10 Film Balap Mobil Terbaik yang Memacu Adrenalin, Wajib Nonton!

Default

Film balap mobil tentunya selalu menarik perhatian. Tak hanya punya jalan cerita yang seru, tapi aksi kejar-kejaran dengan mobil juga membuat film jadi terasa begitu ekstrem dan memacu adrenalin ya, geng. Setuju gak?

Belum lagi jika para pemainnya menggunakan jenis mobil-mobil langka dan mewah yang selalu kamu impikan. Jadi nilai plus banget, deh!

Nah, buat kamu yang punya hobi nonton balap mobil, Jaka punya rekomendasi beberapa film balap mobil terbaik sepanjang masa nih.

Mulai dari balap mobil ala F1 hingga kejar-kejaran dengan penjahat. Mulai dari mobil biasa hingga mobil mewah dan langka yang keren abis, semuanya lengkap di sini.

Penasaran apa saja rekomendasinya? Simak daftar berikut ini ya!

1. Fast & Furious (2001 - Sekarang)

Posisi pertama tentu saja ditempati oleh franchise balap mobil paling sukses. Film The Fast and Furious merupakan yang pertama kali dirilis pada 2001 lalu.

Total sudah ada 9 film dan juga 1 spin-off dalam franchise ini, geng. Film terbarunya adalah F9 atau Fast and Furious 9 yang rilis pada 2021.

Beberapa film pertamanya diisi dengan jalan cerita seputar balapan ilegal yang melibatkan keluarga Toretto yang terdiri dari Dom Toretto (Vin Diesel) dan juga Brian O'Connor (Paul Walker).

Namun lama kelamaan cerita dalam seri filmnya berubah jadi pencurian dan agen pemerintah mulai dari seri kelima, Fast Five (2011).

Walaupun begitu momen balap mobil yang menegangkan dan melibatkan mobil-mobil mewah serta aksi stunt yang mengagumkan tetap ada kok, geng. Apakah kamu masih mengikuti seri ini?

Judul Fast & Furious
Rilis 2 Juni 2001
Produksi Metro-Goldwyn-Mayer, Eon Productions
Sutradara Rob Cohen
Cast Vin Diesel, Paul Walker, Michelle Rodriguez, dkk
Genre Action, Drama
Rating 6.8/10 (IMDb)

54% (RottenTomatoes)

2. Death Race (2008)

Selanjutnya ada film Death Race, film balap mobil terbaik yang tak hanya menampilkan serunya balapan tapi juga pertarungan brutal antar pembalap.

Film ini mengisahkan sebuah balap mobil yang mengizinkan adanya kekerasan dalam pertandingan. Alhasil setiap pembalap selalu berusaha menyakiti lawannya agar bisa menang.

Mereka juga memodifikasi mobilnya dengan senjata tajam dan tembakan yang canggih, geng. Keren banget, deh!

Judul Death Race
Rilis 27 Agustus 2008
Durasi 1 jam 51 menit
Produksi Relativity Media, Impact Pictures, Cruise/Wagner Productions
Sutradara Paul W. S. Anderson
Cast Jason Statham, Natalie Martinez, Tyrese Gibson, dkk
Genre Action
Rating 6.8/10 (IMDb)

54% (RottenTomatoes)

3. Rush (2013)

Rush merupakan film biografi terbaik dari 2 pembalap F1 legendaris, James Hunt dan Niki Lauda. Dalam film ini, mereka diperankan oleh Chris Hemsworth si pemeran Thor dan juga Daniel Bruhl, pemeran Baron Zemo dalam MCU.

Mereka berdua terkenal punya rivalitas yang sangat sengit. Sifat mereka yang sangat berbeda satu sama lain juga menambah rivalitas keduanya. James Hunt sosok yang santai dan gemar berpesta, sementara Niki Lauda serius dan fokus.

Tak hanya menampilkan konflik dari masing-masing James Hunt dan Niki Lauda. Namun tentu saja ada banyak adegan balap mobil di sirkuit yang begitu seru dan menegangkan.

Judul Rush
Rilis 1 Oktober 2013
Durasi 2 jam 3 menit
Produksi Cross Creek Pictures, Exclusive Media,

Working Title Films, Imagine Entertainment, Revolution Films
Sutradara Ron Howard
Cast Chris Hemsworth, Daniel Bruhl dkk
Genre Action, Sports, Drama
Rating 8.1/10 (IMDb)

89% (RottenTomatoes)

4. Le Mans (1971)

Film yang satu ini sih klasik banget, geng. Seperti judulnya, Le Mans mengangkat kisah seorang pembalap yang mengikuti ajang balapan yang berlangsung 24 jam, Le Mans.

Dikisahkan seorang pembalap Porsche 917 bernama Michael Delaney (Steve McQueen) yang sedang merasa terpuruk setelah menyebabkan kecelakaan di sirkuit yang berakibat suami temannya meninggal dunia.

Banyak kritikus memuji penampilan McQueen dan juga adegan balapan mobil yang terasa nyata dan menegangkan. Gak heran karena film ini menggunakan beberapa rekaman asli dari ajang Le Mans setahun sebelum perilisan film ini. Totalitas banget, ya?

Judul Le Mans
Rilis 23 Juni 1971
Durasi 1 jam 46 menit
Produksi Cinema Center Films
Sutradara Lee H. Katzin, John Sturges
Cast Steve McQueen, Siegfried Rauch, Elga Andersen, dkk
Genre Action, Sports
Rating 6.7/10 (IMDb)

*699%** (RottenTomatoes)

5. Need for Speed (2014)

Kalau judul film yang satu ini mungkin cukup familiar buat kamu pemain game ya. Need for Speed memang terinspirasi dari game balap mobil legendaris Need for Speed, unsur ceritanya mirip dengan game NFS: Rival.

Berkisah tentang Tobey Marshall (Aaron Paul), seorang mantan pembalap. Suatu ketika ia dikhianati oleh mantan rivalnya, Dino Brewster (Dominic Cooper) dan harus masuk penjara.

Keluar dari penjara, ia pun menuntut balas pada Dino dan berpartisipasi dalam sebuah balapan bawah tanah.

Need for Speed memberikan berbagai ketegangan dalam aksi balapan yang ada dalam film. Selain itu, ada juga penampakan beberapa mobil langka dan mewah yang pastinya bisa bikin kamu merinding, geng!

Judul Need for Speed
Rilis 7 Maret 2014
Durasi 2 jam 10 menit
Produksi DreamWorks Pictures, Reliance Entertainment, Electronic Arts, Badito Brothers
Sutradara Scott Waugh
Cast Aaron Paul, Imogen Poots, Rami Malek, Dominic Cooper, dkk
Genre Action, Drama
Rating 6.4/10 (IMDb)

22% (RottenTomatoes)

6. Days of Thunder (1990)

Sebelum jadi agen rahasia mata-mata, Tom Cruise juga pernah jadi pembalap jagoan bernama Cole Trickle di film Days of Thunder.

Film action olahraga ini mengisahkan tentang rivalitas Cole dan juga Rowdy Burns (Michael Rooker). Namun ketika sama-sama tertimpa insiden dan harus dirawat, keduanya malah bersahabat.

Sampai-sampai Burns meminjamkan mobilnya pada Cole agar bisa kembali ke sirkuit dan mengalahkan musuh mereka bersama.

Film ini katanya terinspirasi dari karier seorang pembalap NASCAR bernama Tim Richmond loh. Jadi gak usah diragukan lagi ya penampakan aksi balapannya bakal seseru apa.

Judul Days of Thunder
Rilis 27 Juni 1990
Durasi 1 jam 47 menit
Produksi Don Simpson/Jerry Bruckheimer Films
Sutradara Tony Scott
Cast Tom Cruise, Nicole Kidman, Robert Duvall, Michael Rooker, dkk
Genre Action, Drama
Rating 6.1/10 (IMDb)

38% (RottenTomatoes)

7. Senna (2010)

Penggemar balapan Formula 1 pasti familiar sama salah satu pembalap terbaik sepanjang masa, Ayrton Senna. Ia berhasil meraih 3 kali juara dunia pada 1988, 1990, dan 1991 sebelum meninggal di San Marino Grand Prix 1994.

Senna merupakan salah satu film dokumenter terbaik yang mengisahkan perjalanan karier seorang Ayrton Senna hingga kematiannya.

Tentu saja kamu akan bisa melihat potongan adegan balap mobil asli yang seru dan menegangkan, geng. Ada juga beberapa adegan kecelakaan terkenal yang sempat terjadi di sirkuit. Seram banget, deh!

Judul Days of Thunder
Rilis 25 Mei 2011
Durasi 1 jam 46 menit
Produksi StudioCanal, Working Title Films, Midfield Films
Sutradara Asif Kapadia
Cast Ayrton Senna, Michael Shumacher, Vivianne Senna, dkk
Genre Dokumenter, Sport
Rating 8.5/10 (IMDb)

93% (RottenTomatoes)

8. Grand Prix (1966)

Selain Le Mans, ada juga film balap mobil klasik lainnya yakni Grand Prix. Film ini mengisahkan seorang pembalap asal Amerika bernama Pete Aron (James Garner) yang dikeluarkan dari timnya karena suatu insiden.

Bukannya menyerah, Pete justru berusaha bangkit dengan membangun karier di tim asal Jepang, Yamura. Ia pun harus berjuang kembali ke sirkuit dan mengalahkan Jean-Pierre Sarti (Yves Montand), pembalap rival yang sudah meraih 2 gelar juara dunia.

Grand Prix sukses di pasaran. Film olahraga terbaik ini jadi salah satu film tersukses di tahun 1966, serta meraih 3 Piala Oscars.

Gak hanya punya adegan aksi balapan yang keren, tapi film ini juga menampilkan rekaman balapan yang asli dan penampilan kameo dari pembalap F1 pada masa itu seperti Phil Hill, Graham Hill, Juan Manuel Fangio, Jim Clark, Jochen Rindt, dan Jack Brabham.

Judul Days of Thunder
Rilis 21 Desember 1966
Durasi 1 jam 56 menit
Produksi Joel Productions, John Frankheimer Productions, Cherokee Productions
Sutradara John Frankenheimer
Cast James Garner, Jessica Walter, Eva Marie Saint, Yves Montand, dkk
Genre Drama, Sport
Rating 7.2/10 (IMDb)

100% (RottenTomatoes)

9. Ford v Ferrari (2019)

Dari judulnya, kamu mungkin sudah bisa menebak kalau film ini menampilkan rivalitas antara merek mobil terkenal yakni Ford dan Ferrari.

Carrol Shelby (Matt Damon), seorang desainer otomotif bekerja sama dengan Ken Miles (Christian Bale) untuk menciptakan mobil terbaik di dunia demi mengalahkan Ferrari di ajang balapan Le Mans.

Tak hanya ceritanya saja yang seru, tapi adegan balap mobilnya pun menegangkan banget, geng. Apalagi kalau kamu sempat nonton film ini di bioskop, sinematografinya ciamik banget!

Judul Ford v Ferrari
Rilis 15 November 2019
Durasi 2 jam 32 menit
Produksi Chernin Entertainment, TSG Entertainment, Turnpike Films
Sutradara James Mangold
Cast Matt Damon, Christian Bale, Josh Lucas, dkk
Genre Drama, Sport
Rating 8.1/10 (IMDb)

92% (RottenTomatoes)

10. Drive (2011)

Aktor tampan Ryan Gosling juga sempat bermain di film balap mobil terbaik Drive. Film ini menceritakan tentang seorang pria bernama Driver (Ryan Gosling), seorang stuntman yang bekerja sebagai supir untuk para kriminal.

Suatu ketika, ia terpaksa membantu suami tetangganya dalam pencurian jutaan dolar. Pekerjaan tersebut gagal dan Driver harus berusaha melindungi tetangganya yang ia cintai, Irene (Carey Mulligan) dan juga anaknya Benicio dari kejaran para penjahat.

Judul Ford v Ferrari
Rilis 8 Desember 2011
Durasi 1 jam 40 menit
Produksi Bold Films, OddLot Entertainment, Marc Platt Productions, Motel Movies
Sutradara Nicolas Winding Refn
Cast Ryan Gosling, Carey Mulligan, Albert Brooks, dkk
Genre Action, Crime
Rating 7.8/10 (IMDb)

93% (RottenTomatoes)

Akhir Kata

Itulah dia deretan rekomendasi film balap mobil terbaik sepanjang masa yang bisa Jaka berikan. Beberapa film tersebut bisa kamu tonton di situs streaming film terbaik seperti Netflix, Disney+ Hotstar, atau pun Amazon Prime Video ya.

Apakah kamu sudah menonton semua filmnya? Film mana yang paling seru?

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Syifa Nuri Khairunnisa.

Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal