15 Film Islami Indonesia Terbaik Sepanjang Masa, Menyentuh!

Default

Gak ada cara yang lebih tepat menghabiskan waktu ngabuburit di bulan Ramadhan selain nonton film Islam Indonesia terbaik.

Yap, genre film religi memang cukup digemari di Indonesia. Tentu saja salah satunya karena kita merupakan negara dengan jumlah penduduk Muslim terbesar di dunia.

Ada banyak banget film Indonesia Islami yang bisa kamu pilih. Semuanya keren-keren, bahkan lebih bagus dari pada film Hollywood bertemakan Islam.

Namun karena jumlahnya gak sedikit, mungkin kamu sedikit kebingungan. Untuk itu, Jaka bakal kasih rekomendasi film religi Indonesia terbaik sepanjang masa nih.

Hasil kurasi Jaka di sini bisa banget jadi alternatif lain buat kamu yang mau menyimak berbagai ilmu baru tentang Islam lewat media film. Langsung aja simak rekomendasi Jaka di bawah ini ya, dijamin inspiratif!

1. 99 Cahaya di Langit Eropa (2014)

Film Islam Indonesia 1 Aa3f1

Film pertama ada 99 Cahaya di Langit Eropa yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Hanum Salsabiela Rais dan Rangga Almahendra. Novel ini kisah nyata keduanya saat tinggal di Eropa dulu loh, geng.

Hanum adalah seorang jurnalis yang tinggal di Vienna, Austria. Ia menemani suaminya kuliah doktorat. Mereka benar-benar harus berusaha beradaptasi tinggal sebagai Muslim di Eropa.

Keterangan 99 Cahaya di Langit Eropa
Rating (IMDB) 6.1
Durasi -
Genre Drama
Tanggal Rilis 5 Desember 2013
Sutradara Guntur Soeharjanto
Pemain Acha Septriasa

Abimana Aryasatya

Raline Shah

2. Ayat-Ayat Cinta (2013)

Film Islam Indonesia 2 D909a

Kalau ini sih sekaligus juga jadi salah satu film romantis terbaik Indonesia, deh. Ayat-Ayat Cinta merupakan adaptasi dari novel bestseller karya Habiburrahman El Shirazy yang berjudul sama.

Tema yang diangkat cukup kontroversial nih, yakni tentang poligami yang dilakukan oleh tokoh utama bernama Fahri. Ia dihadapkan pada situasi pelik baik dalam hal hubungan cinta maupun keimanan dalam dirinya.

Filmnya berlatar di Mesir, geng, sehingga cukup unik dan menarik melihat budaya di salah satu negara Islam terbesar itu. Film ini juga dianggap sebagai salah satu film lokal tersukses berkat chemistry antar pemainnya yang kuat.

Berkat kesuksesannya, ada pula sekuelnya yakni Ayat-Ayat Cinta 2 yang melanjutkan kisah Fahri. Kali ini ia tinggal di Skotlandia, di mana ia harus berusaha melupakan kesedihan hatinya sekaligus memperbaiki citra Islam yang buruk di sana.

Keterangan Ayat-Ayat Cinta
Rating (IMDB) 7.1
Durasi 2 jam 10 menit
Genre Drama

Romance
Tanggal Rilis 28 Februari 2008
Sutradara Hanung Bramantyo
Pemain Fedi Nuril

Rianti Cartwright

Dennis Adhiswara

3. Emak Ingin Naik Haji (2009)

Film Islam Indonesia 3 2543a

Diangkat dari sebuah cerpen karya Asma Nadia, Emak ingin Naik haji merupakan sebuah film yang menceritakan tentang tokoh Emak yang sangat baik hati dan ingin naik haji.

Sayang, Emak tidak memiliki biaya untuk menunaikannya karena penghasilannya hanya berasal dari jualan kue. Walaupun begitu, Emak tidak pernah berputus asa.

Emak memiliki seorang anak bernama Zein, seorang penjual lukisan keliling. Melihat perjuangan mereka berdua demi naik haji mampu membuat kita merasa terharu.

Keterangan Emak Ingin Naik Haji
Rating (IMDB) 7.0
Durasi 1 jam 38 menit
Genre Drama
Tanggal Rilis 12 November 2009
Sutradara Aditya Gumay
Pemain Ati Kanser Zein

Reza Rahadian

Didi Petet

4. Hafalan Shalat Delisa (2011)

Film Islam Indonesia 4 F01fa

Mengangkat tema tsunami, film Hafalan Sholat Delisa yang diangkat dari novel karya Tere Liye merupakan film yang sangat mengharukan.

Bercerita tentang seorang anak bernama Delisa yang selamat dari serangan tsunami. Nahas, ibu dan seluruh saudarinya tewas terkena gelombang air. Delisa sendiri harus kehilangan kaki kanan.

Delisa diselamatkan oleh seorang prajurit dari Amerika Serikat bernama Smith dan sempat ingin mengadopsi Delisa.

Pada akhirnya Delisa berhasil bertemu ayahnya yang bertugas di sebuah kapal tanker perusahaan minyak. Mereka berusaha bangkit dari keterpurukan akibat bencana alam yang dahsyat tersebut.

Keterangan Hafalan Shalat Delisa
Rating (IMDB) 7.1
Durasi 1 jam 42 menit
Genre Drama
Tanggal Rilis 22 Desember 2011
Sutradara Soni Gaokasak
Pemain Chantiq Schagerl

Reza Rahadian

Nirina Zubir

5. Haji Backpacker (2014)

Film Islam Indonesia 5 E1457

Haji Backpacker merupakan film yang menceritakan sebuah pemberontakan seorang karakter bernama Mada kepada Tuhan karena telah mengambil nyawa ibunya.

Selain itu, ia juga patah hati karena ditinggal kekasihnya ketika akan melakukan akad nikah. Mada memutuskan untuk menjadi seorang backpacker dan hidup bebas melupakan Tuhannya.

Pada awalnya, ia merasa menemukan kebahagiaan ragawi, sebelum menyadari bahwa rohaninya menjadi kosong.

Berbagai peristiwa yang terjadi selama perjalanannya membuatnya sadar bahwa jalan yang sedang ia tempuh adalah sebuah kesalahan.

Bagaimana kisah Mada dalam perjalanan kembali kepada Tuhan, geng? Langsung tonton saja, yuk!

Keterangan Haji Backpacker
Rating (IMDB) 6.3
Durasi -
Genre Drama
Tanggal Rilis 2 Oktober 2014
Sutradara Danial Rifky
Pemain Abimana Aryasatya

Dewi Sandra

Laudya Cynthia Bella

6. Ketika Cinta Bertasbih (2009)

Film Islam Indonesia 6 9da35

Selain Ayat-Ayat Cinta, film yang diangkat dari novel karya Habiburrahman El Shirazy lainnya adalah Ketika Cinta Bertasbih.

Bercerita tentang seorang mahasiswa bernama Khairul Azzam yang sedang menempuh studinya di Al-Azhar University, Kairo.

Ia harus menuntut ilmu sembari menafkahi ibu dan adik-adiknya di kampung. Selain itu, kita bisa melihat bagaimana perjuangannya untuk menemukan jodohnya dengan tetap berpegang teguh pada agama.

Berkat kesuksesan film pertamanya, melahirkan sekuel yakni Ketika Cinta Bertasbih 2 yang melanjutkan kisah Azzam yang sudah kembali pulang ke Indonesia.

Keterangan Ketika Cinta Bertasbih
Rating (IMDB) 6.0
Durasi 2 jam
Genre Drama
Tanggal Rilis 11 Juni 2009
Sutradara Chaerul Umam
Pemain Kholidi Asadil Alam

Oki Setiana Dewi

Alice Norin

7. Negeri 5 Menara (2012)

Film Islam Indonesia 7 84986

Man Jadda Wajada! Kalimat ini mulai terkenal setelah rilisnya novel berjudul Negeri 5 Menara yang ditulis oleh Ahmad Fuadi.

Kesuksesan novel ini membuatnya diangkat ke layar lebar. Ceritanya sendiri mengisahkan soerang anak bernama Alif yang ingin melanjutkan studinya ke SMA.

Akan tetapi, orangtuanya ingin anaknya tersebut masuk ke salah satu pondok Madani yang ada di Ponorogo, Jawa Timur. Alif pun menerima permintaan tersebut dengan keterpaksaan.

Meskipun sempat menjadi penyendiri, Alif memiliki lima orang sahabat yang sangat dekat dengannya. Mereka masing-masing memiliki impian untuk keliling dunia.

Apakah impian mereka akhirnya terwujud?

Keterangan Negeri 5 Menara
Rating (IMDB) 7.0
Durasi 1 jam 54 menit
Genre Drama

Keluarga
Tanggal Rilis 1 Februari 2012
Sutradara Affandi Abdul Rachman
Pemain Donny Alamsyah

D. Syamrizal Ardiwinata

Ence Bagus

8. Perempuan Berkalung Sorban (2009)

Film Islam Indonesia 8 Ac1a7

Ada lagi film romantis Indonesia yang berbalut elemen religi yang sangat bagus. Judulnya adalah Perempuan Berkalung Sorban yang diadaptasi dari novel karya Abidah El Kalieqy.

Film ini adalah salah satu favorit Jaka, geng. Pasalnya, film ini berani mengangkat tema kontroversial yakni tentang tradisi konservatif terhadap wanita di lingkungan pesantren.

Tokoh utama kita adalah Annisa. Ia adalah anak pemilik pesantren yang berpikiran maju. Ia sangat ingin kuliah, tapi ditentang oleh keluarganya.

Sampai akhirnya ia terpaksa menerima dinikahkan dengan Samsudin. Suaminya itu kasar dan suka menyiksa Annisa. Ia bahkan berpoligami padahal seorang pengangguran.

Annisa punya sikap yang berani, maka ia dengan berani memperjuangkan haknya untuk merdeka dari sang suami yang jahat.

Ia juga tak henti berjuang membeli hak-hak perempuan Muslim dan sama sekali tak gentar dengan rintangan dari pondok pesantren ayahnya yang sangat konservatif. Pokoknya inspiratif banget deh!

Keterangan Perempuan Berkalung Sorban
Rating (IMDB) 6.6
Durasi 2 jam 11 menit
Genre Drama
Tanggal Rilis 15 Januari 2009
Sutradara Hanung Bramantyo
Pemain Revalina S. Temat

Joshua Pandelaki

Widyawati

9. Sang Kiai (2013)

Film Islam Indonesia 9 7305b

Sang Kiai merupakan sebuah film yang bercerita tentang salah satu pendiri Nahdlatul Ulama (NU) sekaligus pejuang kemerdekaan, KH Hasyim Asyari.

Salah satu film tentang sejarah Islam di Indonesia ini juga berhasil meraih penghargaan sebagai Film Terbaik dalam ajang Festival Film Indonesia 2013.

Berbagai penghargaan sempat disabet film ini. Di antaranya Sutradara Terbaik (Rako Prijanto) dan Pemeran Pendukung Pria Terbaik (Adipati Dolken) di ajang FFI tersebut..

Keterangan Sang Kiai
Rating (IMDB) 6.7
Durasi 2 jam 16 menit
Genre Aksi

Drama
Tanggal Rilis 30 Mei 2013
Sutradara Rako Prijanto
Pemain Ikranagara

Christine Hakim

Agus Kuncoro

10. Sang Pencerah (2010)

Film Islam Indonesia 10 B901a

Disutradarai oleh Hanung Bramantyo, film Sang Pencerah merupakan film yang menceritakan tentang sang pendiri Muhammadiyah, Ahmad Dahlan.

Sama seperti film Sang Kiai, film ini juga sarat dengan nilai sejarah yang bisa dijadikan pelajaran untuk masa kini. Sangat cocok untuk kamu tonton saat sedang ngabuburit, geng!

Keterangan Sang Pencerah
Rating (IMDB) 6.8
Durasi 1 jam 52 menit
Genre Biografi

Drama
Tanggal Rilis 8 September 2010
Sutradara Hanung Bramantyo
Pemain Lukman Sardi

Zaskia Adya Mecca

Slamet Rahardjo

11. Surga yang Tak Dirindukan (2015)

Film Islam Indonesia 11 Df841

Masih mengangkat tema poligami, ada Surga yang Tak Dirindukan yang dibintangi sama Fedi Nuril, Laudya Cynthia Bella, dan Raline Shah.

Film pertamanya berkisah tentang sepasang suami istri bernama Prasetya dan Arini. Hubungan mereka harmonis dan dikaruniai anak perempuan cantik bernama Nadia.

Suatu hari, Prasetya menyelamatkan seorang wanita depresi bernama Mei Rose. Siapa yang menyangka bahwa tindakan baik tersebut memicu konflik rumah tangga yang serius.

Film Islam Indonesia ini juga diadaptasi dari novel karya Asma Nadia yang berjudul sama dan berhasil sukses besar dengan memiliki 2 sekuel yang sama-sama bagus.

Keterangan Surga yang Tak Dirindukan
Rating (IMDB) 8.7
Durasi 2 jam 5 menit
Genre Drama
Tanggal Rilis 15 Juli 2015
Sutradara Kuntz Agus
Pemain Fedi Nuril

Laudya Cynthia Bella

Raline Shah

12. Mencari Hilal (2015)

Mencari Hilal C50c0
Sumber foto: Multivision Plus

Nah, ini juga jadi salah satu film Islami Indonesia favorit Jaka, geng. Film garapan sutradara Ismail Basbeth yang menceritakan perjalanan ayah dan anak mencari hilal.

Berkisah tentang Mahmud (Deddy Sutomo), seorang penganut Islam taat yang ingin mencari hilal. Namun usianya yang tua membuat ia hanya akan diizinkan pergi jika ditemani oleh anak bungsunya, Heli (Oka Antara).

Heli adalah aktivis lingkungan hidup yang punya pandangan liberal yang sangat berbeda dari ayahnya. Tentunya, perjalanan mereka mencari hilal ini bakal menghadirkan dialog yang seru buat disimak!

Menjelang bulan Ramadhan, tentunya pas banget nonton film ini, geng. Gak hanya punya elemen agama Islam yang memperluas wawasan, tapi kamu juga bisa lihat potret hubungan ayah dan anak yang bikin hati hangat.

Keterangan Mencari Hilal
Rating (IMDB) 7.9
Durasi 1 jam 33 menit
Genre Drama
Tanggal Rilis 15 Juli 2015
Sutradara Ismail Basbeth
Pemain Deddy Sutomo

Oka Antara

Torro Margens

Erythrina Baskorowati

13. Ajari Aku Islam (2019)

Ajari Aku Islam 7fc66
Sumber foto: RA Pictures

Selanjutnya ada film "Ajari Aku Islam" yang dibintangi sama pasangan suami istri di dunia nyata, Roger Danuarta dan Cut Meyriska.

Film Islami romantis Indonesia ini ternyata juga diadaptasi dari kisah nyata Jaymes Rianto, salah satu produsernya, loh.

Berkisah tentang cinta beda agama antara Kenny, seorang pemuda Tionghoa beragama Konghucu yang jatuh cinta pada Fidya, seorang gadis Melayu Muslim.

Perjalanan cinta mereka berdua tentunya gak mudah. Selain karena perbedaan agama, tapi ada juga perbedaan budaya yang sangat jauh.

Belum lagi mereka juga harus menghadapi perjodohan yang sudah disiapkan orang tua masing-masing. Bisakah mereka bersatu atau malah berpasrah pada keadaan?

Keterangan Ajari Aku Islam
Rating (IMDB) 7.6
Durasi 1 jam 33 menit
Genre Drama, Religi, Romantis
Tanggal Rilis 17 Oktober 2019
Sutradara Deni Pusung
Pemain Roger Danuarta

Cut Meyriska

14. Assalamualaikum Beijing (2014)

Assalamualaikum Beijing 7546a
Sumber foto: Disney+ Hotstar

Selanjutnya ada film drama romantis Indonesia terbaik tahun 2014 yang diadaptasi dari novel berjudul "Assalamualaikum, Beijing!" karya Asma Nadia.

Berkisah tentang Asmara (Revalina S. Temat) yang patah hati akibat dikhianati tunangannya. Ia pun memilih pergi ke Beijing, China demi pekerjaan baru.

Di sana, ia bertemu dengan Zhongwen (Morgan Oey), seorang lelaki tampan yang memperkenalkannya pada legenda cinta Ashima, putri cantik dari Yunan. Zhongwen juga jadi tertarik dengan agama Islam.

Perlahan, Asmara bisa membuka hatinya kembali dengan kehadiran Zhongwen. Sampai ia tiba-tiba menerima berita buruk tentang kesehatannya.

Keterangan Assalamualaikum Beijing
Rating (IMDB) 7.4
Durasi 1 jam 35 menit
Genre Drama, Romantis
Tanggal Rilis 30 Desember 2014
Sutradara Guntur Soeharjanto
Pemain Revalina S. Temat

Morgan Oey

Laudya Cynthia Bella

Ibnu Jamil

15. 99 Nama Cinta (2019)

99 Nama Cinta 3540d
Sumber foto: MNC Pictures

Masih mau film komedi romantis yang bikin baper sekaligus cukup lucu? Bisa coba nonton film "99 Nama Cinta", deh.

Film ini berkisah tentang sosok Talia (Acha Septriasa), presenter sekaligus produser acara gosip yang kariernya sedang tinggi-tingginya.

Suatu ketika, ia bertemu dengan Kiblat (Deva Mahendra), ustad muda yang muncul di kantornya untuk memberikan pelajaran agama padanya atas permintaan almarhum ayah Talia.

Awalnya, Talia menolak hingga kariernya tiba-tiba merosot akibat suatu hal. Tak disangka, Kiblat lah yang membantunya. Talia pun perlahan mulai jatuh cinta pada sosok ustad tersebut.

Namun ternyata, Talia mengetahui kalau Kiblat bakal dijodohkan dengan Husna, pengajar baru di pesantren milik keluarga Kiblat. Lantas, bisakah mereka berdua tetap bersatu?

Keterangan 99 Nama Cinta
Rating (IMDB) 7.9
Durasi 1 jam 46 menit
Genre Drama, Romantis
Tanggal Rilis 14 November 2019
Sutradara Danial Rifki
Pemain Acha Septriasa

Deva Mahenra

Daftar Film Islam Indonesia Terbaik 2022

  1. 99 Cahaya di Langit Eropa (2014)
  2. Ayat-Ayat Cinta (2013)
  3. Emak Ingin Naik Haji (2009)
  4. Hafalan Shalat Delisa (2011)
  5. Haji Backpacker (2014)
  6. Ketika Cinta Bertasbih (2009)
  7. Negeri 5 Menara (2012)
  8. Perempuan Berkalung Sorban (2009)
  9. Sang Kiai (2013)
  10. Sang Pencerah (2010)
  11. Surga yang Tak Dirindukan (2015)
  12. Mencari Hilal (2015)
  13. Ajari Aku Islam (2019)
  14. Assalamualaikum Beijing (2014)
  15. 99 Nama Cinta (2019)

Akhir Kata

Nah, itu tadi rekomendasi 15 film Islam Indonesia dari Jaka. Gak perlu sedih lagi kalau kamu lagi bosan mencari ilmu tentang Islam. Tonton aja film religi Indonesia terbaik dari Jaka tadi dan siap-siap terinspirasi.

Pastinya cocok buat ngabuburit di bulan Puasa nih. Hindari nonton yang kurang berfaedah, lebih baik nonton film yang bikin barokah! Selamat menonton!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Fanandi Ratriansyah

ARTIKEL TERKAIT
Wiro 5d38b
7 Film Superhero Indonesia Terbaik 2020, Lebih Bagus dari Avengers?
Film Jadul Indonesia Banner B7c43
10 Film Jadul Indonesia Terbaik Sepanjang Masa, Gak Pernah Membosankan!
Situs Nonton Film Indonesia Online Streaming Terbaik 2020 Koleksinya Lengkap 6de6f
11+ Situs Nonton Streaming Film Indonesia Terbaik 2022, Koleksi Lengkap!
Untitled 1 E8a81
15 Film Action Indonesia Terbaik & Terbaru 2021 | Lebih Kece dari Hollywood!
Pengabdi Setan 2 Communion 7119d
30+ Rekomendasi Film Horor Indonesia Terbaik & Terbaru 2022, Jangan Nonton Sendirian!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal