J

A

L

A

N

T

I

K

U

S

!

!

  • NONTONYUK!
  • Pasang Iklan
  • Hubungi Kami
  • Tentang Kami
  • Kerjasama
No Name
 

7 Film Indonesia yang Ditarik dari Bioskop | Gara-Gara Kontroversial?

Jumat, 26 Mar 2021, 07:30 WIB
Film-film Indonesia di bawah ini terpaksa ditarik meskipun sudah sempat diputar di bioskop. Ada yang baru satu hari tayang, geng!

Saat ini, industri perfilman Indonesia sudah semakin maju dan menuju ke arah yang tepat. Meskipun mungkin belum menggunakan teknologi secanggih Hollywood, namun film-film terbaik Indonesia sudah mampu menembus mancanegara, lho.

Hal ini bisa dilihat dari para sineas Indonesia yang berlomba-lomba menciptakan karya terbaik mereka agar dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat.

Namun, seperti pembuatan film pada umumnya, ada saja masalah yang dihadapi oleh film-film Indonesia, bahkan kejadiannya saat film tersebut sudah tayang di bioskop.

Akibatnya, film-film Indonesia di bawah ini terpaksa ditarik meskipun sudah sempat tayang. Memang, apa penyebabnya?

7 Film Indonesia yang Ditarik setelah Sempat Tayang

Meskipun nggak bernasib sama seperti film-film Indonesia yang dilarang tayang, namun tetap saja film-film di bawah ini nggak bertahan lama di bioskop, sehingga pendapatan yang diraih pun nggak maksimal.

Alasannya juga bermacam-macam, mulai dari menyinggung kelompok tertentu, tayang bersamaan dengan film internasional, hingga masalah teknis.

Padahal, beberapa di antaranya cukup menjanjikan dari segi jalan cerita, lho. Penasaran apa saja film Indonesia yang ditarik dari bioskop? Berikut daftar selengkapnya.

1. Cinta tapi Beda (2012)

Cinta Tapi Beda C86b5

Kontroversi yang ditimbulkan oleh film bisa bermacam-macam, salah satunya tentang agama. Hampir mirip dengan film yang bikin para pemuka agama marah, film Cinta tapi Beda garapan Hanung Bramantyo ini diprotes oleh kelompok tertentu.

Hanya beberapa hari tayang, film ini terpaksa ditarik dari bioskop. Hal tersebut didasari oleh laporan Ikatan Pemuda Pemudi Minang Indonesia (IPPMI) terhadap Hanung ke Polda Metro Jaya.

Alasannya, IPPMI tersinggung dengan karakter bernama Bunda Diana (Jajang C. Noer) yang dikisahkan sebagai wanita Minangkabau beragama non-Muslim. Padahal, masyarakat Minangkabau identik dengan agama Islam.

2. Buruan Cium Gue (2004)

Buruan Cium Gue 9e6cd

Nah, kalau kontroversi yang ditimbulkan oleh film ini lebih kepada pornoaksi, geng. Jalan ceritanya mengangkat kisah Ardi (Hengky Kurniawan) dan Desi (Masayu Anastasia) yang berusaha mendapatkan ciuman pertama mereka.

Mungkin bagi sebagian kalangan, nggak ada yang salah dengan jalan cerita tersebut karena khas film-film remaja pada umumnya. Namun, karena nggak sesuai dengan norma-norma yang berlaku di Indonesia, maka film ini dipermasalahkan.

Akhirnya, Raam Punjabi selaku produser dan bos PT Multivision Plus menarik film ini dari peredaran. Namun, Buruan Cium Gue dirilis kembali dengan judul Satu Kecupan pada Maret 2005.

3. Heart-Break.com (2009)

Heart Break Com A1a5e

Film lucu Indonesia yang nggak menyinggung topik sensitif tertentu pun bisa ditarik dari bioskop, geng, namun kali ini alasannya agak berbeda.

Pasca tayang selama 20 hari, sutradara sekaligus produser Affandi Abdul Rachman memutuskan untuk menurunkan penayangan film Heart-Break.com dari bioskop.

Penyebabnya, film ini ditayangkan bertepatan dengan film-film besar. Supaya nggak terlalu rugi, ia pun memutuskan menempuh cara ini.

Menurut Affandi, sekitar 60 persen penghasilan sudah mampu dicapai, sementara sisanya yang merupakan kerugian ditanggung rumah produksinya.

4. Kerasukan (2013)

Kerasukan 9b6da

Sama seperti Heart-Break.com, film Kerasukan juga ditarik dari bioskop karena bertepatan dengan pemutaran film besar, yaitu Iron Man 3, yang sama-sama tayang di bulan April.

Produser film ini, HM Froman Bintang, menyatakan kecewa dengan sikap bioskop 21 yang menayangkan film superhero Marvel tersebut bersamaan dengan film lokal.

Menurutnya, bioskop 21 memberikan lebih banyak waktu tayang kepada film internasional dibandingkan film dalam negeri, sehingga dikhawatirkan persaingannya nggak seimbang.

5. Jokowi adalah Kita (2014)

Jokowi Adalah Kita 8b6b0

Kamu pernah tahu TV series yang hanya tayang satu episode? Ternyata, dari industri perfilman juga ada yang mengalami nasib hampir sama, geng.

Film Jokowi adalah Kita baru diputar satu hari di bioskop sebelum pada akhirnya ditarik oleh K2K Pictures selaku rumah produksi. Penarikan ini didasari oleh saran dari para pendukung Jokowi.

Mereka mengatakan, film ini ditayangkan pada momen yang nggak pas karena bertepatan dengan keputusan pemerintah untuk menaikkan harga Bahan Bakar Minyak.

Dikhawatirkan muncul sentimen negatif dari masyarakat terhadap image Jokowi yang berusaha dibangun dalam film tersebut.

6. Valentine (2017)

Valentine 0b362

Siapa bilang hanya industri perfilman Hollywood yang bisa membuat film superhero? Buktinya, Indonesia juga bisa, lho. Sayangnya, film ini justru harus diturunkan.

Sempat tayang selama tiga hari, film garapan Agus Pestol ini terpaksa ditarik karena dianggap menampilkan CGI yang kurang bagus. Penyebabnya adalah sever EPIX Studio sempat mengalami masalah hingga proses pengerjaannya nggak berjalan mulus.

Padahal, kalau kamu lihat review penonton di internet, kebanyakan dari mereka menyukai filmnya, lho. Estelle Linden sebagai Srimaya alias Valentine dianggap mampu membawakan peran dan adegan action dengan baik.

7. Maaf, Saya Menghamili Istri Anda (2007)

Maaf Saya Menghamili Istri Anda 57222

Cukup beruntung dibanding film-film di atas, film komedi karya Monty Tiwa ini berhasil tayang kembali setelah menyelesaikan masalah yang menyebabkannya ditarik dari bioskop.

Sebenarnya, permasalahan pada film yang dibintangi oleh Ringgo Agus Rahman dan Mulan Kwok ini terjadi karena adanya kesamaan nama dengan salah satu karakter dalam film.

Jalan ceritanya, sih, sebenarnya lucu sekaligus memiliki konflik yang rumit, sehingga menarik untuk ditonton. Oleh karena itu, sayang jika film ini nggak bisa disaksikan oleh kalangan luas, geng.

Akhir Kata

Itu dia film-film Indonesia yang peredarannya ditarik dari bioskop, bahkan ada yang baru tayang satu hari. Semoga ke depannya nggak ada lagi masalah seperti ini, ya, geng.

Sehingga kita bisa mengapresiasi industri perfilman Indonesia dengan menonton film-filmnya di bioskop. Tentu ketika pandemi sudah berakhir.

Baca juga artikel seputar Out Of Tech atau artikel menarik lainnya dari Sheila Aisya Firdausy.

ARTIKEL TERKAIT
Ciuman Indonesia A2963
10 Adegan Ciuman Bibir Terbaik di Film Indonesia, AADC Termasuk!
Film Indonesia Sedih 35b23
10 Film Indonesia Paling Sedih Ini Bikin Nangis & Banjir Air Mata
Film China Terbaik Banner 8d7ed
10 Film China Terbaik Sepanjang Masa, Gak Kalah Sama Film Hollywood!
Film Korea Romantis 90752
10 Film Korea Romantis Terbaik Wajib Tonton, Bikin Jomblo Baper!
Page 680a4
7 Adegan Kocak dan Lebay di Film Action India, Bodohnya Lampaui Batas!
Langganan Artikel
Temukan Tips dan Berita menarik setiap harinya. GRATIS!
ARTIKEL REKOMENDASI
Baru Tayang Sebentar, 7 Film Indonesia Ini Ditarik dari Peredaran!
Baru Tayang Sebentar, 7 Film Indonesia Ini Ditarik dari Peredaran!
7 Film Indonesia Terburuk yang Pernah Dirilis, Sampai Dilarang Tayang
7 Film Indonesia Terburuk yang Pernah Dirilis, Sampai Dilarang Tayang
7 Film Indonesia Terkenal yang Banyak Dibenci Orang, Overrated Semua?
7 Film Indonesia Terkenal yang Banyak Dibenci Orang, Overrated Semua?
7 Film Indonesia yang Diduga Plagiat | No. 4 Paling Parah!
7 Film Indonesia yang Diduga Plagiat | No. 4 Paling Parah!

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal