Dokter Ini Salah Amputasi Kaki Kanan Pasien, Harusnya Potong Kaki Kiri!

Default

Seorang dokter bedah di Austria melakukan kesalahan besar dalam kariernya. Ia salah mengamputasi kaki seorang pasien lansia.

Dokter berusia 43 tahun tersebut seharusnya melakukan amputasi terhadap kaki kiri seorang pasien lansia berusia 82 tahun. Kaki sang lansia memang sudah bermasalah karena penyakit tertentu.

Namun, sang dokter malah menandai kaki yang salah. Bukannya memberi tanda di kaki kiri, ia malah memberi tanda amputasi di kaki kanan.

Alhasil, ia pun malah mengamputasi kaki kanan pasien yang sehat-sehat saja dan menyisakan kaki sakit yang seharusnya diamputasi. Waduh, berabe juga ya, geng!

Tidak tahu sebabnya

Dilansir dari Kumparan, dokter perempuan tersebut sebenarnya sudah memahami bagian kaki yang mana yang perlu dia amputasi. Namun entah kenapa, ia malah melakukan kesalahan fatal tersebut.

Kejadian bermula ketika si pasien datang ke Rumah Sakit Freistadt, Austria, pada Mei 2021 lalu. Karena penyakitnya, kaki kiri pasien perlu diamputasi. Jadwal operasi ditetapkan pada 18 Mei 2021.

Setelah melakukan kesalahan tersebut, parahnya sang dokter gak langsung sadar. Ia malah baru sadar sekitar 2 hari setelah operasi selesai, yakni ketika ia mengganti perban pasien.

Ilustrasi Operasi Amputasi Kaki Fbba2
Sumber foto: Pixabay

Pasien pun diberitahu soal kesalahan itu. Sialnya, ia tentu saja harus menjalani amputasi kaki satunya lagi karena pada awalnya amputasi dilakukan untuk memotong kaki yang kiri, bukan yang kanan.

Ketika ditanyai mengenai insiden tersebut, anehnya si dokter malah mengaku gak tahu kenapa hal itu bisa terjadi. Padahal ia mengaku sudah tahu bahwa ia harusnya mengamputasi kaki kiri.

Dalam pengadilan, dokter bedah tersebut sempat menyebut adanya kesalahan dalam rantai komando di ruang operasi. Ia pun menggarisbawahi bahwa kesalahan besar tersebut bukan terjadi karena "kegagalan individu".

Denda Rp 44 juta

Sementara pihak rumah sakit sudah menyampaikan permintaan maaf mereka atas insiden tersebut. Mereka menyebut bahwa insiden itu terjadi akibat dari serangkaian keadaan yang tidak menguntungkan."

Sementara sanksi untuk sang dokter, ia harus membayar sejumlah denda sebesar 2.700 euro atau sekitar Rp44 juta atas kesalahannya tersebut.

Selain itu, si dokter bedah tersebut juga sudah dipindahkan ke klinik lain dan setengah dari hukuman dendanya ditangguhkan.

Pengadilan juga memberikan uang ganti rugi senilai 5.000 euro atau sekitar Rp81 juta ditambah bunga untuk istri sang pasien.

Pasien yang salah diamputasi sendiri sudah meninggal dunia sebelum kasus tersebut dibawa ke pengadilan.

Ternyata, kejadian ini bukanlah yang pertama kali terjadi loh, geng. Dilaporkan Associated Press, seorang dokter di Amerika Serikat menyadari bahwa ia telah salah mengamputasi kaki pasien diabetes pada 1995 lalu.

Ia menyadari kesalahannya ini di tengah operasi sehingga ia pun terpaksa melanjutkan amputasi tersebut. Duh... Bisa gitu, yak?

Baca juga artikel seputar Viral atau artikel menarik lainnya dari Syifa Nuri Khairunnisa.

BACA JUGA

6 Kontroversi Doddy Sudrajat, Rebutan Harta hingga Tuntut Perwalian Gala Sky

Termasuk Vidi Aldiano, 7 Artis ini Gelar Prosesi Lamaran Mewah Bak Resepsi Pernikahan

12 Potret Zee Keenan, Seleb Transgender Thailand Keturunan Indonesia yang Macho dan Berotot!

15 Potret Rumah yang Hasil Renovasinya Gagal Total, Bentuknya Jadi Makin Ngawur!

Viral Aksi Salam dari Binjai Versi Pria Majalengka, Tinju Sarang Tawon Biar Lebih Greget!

ARTIKEL TERKAIT
Pjimage 34 Ae04c
10 Potret Artis Indonesia yang Ngaku Jalani Operasi Dada | Makin Mantul
16b06229e3b8134539915f71d47f6d7d
5 Operasi Organ Paling Kontroversial di Dunia Versi JalanTikus
Banner 7f379
5 Operasi Plastik Paling Mengerikan yang Pernah Ada
A Dewi 33c65
7 Artis Indonesia yang Operasi Plastik Gila-gilaan, Sampai Operasi Keperawanan!
Untitled Design 2021 06 15t150435 363 133d5
9 Potret Terbaru Lisa, Pasien Pertama Operasi Face Off | Sekarang Jadi Pengusaha Sukses!
Untitled Design 55 Edd94
7 Foto Wajah Bengkak Akibat Operasi Plastik, Ada dari Indonesia!
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal