Punya Kandungan Berbahaya, Danau di Afrika Ini Bikin Makhluk Hidup Menjelma Jadi Batu

Default

Keberadaan sebuah danau sering kali menjadi primadona tersendiri, geng. Salah satunya manfaatnya tentu saja bisa dijadikan sebagai destinasi wisata bagi warga sekitar.

Selain itu, danau juga menjadi habitat yang tepat bagi sejumlah flora dan fauna, lho.

Tapi sayangnya, danau yang berada di Tanzania, Afrika Timur ini tidak demikian. Jangan seperti yang Jaka sebutkan di atas. Danau ini justru mengancam keselamatan para hewan.

Tidak percaya? Pasalnya memang demikian, geng. Di balik keindahan dan ketenangannya, danau bernama Natron ini sebenarnya dinobatkan sebagai danau paling membunuh di Afrika.

Bak kutukan Malin Kundang, danau yang berada di Tanzania Utara ini disebut-sebut mampu membuat makhluk hidup membeku layaknya batu jika berada di dekatnya.

Tentu hal ini cukup tak lazim didengar. Faktanya, hal itu mungkin terjadi karena adanya kandungan alkali yang ada di Danau Natron.

Kadar kandungannya pun tidak main-main, yakni memiliki pH setinggi 10,5 dan sangat tajam. Kadar alkali setinggi itu bisa membuat kulit hingga mata hewan terbakar saat terpercik atau meminum airnya.

Adapun air danau tersebut terdiri dari natrium karbonat dan mineral lain yang mengalir lewat celah dataran tinggi di sekitar danau.

Danau Berbahaya Di Afrika 91336

Kandungan alkali yang begitu tinggi di Danau Natron juga meninggalkan kerak berwarna merah, merah muda, atau jingga. Hal itu lantaran berasal dari mikroorganisme yang hidup di dalam danau.

Sebagai informasi, natrium karbonan ini memiliki level yang setara dengan bahan pengawet yang biasa dipakai untuk mengawetkan mumi di Mesir.

Dengan kata lain, hewan-hewan yang mati di perairan Danau Natron akan merasakan efek mumifikasi tersebut, yang mana mereka akan diawetkan secara alami oleh kandungan natrium karbonat tersebut.

Di satu sisi, ukuran danau ini tidak bisa dibilang kecil, geng. Danau yang terletak di utara Tanzania ini membentang sejauh 56 km dan memiliki lebar sejauh 24 km.

Suhu di sekitar danau bisa dibilang sangat panas, yakni mencapai 60 derajat celsius dan kaya akan mineral.

Sementara kandungan garam yang ada di danau tersebut berasal dari Gunung Ol Doinyo Lengai yang berada tak jauh dari lokasi danau mematikan tersebut.

Sejumlah hewan yang mati di Danau Natron sendiri sendiri sebenarnya tidak benar-benar berubah menjadi batu, melainkan terawetkan menjadi mumi oleh kandungan natriun karbonat yang ada di air danau.

Mendengar fakta tersebut, tentu merupakan hal yang wajar jika tak ada makhluk hidup yang dapat bertahan di sana, geng.

Kandungan alkali yang ada di danau untungnya masih mendukung kehidupan makhluk hidup lain seperti flamingo, ikan, dan alga.

Itupun hanya beberapa jenis ikan dan mikroorganisme saja yang mampu bertahan hidup di air yang beracun itu.

Sementara saat musim kawin tiba, lebih dari 2 juta flamingo kecil atau phoenicopterus minor akan berada di danau ini untuk berkembang biak. Mereka pun akan membangun sarang di atas pulau-pulau kecil pada musim kemarau.

Danau Natron D9c73

Keunikan Danau Natron di Tanzania juga menjadi objek foto yang fantastis oleh sejumlah fotografer, lho.

Salah satunya saja seperti foto yang diambil oleh Nick Brant ini. Ia berhasil mengambil potret sejumlah hewan yang mati di Danau Natron yang tampak seperti patung abu.

"Saya tak sengaja menemukan berbagai makhluk dari burung hingga kelelawar yang membatu di sepanjang pesisir danau," tulis Brandt dalam buku berjudul Across the Ravaged Land yang rilis pada 2013 lalu.

"Tidak ada yang tahu pasti mengapa mereka mati. Namun airnya sangat tinggi garam, saking tingginya bisa menghilangkan tinta film kodak saya dalam beberapa detik," imbuhnya.

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

ARTIKEL TERKAIT
Selfie Girls
AWAS! Penelitian Membuktikan Selfie Lebih Mematikan Ketimbang Serangan Hiu!
Kebohongan Air Zamzam 46e0b
Bentuk Asli Kristal Air Zamzam Dari Penelitian Ilmuwan Jepang | Unik dan Gak Ada Duanya!!
Monyet 30642
China Kekurangan Stok Monyet untuk di Laboratorium | Penelitian Covid-19 Terhambat
117619518 3205627962877783 7121495700150614343 N 17dfebdacc88eb682b7da5f0c6f9e000 750x500 Horz 85997
10 Potret Hunian Mewah Milik Momo Mantan Vokalis Geisha | Ada Danau dan Lapangan Golf Pribadi!
Banner 8d90a
Danau Sentani di Papua Surut, Benda Peninggalan Zaman Purbakala Muncul ke Permukaan
Menghilang Danau Antarktika 29b48
Misteri Danau Antarktika yang Mendadak Lenyap Dalam 3 Hari | Iklim Bumi Sedang Krisis?
Danau Dan Pulau Baru Muncul Di NTT 6ca1f
Geger, Danau dan Pulau Baru Muncul di NTT Selepas Badai Tropis Seroja
Tags Terkait: Alam
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal