7 Film Malaysia Terbaik, Terbaru, dan Viral 2022

Default

Jika kamu bosan dengan tayangan film Indonesia atau film barat yang itu-itu saja, nonton film Malaysia bisa jadi aktivitas baru yang bisa kamu lakukan. Apalagi bahasa ataupun budaya yang hampir serupa menjadikan beragam rekomendasi film Malaysia cukup mudah diterima masyarakat tanah air.

Ditambah lagi, aktor Indonesia juga kerap digaet sineas Malaysia untuk bermain di film-film negeri Jiran tersebut. Di era digital saat ini pun nonton film Malaysia bisa dilakukan via saluran streaming.

Penasaran apa saja rekomendasi film Malaysia terbaik dan terbaru? Yuk, langsung saja simak ulasan di bawah ini tentang rekomendasi film Malaysia terbaik dan terbaru versi Tim JalanTikus.

Film Malaysia Terbaru 2022

Ada beragam rekomendasi film Malaysia lengkap semua genre dari komedi hingga romantis bisa jadi pilihan buat tontonan kamu. Nah kali ini, Jaka sajikan rekomendasi film terbaru 2022.

1. Mat Kilau

Film Mat Kilau
Sumber foto: Skop Production

Mat Kilau adalah film Malaysia terbaru 2022 yang juga mengharumkan nama Indonesia, karena menggaet aktor kenamaan Tanah Air, Yayan Ruhian.

Disutradarai oleh Syamsul Yusof, Yayan Ruhian akan beradu akting dengan nama-nama terkenal Malaysia. Sebut saja Dato Adi Putra, Beto Kusyairy, Fattah Amin, Johan As'ari, Ali Karimie, hingga Khir Rahman.

Sinopsis Mat Kilau mengisahkan seorang pejuang asli Malaysia yang berani menantang pemerintahan penjajahan Inggris di Pahang. Mat Kilau dijadikan pemimpin dan pemikir bagi kelompoknya, itulah kenapa ia begitu disegani dan dikagumi banyak orang.

Keterangan Mat Kilau
Durasi 1 jam 57 menit
Genre Drama, Aksi
Tanggal Rilis 23 Juni 2022
Sutradara Syamsul Yusof
Pemain Adi Putra

Yayan Ruhian
Produksi Skop Production

2. Debunk

Debunk Malaysia
Sumber foto: KL Motion Pictures

Beberapa hari ini, sedang ramai berseliweran video yang merupakan potongan adegan dari film Debunk. Film ini berhasil viral tak hanya di negeri jiran saja tapi juga sampai ke Indonesia. Banyak netizen yang berusaha mencari cara nonton film Debunk yang gratis dan legal.

Film Debunk berkisah tentang Sofi (An Chai) dan Amir (Faha Azhar), sepasang sahabat yang memiliki kanal YouTube mistis bernama Debunk yang mengungkapkan cerita-cerita hantu.

Sofi sebenarnya tidak percaya hantu karena belum pernah melihat penampakan. Ia selalu punya teori sendiri setiap melihat benda yang bergerak sendiri atau apa pun itu.

Maka dari itu, Sofi ingin berhenti melakukan konten mistis untuk kanal Debunk. Hingga suatu ketika, mereka mendapat pesan dari salah satu pengikut bernama Edna.

Judul Debunk
Rilis 1 Oktober 2022
Durasi 1 jam 36 menit
Sutradara Reen Imran
Produksi KL Motion Pictures
Cast Sharifah Sakinah, An Chai, Faha Azhar
Genre Horor, Komedi
Rating TBA
Film Debunk Malaysia 41fa5
Nonton Film Debunk Malaysia, Horor Komedi Mockumentary yang Mendadak Viral
Cara nonton film Debunk Malaysia, horor komedi mockumentary yang lagi viral karena sajikan wawancara hantu yang nggak sadar dirinya hantu. Penasaran seperti apa?
LIHAT ARTIKEL

Film Malaysia Terbaik Sepanjang Masa

Selain film terbaru yang viral, kamu juga bisa menyaksikan film-film Malaysia terbaik dari berbagai genre. Apa sa? Simak daftarnya di bawah ini.

1. Ola Bola (2016)

Ola Bola
Sumber foto: Skop Productions

Ola Bola adalah sebuah film olahraga sepak bola Malaysia yang disutradarai oleh Chiu Keng Guan. Film ini terinspirasi oleh kejayaan tim sepak bola nasional Malaysia yang berhasil masuk Olimpiade Musim Panas 1980.

Hebatnya, film ini berhasil meraup pendapatan sebesar RM 14,5 juta atau setara dengan Rp50 miliar dalam waktu kurang dari sebulan saat peluncuran perdananya di bioskop.

Berlatarbelakang era 1980-an, Ola Bola bercerita tentang keberanian dan semangat bersatu yang memberi inspirasi kepada barisan pemain sepakbola Malaysia. Lalu, apakah Timnas 80 ini berhasil lolos masuk Olimpiade?

Keterangan Ola Bola
Durasi 1 jam 48 menit
Genre Drama
Tanggal Rilis 28 Januari 2016
Sutradara Syamsul Yusof
Pemain JC Chee

Luqman Hafidz
Produksi Astro Shaw

2. Munafik (2016)

Film Munafik
Sumber foto: Skop Productions

Munafik adalah film hantu supranatural Malaysia pada 2016 yang disutradarai oleh Syamsul Yusof. Film ini mendapat ulasan positif dari kritikus film dan telah meraup RM17.04 juta secara nasional, menjadikan Munafik sebagai film terlaris 2016 sampai sekarang.

Film ini mendapatkan 9 nominasi di Festival Film Malaysia 2016 dan lima film terbaik, termasuk Film Bahasa Kebangsaan Terbaik dan Sutradara Terbaik (Syamsul).

Setelah sukses menghantui para penontonnya pada tahun 2016 lalu, perjalanan Ustadz Adam dalam mengusir roh jahat kembali dimulai lewat sekuelnya yang berjudul Munafik 2.

Meskipun merupakan film horor produksi Negeri Jiran, tapi ternyata salah satu pemerannya, Weni Panca, adalah orang Indonesia lho.

Keterangan Munafik
Durasi 1 jam 44 menit
Genre Horror
Tanggal Rilis 25 Februari 2016
Sutradara Syamsul Yusof
Pemain Syamsul Yusof

Maya Karin

Nasir Bilal Khan
Produksi Skop Productions

3. Pulang (2018)

Film Pulang Malaysia
Sumber foto: Primeworks Studios

Film Pulang adalah adaptasi dari novel berjudul serupa yang diambil berdasarkan kisah nyata. Sutradara film ini yaitu Kabir Bhatia dikenal sebagai sutradara jempolan yang bisa membuat cerita menyentuh. Tak heran, film ini berhasil mencatat pendapatan melebihi RM1 juta atau Rp3.2 miliar.

Pulang bercerita tentang seorang nelayan bernama Othan yang berasal dari Melaka. Karena masalah ekonomi, dia memutuskan untuk pergi berlayar meninggalkan istrinya, Che Thom dan anak tunggalnya, Omar.

Mereka menunggu kedatangan sang ayah, tapi dia enggak kunjung muncul. Pencarian mereka mulai menunjukkan titik terang 61 tahun setelah kepergian sang ayah.

Keterangan Pulang
Durasi 2 jam
Genre Drama, Romantis
Tanggal Rilis 26 Juli 2018
Sutradara Kabir Bhatia
Pemain Remy Ishak

Puteri Aishah

Alvin Wong
Produksi Primeworks Studios
Rating 6,7 (IMDb)

4. Crossroads: One Two Jaga (2018)

Film Crossroads Malaysia
Sumber foto: Primeworks Studios

Film Crossroads: One Two Jaga film ini berhasil meraih rating cukup tinggi, yakni 6,5/10 menurut IMDb. Film ini juga diperankan oleh aktor kenamaan tanah air Ario Bayu dan Asmara Abigail.

Sinopsis Crossroads: One Two Jaga berkisah mengenai sejumlah sisi gelap di sebuah Kepolisian bernama Polis Diraja Malaysia. Ada sejumlah praktik mencurigakan dilakukan oleh anggota mulai dari korupsi hingga terlibat persoalan kriminal.

Judul Crossroads: One Two Jaga
Tayang 6 September 2018
Durasi 1 jam 25 menit
Sutradara Namron
Produksi Jazzy Pictures
Pemain Zahiril Adzim, Ario Bayu dkk
Genre Horor
Rating 6,5/10 (IMDb)

5. Bisikan Jenazah (2021)

Film Bisikan Jenazah Aldi Taher Malaysia
Sumber foto: Bersahaja Entertainment

Film Bisikan Jenazah merupakan salah satu film hantu Malaysia yang berkolaborasi dengan artis penuh kontroversi, Aldi Taher. Dalam film ini, ia mengemban peran ganda loh, geng, yakni sebagai aktor sekaligus sutradara.

Meski sudah dirilis sejak 4 November 2021, film ini kembali trending di media sosial berkat perilisan di YouTube. Hingga artikel ini rilis, film ini telah ditonton lebih dari 1,5 juta kali.

Bisikan Jenazah bercerita tentang sepasang pengantin baru yang akan bulan madu ke Ipoh, Malaysia. Mereka adalah Aldi (Aldi Taher) dan Emma (Emma Maembong).

Namun sebelum itu, Aldi masih memiliki beberapa pekerjaan yang harus ia selesaikan di Kuala Lumpur. Akhirnya mereka pun mencari penginapan di Kuala Lumpur, tapi malah tersesat dan mendapat teror yang mengerikan.

Judul Bisikan Jenazah
Tayang 4 November 2021
Durasi 1 jam 26 menit
Sutradara Aldi Taher
Produksi Bersahaja Entertainment, Langit Terang Production
Pemain Aldi Taher, Emma Maembong, dkk
Genre Horor
Rating 2,2 (Letterboxd)

Film Malaysia Sedih

Film dari Malaysia dengan genre sedih juga bisa menjadi film pilihan kamu ketika sedang galau di akhir pekan. Jadi, gak harus melulu film itu-itu saja yang kamu tonton berulang-ulang, geng.

Kalau kamu bingung harus mencari film Malaysia sedih apa yang bagus dan worth it untuk di tonton, Jaka punya beberapa rekomendasinya, nih.

Berikut daftar film Malaysia sedih terbaik dan terbaru, dijamin bisa buat kamu termehek-mehek saat menontonnya.

Film Malaysia Sedih 41075
Siapin Tisu! 7 Rekomendasi Film Malaysia Sedih yang Bikin Baper
Film Malaysia sedih bisa menjadi pilihan tontonan kamu di akhir pekan jika suasana hatimu sedang mellow. Cek daftar filmnya dan nonton di sini!
LIHAT ARTIKEL

[Bonus] Link Nonton & Download Film Malaysia

Untuk menonton film Malaysia dengan aman dan nyaman, pastikan kamu memiliki platform yang legal, ya!

Aplikasi yang sering menayangkan berbagai film Malaysia dan bisa diakses melalui smartphone, tablet, PC atau laptop, adalah Astro Go, Netflix, iflix, Vidio, Disney+ Hotstar, dan WeTV.

Nah, selain platform yang sudah Jaka sebutkan di atas, sebagian film juga bisa ditonton di berbagai platform streaming di bawah ini:

Situs Nonton Film Streaming Gratis Terbaik 8d0e4
17 Situs Nonton Film Gratis & Terbaik 2022, Paling Update dan Aman!
Mau nonton film terbaru lebih aman dan nyaman? Simak rekomendasi situs nonton film legal dan terbaik 2022. Update film terbaru lengkap sub Indo!
LIHAT ARTIKEL

Jaka sarankan untuk kamu enggak nonton film ini di situs Telegram, LK21, DutaFilm, IDLIX streaming, Filmapik, JuraganFilm, Rebahin APK, AdikFilm, atau di situs ilegal lain, karena ada risikonya.

Daftar Film Malaysia Terbaru dan Terbaik Versi Tim JalanTikus

  1. Mat Kilau (2022)
  2. Ola Bola! (2016)
  3. Musyrik (2016)
  4. Pulang (2018)
  5. Crossroads: One Two Jaga (2018)

Akhir Kata

Itulah film Malaysia terbaik dan terbaru versi Tim JalanTikus. Harus diakui, salah satu negara di Asia Tenggara yang para sineasnya aktif menelurkan karya berupa film adalah Malaysia. Dari waktu ke waktu, jumlah film yang dirilis semakin banyak bersamaan dengan tingginya antusias penonton.

Nah, dari film-film di atas, mana film Malaysia favorit kamu? Oh ya, Jaka juga punya rekomendasi drama Malaysia terbaik yang bisa kamu simak melalui artikel di bawah ini.

Drama Malaysia Terbaik Dan Terbaru 2022 58399
9 Rekomendasi Drama Malaysia Terbaik & Terbaru 2022, Bisa Bikin Baper Juga Loh!
Buat kamu yang lagi mencari drama Malaysia terbaru dan terbaik 2022, kamu bisa simak rekomendasinya di sini. Dijamin lengkap dan up to date.
LIHAT ARTIKEL

Baca juga artikel seputar Pengabdi Setan 2, Broker atau artikel Hiburan menarik lainnya dari nuralfa.

ARTIKEL TERKAIT
Teknologi Yang Berperan Penting Untuk Kemerdekaan Indonesia 45c61
6 Teknologi yang Membantu Kemerdekaan Indonesia | No. 3 Masih Dipakai Sampai Sekarang!
Tebak Gambar Kemerdekaan
Jangan Ngaku Cinta Indonesia Kalau Belum Main Game TEBAK GAMBAR Kemerdekaan!
Header 18b A778b
10 Peralatan Perang yang Digunakan Pahlawan Indonesia Untuk Melawan Penajajah
Ide Lomba 17 Agustusan Kekinian Banner D4780
Aduan Likes?! 5 Ide Lomba 17 Agustusan Ala Generasi Micin yang Wajib Kamu Coba
Film Indonesia 2017 Banner 18d0a
11 Film Indonesia 2017 Terbaik dengan Penonton Terbanyak
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal