J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

Nahas, 7 Film Indonesia Ini Seharusnya Bisa Masuk Oscar!

Minggu, 14 Feb 2021, 18:00 WIB
Kenapa film Indonesia nggak bisa masuk Oscar? Jangan-jangan ada konspirasi terselubung di baliknya!

Terbaru, kita dibuat kecewa karena satu-satunya film Indonesia yang dikirim ke Academy Award, Pengabdi Setan/Impetigore (2017) gagal masuk sebagai salah satu nominasi Oscar.

Padahal, jika kita coba telaah, film tersebut sudah memenuhi persyaratan untuk masuk nominasi, loh!

Selain film Pengabdi Setan, ada beberapa film Indonesia lainnya yang juga layak masuk Oscar. Kira-kira film apa sajakah itu?

Kali ini, Jaka bakal membahas secara khusus daftar film Indonesia yang seharusnya bisa masuk nominasi Oscar. Selamat membaca!

1. Bibir Mer (1992)

Film Oscar 1 Custom 3a63c

Yap, Jaka nggak typo, memang judulnya Bibir Mer. Dirilis tahun 1992, film ini dikategorikan sebagai salah satu karya anak bangsa terbaik, loh!

Plot cerita dan penokohannya terbilang kaya dan rapi, mengisahkan Mbak Yani (Jajang C. Noer), seorang pemilik salon yang punya hubungan spesial dengan seorang pengusaha besar.

Seharusnya, dengan gaya ceritanya yang menarik, film ini bisa masuk Oscar tahun 1992. Sayang, film Bibir Mer jauh kalah dibanding film lainnya.

2. Ca Bau Kan (2002)

Film Oscar 2 Custom Cb3b9

Diangkat dari novel terbaik karya Remy Sylado yang berjudul Ca-Bau-Kan: Hanya Sebuah Dosa, film ini menarik perhatian para penonton karena plotnya yang menarik sekaligus kontroversial.

Kenapa kontroversial? Karena film tersebut mengangkat tema Ca-bau-kan yang biasanya diasosiasikan dengan dunia pelacuran.

Biarpun begitu, film ini mendapat apresiasi positif bagi insan perfilman Indonesia karena berhasil mengangkat sisi lain peran kaum Tionghoa Peranakan dalam kemerdekaan Indonesia. Harusnya bisa masuk Oscar, nih!

3. Gie (2005)

Film Oscar 3 Custom 7dd14

Dirilis pada tahun 2005, film Gie diperankan oleh idola remaja Indonesia, Nicholas Saputra. Mengisahkan tentang kehidupan politik Indonesia era Orde Lama, film ini berhasil menyedot perhatian publik, mengingat sosok Gie sendiri masih kontroversial hingga kini.

Karena itulah, film ini seharusnya terpilih dalam nominasi Piala Oscar tahun 2005. Sayang, namanya kalah pamor dibanding film-film luar negeri lainnya.

Untungnya, biarpun belum berhasil masuk ke dalam nominasi, film yang disutradarai Riri Riza ini berhasil mendapat gelar Film Terbaik di ajang Piala Citra.

4. Ayat-ayat Cinta (2008)

Film Oscar 4 Custom B0159

Bisa dikatakan, film Ayat-ayat Cinta merupakan salah satu tonggak suksesnya film genre drama religi di Indonesia. Apalagi, sang sutradara, Hanung Bramantyo berhasil membawakan perspektif baru mengenai agama dan percintaan.

Film yang diadaptasi dari novel karya Habiburrahman El Shirazy ini mengisahkan kehidupan para mahasiswa Indonesia yang merantau ke luar negeri, khususnya Fahri (Fedi Nuril) dengan Aisha (Rianti Cartwright).

Sayang, biarpun berhasil menyedot penonton hingga lebih dari 3 juta orang, film ini nggak berhasil memalingkan pandangan juri Oscar untuk memasukkannya dalam nominasi.

5. Sang Penari (2012)

Film Oscar 5 Custom 6f7e5

Dirilis tahun 2012, film yang diadaptasi dari novel trilogi Ahmad Tohari berjudul Ronggeng Dukuh Paruk ini memiliki plot cerita dan latar yang khas tahun 1960-an.

Disutradarai oleh Ifa Isfansyah, film ini berhasil memenangkan penghargaan Film Terbaik versi Piala Citra. Sayang, film Sang Penari gagal masuk nominasi Oscar.

Padahal, jika Jaka perhatikan, film yang berlatar belakang budaya ini sangat khas dan unik, apalagi dibumbui dengan unsur percintaan yang etnik sekali.

6. Soekarno: Indonesia Merdeka (2013)

Film Oscar 6 Custom 7cac1

Film biopik yang mengisahkan perjuangan Ir. Soekarno dalam memerdekakan Indonesia ini berhasil menyedot perhatian para penonton karena plot ceritanya yang menarik dan rapi.

Maka dari itu, ketika film Soekarno gagal masuk dalam nominasi Oscar tahun 2014, banyak publik yang menunjukkan rasa kekecewaannya.

Selain berkisah tentang kehidupan Bung Karno, film ini juga mengisahkan seluk beluk perjuangan para pemuda dan tentara yang makin panas menjelang tanggal 17 Agustus 1945. Wajib nonton!

7. Surat dari Praha (2016)

Film Oscar 7 Custom 75b96

Disutradarai oleh Angga Dwimas Sasongko, film ini berhasil terpilih di antara film-film Indonesia lainnya untuk dikirim ke Oscar tahun 2017.

Film Surat dari Praha sendiri terinspirasi dari kisah pelajar yang tidak dapat pulang ke Tanah Air sejak turunnya Bung Karno dan jatuhnya rezim Orde Lama di tahun 1960-an.

Dibalut cerita cinta yang ringan, film ini berhasil menggugah empati publik mengenai nasib orang-orang yang sampai hari ini belum bisa pulang ke Indonesia.

Akhir Kata

Itulah tadi deretan film Indonesia yang seharusnya bisa masuk Oscar. Gimana pendapatmu, geng?

Jangan lupa tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah. Sampai jumpa di artikel Jaka yang selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Untitled 4 3ea4f
Ssssstt....Ini 7 Rahasia Terbesar di Balik Adegan Film Terkenal
Untitled 3 Ccb77
7 Alur Cerita Paling Buruk & Ngaco di Film MCU, Bikin Fans Murka!
Untitled 1 7fa91
7 Aktor Hollywood yang Udah Tajir Melintir dari Lahir, Rafathar Kalah!
Page B7b12
7 Film Indonesia dengan Biaya Produksi Termahal, Gak Balik Modal?
Page B05d7
7 Film Tanpa Adegan Romantis Sama Sekali, Tetap Seru & Menghibur!
Page 9bad8
7 Aktor Hollywood yang Mendadak Berhenti Main Film, Udah Gak Laku?
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal