15 Film Islami Terbaik yang Menyentuh Hati & Seru Ditonton

Default

Menonton film islami bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu yang ingin menambah pengetahuan. Film tersebut berisikan sejarah, kisah inspirasi, dan bahkan nasihat yang dapat kamu jadikan bekal alias pelajaran.

Karya sastra berupa film itu soalnya tak hanya asyik buat dinikmati. Ceritanya dapat menjadi role model buat penonton sehingga mampu mempengaruhi pola pikir dan tingkah laku. Nggak sedikit dari kita yang usai menonton film islami Indonesia langsung berkeinginan seperti tokoh yang ada di dalam cerita.

Makanya, untuk menambah semangat dan wawasan keislamanmu, kamu bisa simak kumpulan film islami terbaik dan menginspirasi yang sudah diseleksi oleh tim JalanTikus di bawah ini. Yuk, disimak.

Film Sejarah Islam

Film Islam Sejarah 3de40

Sumber foto: Pixabay

Film sejarah Islam yang berisi tentang seluk-beluk terbentuknya agama Islam, perjalanan Rasul, hingga kisah 25 Nabi bisa mengedukasi para penonton. Kisah masa lalu itu dikemas dengan cerita yang menarik sehingga mudah dimengerti.

Karena, kalau kamu ingin mengetahui sejarah Islam dengan cara membaca buku pelajaran, pasti sulit banget buat diingat. Lain halnya jika kamu menonton film.

Pasti ada momen dan kata-kata mutiara yang nempel di pikiran kita. Nah, berikut deretan film sejarah Islam yang wajib kamu tonton buat menambah pengetahuan.

1. "Fetih 1453" (2012)

Film Sejarah Islam 2 04cb9

Film "Fetih 1453" sangat populer. Pembahasan soal film itu pun sudah banyak dibicarakan di mana-mana.

Secara umum, "Fetih 1453" bercerita tentang perjalanan Muhammad Al-Fatih (Sultan Mehmed II) dalam menjatuhkan Konstantinopel.

Dengan susah payah dan penuh strategi, Al-Fatih dan pasukannya mampu menaklukkan kota tersebut sehingga dijadikan sebagai wilayah kekuasaan Islam.

Film ini sendiri disutradarai oleh Faruk Aksoy dan dibintangi oleh Devrim Evin, Ibrahim Celikkol, dan Dilek Serbest. Film "Fetih 1453" tayang perdana pada 25 April 2012.

Judul Fetih 1453
Tayang 25 April 2012
Durasi 2 jam 42 menit
Sutradara Faruk Aksoy
Pemain Devrim Evin, Ibrahim Celikkol, Dilek Serbest
Genre Action, Drama, History
Rating 6.7/10 (IMDb.com)

2. "Muhammad: The Messenger of Good" (2015)

Film Islami Terbaik 8697a

Sumber foto: Makassar Terkini

Nggak kalah populer dari film di atas, "Muhammad: The Messenger of Good" (2015) juga menjadi film sejarah Islam terbaik yang pernah tayang di tahun 2015.

Popularitas film tersebut tentunya karena cerita yang disajikan cukup menarik. Film itu mengisahkan tentang kehidupan Nabi Muhammad SAW, mulai dari beliau lahir hingga bertemu dengan pendeta Buhaira pada usia 13 tahun.

Tak hanya soal ceritanya saja, ada sejumlah fakta menarik yang menyedot perhatian publik, yaitu perihal kontroversi cerita yang dianggap menghina sampai kritik tajam penonton karena film ini menampakkan sosok Nabi Muhammad.

Terlepas dari penyimpangan yang mungkin ada, tetapi "Muhammad: The Messenger of God" bisa menambah pengetahuan kamu, geng.

Judul Muhammad: The Messenger of Good
Tayang 12 Februari 2015
Durasi 171 menit
Sutradara Majid Majidi
Pemain Mahdi Pakdel, Alireza Shoja Nouri, Mohsen Tanabandeh, Dariush Farhang
Genre History

3. "Sang Kiai" (2013)

FILM ISLAM SANG KIAI D98d0

Sumber foto: Hotstar.com

Kalau film Islam yang satu ini datang dari sineas Tanah Air. Yap, "Sang Kiai" merupakan film sejarah Islam buatan sutradara Indonesia, yaitu Rako Prijanto.

Film tersebut bercerita tentang perjuangan bangsa Indonesia dalam memperebutkan kemerdekaan. Bercerita juga tentang salah satu pendiri Nahdlatul Ulama (NU), Hadratussyaikh Kyai Haji Hasyim Asy'ari (Ikranagara) yang berjuang bersama para santri buat mendapatkan kemerdekaan dan kebebasan beribadat.

"Sang Kiai" akan mengajak kamu menelusuri sejarah Islam di Indonesia bersama para ulama dan santrinya.

Judul Sang Kiai
Tayang 30 Mei 2013
Durasi 2 jam 16 menit
Sutradara Rako Prijanto
Pemain Ikranagara, Christine Hakim, Adipati Dolken, Agus Kuncoro
Genre Drama, Biography
Rating 6.7/10 (IMDb.com)

4. "The Message" (1977)

Film Sejarah Islam 1 52dc5

Selanjutnya ada film "The Message" (1977) yang wajib kamu nonton, geng. Film ini bakalan memberikan gambaran kepada kamu mengenai sejarah dakwah Nabi Muhammad SAW di gua Hiro dan Mekah, khususnya saat masa-masa awal Islam.

Jika kamu menonton film ini, kamu bakalan bisa merasakan kemuliaan Rasulullah yang diangkat dari sudut pandang paman dan juga anak angkatnya.

Kamu dapat mengetahui bagaimana Nabi Muhammad menaklukkan para musuh lewat strategi briliannya itu.

Saking kerennya film sejarah Islam ini, "The Message" memboyong nominasi Best Original Score di ajang Academy Awards ke-50.

Judul The Message
Tayang 8 Juli 1977
Durasi 2 jam 57 menit
Sutradara Moustapha Akkad
Pemain Anthony Quinn, Irene Papas, Michael Ansara
Genre Biography, Drama, History
Rating 8.2/10 (IMDb.com)

5. "Khalid ibn Al-Walid" (2006)

Film Sejarah Islam 6 A35c9

Khalid bin Walid adalah salah satu jendral muslim terbaik. Kepiawaiannya dalam memimpin pasukan dan menyusun strategi perang nggak perlu diragukan lagi.

Sosoknya yang begitu disegani dan menginspirasi banyak orang diangkat dalam film berjudul "Khalid ibn Al-Walid" ini.

Dibintangi oleh Lama Al-Chamandi, Suzan Najm Aldeen, dan Khaled Alkees akan mengajakmu menyaksikan perjuangan panglima besar Islam memimpin perang, contohnya saat perang Uhud.

Judul Khalid ibn Al-Walid
Tayang 2006 - 2007
Durasi Bervariasi tergantung episode-nya
Sutradara Tidak diketahui
Pemain Lama Al-Chamandi, Suzan Najm Aldeen, Khaled Alkeesh
Genre Biography, History
Rating 7.0/10 (IMDb.com)

Kalau kamu mau tahu lebih banyak soal film Islami bergenre sejarah, kamu juga bisa baca ulasan Jaka di bawah.

Film Sejarah Islam Terbaik Baf64
11 Film Sejarah Islam Terbaik, Tontonan Selama Ramadhan
Film sejarah Islam memang selalu mampu mengundang rasa penasaran, meskipun hanya diminati oleh beberapa kalangan saja. Berikut pilihan judul terbaiknya!
LIHAT ARTIKEL

Film Religi Indonesia

Film Islami Indonesia Terbaru 7a470

Sumber foto: Pixabay

Menambah pengetahuan soal agama Islam tak hanya dari kisah sejarah saja. Kamu juga dapat menambah wawasan dan membuka pikiran mengenai Islam melalui film religi.

Di Indonesia, sudah banyak film bernuansa religi yang dirilis oleh sutradara terbaik Tanah Air. Satu di antara film tersebut bahkan sampai tayang berbulan-bulan di layar lebar.

Nggak tanggung-tanggung, film itu juga sampai menjadi film Islam Netflix terbaik yang dibeli oleh layanan video on demand raksasa tersebut. Lalu, apa saja, nih, film Islam Indonesia yang bisa kamu saksikan?

1. "Hafalan Shalat Delisa" (2005)

Film Religi Indonesia 65e8a

Sumber foto: Vidio.com

Berkisah tentang peristiwa tsunami di Aceh pada 2004 silam, "Hafalan Surat Delisa" menjadi film religi terbaik yang bisa membuka pikiranmu untuk terus istikamah di jalan Allah.

Diadaptasi dari karya Tere Liye dengan judul yang sama, semangat Delisa untuk belajar dan menghafal salat tidak pernah putus.

Meski sempat patah semangat karena tsunami merenggut nyawa keluarganya, Delisa pun tetap teguh menghafalkan bacaan salat.

Film ini dipenuhi derai air mata. Jika kamu menontonnya, Jaka sarankan agar menyiapkan tisu karena bisa saja air matamu jatuh tanpa kamu sadari, geng.

Keterangan Hafalan Shalat Delisa
Rating (IMDB) 7.1
Durasi 1 jam 42 menit
Genre Drama
Tanggal Rilis 22 Desember 2011
Sutradara Soni Gaokasak
Pemain Chantiq Schagerl

Reza Rahadian

Nirina Zubir

2. "Negeri 5 Menara" (2012)

Negeri 5 Menara Fb35f

Sumber foto: Liputan6

Man Jadda Wajada! adalah nasihat yang sangat populer sejak film "Negeri 5 Menara" tayang hingga kini. Tak hanya nasihatnya saja yang viral, tetapi cerita yang ditulis oleh Ahmad Fuadi juga sangat membekas di pikiran para penonton, termasuk Jaka.

Bercerita tentang kehidupan Alif yang dipaksa ibunya masuk pondok pesantren, Alif dan kawan-kawannya mulai menyusun mimpi. Mereka bersama-sama membuat gebrakan baru untuk mewujudkan semua mimpinya itu.

Ceritanya nggak hanya dibalut oleh optimisme duniawi. Banyak pelajaran spiritual yang bakalan kamu dapatkan di sini.

Keterangan Negeri 5 Menara
Rating (IMDB) 7.0
Durasi 1 jam 54 menit
Genre Drama

Keluarga
Tanggal Rilis 1 Februari 2012
Sutradara Affandi Abdul Rachman
Pemain Donny Alamsyah

D. Syamrizal Ardiwinata

Ence Bagus

3. "Haji Backpacker" (2014)

Film Islami 59af0

"Haji Backpacker" bercerita tentang perjalanan Mada (Abimana Aryasatya) dalam mencari jati dirinya.

Alih-alih memberontak kepada Tuhan karena telah mengambil nyawa ibunya, dia memutuskan untuk menjadi seorang backpacker yang bebas buat menjauh dari-Nya.

Namun, siapa sangka di tengah perjalanan untuk melupakan Dia, Mada malah dituntun untuk masuk ke Baitullah.

Keterangan Haji Backpacker
Rating (IMDB) 6.3
Durasi 1 jam 47 menit
Genre Drama
Tanggal Rilis 2 Oktober 2014
Sutradara Danial Rifky
Pemain Abimana Aryasatya

Dewi Sandra

Laudya Cynthia Bella

4. "Assalamualaikum, Beijing!" (2014)

Assalamualaikum Beijing 7546a
Sumber foto: Disney+ Hotstar

Film "Assalamualaikum, Beijing!" adalah film Islam Netflix Indonesia yang sangat populer. Film ini diadaptasi dari novel Asma Nadia dengan judul yang sama.

Berkisah tentang Asmara (Revalina S. Temat) yang patah hati akibat dikhianati tunangannya. Ia pun memilih pergi ke Beijing, Cina, untuk memulihkan hati dan mendapatkan pekerjaan baru.

Namun, di Beijing dia bertemu dengan Zhongwen (Morgan Oey) dan mengajari pria Beijing tersebut agama Islam.

Keterangan Assalamualaikum Beijing
Rating (IMDB) 7.4
Durasi 1 jam 35 menit
Genre Drama, Romantis
Tanggal Rilis 30 Desember 2014
Sutradara Guntur Soeharjanto
Pemain Revalina S. Temat

Morgan Oey

Laudya Cynthia Bella

Ibnu Jamil

5. "Mencari Hilal" (2015)

Mencari Hilal C50c0
Sumber foto: Multivision Plus

Bagaimana jadinya kalau perjalanan spiritual buat "mencari hilal" ditemani oleh seseorang yang nggak satu frekuensi dengan kita. Pasti bakalan diisi dengan drama adu mulut yang ringan sampai bikin emosi jiwa raga.

Meskipun begitu, ada banyak pelajaran yang bisa kamu ambil dari drama tersebut, lho. Hal itulah yang coba ditunjukkan dalam film islam Indonesia "Mencari Hilal" (2015).

Dari perjalanan Mahmud (Doddy Sutomo), seorang yang sangat agamis, bersama Heli (Oka Antara), aktivis lingkungan hidup yang sangat liberal, kamu bakalan terlibat dalam diskusi keagamaan yang hangat dan "banyak dagingnya".

Keterangan Mencari Hilal
Rating (IMDB) 7.9
Durasi 1 jam 33 menit
Genre Drama
Tanggal Rilis 15 Juli 2015
Sutradara Ismail Basbeth
Pemain Deddy Sutomo

Oka Antara

Torro Margens

Erythrina Baskorowati

Film Romantis Islam

Film Romantis Islam B3c34

Sumber foto: Pixabay

Menyaksikan film romantis memang bisa bikin mabuk kepayang. Bisa bikin kita senyam-senyum sendiri.

Namun, biar aktivitas menonton film romantis Indonesia bermanfaat sekaligus bisa menjadi pembelajaran, ada baiknya kamu cobain menonton film romantis Islam yang satu ini, geng. Berikut daftarnya.

1. "Ayat-Ayat Cinta" (2015)

Ayat Ayat Cinta Film Islam Romantis F7602

Sumber foto: Kompas

Film "Ayat-Ayat Cinta" adalah salah satu film islami romantis yang bisa kamu nikmati di saat luang.

Diadaptasi dari novel best seller karya Habiburrahman El Shirazy dengan judul yang sama, "Ayat-Ayat Cinta" akan mengajakmu menyaksikan perjuangan Fahri (Ferdi Nuril), mahasiswa Indonesia yang berjuang di Kairo.

Selain soal perjuangan, film ini juga bercerita tentang kisah asmara Fahri yang sangat romantis bersama Aisya (Rianti Cartwright). Dibalut dengan asmara yang syari dan dialog yang hangat, Jaka jamin film ini bisa bikin kamu _ kesengsem _, deh.

Keterangan Ayat-Ayat Cinta
Rating (IMDB) 7.1
Durasi 2 jam 10 menit
Genre Drama

Romance
Tanggal Rilis 28 Februari 2008
Sutradara Hanung Bramantyo
Pemain Fedi Nuril

Rianti Cartwright

Dennis Adhiswara

2. "99 Cahaya di Langit Eropa" (2014)

Film Islam Indonesia 1 Aa3f1

Tak jauh beda dengan "Ayat-Ayat Cinta", film Islam terbaik ini juga diangkat dari novel karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra.

"99 Cahaya di Langit Eropa" bercerita tentang rumah tangga Hanum dan suaminya. Selain itu juga bercerita tentang perjuangan Hanum yang tinggal di Vienna, Austria.

Di sana dia mencoba mencari kehidupan baru sekaligus untuk mendalami Islam. Dia bertemu dengan teman-teman muslim Indonesia yang akhirnya mengubah pandangan Hanum soal Islam.

Keterangan 99 Cahaya di Langit Eropa
Rating (IMDB) 6.1
Durasi -
Genre Drama
Tanggal Rilis 5 Desember 2013
Sutradara Guntur Soeharjanto
Pemain Acha Septriasa

Abimana Aryasatya

Raline Shah

3. "Ketika Cinta Bertasbih" (2009)

Film Islam Indonesia 6 9da35

Selain "99 Cahaya di Langit Eropa", "Ketika Cinta Bertasbih" juga sangat populer. Bahkan, soundtrack-nya juga menggema di mana-mana.

Kisah di film ini tak jauh berbeda dengan Fahri di "Ayat-Ayat Cinta". Tokoh utama, Khairul Azzam, sama-sama mahasiswa Indonesia yang kuliah di Kairo.

Lewat film ini, kamu akan melihat perjuangan Azzam yang menuntut ilmu sambil membiayai hidup keluarganya.

Selain soal perjuangan hidup, "Ketika Cinta Bertasbih" juga bakalan mengajakmu menyaksikan perjuangan Azzam mencari jodoh.

Keterangan Ketika Cinta Bertasbih
Rating (IMDB) 6.0
Durasi 2 jam
Genre Drama
Tanggal Rilis 11 Juni 2009
Sutradara Chaerul Umam
Pemain Kholidi Asadil Alam

Oki Setiana Dewi

Alice Norin

4. "Perempuan Berkalung Sorban" (2009)

Film Islam Indonesia 8 Ac1a7

Film romantis islami selanjutnya ialah berjudul "Perempuan Berkalung Sorban" dari karya novelis ternama, Abidah El Kalieqy.

Meskipun nggak 100% membahas soal kisah cinta, tetapi film ini bakal membawamu menyelami isi kepala tokoh utama, yaitu Annisa. Annisa adalah anak pemilik pesantren yang pikirannya sangat maju dan terbuka.

Di film ini bahkan ditunjukkan sisi lain perempuan muslim yang berani dan kritis dalam sosok Annisa. Ia tak henti memperjuangkan hak-hak perempuan, khususnya yang ada di lingkungan pesantren ayahnya.

Keterangan Perempuan Berkalung Sorban
Rating (IMDB) 6.6
Durasi 2 jam 11 menit
Genre Drama
Tanggal Rilis 15 Januari 2009
Sutradara Hanung Bramantyo
Pemain Revalina S. Temat

Joshua Pandelaki

Widyawati

5. "Surga yang Tak Dirindukan" (2005)

Film Islam Indonesia 11 Df841

Berbeda dari kisah film romantis Islam karya sutradara berpengaruh Tanah Air, film ini mengangkat tema yang cukup sensitif, yaitu soal poligami.

Berkisah tentang rumah tangga Prasetya (Ferdi Nuril) yang mulai diserang masalah sejak dia menyelamatkan hidup seorang perempuan bernama Mei Rose.

Setelah kejadian itu, rumah tangganya mulai renggang. Banyak konflik terjadi di rumah tangga dirinya dalam film "Surga yang Tak Dirindukan" ini.

Keterangan Surga yang Tak Dirindukan
Rating (IMDB) 8.7
Durasi 2 jam 5 menit
Genre Drama
Tanggal Rilis 15 Juli 2015
Sutradara Kuntz Agus
Pemain Fedi Nuril

Laudya Cynthia Bella

Raline Shah

Akhir Kata

Itulah tadi pembahasan Jaka tentang film islami terbaik 2022 yang bisa kamu tonton di rumah. Hitung-hitung stok buat ngabuburit saat Ramadan nanti, geng.

Jaka sudah mem-break down film islamic terbaik di atas berdasarkan jenisnya. Tinggal pilih saja genre mana yang kamu suka. Selamat menonton dan semoga bisa menambah wawasan keislaman kamu, ya. Enjoy!

Baca juga artikel seputar Nonton Film The Other Side, Nonton Serial Balika Vadhu Sub Indo, atau artikel Film lainnya dari Rismawati Idris.

ARTIKEL TERKAIT
Rekomendasi Film Disney Original 194e4
15 Rekomendasi Film Disney+ Hotstar Original Terbaik & Terbaru 2022
Film Terburuk Disutradarai Aktor Ternama 78daa
7 Film Gagal yang Disutradarai Aktor Terkenal, Rating Jeblok Semua!
Film Indonesia Yang Tayang Di Netflix 5a4f9
8 Rekomendasi Film Indonesia di Netflix Terbaru 2022, Semua Genre Ada!
Suami Suami Masa Kini 60c31
Nonton Suami Suami Masa Kini (2022), Seri Web Drama Keluarga Berbalut Komedi
Download Project Makeover Mod Apk V2 27 1 Unlimited Money Gems 6a97e
Download Project Makeover MOD APK V2.27.1, Unlimited Money & Gems!
Download Car Mechanic Simulator Mod Apk V2 1 31 Untuk Android Unlimited Money 2ec9b
Download Car Mechanic Simulator MOD APK v2.1.31, Unlock Features & Unlimited Money
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal