Serem! Peneliti Ungkap Cacing Raksasa di Tubuh Penduduk Pompeii Inggris

Default

Sejauh ini, para peneliti berpendapat bahwa Zaman Perunggu adalah masa-masa yang paling buruk bagi kehidupan manusia.

Pasalnya, pada masa tersebut, kehidupan dianggap penuh dengan makanan-makanan buruk yang dapat menyebabkan penyakit perut parah hingga ginjal yang hancur.

Hal itu sendiri terbukti dari penelitian arkeologi terbaru yang menunjukkan bahwa fosil kotoran dari Zaman Perunggu ternyata dipenuhi dengan telur-telur kecil, geng.

Berdasarkan penemuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa tubuh manusia yang tinggal di masa itu telah dipenuhi dengan spesies parasit jahat, termasuk cacing ginjal raksasa yang bisa tumbuh sepanjang satu meter.

Adapun proses pengambilan fosil tersebut dilakukan di Must Farm oleh para arkeolog dari University of Cambridge.

Cacing Ginjal Raksasa Di Tubuh Penduduk Pompeii Inggris 09ce0

Buat kamu yang belum tahu, Must Farm merupakan suatu kawasan kuno yang sudah berusia 3.000 tahun, berada di pinggiran Peterborough, Inggris.

Pemukiman seluas 1.100 meter persegi ini diketahui telah musnah akibat insiden kebakaran hebat yang terjadi 3.000 tahun lalu. Akibat insiden itu, seluruh rumah kayu milik warga pun hancur tak tersisa.

Melihat kondisi pemukiman tersebut saat ini, Must Farm kemudian diberi julukan oleh para arkeolog sebagai "Pompeii Inggris".

Para peneliti pun mulai mengambil sampel fosil feses atau kotoran manusia yang tertinggal di tanah yang tergenang air.

Dengan mikroskop, ditemukan bahwa feses tersebut terdapat telur parasit, seperti cacing pita ikan, cacing ginjal raksasa, cacing cambuk babi, dan anjing Capillaria.

"Kami menemukan cacing pita, cacing echinostoma, dan cacing ginjal raksasa tertua di Inggris," kata Dr Piers Mitchell dari University of Cambridge, dilansir dari Nationalgeographic.grid.id, Rabu (01/12/2021).

"Seluruh parasit ini disebabkan oleh konsumsi makanan berupa hewan air mentah, seperti ikan, amfibi, dan moluska. Hewan-hewan ini hidup di air yang tenang," lanjutnya.

Parasit Cacing Di Fosil Kotoran Penduduk Pompeii 5fc10

Sementara itu, cacing ginjal raksasa sendiri disebut sebagai parasit yang sangat berbahaya, geng. Untuk betinanya saja, bisa memiliki tubuh sepanjang satu meter.

Setelah masuk ke tubuh manusia, larva cacing ini akan bergerak melalui dinding usus untuk menuju ke hati, lalu menetap di ginjal.

Cacing ginjal raksasa juga disebut-sebut sebagai parasit nematoda terbesar yang pernah menginfeksi tubuh manusia, lho.

Tentu saja, kehidupan manusia di zaman tersebut tidak seperti masa sekarang, di mana mereka tidak terlalu memerhatikan kebersihan ketika mengonsumsi makanan.

Terlebih, pada masa itu, diyakini bahwa manusia kerap membuang kotoran ke air tawar di rawa-rawa sekitar pemukiman penduduk.

Dengan kondisi air yang tergenang di tengah rawa-rawa tebal, membuat limbah menjadi tertumpuk dan memungkinkan tempat tersebut menjadi lahan yang subur bagi kehidupan parasit.

Parasit itu kemudian menginfeksi hewan liar setempat, yang jika dimakan mentah atau dimasak dengan kematangan tidak sempurna, maka dapat berakibat buruk bagi penduduk di sana.

"Pembuangan kotoran ke air tawar yang tak jauh dari pemukiman, serta mengonsumsi organisme air dari wilayah sekitarnya, merupakan cara yang ideal agar spesies parasit usus dapat menginfeksi tubuh manusia," ujar Marissa Ledger, peneliti lainnya dari University of Cambridge.

Di sisi lain, cacing pita ikan bisa mencapai panjang 10 meter dan hidup melingkar di usus. Ia bisa menyebabkan anemia bagi tubuh manusia yang terinfeksi, geng.

Sedangkan cacing ginjal raksasa bisa menyebabkan gagal ginjal bagi tubuh manusia, serta cacing echinostoma yang memiliki panjang 1 centimeter yang dapat menyebabkan peradangan pada lapisan usus.

Meski fakta ini terdengar cukup mengerikan, namun perlu diketahui bahwa ilmuwan pada akhirnya dapat memahami pola makan, gaya hidup, dan lingkungan orang-orang di masa pramodern, geng.

Baca juga artikel seputar Sains atau artikel menarik lainnya dari Muhammad Irsyad.

BACA JUGA

10 Potret Baby Rayyanza, Anak Kedua Raffi - Nagita yang Menggemaskan!

10 Potret Pesona Fuji vs Mayang, Dua Tante Gala Sky: Sama-sama Memikat!

6 Artis ini Pernah Berkarier Sebagai Pegawai Kantoran, Sampai Duduki Jabatan Strategis!

10 Transformasi Indra Bruggman yang Bikin Netizen Khawatir, Disebut Kurus dan Pucat

Kerap Pamer Belahan Dada Saat Jualan Pancake, Gadis ini Ditangkap Pihak Kepolisian

ARTIKEL TERKAIT
Gaya Istri Orang Terkaya Di Dunia 27caf
10 Gaya Busana Istri Para Orang Terkaya di Dunia yang Sederhana | Gak Ada yang Suka Pamer!
Mark Zuckerberg Sergey Brin 322e6
10 Kebiasaan Sederhana Orang Terkaya di Dunia Teknologi | Cuma Punya 1 Jenis Baju dan Mobil Penyok
Nurul Atik Mantan Ob Jadi Miliarder 461a5
Kisah Sukses Nurul Atik, Mantan OB yang Jadi Miliarder | Punya Omzet Rp1,2 T
Cats1 9bc6e
Kisah Sukses TKW yang Tak Lulus SD, Bisa Raup Rp 3 M Lewat Katering Haji
1534010 Kisah Sukses Penjual Gorengan Horz 6a094
Kisah Sukses Penjual Gorengan Raup Ratusan Juta Rupiah Dalam Sebulan | Awalnya Cuma Punya Rp5 Ribu
Untitled Design 2021 04 12t184626 357 1b9fb
10 Orang Terkaya di Indonesia 2021 | Crazy Rich Indonesia Baru Bermunculan!
Tags Terkait: Sejarahunikfakta unik
Tautan berhasil disalinX
x

Keluar dari JalanTikus

Popup External Background JalanTikus

Apakah anda yakin untuk meninggalkan website JalanTikus?

Ya
Batal