terbaik Netflix yang Berhasil Menang Oscar 2021, Sudah Nonton?

Rabu, 28 Apr 2021, 17:45 WIB
Bukti bahwa film-film garapan Netflix mampu berjaya dengan kualitasnya yang prima.

Perhelatan Academy Awards atau Oscar 2021 yang digelar pada hari Senin, 26 April 2021 lalu berhasil menorehkan berbagai macam rekor baru.

Tidak hanya merupakan malam kemenangan besar bagi insan perfilman Asia, Oscar 2021 juga berhasil membuktikan kualitas film-film yang berasal dari Netflix ataupun Disney+.

Dikutip dari Tech Crunch, Netflix masuk dalam 36 nominasi kategori yang ada di Oscar, menjadikannya sebagai studio yang paling banyak mendapatkan nominasi.

Yang membanggakan, Netflix berhasil membawa pulang 7 piala Oscar untuk kategori dan film yang berbeda. Penasaran film apa saja yang meraih kemenangan besar dalam malam tersebut? Simak ulasannya berikut!

1. "My Octopus Teacher" - Best Documentary Feature

Film Netflix Menang Oscar 1 C2f9c

Buat kamu yang hobi banget nonton deretan film dokumenter terbaik, maka Jaka sarankan kamu untuk menonton karya original Netflix yang berjudul "My Octopus Teacher" ini.

Dirilis secara resmi pada tanggal 7 September 2020, film ini digarap oleh Craig Foster yang mengisahkan tentang persahabatan antara manusia dengan gurita.

Sepanjang 85 menit, kamu akan dibuat terkesima dengan sosok gurita yang mampu melakukan trik-trik cerdas untuk mengelabui mangsa.

Namun yang paling penting, bagaimana sang gurita mampu menjalin hubungan menakjubkan dengan manusia, itu yang menjadi nilai plus. Nggak heran, film ini mampu merebut penghargaan Best Documentary Feature dalam Oscar 2021.

2. "Mank" - Best Cinematography & Best Production Design

Film Netflix Menang Oscar 2 65108

Film "Mank" yang dirilis pada tanggal 13 November 2020 berhasil menyabet 2 piala Oscar sekaligus, yakni untuk kategori Best Cinematography dan Best Production Design.

Film biografi ini berpusat pada perjalanan hidup penulis naskah Hollywood terkenal yang hidup di era 1930-an, yakni Herman J. Mankiewicz (Gary Oldman). Ia kerap memanggil dirinya dengan sebutan Mank.

Mank pada waktu itu hendak menulis naskah untuk film berjudul "Citizen Kane". Namun, ada banyak sekali konflik yang menyertai penulisannya.

Film "Mank" sendiri sebenarnya cukup kontroversial. Tidak hanya itu, banyak penonton mengatakan bahwa film ini membosankan. Akan tetapi, kemampuan pengambilan gambar dan produksinya yang andal berhasil mencuri perhatian para juri Oscar.

3. "Ma Rainey's Black Bottom" - Best Costume Design & Best Makeup and Hairstyling

Film Netflix Menang Oscar 3 433b2

"Ma Rainey's Black Bottom" merupakan salah satu film terbaik terakhir yang diperankan Chadwick Boseman sebelum menghembuskan napas terakhir akibat kanker di tahun 2020 lalu.

Film yang dirlis tanggal 25 November 2020 secara gamblang mengingatkan penonton akan perjuangan orang kulit hitam melawan eksploitasi pada awal masa pembebasan dari perbudakan di era 1920-an.

Di sini, sosok Ma Rainey yang dikenal dengan julukan The Mother of the Blues menjadi simbol perjuangan yang ditokohkan secara sempurna oleh Viola Davis.

Walaupun publik dibuat kecewa karena Chadwick gagal memenangkan nominasi Best Actor, tapi film ini mampu menyabet 2 penghargaan lainnya, yakni Best Costume Design dan Best Makeup and Hairstyling.

4. "If Anything Happens I Love You" - Best Animated Short Film

Film Netflix Menang Oscar 4 4bfea

Film pendek yang dirilis pada tanggal 20 November 2020 ini hanya berdurasi 12 menit. Namun jangan salah, film "If Anything Happens I Love You" ini bisa membuatmu menangis tersedu-sedu hingga semalaman.

Film ini secara garis besar mengisahkan tentang sepasang suami istri yang kehilangan anaknya pasca tragedi penembakan yang terjadi di sekolah sang anak.

Di sini, dialog yang disajikan sangat minim. Namun, sang sutradara, Will McCormack dan Michael Govier, berhasil membangun emosi yang luar biasa menyedihkan lewat animasi dan musik yang gloomy.

Nggak heran, film ini berhasil memenangkan piala Oscar kategori Best Animated Short Film. Film "If Anything Happens I Love You" juga seperti menampar sistem keamanan dan Pemerintah Amerika akan isu sosial yang kerap terjadi di sana.

5. "Two Distant Strangers" - Best Live Action Short Film

Film Netflix Menang Oscar 5 9e260

Dirilis pada tanggal 30 November 2020, film "Two Distant Strangers" sangat cocok buat ditonton para pecinta film-film science fiction, mengingat jalan ceritanya yang unik dan menghibur.

Film ini mengisahkan kejadian aneh yang dialami Carter James, seorang kartunis. Suatu hari, ia hendak pulang ke rumahnya untuk bertemu dengan anjing peliharaannya.

Akan tetapi, ia terlibat dalam sebuah masalah yang menyebabkan ia ditangkap oleh polisi. Anehnya, bukannya masuk penjara, ia malah terbangun dari mimpi. Kejadian ini pun berlangsung berulang kali, sehingga ia merasa sesuatu ada yang tidak beres.

Berkat plot ceritanya yang matang dan menarik, ditambah akting para pemerannya yang totalitas, film ini berhasil meraih penghargaan Best Live Action Short Film dalam Oscar 2021.

BONUS: Daftar Lengkap dan Nominasi Pemenang Oscar 2021

Untuk melihat informasi lebih lengkap mengenai daftar nominasi dan pemenang perhelatan Academy Awards 2021, silakan membaca artikel Jaka di sini.

Daftar Lengkap Nominasi Dan Pemenang Oscar 2021 Banyak Rekor Terpecahkan 2835b
Daftar Lengkap Nominasi Dan Pemenang Oscar 2021, Banyak Rekor Terpecahkan!
Ajang penghargaan terbesar di industri film internasional baru saja digelar. Kira-kira, siapa saja yang berhasil memenangkan piala Oscar 2021, yah?
LIHAT ARTIKEL

Akhir Kata

Itulah tadi deretan orang film garapan Netflix yang berhasil memenangkan berbagai penghargaan di Oscar 2021. Benar-benar berjaya!

Jangan lupa tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah. Sampai jumpa di artikel Jaka yang selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

BACA JUGA

5 Artis Indonesia yang Bersahabat dengan Artis Luar Negeri, Ada yang Deket Sama Miyabi!

Gara-Gara Sering Dihujat, 5 Selebgram Indonesia Ini Makin Tajir & Kaya Raya

7 Penemuan Ilmuwan Muslim yang Diklaim Barat | Fakta Sejarah Membuktikan!

Ratusan Warga Indramayu Tiba-tiba Jadi Miliarder Berkat Ganti Rugi, Cuan Banget!

ARTIKEL TERKAIT
Page Fb8d8
7 Film Ini Tidak Boleh Diremake Hollywood, Auto Ancur!
Naskah Be6b0
Joker Termasuk! 7 Film Terkenal yang Naskahnya Bocor ke Publik
Page Cbfcc
7 Film Populer yang Nggak Perlu Dibuat Sekuelnya, Buang-Buang Uang!
1 4naa663odeju9u7m2f63a 1e7cb
7 Film Batman Terbaik yang Pernah Diproduksi, Mana Favoritmu?
Page 63ff4
7 Film Ini Dicintai Kritikus Tapi Dibenci Penonton, Kok Bisa?
Goblinost Custom 97734
7 Drama Korea dengan Plot Twist Terbaik, Endingnya Bikin Shock!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal