J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Desa Mati di Dunia yang Ditinggalkan Penduduknya, Ada di Indonesia!

Rabu, 10 Feb 2021, 11:00 WIB
Tak seperti desa pada umumnya, desa di berbagai belahan dunia berikut tak punya satupun penghuni tersisa. Ada di Indonesia juga, apa ya, alasannya?

Sebuah desa identik dengan kehidupan warga yang tentram dan hidup dengan penduduk yang suka bergotong royong. Gambaran ini persis sama seperti banyak desa yang kita miliki di Indonesia.

Namun, ternyata ada beberapa desa di berbagai negara yang dianggap mati di dunia ini. Desa tersebut ditinggalkan oleh penduduknya dan menyisakan bangunan bekas rumah mereka karena beberapa alasan.

Sejumlah desa itu akhirnya menjadi peninggalan sejarah, ada pula yang tertinggal dengan bencana menghadang didekatnya.

Bukan hanya di luar negeri, Indonesia juga punya beberapa desa yang ditinggalkan penduduknya, loh. Cari tahu, yuk!

1. Houtouwan, Cina

3000 7b6b3

Sekitar 40 mil dari Kota Shanghai, ada sebuah desa yang ditinggalkan oleh penduduknya pada sekitar tahun 1980-an, bernama Desa Houtouwan.

Desa tersebut terletak di tepi laut dan dulunya dihuni oleh masyarakat yang umumnya bermata pencaharian sebagai nelayan, tapi adanya krisis ekonomi menuntut mereka untuk meninggalkan Houtouwan demi hidup yang lebih baik.

Kini, seluruh bangunan di Desa Houtouwan ditutupi tanaman liar setelah lebih dari 30 tahun tak ditinggali. Namun, hal itu malah menarik perhatian para turis untuk mengunjungi 'desa hantu' ini.

2. Lifta, Israel

Isr Lifta 3 1ea03

Tanahnya yang subur dan dipenuhi pohon zaitun tak membuat Lifta memiliki penduduk untuk waktu yang lama. Perang yang terjadi pada 1947-1948 membuat penduduknya terpaksa keluar dari tanah kediamannya untuk menyelamatkan diri.

Saat itu, Arab dan Yahudi memperebutkan desa ini hingga menutup jalur barat, mengepung Yerusalem. Beberapa warga tetap ingin tinggal sehingga nekat bertahan, tapi pasukan perang menghancurkan bangunan-bangunan tersebut.

Kini, Lifta adalah saksi bisu perang sipil yang tak berpenghuni dan dijadikan cagar alam Israel yang dilindungi.

3. Kayakoy, Turki

Kayakoy Ghost Village Dea17

Desa kosong yang berlokasi di barat daya Turki ini dahulu dihuni oleh sekitar 20.000 masyarakat Kristen Orthodoks Yunani setelah pindah dari kota Fethye.

Sejarah tragis ternyata menyelimuti Kayakoy, tepatnya setelah Perang Dunia I dimulai. Masyarakat Turki membantai orang-orang Yunani tersebut dan mendeportasi beberapa diantara mereka secara paksa.

Setelah melalui banyak konflik dan perjanjian, desa Kayakoy sempat ditinggali oleh orang Muslim Turki, tetapi mereka merasa tak cocok dan meninggalkan desa tersebut kosong melompong hingga saat ini.

4. Bhangarh, India

Market Ruins Bhangarh Fort Jaipur Rajasthan 83791

Desa Bhangarh terletak di negara bagian Rajashtan, India yang terkenal dengan benteng berhantunya. Hal ini disebabkan adanya kutukan yang menyelimuti Bhangarh Fort ratusan tahun lalu.

Kutukan akibat cinta yang ditolak itu membuat kota ini tak dapat dihuni lagi hingga menjadi tempat paling berhantu di India. Selain itu, diketahui ada 10 ribu penduduk dekat benteng yang tewas tanpa sebab pasti.

Meski demikian, Bhangarh Fort telah lama menjadi destinasi wisata populer untuk turis asing. Saking horornya, benteng ini tidak boleh dikunjungi setelah mata hari terbenam! Hiii.

5. Kantubek, Uzbekistan

Vozrozhdenya Island Kantubek Abandoned Town 17 00417

Desa hantu tanpa satupun penduduk lainnya adalah Kantubek, sebuah tempat yang ditinggalkan pada 1992 setelah pembubaran Uni Soviet terjadi.

Dahulu, Kantubek memiliki populasi sekitar 1.500 jiwa dan menampung para ilmuwan dan karyawan dari situs penelitian dan pengujian senjata biologis Aralsk-7 rahasia Uni Soviet.

Sekarang, desa yang ada di Uzbekistan ini benar-benar tak dihuni siapapun dan hanya dipenuhi puing-puing bangunan yang kosong.

6. Desa-desa di sekitar Gunung Sinabung, Indonesia

5e7a5f242d654f56ea45b279 A131d

Letusan Gunung Sinabung pada bulan 27 Agustus 2010 adalah kejadian pertama kalinya setelah 410 tahun berstatus tidak aktif. Tak hanya sekali, di tahun-tahun setelahnya gunung yang terletak di Sumatera Utara tersebut meletus berkali-kali, bahkan hingga Januari 2021.

Hal ini menyebabkan beberapa desa di sekitar Sinabung harus dikosongkan, diantaranya desa Naman Teran, Merdeka, Berastagi, dan Dolan Rayat.

Keputusan tersebut dilakukan demi mencegah adanya korban jiwa apabila Gunung Sinabung kembali erupsi. Serem banget, ya.

7. Desa Sidamukti, Majalengka, Indonesia

Desa Sidamukti 235bc

Baru-baru ini, Desa Sidamukti di Majalengka menjadi viral karena unggahan sebuah channel YouTube bernama Bucin TV yang menunjukkan kekosongan yang menyelimuti salah satu blok di desa tersebut.

Terlihat dalam video, rumah-rumah di kawasan tersebut benar-benar tak dihuni oleh seorangpun dan terlihat cukup menyeramkan.

Adapun alasan penduduk meninggalkan desa tersebut adalah adanya pergerakan tanah pada 2009 sehingga relokasi dilakukan pada tahun 2012, agar warga tinggal di daeah yang lebih aman untuk ditinggali.

Akhir Kata

Itu dia beberapa desa mati yang tersebar di berbagai belahan dunia. Desa yang dahulu nyaman dan dipenuhi warga, jadi benar-benar sepi dan ditinggalkan manusia.

Beberapa dari desa di atas kini berstatus dilindungi karena memiliki keterkaitan dengan sejarah di masa lalu, ada juga yang kini menjadi objek wisata.

Apakah kamu tahu desa-desa mati lainnya yang ada di dunia? Sharing di kolom komentar, ya!

Baca juga artikel seputar Out of Tech atau artikel menarik lainnya dari Ayu Kusumaning Dewi.

ARTIKEL TERKAIT
B33888a2329ae2942c4d9641fdacf44f
10 Rekaman Suara Paling Seram dan Misterius di Dunia, Jangan Didengerin!
Manipulasi Foto Kiamat Banner
10+ Manipulasi Foto Mengerikan Kondisi Dunia Saat Kiamat
Kkn Di Desa Penari 850c0
KKN di Desa Penari Viral, Ini 7 Kisah Horor Lainnya yang Lebih Ngeri!
Internet Di Dunia Nyata Banner
10+ Foto Keren Desa yang Disulap Menjadi Desa Internet
Banner 079eb
5 Hal Ini Ternyata Lebih Seram Daripada Ketemu Hantu
Destinasi Wisata Terseram Banner
14 Destinasi Wisata Terseram yang Bikin Bulu Kuduk Berdiri, Ada Indonesia Juga!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!

Tags Terkait:

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal