J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

5 Film Indonesia yang Bertemakan Politik, Bahas Isu SARA!

Kamis, 4 Feb 2021, 16:30 WIB
Di Indonesia sendiri, film-film bertemakan politik masih bisa dihitung dengan jari. Biarpun begitu, plotnya sudah cukup berkualitas!

Politik seringkali dianggap sebagai topik yang cukup sensitif dan berat jika mau dimasukkan sebagai ide film atau serial TV.

Hal tersebut dibuktikan dengan jarangnya karya sineas yang bertemakan politik maupun isu kebijakan pemerintah, mengingat banyak yang takut jika karyanya dilarang tayang di layar lebar.

Di Indonesia sendiri, film-film bertemakan politik masih bisa dihitung dengan jari. Biarpun begitu, plot cerita dan aksi yang disajikan sudah cukup berkualitas kok!

Tanpa perlu berlama-lama, berikut hasil penelusuran Jaka mengenai film-film Indonesia bertemakan politik. Selamat membaca!

1. Gie (2005)

Politik 1 Custom 715e7

Film Gie yang rilis tahun 2005, Gie, diadaptasi dari kisah hidup aktivis politik sekaligus ulumnus universitas ternama di era 1960an yang bernama Soe Hok Gie.

Di sini, kisah hidup aktivis tampan tersebut ditunjukkan pada para penonton, termasuk bagaimana lantangnya Gie dalam menentang rezim kala itu dengan pemikirannya yang dingin dan kritis.

Karakter Gie sendiri diperankan oleh Nicholas Saputra yang sempat didaulat sebagai aktor tertampan di Indonesia. Film Gie sudah menyabet sederet penghargaan prestisius, salah satunya dalam kategori Most Promising Project dari Hibert Bals Fund.

2. 2014: Siapa di Atas Presiden? (2014)

Politik 2 Custom 180cf

Film ini dirilis bersamaan dengan pentas politik Pemilu 2014 yang begitu panas dan menyedot perhatian seisi negeri atas persaingan dua kubu yang berbeda.

Nggak heran, film 2014: Siapa di Atas Presiden? pun juga mengisahkan gejolak pemilu dan intrik politik yang terjadi di Indonesia, lengkap dengan sandiwara lobi antar pejabat yang licik.

Dibintangi sederet bintang ternama seperti Ray Sahetapy, Rizky Nazar, Donny Damara, hingga Maudy Ayunda, film ini bakal memuaskanmu yang gemar menonton film politik.

3. Negeri Tanpa Telinga (2014)

Politik 3 Custom 08b08

Selanjutnya ada Negeri Tanpa Telinga yang dirilis di tahun yang sama dengan film Siapa di Atas Presiden. Film ini sendiri mengisahkan sosok Naga, seorang tukang pijat spesialis para pejabat dan politikus.

Dari film ini, kamu bisa menyaksikan bagaimana Naga harus mendengar aneka curhatan para politikus yang ia layani, lengkap dengan aneka proyek-proyek penuh rekayasa yang mereka rancang demi memperkaya diri.

Karena sudah nggak tahan dengan aksi kotor para politikus, Naga nekat merusak pendengarannya biar nggak perlu mendengar suaranya mereka lagi. Aduh!

4. Di Balik 98 (2015)

Politik 4 Custom Eb0db

Film yang tayang pada tanggal 15 Januari 2015 tersebut berlatar belakang runtuhnya pemerintahan Orde Baru yang ditandai dengan mundurnya Presiden Soeharto.

Disutradarai Lukman Sardi, film Di Balik 98 berhasil menggambarkan dengan konkrit perjuangan mahasiswa Indonesia dalam menggulingkan rezim serta berunjuk rasa untuk menuntut reformasi.

Banyak pesan moral yang hendak disampaikan film ini. Apalagi dibintangi oleh Chelsea Islan dan Boy William bikin film Di Balik 98 makin menarik dan worth it buat disaksikan.

5. Bumi Manusia (2019)

Politik 5 Custom 6c35c

Ada yang sudah nonton film Bumi Manusia? Film ini diadaptasi dari novel karya sastarawan legendaris Indonesia, Pramoedya Ananta Toer atau Mas Pram.

Film Bumi Manusia mengisahkan remaja pribumi bernama Minke. Ia adalah sosok cerdas dan terpelajar yang lantang menentang diskriminasi pemerintah Belanda.

Dibintangi Iqbal Ramadhan dan Mawar de Jongh, film ini juga mengisahkan hubungan percintaan antar kelas sosial yang penuh konflik. Penasaran? Tonton aksi mereka!

Akhir Kata

Itulah tadi deretan film Indonesia yang bertemakan politik. Bagaimana pendapatmu?

Jangan lupa tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah. Sampai jumpa di artikel Jaka yang selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Untitled 4 3ea4f
Ssssstt....Ini 7 Rahasia Terbesar di Balik Adegan Film Terkenal
Untitled 3 Ccb77
7 Alur Cerita Paling Buruk & Ngaco di Film MCU, Bikin Fans Murka!
Untitled 1 7fa91
7 Aktor Hollywood yang Udah Tajir Melintir dari Lahir, Rafathar Kalah!
Page B7b12
7 Film Indonesia dengan Biaya Produksi Termahal, Gak Balik Modal?
Page B05d7
7 Film Tanpa Adegan Romantis Sama Sekali, Tetap Seru & Menghibur!
Page 9bad8
7 Aktor Hollywood yang Mendadak Berhenti Main Film, Udah Gak Laku?
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal