J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film Indonesia dengan Penghargaan Internasional Paling Banyak, Wajib Nonton!

Sabtu, 26 Des 2020, 17:00 WIB
Kumpulan film Indonesia berikut sukses mendapatkan banyak penghargaan Internasional. Bahkan, ada film yang merah 7 penghargaan sekaligus!

Menonton film, apapun genre-nya, merupakan sesuatu yang dinikmati sebagian besar orang untuk mengisi waktu luang maupun karena ceritanya yang menarik.

Mungkin hingga saat ini, film-film yang lebih dikenal orang adalah film Hollywood semacam film MCU ataupun serial TV Netflix yang populer. Terlepas dari hal tersebut, ada sekumpulan film garapan tanah air yang tidak kalah bagus, lho.

Jaka sudah mengumpulkan 7 judul film Indonesia yang meraih penghargaan internasional terbanyak. Kualitas film berikut tidak perlu diragukan lagi karena sudah diakui secara mancanegara, sehingga patut diacungi jempol!

Deretan Film Indonesia yang Meraih Penghargaan Internasional Terbanyak

Kata siapa cuma film blockbuster barat yang memiliki kualitas tinggi? Kalau soal cerita, akting, sinematografi maupun aspek-aspek perfilman lainnya, Indonesia juga bisa lebih bagus!

Hal ini sudah dibuktikan di kumpulan film Indonesia berikut. Semua kerja keras selama proses perfilman tiap film sukses terbayarkan dengan sempurna! Bahkan, ada film yang sampai meraih 7 penghargaan Internasional, lho!

1. Sekala Niskala (2017)

Film Indonesia Dengan Penghargaan Internasional Paling Banyak Sekala Niskala 9f8fe

Tidak heran kalau film Sekala Niskala sampai mencapai 7 penghargaan internasional. Film berjudul bahasa Inggris The Seen and Unseen ini memiliki alur cerita yang sungguh menarik.

Menceritakan tentang kehidupan anak kembar di Bali, yaitu Tantri dan Tantra. Suatu ketika, Tantra mengidap penyakit, dan Tantri menemukan cara spiritual untuk dapat memperkuat koneksinya dengan saudaranya.

Film ini sukses mendapatkan penghargaan Best Feature pada 2017 di Asia Pacific Screen Awards, Jogja-NETPAC Asian Film Festival, Tokyo FILMeX, Adelaide Film Festival, Berlin International Film Festival, QCinema International Film Festival, dan Shanghai International Film Festival.

2. Pengabdi Setan (2017)

Film Indonesia Dengan Penghargaan Internasional Paling Banyak Pengabdi Setan 694cd

Penggemar film Horor Indonesia pasti sudah tidak asing dengan film garapan Joko Anwar yang berjudul Pengabdi Setan. Rilis di tahun 2017 silam, film ini mendapat berbagai macam penghargaan.

Rini dan keluarganya tinggal di sebuah rumah di pedesaan. Suatu hari, Ibunya meninggal, dan hal-hal mengerikan mulai terjadi di rumah tersebut.

Berkat talenta dan semua kerja keras kru film, Pengabdi Setan sukses meraih penghargaan Film Horor Terbaik di ajang Toronto After Dark Film Festival, Overlook Film Festival, dan Popcorn Frights Film Festival.

3. Marlina Pembunuh dalam Empat Babak (2017)

Film Indonesia Dengan Penghargaan Internasional Paling Banyak Marlina Pembunuh Dalam Empat Babak 60ba8

Marlina tinggal dengan tenang di Sumba hingga suatu hari seorang bernama Markus dan komplotannya mencoba merampok rumahnya dan dia membunuhnya. Akhirnya, dia dihantui oleh Markus, dan hidupnya berubah 180 derajat.

Film ini mendapatkan banyak review positif dari penontonnya, bahkan ada yang berkomentar bahwa film ini mengedepankan hak dan kesetaraan perempuan terutama di daerah terpencil di mana hukum hanyalah sebuah kata.

Berbagai macam penghargaan yang sukses diraih oleh film Marlina Pembunuh dalam Empat Babak adalah Festival Film Sitges, Tokyo FILMeX, dua piala Asia-Pacific Film Festival, Five Flavours Asian Film Festival, Jogja-NETPAC Asian Film Festival, dan QCinema International Film Festival.

4. Babi Buta yang Ingin Terbang (2008)

Film Indonesia Dengan Penghargaan Internasional Paling Banyak Babi Buta Yang Ingin Terbang 43b3d

Babi Buta yang Ingin Terbang menceritakan pengalaman seorang wanita dan orang-orang di sekitarnya, semuanya dengan agenda obsesif mereka sendiri.

Film yang dirilis tahun 2008 dan disutradarai oleh Edwin ini dibintangi oleh salah satu sutradara ternama Indonesia, yaitu Joko Anwar.

Penghargaan yang diraih oleh Babi Buta yang Ingin Terbang antara lain adalah Golden Horse Film Festival, Rotterdam International Film Festival, Singapore International Film Festival, dan dua piala dari Nantes Three Continents Festival.

5. Kucumbu Tubuh Indahku (2018)

Film Indonesia Dengan Penghargaan Internasional Paling Banyak Kucumbu Tubuh Indahku D0c68

Seorang anak laki-laki yang ditinggalkan oleh ayahnya bergabung dengan kelompok tari Lengger di mana laki-laki berpenampilan feminim, tetapi pergolakan politik dan sosial di Indonesia memaksanya untuk menjauh dan bertemu dengan berbagai macam orang dalam perjalanannya.

Seperti itulah premis Kucumbu Tubuh Indahku yang berhasil memenangkan penghargaan di Venice Independent Film Critic, Festival Des 3 Continents, Asia Pacific Screen Awards, International Cinephile Society Awards dan Guadalajara International Film Festival.

Sekilas, film ini bisa dibilang cukup kontroversial di Indonesia, mengingat bahwa tema yang diangkat merupakan LGBT. Namun, film ini tetap disambut dengan berbagai macam pujian karena kualitasnya yang baik.

6. Turah (2016)

Film Indonesia Dengan Penghargaan Internasional Paling Banyak Turah Db9ef

Turah menceritakan kehidupan warga Kampung Tirang yang bobrok dan miskin. Suatu ketika, salah satu penduduk yang alkoholik mulai mempertanyakan tata kelola desa, dan kedamaian di desa pun mulai terganggu.

Film yang dirilis tahun 2016 ini diangkat dari desa nyata di Tegal. Yang membuatnya lebih menarik adalah dialog dalam film tidak berbahasa Indonesia seperti film Indonesia pada umumnya, namun berbahasa Tegal.

Meski begitu, Turah berhasil meraih berbagai penghargaan yang di antara lain adalah Geber Award dan Netpac Award dalam Jogja-NETPAC Asian Film Festival, serta Singapore International Film Festival 2016.

7. The Science of Fictions (2019)

Film Indonesia Dengan Penghargaan Internasional Paling Banyak The Science Of Fictions 639cb

Mengisahkan tentang Siman yang ditangkap dan dipotong karena menyaksikan kru asing mengambil foto-foto pendaratan di bulan.

Semenjak kejadian itu, ia hidup dengan gerakan lambat, seperti astronot, dan dianggap gila karena membangun roket di halaman rumahnya.

Film besutan Yosep Anggi Noen ini sukses meraih penghargaan Film Terbaik pada Premio Boccalino d Oro Locarno 2019 dan Festival Film International Locarno ke-72 di Locarno, Swiss.

Akhir Kata

Deretan film Indonesia di atas patut membuat kita sebagai warga negara Indonesia bangga, karena kualitas film tanah air sudah diakui di luar negeri sekalipun!

Pastinya, kamu ingin bisa streaming film-film di atas, kan? Nah, kamu bisa menyimak kumpulan situs streaming legal untuk mendukung kemajuan film di Indonesia, ya.

Baca artikel mengenai Film atau artikel menarik lainnya dari Michelle Cornelia.

ARTIKEL TERKAIT
Pjimage 1 8f549
No Sensor! 7 Film Hot Indonesia yang Laku & Bebas Tayang di Bioskop
Aktor Yang Memiliki Banyak Hutang Banner Dcf04
7 Aktor yang Memiliki Banyak Hutang, Gak Nyangka!
Aktor Yang Mendapat Kutukan Oscar Banner Fa9ed
7 Aktor yang Mendapat Kutukan Oscar, Bukan Cuma Mitos!
Peran Paling Memalukan Yang Dibintangi Aktor Ternama Banner 95073
7 Peran Paling Memalukan yang Dibintangi Aktor Ternama, Nyesel Abis!
Film Dengan Judul Paling Pendek Di Dunia Banner 38314
7 Film dengan Judul Paling Pendek di Dunia, Ada yang Cuma Satu Huruf!
Aktor Yang Benci Ciuman Dengan Lawan Mainnya Banner 226d9
7 Aktor yang Benci Ciuman dengan Lawan Mainnya, Aslinya Jijik!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal