J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

10 Fakta Ini Bakal Mengubah Pandanganmu Tentang Afrika, Udah Modern!

Senin, 1 Mar 2021, 14:00 WIB
Setelah baca fakta-fakta ini, kamu nggak akan berani meremehkan negara-negara Afrika lagi. Nggak seterbelakang yang dibayangkan, loh!

Kalau suruh jawab apa yang pertama kali ada di benakmu tentang Afrika, mungkin kamu bakal mengatakan hal-hal yang tradisional banget, bukan?

Misalnya orang-orang pedalaman, hewan buas berkeliaran di jalanan, dan rumah-rumah yang masih gubuk banget.

Pokoknya mirip-mirip Kuvukiland, deh. Padahal enggak!

Mulai sekarang, stop mikir bahwa Afrika adalah benua dengan negara-negara terbelakang dan orang-orang yang masih kudet sama teknologi.

Nggak percaya? Sini, Jaka kasih tahu bahwa Afrika jauuuuh lebih keren daripada yang kamu pikirkan sebelumnya!

10. Afrika adalah gurun yang panas

Hutan Tropis Dan Bentang Alam Afrika Ecae2

Visualisasi banyak orang tentang Afrika biasanya disertai dengan imej cuaca panas dan padang tandus, garing banget deh pokoknya.

Padahal Afrika juga sama seperti Indonesia yang punya hutan tropis, pegunungan, savana, bahkan puncak gunung bersalju! Komplit banget, kan?

Bahkan, suhu rata-rata Afrika umumnya nggak lebih dari 27 derajat celsius. Lebih panas Indonesia, geng!

9. Cuma orang kulit hitam yang tinggal di Afrika

Orang Kulit Putih Di Afrika 34e96

Berpikir kamu hanya akan menemui orang berkulit hitam saat bertandang ke Afrika adalah salah satu kesalahan terbesar, geng.

Benua ini adalah rumah bagi miliaran orang dari warna kulit dan budaya yang berbeda karena tingginya angka imigran di Eropa dan corak kulit leluhur orang Afrika yang memang berbeda-beda.

Salah satu negara Afrika dengan penduduk kulit putih terbanyak adalah Afrika Selatan.

Artis Hollywood papan atas Charlize Theron juga berasal dari Afrika Selatan, loh.

8. Hewan-hewan liar berkeliaran di mana-mana

Hewan Di Afrika B1fac

Dari kecil, kita disuguhkan berbagai acara TV, film, hingga kartun yang memperlihatkan bahwa Afrika dihuni oleh binatang buas yang hidup di alam dan dapat dengan mudah menyerang manusia.

Padahal, hewan liar di Afrika saat ini kebanyakan hidup di taman nasional, sama saja seperti di wilayah lain di dunia.

Kasus serangan terhadap manusia juga jarang terjadi, paling-paling karena kecerobohan di kebun binatang atau akibat perburuan liar.

7. Afrika nggak punya warisan budaya

Warisan Budaya Afrika 2498d

Walau orang-orang lebih sering membayangkan Afrika yang primitif dengan budaya yang tidak berkembang, nyatanya benua ini adalah tempat berkembangnya peradaban.

Maka dari itu, banyak warisan budaya seperti bangunan tua dan monumen bersejarah yang dilindungi tersebar di wilayah Afrika.

Sebagai contoh, Kenya memiliki lebih dari 200 monumen arsitektural. Keren, kan?

6. Seluruh Afrika masih diselimuti kemiskinan

Kota Modern Afrika 00be6

Saat ingin bepergian ke Afrika, kebanyakan orang sudah mempersiapkan diri untuk melihat kemiskinan di benua hitam secara langsung.

Nggak salah sih, karena memang ada negara-negara Afrika yang hidup di bawah garis kemiskinan - tapi jumlahnya nggak sebanyak yang orang-orang pikirkan.

Banyak juga negara Afrika yang berinvestasi di sektor pariwisata dengan membangun hotel dan tempat rekreasi yang nyaman bagi turis. Tenang aja, geng!

5. Orang Afrika tinggal di gubuk

Kota Di Afrika 1b3c7

Entah ini imajinasi dari tahun berapa, karena nyatanya banyak kota-kota besar di Afrika juga punya gedung apartemen, gedung pencakar langit, dan pusat bisnis.

Arsitektur dan infrastruktur yang terus berkembang juga menjadikan kota-kota di berbagai negara Afrika memiliki pembangunan yang progresif.

Lantas, ada nggak orang Afrika yang masih tinggal di gubuk? Jawabannya masih, tetapi jumlahnya sangat sedikit dan hanya orang-orang pedalaman saja, geng.

4. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Afrika

Bahasa Di Afrika Cf45d

Faktanya, bahasa Afrika itu nggak ada. Bahasa-bahasa unik yang dimiliki oleh suku-suku lokal juga mulai menghilang.

Kamu harus tahu bahwa bahasa Inggris, Prancis, Jerman, dan Portugis adalah bahasa-bahasa yang digunakan secara luas di Afrika sebagai dampak penjajahan bangsa Eropa dahulu.

Di samping itu, sebenarnya Afrika memiliki ratusan bahasa berbeda yang digunakan di masing-masing negara. Di Namibia saja, ada 20 bahasa yang digunakan.

3. Orang kulit putih dibenci di Afrika

Orang Di Afrika 85331

Mitos yang satu ini muncul setelah era perbudakan dan penjajahan, yaitu ketika daerah-daerah Afrika yang bebas mengusir orang Eropa dan mendapatkan kembali kedaulatannya.

Saat ini, nggak ada hal-hal seperti itu karena orang kulit putih sudah menjadi bagian dari penduduk Afrika sama seperti kulit hitam.

Asalkan nggak diprovokasi atau diajak ribut, orang Afrika santuy bergaul sama siapa aja, termasuk orang kulit putih.

2. Nggak ada air minum di Afrika

Air Minum Di Afrika B9a00

Tak bisa dipungkiri bahwa kelangkaan air minum memang ada dan parah banget di beberapa bagian Afrika, tapi bukan berarti nggak ada sama sekali.

Kamu yang ingin bepergian ke Afrika juga nggak perlu khawatir karena bisa dijamin kamu dapat menemukan air mineral kemasan di mana saja.

Bukan cuma air mineral, berbagai merek minuman populer seperti Coca Cola juga tersedia di hampir seluruh wilayah, bahkan di pedesaan terpencil sekalipun.

1. Anak muda Afrika nggak gaul

Anak Muda Afrika E9b00

Waduh, jangan remehkan gaulnya anak muda Afrika, geng. Bahkan mereka mungkin lebih gaul dari kamu!

Pastinya kamu juga tahu kalau banyak anak zaman now Afrika yang eksis di Facebook dan media sosial lainnya, mereka juga suka traveling ke luar negeri dan ikut acara-acara internasional, loh.

Tak sedikit pula yang tergabung dalam platform Couchsurfing mengingat orang Afrika dikenal lebih ramah daripada orang Eropa. Asik, deh!

Akhir Kata

Nah, itu dia fakta-fakta seputar Afrika yang mampu mengubah pandanganmu tentang benua yang seringkali diidentikkan dengan kemiskinan dan konflik ini, geng.

Padahal, kalau mau ngomongin kemiskinan dan konflik, sebenarnya setiap negara juga memilikinya, bukan?

Nyatanya kehidupan Afrika nggak jauh beda dengan di Indonesia, kok! Jadi, tertarik pergi ke Afrika?

Baca juga artikel seputar Out of Tech atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

Simak juga beberapa artikel menarik lainnya dari Jalan Tikus berikut ini:

9 Unsur Indonesia di Film Raya and the Last Dragon | Bikin Bangga Kita Semua!

5 Netflix Luncurkan Fast Laugh Untuk Ngakak Instan, Tampilannya (Lagi-lagi) Mirip TikTok!

Waduh! Roket SpaceX untuk ke Mars Meledak saat Mendarat, Elon Musk Gagal?

Orangutan Sumatera yang Terancam Punah, Dikabarkan Melahirkan di AS!

ARTIKEL TERKAIT
Untitled Design 2021 02 20t144212 044 828a8
10 Pemimpin Negara Terkaya di Dunia, Banyak dari Negara Berkembang!
Untitled Design 2021 03 03t185632 562 941ad
Inilah 10 Negara Teraman dan Terdamai di Dunia, Indonesia Lebih Aman dari Amerika!
Untitled Design 2021 03 01t145928 532 C465a
Inilah 10 Negara Paling Berbahaya di Dunia, Indonesia Nomor Berapa?
Banner 565a3
7 Destinasi Wisata Paling Berbahaya di Dunia, di Indonesia Juga Ada!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal