J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Film Indonesia dengan Teknik Promosi Nyeleneh, Sampai Bikin Ngeri!

Jumat, 1 Jan 2021, 18:00 WIB
Promosi film dilakukan untuk membuat orang tertarik dan penasaran. Tapi, apa jadinya jika ada film dengan teknik promosi yang tidak biasa?

Produksi film tidak hanya berfokus pada proses syuting saja, tapi juga harus memikirkan teknik promosi yang tepat agar filmnya laku saat dirilis.

Promosi merupakan salah satu langkah terpenting dalam produksi film. Tanpa promosi, masyarakat tidak akan tahu mengenai perilisan film yang dimaksud.

Hal ini juga berlaku di industri hiburan Tanah Air. Setiap film Indonesia yang akan dirilis pasti dipromosikan terlebih dahulu untuk menarik minat masyarakat.

Uniknya, ada beberapa film Indonesia dengan teknik promosi yang nyeleneh. Kira-kira, film apa saja dan seperti apa promosinya? Simak ulasannya di bawah ini!

Film Indonesia dengan Teknik Promosi yang Tidak Biasa

Untuk menarik perhatian banyak orang, beberapa film Indonesia memiliki teknik promosi yang cukup unik, bahkan bisa dibilang tidak biasa.

Lalu, apa saja film Indonesia yang punya teknik promosi unik? Biar nggak penasaran, simak pembahasan selengkapnya di bawah ini, yuk!

1. Teman Tapi Menikah (2018)

Prom1 Custom D8e3c

Promosi film Teman Tapi Menikah sukses bikin heboh. Apalagi, promosi dilakukan langsung oleh kedua bintang utamanya, Adipati Dolken dan Vanesha Prescilla.

Dengan ide wedding crasher, mereka tiba-tiba mendatangi acara pernikahan orang tidak dikenal untuk diberi kejutan. Tentu hal ini sangat menarik perhatian.

Menariknya, Adipati dan Vanesha mendatangi pernikahan pasangan yang memang sudah lama berteman, sama seperti cerita di film romantis Indonesia yang mereka bintangi.

Promosi film ini pun sukses menggaet 1,6 juta penonton. Bahkan, Teman Tapi Menikah berhasil masuk dalam jajaran film Indonesia terlaris di tahun 2018.

2. Danur (2017)

Prom2 Custom 1f2c2

Dalam acara pemutaran perdana film Danur, ada 5 kursi yang dibiarkan kosong. Kelima kursi tersebut ditutupi kain putih. Masih ingat, kan?

Kabarnya, kursi tersebut merupakan permintaan sang penulis, Risa Saraswati, untuk kelima hantu anak kecil yang ia tuliskan kisahnya dalam film.

Meski tim produksi mengatakan hal tersebut bukan gimmick atau strategi promosi semata, nyatanya teknik ini sukses membuat penonton penasaran, loh!

Hal ini memang terkesan creepy, tapi ternyata cukup membuat penonton semakin tertarik untuk menonton salah satu film horor Indonesia terbaik ini.

3. Warkop DKI Reborn (2019)

Prom3 Custom F16b1

Pemandangan yang tidak biasa juga terlihat saat promosi film Warkop DKI Reborn. Bahkan, bisa dibilang promosi film ini tergolong mewah.

Wajah ketiga aktor utama di film ini, yakni Tora Sudiro, Vino G. Sebastian, dan Abimana Aryasatya sengaja digambar di badan pesawat. Niat banget, kan?

Ternyata, pesawat tersebut memang digunakan oleh pemain dan krunya sebagai moda transportasi untuk promosi film komedi ini di lima kota dalam satu hari.

Sayangnya, promosi yang mahal ini dinilai kurang sukses. Sebab, perolehan jumlah penonton Warkop DKI Reborn tidak mampu mendekati 1 juta orang selama ditayangkan.

4. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (2020)

Prom4 Custom 800a9

Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCTHI) memang sangat dinantikan oleh banyak orang, khususnya penggemar buku berjudul sama karya Marchella FP.

Salah satu yang membuat masyarakat tidak sabar untuk menonton film NKCTHI adalah teknik promosinya. Film ini yang sering menampilkan footage menarik.

Aspek visual yang ditampilkan pun terlihat estetik. Ditambah lagi, tim produksi sering menampilkan video behind the scenes agar penonton penasaran.

Hasilnya, film Indonesia terbaru garapan Angga Dwimas Sasongko ini berhasil menjadi film kedua terlaris pada 2020 dengan jumlah penonton mencapai 2,2 juta.

5. Perempuan Tanah Jahanam (2019)

Prom5 Custom 4d912

Perempuan Tanah Jahanam jadi salah satu film horor-thriller terpopuler karya Joko Anwar yang banyak diminati penggemar horor Indonesia.

Bahkan, film ini berhasil memecahkan rekor peraih nominasi terbanyak dalam FFI 2020 dan menjadi perwakilan film Indonesia untuk Oscar 2021.

Salah satu kunci sukses film ini adalah strategi promosi yang diterapkan. Promosi film dengan judul internasional Impetigore ini cukup nyeleneh sekaligus mengerikan.

Sebab, untuk memperkenalkan film ini, tim produksi membuat 'teror'. Beberapa orang muncul di tempat umum sambil mengenakan topeng karakter Maya yang menyeramkan.

Akhir Kata

Nah, itu tadi 5 film Indonesia dengan teknik promosi nyeleneh. Bahkan, beberapa di antaranya terkesan menyeramkan dan bisa bikin orang lain kaget!

Meski terkesan janggal, beberapa film tadi akhirnya sukses setelah dirilis. Bahkan, ada juga yang jumlah penontonnya sampai membludak, loh!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Reishatia.

ARTIKEL TERKAIT
Film Aktor Punya Hobi Gak Masuk Akal 50866
7 Aktor yang Punya Hobi Gila & Gak Masuk Akal, Absurd Banget!
Film Aktor Bau Badan 09a3a
7 Aktor Rupawan yang Ternyata Bau Badan, Jorok & Jarang Mandi!
Film Serial Tv Sindir Indonesia 4e587
7 Adegan Film & Serial TV yang Sindir Indonesia, Rusak Citra Bangsa!
Film Sinetron Indonesia Terpanjang 8bcee
7 Sinetron Indonesia Terpanjang, Sampai Ribuan Episode!
Film Aktor Membunuh Orang Lain 7d68d
Biadab! 7 Aktor Ini Membunuh Orang Lain, Aktor Marvel Termasuk!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal