7 Aktor Terkenal yang Mengidap Depresi, Berjuang Survive dalam Diam!

Banyak orang awam yang bilang bahwa depresi itu "penyakit orang-orang kurang bersyukur". Padahal, depresi sendiri merupakan gangguan kesehatan mental kronis yang terjadi karena banyak faktor rumit, mulai dari ketidakseimbangan hormon di otak hingga pengalaman traumatis di masa lalu.

Depresi pun jadi penyebab tingginya angka kematian akibat bunuh diri di beberapa negara, sekaligus jadi pemicu beberapa penyakit fisik seperti jantung dan stroke, loh!

Nah, tanpa kita sadari, banyak orang yang mengidap depresi dan berjuang sekuat tenaga untuk bisa survive dari gangguan mental ini, tak terkecuali sederet aktor dan aktris terkenal. Penasaran siapa aja? Baca selengkapnya di bawah ini!

Aktor Terkenal yang Mengidap Depresi

Biarpun beberapa aktor meninggal secara misterius (salah satunya bunuh diri), namun para pesohor yang Jaka sebutkan di bawah ini berhasil mempertahankan hidupnya berkat dukungan profesional dan orang-orang di sekitarnya. Berikut deretan aktor dan aktris terkenal yang mengidap depresi!

1. Ryan Phillippe

1 Custom 80a14

Aktor yang terkenal lewat film The Cruel Intentions ini mengatakan bahwa ia sudah berjuang melawan depresi sejak remaja. Ryan Phillippe pun secara terbuka bahwa ia sangat susah untuk benar-benar bahagia.

Ia pun berkata bahwa setelah melewati ratusan terapi dan obat-obatan penenang yang diresepkan psikiater, kondisinya sudah jauh lebih membaik walau masih beberapa kali kambuh.

Ryan pun mengatakan bahwa kesadaran akan kesehatan mental sudah harus dibentuk dari dini agar bisa dideteksi lebih awal dan dikendalikan agar tidak memburuk di kemudian hari.

2. Jon Hamm

2 Custom 7f287

Mungkin kita pernah berpikiran bahwa hidup seorang aktor komedi sukses dan kaya pasti diliputi dengan kebahagiaan dan kekocakan. Nyatanya hal tersebut nggak berlaku, bahkan buat Jon Hamm.

Dalam sebuah wawancara, Jon Hamm mengaku bahwa sudah bertahun-tahun ia berjuang dalam melawan depresi. Ini terjadi sejak kematian ayahnya di waktu Hamm masih menempuh kuliah.

Dari sanalah, ia mengaku menjalani terapi rutin, dan buatnya, terapi itu sangat membantu mengembangkan diri dan mentalnya. Ia pun bisa jadi pribadi yang lebih baik. Keren!

3. Gwyneth Paltrow

3 Custom F5181

Dalam sebuah kesempatan peraih piala Oscar Gwyneth Paltrow mengaku bahwa ia mulai mengidap depresi tak lama setelah kelahiran anak pertamanya.

Selama 5 bulan pasca kelahiran, ia mengaku mood nya hancur total dan nyaris nggak punya semangat hidup. Bahkan Paltrow mengaku di saat itu, ia nggak ada bedanya seperti zombie.

Ternyata setelah melakukan beberapa terapi, terungkap bahwa Paltrow bahkan sudah mulai masuk gejala depresi sejak kematian ayahnya sejak tahun 2002. Kini kondisinya sudah jauh lebih baik.

4. Kristen Bell

4 Custom D4d7e

Aktris terkenal yang benci banget sama Donald Trump ini ternyata juga menjadi survivor depresi sejak bertahun-tahun lalu. Hal ini ia ungkapkan dalam sebuah wawancara majalah di Amerika.

Terkenal secara global sebagai pengisi suara Anna di film Frozen, ia mengaku sudah mengidap depresi sejak usia remaja, tepatnya di pertengahan tahun ia kuliah.

Meskipun begitu, ia nggak malu untuk mengakui perjuangannya, loh! Bahkan ia punya motto hidup, "Orang yang berjuang melawan gangguan mental bukanlah orang lemah". Terharu banget!

5. Dwayne Johnson

5 Custom Dd28f

Siapa sangka bahwa Dwayne Johnson alias The Rock juga menjadi salah satu aktor terkenal Hollywood yang mengidap depresi? Ternyata, gangguan mental ini sudah ia idap sejak usia remaja, geng. Bahkan, ia sempat melakukan percobaan bunuh diri di usia 15 tahun!

Dalam sebuah wawancara majalah di Inggris, aktor sekaligus mantan pegulat profesional ini mengungkapkan perjuangannya dalam melawan aneka perasaan negatif yang bisa muncul secara tiba-tiba.

Beruntungnya, berkat dukungan psikiater, keluarga, dan teman-teman di sekitarnya, The Rock bisa survive dan bahkan bisa produktif bikin karya seni hingga saat ini.

6. Lady Gaga

6 Custom A8b5c

Depresi bisa menyerang siapapun, bahkan termasuk orang yang sejak lahir sudah tajir melintir, seperti yang terjadi pada penyanyi sekaligus aktris berbakat, Lady Gaga.

Seperti yang sudah diketahui banyak orang, Lady Gaga menjadi salah satu selebriti Hollywood yang berjuang melawan depresi dalam hidupnya. Meskipun begitu, Gaga nggak menutup-nutupinya, geng.

Bahkan, ia seringkali mempromosikan pentingnya kesehatan mental. Ia pun juga kerap berdiskusi secara terbuka mengenai obat yang ia minum sekaligus terapi-terapi yang ia jalani. Salut!

7. Jim Carrey

7 Custom B7032

Jika kamu sering menonton film-film terbaik Jim Carrey, kamu nggak bakal menyadari bahwa ia menjadi salah satu aktor yang berjuang melawan depresi sepanjang hidupnya.

Hal ini dialaminya sejak kecil, mengingat kondisi keluarganya cukup berantakan. Berbagai permasalahan hidup bahkan membuat Jim Carrey keluar dari sekolah dan menjadi pekerja paruh waktu.

Syukurlah, ketika sudah dewasa, ia mulai menyadari permasalahan di dalam hidupnya dan rajin mengikuti sesi terapi dan pengobatan serius.

Akhir Kata

Itulah tadi sederet aktor maupun aktris terkenal yang mengidap depresi dan berjuang untuk survive dalam diamnya. Semoga artikel ini memberikan insight baru sehingga kita mau berempati membantu perjuangan mereka.

Jangan lupa tuliskan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah. Sampai jumpa di artikel Jaka yang selanjutnya!

Baca juga artikel seputar Film atau artikel menarik lainnya dari Diptya.

ARTIKEL TERKAIT
Untitled 4 3ea4f
Ssssstt....Ini 7 Rahasia Terbesar di Balik Adegan Film Terkenal
Untitled 3 Ccb77
7 Alur Cerita Paling Buruk & Ngaco di Film MCU, Bikin Fans Murka!
Page B05d7
7 Film Tanpa Adegan Romantis Sama Sekali, Tetap Seru & Menghibur!
Page 9bad8
7 Aktor Hollywood yang Mendadak Berhenti Main Film, Udah Gak Laku?
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal