J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film Indonesia Kontroversial yang Malah Laris dan Berprestasi, Tahan Kritik!

Minggu, 7 Feb 2021, 18:30 WIB
Deretan film penuh kontroversi ini tidak terpengaruh kritik. Malah penontonnya semakin banyak dan prestasi yang diraih pun beragam.

Meskipun film adalah bentuk hiburan, karya seni ini umumnya memiliki pesan moral atau nilai-nilai pelajaran yang dapat dipetik oleh penontonnya.

Tetapi ada kalanya hal-hal positif yang hendak ditampilkan malah menjadi bumerang hingga membawa film tersebut ke pusaran kontroversi - apalagi hal-hal yang negatif, tentu saja mendapat kecaman.

Sebagai negara yang masih menjunjung budaya ketimuran dan kental dengan keagamaan, Indonesia memiliki batasan-batasan tertentu mengenai hal yang dapat ditampilkan di sebuah film demi dijunjungnya norma dan etika.

Nah, karena itulah ada beberapa film yang tak bisa diterima secara damai oleh beberapa kalangan di Indonesia. Meski demikian, film-film tersebut malah laris manis di pasaran dan berhasil memboyong banyak penghargaan. Kok bisa?

Baca dulu ulasan Jaka berikut, yuk!

1. Dua Garis Biru (2019)

MV5BNThhYWRmNGQtYjJiMC00YWRhLWI0ZWUtY2VmMWFjNGM2NjUzXkEyXkFqcGdeQXVyNzkzODk2Mzc V1 UY1200 CR165 0 630 1200 AL Cba7d

Munculnya trailer film Dua Garis Biru di tahun 2019 langsung mengundang reaksi keras berbagai kalangan terutama orang tua yang menganggap film ini meresahkan dan mempromosikan seks bebas.

Padahal, film yang menggandeng Angga Yunanda dan Adhisty Zara sebagai pemeran utama ini sebenarnya memperingatkan bahaya dan konsekuensi seks bebas yang bisa saja dilakukan oleh remaja.

Seolah tak terpengaruh dengan tuduhan tersebut, film ini menjadi film kedua yang paling banyak ditonton di tahun 2019 dengan mencapai lebih dari 2.500.000 penonton, membawa pulang dua Piala Citra, serta tiga piala di Festival Film Bandung 2019.

2. Dilan (2019)

Dilan 1991 Film Poster 76211

Film romantis Indonesia yang berhasil bikin kita kembali nostalgia ke masa SMA seperti Dilan bahkan turut menuai kontroversi, lho.

Beberapa organisasi masyarakat memandang film ini memiliki plot yang berpotensi membawa remaja ke pergaulan yang kurang baik.

Namun film yang diadaptasi dari novel Pidi Baiq ini tembus 5 juta penonton, menjadi nomor satu film terlaris pada tahun 2019. Bahkan sekuelnya pun terus diluncurkan ke bioskop.

3. Makmum (2019)

013633800 1559725542 Makmum 94f53

Jaka yakin semua orang setuju bahwa film Makmum adalah salah satu film horor terbaik Indonesia yang benar-benar seram dan tidak menjual unsur seksual.

Masalahnya, film horor sebagus ini pun tetap menerima kritik tajam lantaran membuat orang takut shalat sendirian, apalagi di malam hari.

Meski banyak yang mengaku takut, Makmum tetap saja berhasil mengundang banyak penonton hingga mendapat penghargaan dari Museum Rekor Dunia-Indonesia. Film ini bahkan berhasil laris di Malaysia juga, lho!

4. Paku Kuntilanak (2009)

Paku Kuntilanak Indonesian Movie Poster Md 8b5be

Dibintangi penyanyi seksi Dewi Perssik, sejak awal sudah cukup bisa ditebak bahwa film horor Paku Kuntilanak mengandung unsur vulgar dan pornografi yang cukup eksplisit.

Tentunya hal ini membuat banyak kalangan melayangkan protes, termasuk MUI yang ingin Paku Kuntilanak ditarik dari bioskop.

Nyatanya film besutan Findo Purwono ini laris manis di bioskop dan berhasil menarik 290 ribu penonton di dua minggu pertama penayangannya.

5. Jagal / The Act of Killing (2012)

The Act Of Killing 2012 Film D2ec2

Film yang memiliki judul dalam dua bahasa ini merupakan hasil kerja sama para sutradara asal Indonesia dan Amerika Serikat yang mengisahkan pelaku pembunuhan anti-PKI.

Alih-alih dipuja di Indonesia, film yang mendapat respons positif di seluruh dunia hingga mencapai rating 97% di Rotten Tomatoes tersebut malah dicekal dan dianggap menggugah jiwa komunisme.

Meski begitu, Jagal masuk nominasi Film Dokumenter Terbaik dalam ajang Piala Oscar serta memenangkan British Academy Film Awards 2013.

6. Kucumbu Tubuh Indahku

Maxresdefault Eeb3a

Mungkin Kucumbu Tubuh Indahku merupakan salah satu film yang menuai kontroversi paling besar, yakni dengan munculnya petisi yang mengajak netizen untuk memboikot film garapan Garin Nugroho tersebut.

Film ini dipandang menyoroti dan mempromosikan LGBT serta menampilkan adegan homoseksual secara terang-terangan.

Petisi yang ditandatangani lebih dari 53 ribu orang tersebut nyatanya tak mampu membendung prestasi film ini, terbukti dengan 8 Piala Citra yang berhasil disabetnya.

Di ajang internasional sendiri, Kucumbu Tubuh Indahku menerima berbagai penghargaan internasional dari Asia Pacific Screen Awards 2018, Festival Des Continents 2018, serta Bisato D Oro Award Venice Independent Awards.

7. Perempuan Berkalung Sorban

Perempuanberkalungsorban 03c0c

Kontroversi yang tak kalah hebatnya juga merundung Perempuan Berkalung Sorban yang dipimpin oleh sutradara terbaik Indonesia, Hanung Bramantyo.

Film bertema religi dan pemberdayaan perempuan ini dianggap menyerang tradisi Islam konservatif yang masih kental di berbagai pesantren Indonesia sehingga menyinggung beberapa kalangan.

Namun, kehadiran nama-nama besar seperti Reza Rahadian, Revalina S. Temat, dan Oka Antara tetap menggugah minat masyarakat untuk menonton Perempuan Berkalung Sorban. Terbukti lebih dari 790 ribu orang berbondong-bondong menonton film ini.

Akhir Kata

Wow, meski digoyang kontroversi di sana-sini, film-film di atas tetap bisa bertahan dan malah meraih kesuksesan baik secara jumlah penonton maupun prestasi di berbagai ajang penghargaan.

Di antara film yang ada di atas, mana yang jadi favoritmu, nih?

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

ARTIKEL TERKAIT
10 Film Yang Dicekal Banner
10 Film Sadis dan Kontroversial yang Dicekal Banyak Negara
Poster Film Kontroversial Banner
10 Poster Film Kontroversial yang Paling Dicekal Sepanjang Masa (18+)
5 Film Yang Dilarang Tayang Di Indonesia 8c395
5 Film Indonesia Kontroversial yang Dapat Penghargaan | Bikin Heboh!
Film Superhero Selain Marvel Dan Dc A1866
7 Adegan Paling Kontroversial di Film Superhero, Ada Adegan Dewasa?
Aktor Cilik Yang Mendapatkan Peran Kontroversial C4010
7 Aktor Cilik Ini Dapat Peran Kontroversial, Ada yang Jadi Pelacur?
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal