Daftar Sribulancer 2022, Situs Web Lowongan Pekerjaan Khusus Freelancer

Default

Para pekerja lepas pasti nggak asing dengan situs web Sribulancer. Platform ini terkenal karena memiliki basis data lowongan kerja khusus freelancer terlengkap.

Tersedia 138 jenis job yang bisa kamu kerjakan di sini, mulai dari kategori desain, video, foto, pemasaran, entri data, hingga web dan pemrograman.

Kamu nggak perlu khawatir tidak dapat pekerjaan karena jumlah klien Sribulancer mencapai 16.100 klien yang terdiri dari organisasi, perusahaan, dan individu!

Kalau kamu ingin mencari uang tambahan dengan mengerjakan job freelance, kamu bisa tilik platform ini. Jaka akan membeberkan ulasan beserta cara daftar dan mencari pekerjaan di sini!

Ulasan Singkat Mengenai Sribulancer 2022

Sribulancer
Sumber foto: Sribulancer.com - Apa itu Sribulancer

Sribulancer adalah situs web penghubung penyedia kerja dan pencari kerja di berbagai bidang. Platform ini dikembangkan oleh PT Sribu Digital Kreatif yang beralamat di Gandaria, Jakarta Selatan.

Sribulancer menyediakan berbagai lowongan pekerjaan lepas (freelance job). Platform ini juga terpercaya dan sudah memiliki lebih dari 17.000 klien dan 27.000 freelancer berkualitas yang mengakomodir 100+ kategori jasa.

Bagi pekerja, Sribulancer tidak mengenakan biaya pendaftaran atau administrasi. Tapi, kamu harus membayar 10% biaya komisi dari total nilai pekerjaan yang berhasil kamu selesaikan dengan baik.

Oh ya, platform ini juga melayani penyedia kerja yang membutuhkan tenaga kerja lepas untuk bisnisnya. Harga jasa bisa disesuaikan dan didiskusikan bersama freelancer.

Kamu mungkin bertanya, apakah Sribulancer aman atau tidak? Jaka dapat pastikan kalau platform ini legal dan aman, karena sudah dinaungi perusahaan yang terdaftar di bursa efek. Bulan Maret 2022 lalu, platform lowongan kerja ini diakuisisi oleh perusahaan asal Jepang, Mynavi Corporation Japan sebagai pemegang saham mayoritas.

Apa Saja Pekerjaan di Sribulancer?

Seperti yang Jaka sebutkan di prolog, setidaknya ada 138 jenis pekerjaan di platform freelancer ini. Semuanya terbagi ke dalam kategori dan sub kategori.

Setidaknya, ada delapan kategori pekerjaan di sini, yaitu:

  • Jasa Desain & Identitas Branding
  • Jasa Penulisan
  • Jasa Bisnis & Pemasaran Online
  • Jasa Entri Data
  • Jasa Penerjemahan
  • Jasa Website & Pengembangan
  • Jasa Pengembangan Aplikasi Mobile

Kemudian untuk sub kategorinya meliputi:

  • Jasa Akuntansi dan Keuangan
  • Jasa Bisnis dan Pemasaran Online Lainnya
  • Jasa Penulisan Lainnya
  • Jasa SEO (Search Engine Optimization)
  • Jasa Desain UI/UX
  • Jasa Pembuatan Video
  • Jasa Aplikasi Android
  • Jasa Social Media Marketing
  • Jasa Website E-commerce/Toko Online

Berapa Penghasilan Di Sribulancer?

Screen Shot 2019 02 20 At 16 19 31 E1550656044686
Sumber foto: Sribulancer.com - Berapa Penghasilan Sribulancer

Penghasilan di Sribulancer untuk tiap pekerja lepas berbeda tergantung jenis pekerjaan/job-nya. Kamu dapat melihat informasi ini ketika melamar pekerjaan di bagian Cari Job.

Untuk bidang kepenulisan, ada klien yang mematok Rp120.000 untuk satu artikel Bahasa Indonesia dengan panjang 1000 kata. Ada juga artikel khusus blog dengan 3 foto yang dihargai Rp150.000.

Contoh lain, di bidang entri data, kisaran bayarannya mulai dari Rp120.000 hingga Rp250.000 untuk satu job. Untuk desain baju atau kaos dihargai mulai dari Rp300.000, dan sebagainya.

Jadi, pastikan kamu mencermati nominal bayaran sebelum apply pekerjaan. Jangan lupa dikurangi biaya komisi 10% supaya kamu dapat gambaran bayaran bersihmu. Untuk pembayarannya sendiri bisa melalui rekening bank.

Cara Daftar Jadi Freelance di Sribulancer Pemula

Sribulancer 1
Sumber foto: Sribulancer.com - Cara Daftar Sribulancer

Tertarik dapat cuan tambahan di situs web ini? Cara bergabungnya cukup mudah, kok. Kamu bisa daftar Sribulancer dengan mengikuti instruksi dari Jaka berikut ini.

  1. Kunjungi situs web Sribulancer di sini
  2. Klik Register, pilih Freelancer
  3. Isi nama lengkap, kata sandi, email, nomor telepon, dan data lain
  4. Klik Daftar dan Lanjutkan
  5. Cek email dan lakukan verifikasi

Setelah akunmu berhasil diaktivasi, kamu bisa mulai mencari pekerjaan. Tapi, Jaka sarankan kamu untuk melengkapi profilmu supaya terlihat lebih profesional. Begini caranya!

  1. Akses situs web Sribulancer
  2. Login Sribulancer dengan email dan kata sandi
  3. Klik Profil
  4. Pada bagian Tentang Saya, pilih Edit
  5. Pilih 5 sub kategori dari 2 kategori pekerjaan yang kamu kuasai
  6. Klik Lanjut
  7. Isi profil kamu dengan identitas, keahlian (skills), serta bagian Jelaskan Tentang Anda (lihat tips di bawah)
  8. Unggah kartu identitasmu
  9. Klik Lanjut
  10. Isi riwayat pekerjaanmu, klik Lanjut
  11. Tambah portofolio, klik Simpan (lihat tips di bawah)

Cara Mencari Pekerjaan di Sribulancer

Sribulancer 2
Sumber foto: Sribulancer.com - Cara Mencari Pekerjaan di Sribulancer

Kalau profilmu sudah lengkap, kamu bisa mulai cari job Sribulancer dengan lebih percaya diri! Langkahnya mudah, silakan ikuti instruksi berikut.

  1. Buka situs web Sribulancer
  2. Klik Cari Job
  3. Pilih kategori pekerjaan
  4. Pilih satu pekerjaan yang menarik untukmu
  5. Klik Daftar Job
  6. Isi penawaran bayaran dari kamu
  7. Tuliskan alasan kenapa klien harus merekrut kamu untuk job ini
  8. Unggah dokumen tambahan, misalnya portofolio yang sesuai dengan jenis pekerjaan
  9. Klik Kirim Penawaran

Kamu tinggal tunggu keputusan apakah penyedia kerja akan merekrut kamu atau tidak. Rajin-rajin cek email dan buka situs web Sribulancer job, ya.

Tips Mengisi Deskripsi Keahlian dan Portofolio di Sribulancer

Nah, biar isi profilmu nggak asal-asalan, kamu harus memperhatikan isi dari Jelaskan Tentang Anda dan Portofoliomu. Jaka punya tips dan cara mengisi portofolio di Sribulancer plus deskripsi keahlianmu.

Di bagian tentang dirimu, kamu harus bisa menjelaskan latar belakang dan keahlian yang kamu miliki. Fokus ceritakan hasil nyata pekerjaan kamu. Jika memungkinkan, masukkan indikator berupa angka untuk meyakinkan klien. Contohnya seperti ini:

Saya adalah penulis dengan pengalaman 10 tahun. Pengalaman tersebut saya raih saat bekerja di Penerbit Gramedia dan Penerbit Erlangga. Saya menghasilkan 500+ karya yang terdiri dari script video, cerpen, puisi, dan novel remaja. Seluruh karya saya otentik dan bebas dari plagirisme. Novel saya terbaru berjudul Langit Violeta, yang terbit 10 Oktober 2022. Novel ini menjadi top 10 di kategori novel remaja bulan November 2022.

Klien pasti ingin melihat bukti dari pencapaianmu, berupa hasil karya/portofolio yang kamu sebutkan di deskripsi tadi. Masukkan minimal 4 portofolio untuk menunjukkan hasil kerjamu. Untuk mengisi laman portofolio, ikuti panduan berikut:

  • Judul Proyek: tuliskan judul karyamu dengan bahasa yang menarik
  • Deskripsi Proyek: tuliskan apa maksud dari karya tersebut
  • Gambar Thumbnail: gambar untuk cover portofoliomu. Ekstensinya JPG, JPEG, atau PNG, maksimal 1MB
  • File Proyek: masukkan file portofoliomu. Ekstensinya jpg, jpeg, webp, pdf, png, word, excel, mp3, .ogg, .wav, mp4, maksimal 5MB
  • Kategori: pilih kategori hasil pekerjaanmu
  • Tanggal penyelesaian: pilih tanggal hasil kerjamu diselesaikan

Nanti, tim Sribulancer verifikasi akan mengecek portofoliomu, apakah valid atau tidak. Jika valid, karya ini akan otomatis ditambahkan di akunmu.

Akhir Kata

Buat kamu yang bingung cari uang tambahan di sela kesibukan pekerjaan utama atau sekolah, Sribulancer jadi platform yang bisa kamu andalkan!

Selain pendaftarannya mudah, kamu juga bisa menemukan banyak jenis pekerjaan lepas di sini. Kamu tidak akan dikenakan biaya pendaftaran, administrasi, atau apapun, cukup biaya komisi 10% tiap pekerjaanmu selesai dengan sempurna.

Sedikit tips dari Jaka: lengkapi profilmu dengan data yang benar dan akurat. Buat deskripsi tentang dirimu dengan informasi yang jelas dan padat. Plus, jangan lupa untuk selalu memperbarui portofoliomu. Semoga membantu!

Baca juga artikel Tips, Apps, Tech Hack atau artikel menarik lainnya dari Athika Rahma

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal