5 Fenomena Mencengangkan di Bawah Laut yang Masih Jadi Misteri

Default

Lautan yang luas memang dikenal mengandung berbagai misteri besar di kedalamannya. Di antaranya sudah pernah dijelaskan secara teori oleh para ilmuwan dan analis, namun masih ada beberapa teka-teki kelautan yang tidak dapat dijelaskan yang membuat penasaran.

Berbagai fenomena lautan misterius pun juga telah dilihat dan dialami oleh para pelaut di seluruh dunia. Tentunya hal ini kerap menjadi subjek diskusi dan debat yang menarik.

Berikut adalah kumpulan fenomena mencengangkan di bawah laut yang paling populer, baik yang sudah terpecahkan maupun belum terpecahkan.

1. Fenomena Lautan Susu

Fenomena Mencengangkan Di Bawah Laut Yang Masih Jadi Misteri Fenomena Lautan Susu 98edd

Fenomena Lautan Susu mengacu pada warna pancaran unik seperti susu di permukaan perairan Samudra Hindia.

Hal ini terjadi karena adanya bakteri yang bercahaya, sehingga menyebabkan warna air menjadi biru muda, yang tampak seperti warna putih susu dalam kegelapan.

Ini bukanlah pertama kalinya terjadi, mengingat fenomena Lautan Susu ini sudah ada selama lebih dari empat abad berdasarkan dokumentasinya.

2. Laut Hitam yang Mengepul

Fenomena Mencengangkan Di Bawah Laut Yang Masih Jadi Misteri Lautan Hitam Yang Mengepul 91c7b

Fenomena Laut Hitam yang mengepul dikenal dengan sebutan Sea Smoke atau asap laut.

Pada dasarnya, uap yang muncul dari Laut Hitam disebabkan karena kelembaban air samudra yang berlawanan dengan kesejukan angin di atas permukaan air.

Selain menjelaskan misteri lautan di balik uap yang naik dari Laut Hitam, para ahli juga telah membuktikan bahwa fenomena tersebut cukup sering terjadi pada badan air yang lebih kecil.

3. Anomali Laut Baltik

Fenomena Mencengangkan Di Bawah Laut Yang Masih Jadi Misteri Anomali Laut Baltik A59c0

Fenomena Laut Baltik secara tidak sengaja ditemukan oleh tim penyelam pada 2011 lalu. Mereka menemukan entitas melingkar setebal 60 meter hampir di kedalaman 90 meter di Laut Baltik.

Para penyelam juga menemukan sebuah jalur sepanjang 300 meter yang mengarah ke fenomena tersebut. Sudah banyak ilmuwan yang telah menciptakan teori tentang anomali bawah laut yang misterius ini.

Hanya saja, hingga saat ini fenomena anomali Laut Baltik masih menjadi salah satu misteri laut dunia yang belum terpecahkan.

4. Lingkaran di Dasar Laut

Underwater Crop Circle Lingkaran Di Dasar Laut Eb174

Pernah dianggap sebagai objek yang bikin penasaran para ahli, lingkaran di dasar laut pernah dijelaskan sebagai proses kreatif ikan buntal dalam menemukan pasangan mereka.

Lingkaran bawah air pada umumnya memiliki lingkar lebih dari enam kaki dan sering dihiasi dengan cangkang dan barang dekoratif lainnya yang ditemukan di dasar laut.

Salah satu lingkaran di dasar laut pernah ditemukan di bawah perairan Pulai Amami Oshima di Jepang. Beberapa menganggap misteri lautan ini sebagai karya alien karena mirip dengan fenomena crop circle.

5. Konvergensi Laut Baltik dan Laut Utara

Fenomena Mencengangkan Di Bawah Laut Yang Masih Jadi Misteri Konvergensi Laut Baltik Dan Laut Utara 4a9d1

Fenomena kelautan bertemunya Laut Baltik dan Laut Utara ini merupakan salah satu topik kontroversial yang sering menjadi bahan perdebatan.

Titik konvergen Utara dan Laut Baltik berada di provinsi Skagen di Denmark. Namun, karena tingkat kepadatan perairan laut yang berbeda, kedua perairan ini tetap terpisah meskipun terjadi konvergensi.

Fenomena lautan unik ini ternyata juga pernah disebutkan dalam Al-Qur'an.

Akhir Kata

Sekian dari kumpulan fenomena mencengangkan di bawah laut yang masih menjadi misteri. Fenomena lautan mana yang paling menarik menurutmu? Atau kamu tahu tentang misteri dan fenomena lautan lainnya? Share pendapatmu di kolom komentar, ya!

Baca artikel mengenai Sains atau artikel menarik lainnya dari Michelle Cornelia.

ARTIKEL TERKAIT
Bajak Laut Paling Sadis Dalam Sejarah Banner 2f50a
5 Bajak Laut Paling Sadis dalam Sejarah, Dikenal Kejam dan Tidak Bermoral!
Kim Jong Un Banner New 93afb
Serem! Nonton Drakor di Korea Utara Bakal Dipenjara 15 Tahun
Penyebab Kematian Terburuk Menurut Sains Banner 1c498
7 Penyebab Kematian Terburuk Menurut Sains, Bikin Merinding!
Penemu Yang Membenci Temuannya Sendiri Banner 1574e
5 Penemu yang Membenci Temuannya Sendiri, Apa Penyebabnya?
Untitled Design 2021 01 19t224159 359 D2937
5 Tokoh Sejarah yang Paling Banyak Membunuh | Tak Punya Nurani!
Tags Terkait: Sains
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal